Tuesday, December 21, 2010

Saya dan Para Ibu Hebat Teman Saya

Hati siapa yang tak tergetar mendengar atau membaca syair lagu-lagu tentang Ibu, hebat sekali yang membuat lagu-lagu ini..
Mari kita lihat penggalan syair lagu tentang ibu satu persatu, di mulai dari lagu yang paling kena di hati saya.
*  Seperti udara kasih yang engkau berikan, tak mampu ku membalas ibu..ibu
* O.. Bunda ada dan tiada dirimu kau selalu ada di dalam hatiku
* Hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya mneyinari dunia
* Bila kau sayang pada kekasihmu lebih sayanglah pada ibumu ( buat yg belum tau, ini lagunya Bang Rhoma)

Dan mungkin masih banyak lagu-lagu lain tentang ibu yang teman-teman punya. Sering kali saya juga merasa melow ketika kangen ibu saya dan tak sengaja menyenandungkan lagu 'Mother How are you today"..

Beneran, di hari ibu saya jadi kangen ibu saya, barusan saya telpon katanya lagi pegajian..nanti telp lagi aja.. kata nya

Ibu saya

Maafkan saya ibu,  bila saya baru bisa merasakan kasih yang luar biasa dari seorang ibu justru sudah agak terlambat, ketika saya menjadi seorang ibu, saat itulah saya baru menyadari betapa, ibu saya adalah wanita yang luar biasa. Semua kata yang ada di dalam lagu-lagu di atas adalah benar sosok yang menggambarkan ibu saya.
Ribuan kilo jalan yang kau tempuh, lewati rintang untuk aku anakmu, kata Bang Iwan, begitulah yang ibu saya lakukan untuk kami anak-anaknya. Begitu banyak pengorbanan yang ibu lakukan untuk anak-anaknya, untuk keluarganya.
Ibu yang dengan ketabahan luar biasa menunggui saya (waktu SMA) sebulan lamanya di rumah sakit, mengipasi saya, membersihkan muntah saya tanpa rasa jijik, memandikan.. (ahh. ingin kudekap dan menangis di pangkuanmu sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu), ibu yang masih mau memaafkan saya ketika saya berbuat salah dan membuatnya malu.
Ah ibu.. sosok ibu saya ini memang luar biasa. Tak peduli hari ibu atau simbolisasi hari2 sejenis,setiap hari, sepanjang waktu, ibu  saya selalu jadi orang yang paling saya sayangi. O.. Bunda ada dan tiada dirimu kau selalu ada di dalam hatiku.
.

Saya ,Ibunya Seno & Della

Berkaca dari pengalaman ibu saya sebagai working mom dan juga sebagai ibu sekaligus bapak rumah tangga, dengan keterbatasan waktu, saya kurang mendapat perhatian dan kasih sayang penuh dari ibu saya, maka sekarang sebagai seorang ibu yang juga bekerja di luar rumah, saya tidak ingin mengulangi kekurangan ( bukan kesalahan ) ibu saya.
Meskipun tidak tersirat dan tersurat, saya dituntut untuk memiliki kemampuan ganda, mampu melakukan double job atau multi tasking dengan tugas dan tanggung jawab yang cukup besar terhadap anak dan keluarga. Mulai dari terbit matahari hingga matahari di gantikan rembulan. Mulai dari membangunkan anak tidur, sampai menidurkan anak kembali.
Mengurus keperluan suami, bekerja sama dengan suami memdidik anak dan bekerja sama membangun ekonomi rumah tangga.
Beruntunglah, anak-anak saya cukup bisa mengerti dan memahami kondisi ibunya, dengan segala keterbatasan waktunya, saya sebagai ibu berusaha meluangkan waktu, bermain, belajar dan memberikan waktu yang bermanfaat bersama anak-anak.
Seno dan Della anakku , maafkan ibu, mungkin ibu belum bisa memberikan yang terbaik untuk kalian tapi ibu akan terus berusaha membuat kalian bahagia. Maafkan ibu yang kadang berubah menjadi nenek sihir kalau lagi marah. Tapi percayalah bahwa ibu teramat menyayangi kalian.   

Ibu-ibu yang hebat itu teman saya

Saya selalu salut buat para ibu yang punya anak dengan kebutuhan khusus namun tetap tegar dan legowo, tetap mensyukuri apa yang sudaj di berikan Tuhan tanpa keluhan. Melihat anak yang di milikinya bukan dari kekurangannya namun dari kelebihannya.
Mbak Dian dengan anaknya yg berkebutuhan khusus, plus kelebihan lain yang di milikinya sebagai ibu,Mbak Dianlah ibu tiri ke 2 yang terbaik yang pernah saya lihat, bahkan anak tirinyapun tidak pernah menganggapnya ibu tiri, Mbak Dian adalah ibu kandung sejati.
Yeni Sahnaz, Ibu dari Satrio Wibowo, anak yang di ketahui karakter indigo (memiliki karakter unik serta talenta yang sangat luar biasa di segala bidang)
Shinta,Kartika Ikhsan , fgsitorus  dengan 3 anak kinyis2nya  yang semuanya membutuhkan perhatian extra.
Dan juga untuk semua ibu-ibu teman MP saya Kalian semua luar biasa, talenta kalian dalam menulis luar biasa menginspirasi saya untuk terus menulis..
Ibu-ibu di milis Balita-Anda (dan baoot) yang selalu care masalah kesehatan keluarga dan teman berbagi buat saya.


Selamat Hari ibu !!

Terima kasih buat para ayah, Gak apa-apa gak kirim sms ucapan hari ibu juga, yg penting masih selalu menyayangi ibu & istrinya..

 




 
     



 

32 comments:

  1. selamat hari ibuuuuuu....
    hari ini senang bangettt.. ngeliat semua ibu yang berbahagia.....

    ReplyDelete
  2. selamat hari ibu...buat kita semua ^^

    ReplyDelete
  3. selamat hari Ibu ya Mbak Icho *tiap baca tulisan tentang ibu selalu berhasil membuat saya berkaca2*

    ReplyDelete
  4. selamat hari Ibu mbak Icho...
    terharu banget deh bisa masuk dalam daftar mba Icho...

    aku selalu seneng baca jurnal mbak Icho... :)

    ReplyDelete
  5. Selamaz Hari Ibu-Ibuuuuuuuuuuuuuuu.....Semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
  6. walau ini hanya simbol.. hari ibu adalah disetiap hari yang penuh cinta dan sayang .. salut untuk semua ibu ... siapapun itu

    ReplyDelete
  7. Sama2... semoga semua ibu bahagia hari ini..

    ReplyDelete
  8. sama2.. smoga ibu2 semua hari ini happy ya

    ReplyDelete
  9. Iya sama Kris.. dan hari ini dari pagi sampai siang mata saya berkaca-kaca terus, krn banyaaak sekali tulisan ttng ibu yang di baca

    ReplyDelete
  10. Selamat hari ibu juga Shinta.. kekuatan dan kesabaran Shinta sbg Ibu jadi inspirasi tulisan aku.. thanks ya

    ReplyDelete
  11. Trima kasih Om Rudi.. tetep sayang ibu dan istri sendiri yaa.. jangan sayang istri orang lain :-)

    ReplyDelete
  12. Yup.. penuhi hati kita dengan cinta kepada Ibu
    Ibu adalah surga kita

    ReplyDelete
  13. Selamat hari Ibu...
    Semoga semua Ibu di dunia ini bahagia dengan hidupnya :-)

    ReplyDelete
  14. ibu maafkan aku juga ya...
    aku juga terlambat merasakannya seperti mbak Icho...maaf sekali lagi maaf

    ReplyDelete
  15. ungkapan ibu untuk anaknya ya...
    seandainya bisa...dunia ini kugenggam untukmu nak...
    semuanya ingin kuberikan kepadamu...tapi maafkan ibu kalau selama ini ibu belum mampu memberimu yg terbaik (mbak ini aku nitip untuk restu )

    ReplyDelete
  16. Mother...loving you is like food to my soul...

    ReplyDelete
  17. Amiiin... kabulkanlah doa para ibu hari ini dan selamanya ya Allah..

    ReplyDelete
  18. Yup.. ini ungkapan diriku.. ungkapan seorang ibu pd anak2nya, smoga anak2 memahami dan mau mengerti.
    Nanti Restu baca pesan mama yang ini ya.. :-)

    ReplyDelete
  19. Mom... for all that you do. I'll kiss you and hug you, cCause you love me, too. thanks Na..

    ReplyDelete
  20. keiknya hari ini banyak mata berkaca-kaca..krn banyak tulisan ttng ibu, yg selalu membuat mata berkaca-kaca

    ReplyDelete
  21. selamat hari ibu ya buat ibunda juga ibunya seno&della..
    selalu jaya dimana saja sebagai ibu.. juga semua ibu..

    *kapan ku jadi ibu sih?

    ReplyDelete
  22. Trima kasih Mbak Tintin.. met hari ibu juga..
    Mbak Tintin sudah jadi ibu yang luar biasa juga buat para dogol nya kaaaan...

    ReplyDelete
  23. cerita tentang ibu memang tiada habisnya bu...
    bagaimanapun setiap orang pasti punya ibu,
    walau mungkin ga punya ayah...

    ReplyDelete
  24. Iya ya... setiap orng psti punya ibu, gak ada ya yg dilahirkan dari betis ayah :-)

    ReplyDelete
  25. Makasih sayaang.. * ini juga ibu yg hebat !! *

    ReplyDelete
  26. Trims Tuhan...ku tlah menemukan Blog yg luar biasa ini...Trims untuk Mama Seno & Dela...

    Mengenang Ibu...bagiku bagai menghirup sari bunga
    Yang tebarkan rasa damai
    Dalam tubuhku yg lelah terkulai...

    ReplyDelete
  27. Mbak Yeni trima kasih sudah berkunjung ke seni, Mbak Yeni dan Bowolah yang jadi inspirasi sy posting tulisan ini ( maaf ya.. gak ijin dulu hehe).

    ReplyDelete