Thursday, November 25, 2010

Nostalgia Teknologi 80-90an

Makan siang hari ini di isi dengan nostalgia perbincangan alat komunikasi jadul dan teknologi jadul. Rupanya saya dan 2 teman saya ini generasinya hampir sama, apa yang di omongin nyambung, minimal pernah tahu apa yang di ceritakan. Apalagi kedua teman saya ini sama-sama pernah merasakan sebagai anak kost, jadilah makan siang hari ini selama 1.5 Jam di isi dengan nostalgia tahun 80-an. Kasian dua teman lain yang baru lahir di kepala 8 terbengong-bengong membayangkan apa itu pager, apa itu telpon kartu, gak kebayang juga dulu untuk index data membutuhkan waktu lebih dari 1 jam karena menggunakan probram Dbase dan Clipper.
 
Teknologi Komunikasi

Telepon Koin








Antri di telepon umum bukan hal memalukan waktu itu, karena jarang sekali rumah yang memiliki telpon. Uang koin yang sekarang sering di geletakkan begitu saja, dulu di cari-cari ketika ana bertelepon di telepon umum. Bentuk telepon koin dulu tidak jauh berbeda dengan telepon koin sekarang.

Telepon Kartu
 








Meningkat selanjutnya mulai ada telepon kartu magnetik, penjual kartu magnet mulai menjamur,harganya mulai dari Rp. 10.000-Rp.100.000. Dengan gambar yang beraneka ragam. Saya sempat mengkoleksi telepon kartu ini, khusus event-event tertentu biasanya akan mengeluarkan kartu telepon bergambar event tersebut seperti PON, Sea Games dan lainnya.
Telpon Kartu yang ada di Jakarta dulu, mirip-mirip seperti gambar di atas, cuma warnanya silver campur hitam.

Pager.











Di bis atau metromini sering saya lihat cowok-cowok melilitkan pager dengan rantainya di pinggang dan ketika bunyi tidit..!..tidit..!! , langsung melihat ke layar pager, kesannya seperti orang penting.
Saya juga sempat punya pager, waktu pertama kali kerja gaji pertama saya belikan pager, tujuannya selain buat gaya-gayaan juga buat komunikasi dengan pacar saya yang sebelumnya juga sudah punya pager.
Buat yang belum tahu cara pakai pager ini adalah, kita telpon ke operator pager, sebutkan pesan apa yang akan di sampaikan, kemudian si operator akan mengetik pesan kita dan mengirimkannya ke nomor pager yang kita inginkan.
Jadi, jangan malu sama si operator kalau mau pacaran lewat pager, saya sering mengirimkan pesan
"Sayang.. nanti jam 7 malam kamu tunggu aku di gardu monyet ya "
"Hai..cinta, sudah makan siang belum ?  jangan lupa makan ya, nanti kamu mati kalo gak makan"
Panjang character sepertinya bebas ( saya lupa), karena tulisan di layar pager yg sempit akan bergerak terus sampai pesan yang di kirim habis terbaca.
Pager hilang kemudian digantikan Handphone, HP pertama saya Ericcson flip warna ungu tipe T28 ( kalo ndak salah lagi), Harga kartu perdana mentari masih muahal, masih Rp. 500.000, bandingkan harga perdana simpati goceng sekarang, ngenes.. Jadi tahu deh kenapa dulu teman saya yang kerja di indosat bonusnya gede-gedeeee.

HT ( Handy Talki )   brea..brea..kontek kontek.











Kalau kemarin sempat baca para relawan merapi butuh HT sebagai alat komunikasi yang lebih efektif dibanding HP, saya jadi inget dulu alat ini juga sempat jadi mainan saya ketika SMA, HT yang saya punya lupa merknya, ada tulisan ICOM di bodynya, saya bilang ICOM ini Icho Cantik Orang Mangga ( dulu rumah saya di Jl. Mangga).
Nama yang sering saya gunakan sebagai breaker gonta ganti, kadang Rindu, Kemuning, Kiki, Agit macem-macem deh.
Dari HT ini juga saya belajar spelling Abjad , nama saya Indian Charlie,Hotel Oscar..


Teknologi Informasi

Personal Computer (PC) barang langka waktu jaman saya remaja, meskipun saya kuliah di Sekolah  Tinggi Tinggi sekali jurusan Komputer, saya tidak punya PC. itu sebabnya saat praktek di lab komputer waktu 2 jam praktek rasanya sangat kurang. (apalagi kalau asisten labnya ganteng, wiih waktunya bener-bener kurang.)
Komputer yang pertama kali saya kenal di kampus jenis Mainframe, digunakan untuk praktek mata kuliah Cobol, RPG dan Fortran.












Mini komputer sempat saya pakai ketika saya kerja di satu perusaan ( masih sambil kuliah), menggunakan mesin AS400.Bahasa Pemrograman yang di gunakan juga sudah mengikuti mesinya yaitu menggunakan RPG for AS/400 atau Cobol AS/400














Praktek mengunakan PC di kampus, hanya untuk praktek Wordstar, Lotus 123 dan Dbase III.
PC nya waktu itu berjenis apa ya ? belum jamannya Pentium dan saat boot komputernya bisa di sambi bikin teh manis dulu krn lamanya)
Bootnya juga masih menggunakan disket boot,tidak langsung muncul ke windos, tapi masuk ke dos prompt c
dengan mengetik C:\Win kemudian enter, keluarlah system windows 3.1.
Jadi, kalau sekarang saya suka gak sabar loading komputer saya pada saat re-start, harap maklum saya sudah bosan dulu restart pc lama masa sih sekarang masih lama juga.

Selanjutnya mulailah era Notebook, Netbook dan seterusnya, System Operasinya juga semakin berkembang dan semakin banyak. Ditambah lagi dengan era internet yang semakin memudahkan untuk berkomunikasi, chating, e-mail,social networking yang semakin mendekatkan yang jauh.

 
Buat yang mau nostalgiaan film, kaset dan lainnya, klik di sini







 
 

41 comments:

  1. wahh...saya nggak pernah pakai pager dulu...:)
    eh, pernah...pas jadi ketua BEM dulu, dipinjemin rektorat
    :))

    ReplyDelete
  2. Wah..waktu jamannya Pager, Suga masih mahasiswa ya hehehe, Ketua BEM mana nih ?

    ReplyDelete
  3. aku juga pernah pager lho, trus ngoleksi kartu telp didompet .. Hahha jaman kapan ya .. emang itu taon 80-an teh ?

    ReplyDelete
  4. Eh udah 90-an ya pager mah, da udah kerja aku juga

    ReplyDelete
  5. naah yg ini aku jg punya duluuuuu.....udah kereeen bangeet nih..sm no xl perdana 300rb, lain sm skrg no perdana cuma 5ribuan heheheee

    ReplyDelete
  6. jaman dulu punya kartu telp.udah gaya

    ReplyDelete
  7. Sama yaa.. dah gaya ya waktu itu HP gini,pdhal harga langganannya juga masih mahal, terima telp dr Xl masih kena charge.. apalagi nelpon

    ReplyDelete
  8. Pas di depan rumah kontrakan dulu juga ada telepon umum... Dulu bikin koin Rp.100,- dibolongin atasnya lalu diikat pakai senar gitar buat nelpon gratis berkali-kali.... Tuh telepon umum udah serasa milik pribadi.... Hahhahhahahahaha...

    ReplyDelete
  9. Ya ampn Lindungg.. hihi dasar lo ya, eh tapi emang tuh, ada juga temenku yg pake benang gitu jg,abis itu mo di pake sm yg belakangan rusak tuh telepon

    ReplyDelete
  10. gak mbak..kalau aku pake yg koin...klasnya rakyat jelata sih..he..he..he

    ReplyDelete
  11. gak mbak..kalau aku pake telp.koin ...klas-nya rakyat jelata sih he..he..he

    ReplyDelete
  12. iya, ketua bemo maksudnya..huehue
    *BEM ITS, mbak. berasa jd orang penting waktu itu, haha. sampai2 nggak sempat pacaran :)

    ReplyDelete
  13. ada yg kurang kui bu. intercom. pake kawat dicantel-cantelin pohon apa pakai galah. kalo abis ujan angin sibuk nyambungin jalur yang putus.
    ngakak inget jaman pake ibm xt yang kalo mau idupin ndadak masukin disket. layarnya item tulisane ijo. hehe

    ReplyDelete
  14. ha..ha..ha mbujuki...cerita yg trauma dg kibaran jilbab itu...trus ketemu 2 mantan di batam itu? opo maneh yo...sik tak eling2e

    ReplyDelete
  15. halah.. krn telp kartu masih jarang di Malang sana yaaa hahaha

    ReplyDelete
  16. maksudnya punya pacar, tapi nggak ada waktu lagi buat pacaran...heuhue
    :)

    ReplyDelete
  17. jadi inget dulu suka koleksi kartu telpon sampe2 yang masih ada pulsa-nya pun di koleksi sekarang bingung mau pake-nya dimana *ada ber buku-buku koleksiku* :p

    ReplyDelete
  18. wahaha, jd inget awal nikah, dan punya anak 1
    komunikasi ama suami pake pager, termasuk minta tolong beli pampers Afra, beli susu dll

    ReplyDelete
  19. Oh iyaaaa. ada intercom yg lebih pendek jangkauannya ya.. pernah make tp punya tetangga hehehe

    IMB XT iyaa.. haduuuh lama ampun deh, XT layar item tulisan ijo, kursornya masih kotak hihi meningkat AT..toss ketemu temen segenarasi neh :-)

    ReplyDelete
  20. iiih keren sampe di bukuin gitu ? aku cuma koleksi pranko yg di bukuin

    ReplyDelete
  21. Hahaha.. teh Mia, si operator pagernya pasti ketawa2 tuh pesen isinya beli pampers, beli ikan dll :-)

    ReplyDelete
  22. aq sempat make hp amps, Teh. Sebelum era gsm tuh. Klo pager gak punya, tp sering kirim pesan ke temen yg punya pager, urusan kerjaan :)

    ReplyDelete
  23. jadi inget pertama kali ada komputer di SMA, ada yg nanya 'oooh, jadi ENTER itu buat bikin dokumen?' terus setelah buka si win3.1 itu blajar WYSIWYG dan heboh dengan gambar2 kartun culun alih-alih belajar spreadsheet :D

    ReplyDelete
  24. sayang aku bukan anak kuliahan jadinya ga mudeng yang aneh-aneh. cukup ws lotus dbase, paling banter ketambahan basic sama c buat bikin game kecil. hehe payah..

    ReplyDelete
  25. di rumah pernah pasang tuh. yang pake orang dewasa karena waktu itu saya mah masih kecil :-p jadi tau kalo Papa Alfa Charlie Alfa Romeo tuh artinya PACAR :-D

    ReplyDelete
  26. Bossku dulu jugapunya tuh, dan aku bingung2 waktu itu hehehe

    ReplyDelete
  27. hahha..itu di Bogor ya, pantesan aja tahun 2000-an aku ke kal-tim orng sana ada yg masih kagok pake mouse, ada yg bingung koq aku tau di klik kiri atau klik kanan hihi..
    WYSWYG..haduuuh.. eta teh baheula mah okeh banget yaa..

    ReplyDelete
  28. Keren dong bukan anak kuliahan tapi tahu bhs C dan bisa bikin game, lha yg kuliahan aja gak bisa mas :-)

    ReplyDelete
  29. hihihi..inget si Faried Harja kalo ada papa alpa charlie teh

    ReplyDelete
  30. Iya.. XT/386 trus ningkat jadi AT, 486 baru deh pentium I

    ReplyDelete
  31. yo gak gitu bu. wong cuma pengangguran trus ada 8088 nganggur. sekarang malah gabisa babarblash. bisanya cuma ngceh ga jelas di blog. hehe

    ReplyDelete
  32. ada yg lupa, telpon kartu chip, yg lbh tebal itu lohhh....
    kalo kartu dr telp kartu, mo pake lagi, lubangnya di tutup selotip ato lilin :D

    inget dng hp pertama, siemens m35
    dan kartu perdana simpati seharga 1,5jt :D
    kartu secondnya aja 500rb....hihihi

    ReplyDelete
  33. Iya ya, telp kartu chip, mungkin untuk telp kartu yg gambar di atas.

    Nah aku dr si Ericcson T itu, selanjutnya jadi penggemar si emen deh.. bertahun2 pake siemen..

    ReplyDelete
  34. hahaha...lho kita satu generasi dong Teh ICho
    secara saya belajar pemrograman itu masih jamannya Basic, PAscal, Delphi dll
    punya dong pager, jatah dari kantor
    ngalamin dong naksir2 trus ngantri telepon koin dan nelpon pake' kartu yg berlubang :-D

    ReplyDelete
  35. Wah jangan2 iya nih.. Basic & Pascal juga dapet, tp kalo Delphi engga dpt, belajr sendiri aja.. eh sama pacar deng..
    samaaa... hmm kampusnya di mana Shan ?

    ReplyDelete