Sunday, December 12, 2010

[Banten Lama ] - Vihara Avalokitesva




Menyebrang dari Benteng Speelwijk akhirnya saya tiba di vihara. Saat itu vihara sedang di renovasi, jadi meja persembahan di pindah ke sayap kanan vihara. 2 buah Pagoda besar ada di kiri kanan vihara.

Belok kanan dan ke belakang vihara, ternyata tempat ini cukup luas dan teduh, ada perpustakaan, balairung tanpa dinding tempat berkumpul atau doa bersama di luar ibadat, ada meja-meja di taman.
Sepanjang dinding gedung di hiasi dengan aneka lukisan yang menceritakan perjalanan pengembangan agama budha di dunia ( ini saya coba-coba menerka saja lho, ) karena nara sumber kali ini asik meramal ciamsi :-) Ternyata setelah saya search di google, selasar dengan relief itu menceritakan hikayat ular putih.

Di Gedung serba guna saya lihat ada yang sedang ibadat sekaligus latihan musik ( bukan barongsay). Saya tertarik seorang pria yang berpenampilan seperti pengemis, bajunya kotor dan seperti kurang terurus yang sempat saya lihat di depan vihara. Namun ketika saya ke belakang vihara, orang tadi terlihat khusuk berdoa..

Di vihara ini saya juga mencoba meramal pakai ciamsi. dengan cara berdoa kepada dewi kwan im sambil mengocok-ngocok beberapa batang bambu bernomor ( seperti ngocok arisan). sampai salah satu bambu keluar dari kocokan tersebut. Selesai bambu keluar, kita masih harus mengkocok-kocok batu / biji belah , kemudian di lempar ke lantai. Jika salah satu biji tersebut beda, ( 1 telungkup dan 1 terbuka ), maka hasil ciamsi sudah di setujui Dewi Kwan Im dan bisa kita lihat di lembar hasilnya. Jika hasil batu/biji yg dilempar masih sama ( keduanya telungkup atau keduanya terbuka ke atas), lemparan harus di ulangi lagi.

Dengan 1x melempar, batu/biji yang saya lempar sudah terbuka, hasilnya ciamsi no. 34.

Note : ramalan ini bersifat iseng belaka, boleh percaya boleh tidak

16 comments:

  1. huaaaahhh.. anak perempuan iya.. punya bakat dagang nih.. tuh 7 sampe 10 diperhatikan..

    ReplyDelete
  2. Kenapa jadi berubah hihi..copas gak berhasil..

    ReplyDelete
  3. ada yg bener, ada yg engga hahaha.. perhatiin ulang deh

    ReplyDelete
  4. Engga..gantian aja, ada yg lebih dr 1x malah, ada yg takut2 juga..

    ReplyDelete
  5. aku nga ngerti ini gimana nyoba-nya dulu sering liat orang nyoba, baru ngerti pas baca penjelasan Mbak Icho :p

    ReplyDelete
  6. ooo begini toh hasil ciamsi hahahaha *udikmodeon*

    ReplyDelete
  7. Aku juga baru tahu di sini hihi, dan aku kira bayar, ternyata grtis tis.. boleh nyoba berkali kali lagi kalo gak malu hehehe

    ReplyDelete
  8. sebelah kiri dr sini lebih adem lagi

    ReplyDelete
  9. Maksudnya, sementara gedung depan di renovasi, ibadat kegamaan di sini

    ReplyDelete