Monday, November 29, 2010

Makam Rahasia Pangeran Jayakarta




Saya baru tahu kalau kuburan Pangeran Jayakarta bukan berada di Jl. Jayakarta dekat showroom Auto2000 itu. Karena saya pernah melewati jalan itu dan di situ ada plang tulisan makam keramat Pangerang Jayakarta. Saya baca hanya sekilas.
Ternyata makam yang ada di Jl. Jayakarta itu adalah makam Rd Ateng Kertadria sohibnja Pieter Erbervelt yang di tuduh Belanda akan melakukan makar atau penggulingan pemerintahan di tahun 1722.

Sedangkan kuburan Pangeran Jayakarta sendiri terletak di Jatinegara.
Nah lagi2 saya juga baru tahu, selama ini saya sering lewat Jatinegara tapi tidak pernah tahu kalau di situ ada kuburan Pangeran Jayakarta.
Eh..tenyata saya salah lagi. ini bukan Jatinegara Otista, tapi Jatinegara Kaum, dari rawamangun arah ke Pulo Gadung.

Dan akhirnya, sampai jugalah saya di kuburan Pangeran Jayakarta, Pak Liliek sebagai nara sumber, tidak memberikan informasi yang pasti Pangeran Jayakarta keberapa yang makamnya di Jatenagara Kaum ini.

Cerita tentang Pangeran Jayakarta bisa di baca di sini
atau baca email Adep di bawah ini ( susah bener ganti ke Bahasa Indonesia EYD)
http://indra1705.multiply.com/journal/item/5/Masjid_Pangeran_Jayakarta_As-Salafiyah


6 comments:

  1. yg di Jayakarta itupun katanya cuma petilasan Rd Ateng ya, udah pernah ke situ teh ?

    ReplyDelete
  2. Tempat ini dikeramatkan, ngga, bu Seno?

    *oiya, terimakasih sudah confirm :)

    ReplyDelete
  3. weeh.. makam orang terkenal saja ga jelas lokasinya ya. apa memang sengaja dikacaukan infonya untuk tujuan tertentu

    ReplyDelete
  4. Iya katanya cuma petilasan..belom pernah nan, kemaren itu cuma lwat dan ditunjukin

    ReplyDelete
  5. Dikeramatkan Mas Iwan, buktinya banyak orng jauh2 ziarah ke sini

    ReplyDelete
  6. Kecurigaan ke situ ada mas, sengaja di kacaukan infonya..tp kebenarannya ? siapa tau hehe

    ReplyDelete