Thursday, August 16, 2007

10 Langkah menjadi Orang tua efektif.

Dapet info dari detik , dari Dr. Frieda Simangunsong psikolog pada acarajumpa pers cara menjadi orang tua yang efektif di hotel Grand melia. Berguna banget buat gue secara selama ini banyak yang gue rasa gue masih selalu kurang dalam hal menjadi ortu yang baik dan bener. Sayangnya gue gak ikutan acara ini hihi.. gak tahu acaranya dan gak tahu juga biayanya.. Yang penting intisarinya di dapat, di pahami dan di laksanakan..

 

Ini dia intisarinya :

 

  1. Kenali anak anda apakah anak anda periang atau pemalu. Kemudian perlakukan anak anda sesuai karakternya, jangan paksa anak untuk menjadi karakter lainnya
  2. Jangan cuek saat anak berlaku manis, beri pujian terhadap semua yang dilakukan.
  3. Libatkan anak dalam kegiatan atau keputusan keluarga
  4. Manfaatkan kesempatan untuk mendekatkan diri dengan anak, bahkan saat berada di kemacetan, manfaatkan waktu dengan menelpon anak misalnya. Jika ada waktu menonton televise bersama, gunakan untuk menanamkan nilai pada anak
  5. Sediakan waktu khusus berdua saja dengan anak, misalnyamenjemput dan mengantar ke sekolah.
  6. Disiplin harus ditegakkan. Semua disiplin harus sama versinya baik versi pengasuk anak maupun versi pasangan, namun jangan menjadikan disiplin sebagai teknik mendidik anak yang utama.
  7. Jadilah contoh yang baik bagi anak ,s ebab anak peniru ulung dan menjadikan orang tua sebagai polanya.
  8. Ungkapkan kasih saying anda pada anak dengan kata-kata, pelukan, ciuman, belaian karena semua punya arti penting bagi mereka.
  9. Perhatikan komunikasi dengan anak, jangan lupa kontak mata punya pengaruh penting untuk ini.
  10. Jangan menyelesaikan masalah saat kita sedang marah, sebab jika kata-kata menyakitkan terlontar , sangat mungkin kata-kata itu     membekas di benak anak.

2 comments:

  1. Suwun Mbak....

    Gi mikir masukin Salwaa ke sekolah alam.
    Saking aktifnya...

    Belum nemu dan smoga g kemahalan :(

    ReplyDelete
  2. sami2 mbak.. iya katanya sekolah alam bagus yaa..
    smoga cepet nemu deh... dan yg penting gak kemahalan :))

    ReplyDelete