Saturday, November 20, 2010

Peduli Borobudur

Candi Borobudur yang terletak di kota Magelang tidak luput dari debu akibat letusan merapi. Debu Merapi menempel di dinding-dinding candi dengan ketebalan kurang lebih 2.5 cm.
Upaya pembersihan kembali Candi Borobudur dari abu vulkanik Gunung Merapi yang sudah dimulai sejak 11 November lalu. Namun, hingga kini, baru sebagian kecil abu vulkanik yang berhasil diangkat.
Hingga kini, baru 20 meter kubik abu vulkanik yang telah berhasil dibersihkan. atau sekitar 7,5 persen dari total debu vulkanik yang menutupi Candi Borobudur. Masih sekitar 90 persen lebih yang belum diangkat.
Pembersihan candi borobudur dilakukan dengan cara manual,Tim yang melakukan pembersihan, seluruhnya 64 orang terdiri dari geolog, arkeolog, ahli kimia, pekerja dan relawan.
Selain di sapu, pembersihan candi borobudur juga dilakukan dengan menyemprot soda kue atau natrium bikarbonat . Karena abu vulkanik yang menutup Candi Borobudur  memiliki sifat yang sangat korosif yang bersifat asam dengan pH sekitar 4 sampai dengan 5.

------------
Mengutip berita-berita diatas tentang candi borobudur di atas, saya jadi membayangkan beratnya pekerjaan para relawan membersihkan candi yang begitu luas dengan cara manual.
Pastinya capek sekali, saya yang sekedar naik tangga sampai puncak borobudur saja sudah ngos-ngosan, apalagi ini sambil menyapu debu yang tebal.
Apakah ini salah satu penyebab kurangnya relawan untuk membantu membersihkan borobudur ? atau kurangnya media yang memberitakan kegiatan relawan saat membersihkan borobudur sehingga karena kurang di ekspose media menyebabkan relawan enggan ke sana ? mudah-mudahan bukan ini alasannya.

Saya sempat bertanya ke teman saya salah seorang relawan yang jarang pulang ke rumahnya sebulan ini karena sibuk membantu di pengungsian. Kekurangan relawan di borobudur, penyebabnya mungkin karena relawan lebih terfokus mengurus pengungsi sebagai prioritas dan banyak juga relawan dadakan yang cuma sebentar mampir ke pengungsian, kasih bantuan, foto-foto, upload ke facebook kemudian balik lagi ke hotel.

Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mengungkapkan, pembersihan permukaan candi peninggalan Kerajaan Mataram kuno itu memakan biaya sebesar Rp348 juta. Sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp.100 Juta berupa alat pompa air, genset dan vacuum cleaner.

Sekarang Pihak penanggung jawab candi borobudur membuka tangan selebarnya bagi perusahaan maupun relawan yang mau membantu. Bantuan tidak harus dana, bisa juga orang. Kami akan berikan koordinator dan briefing jika ada perusahaan yang ingin membersihkan candi Borobudur.
 
Ayo teman-teman sahabat museum, teman-teman komunitas jelajah budaya, teman-teman Indonesian heritage dan teman-teman lain yang mengaku pencinta sejarah dan budaya, ulurkan tanganmu,yang punya facebook buat group peduli borobudur,yang jago bikin website ayo buat website peduli borobudur,galang koin peduli borobudur, singsingkan lengan baju untuk membantu membersihkan candi borobudur. Jangan sampai kita di dahului oleh para ahli dari luar negeri yang mengirimkan peralatan canggih untuk membersihkan candi karena bagaimanapun Candi Borobudur merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.
 
                                                              













        



Foto : Borobur kini dan mbok penunggu borobudur (dulu)



16 comments:

  1. berita terakhir katanya tentara dah dikerahkan kesana bu...

    ReplyDelete
  2. semoga cepat bersih ya dari abu.. fotonya lucu dah.. kalu foto dari bawah kesannya emang kaya penunggu nih..

    ReplyDelete
  3. Yang 64 orang itu katanya juga termasuk tentara Mas, mudah2an segera bersih deh, tenaga tentara kan beda dng tng relawan kelas hotel yo mas :-)

    ReplyDelete
  4. Iya Mbak Tintin.
    hehe memang penunggu, krn lagi nunggu yang di tunggu di bawah sana ( toilet belakang candi)

    ReplyDelete
  5. saya terikat dengan kerjaan Teh. Moga yg dket2 bnyak yg mau jadi relawan.

    ReplyDelete
  6. sama sih, sy juga terkait kerjaan, terkait keluarga hehe. smoga bisa lebih cepat di bersihkannya ya Mas

    ReplyDelete
  7. waduw...saya termasuk orang yg diajak teh Icho nih
    pengen bantu sih, tp waktunya yg kurang

    ReplyDelete
  8. skrg udah mulai membuka pendaftaran relawan utk mbersihin mBorobudur Teh.. I wish aku dikasih cuti panjang... orang cuma 6 km dr rumah ortu hiks... *btw mbok penunggu, kecapekan ya? xixixixi*

    ReplyDelete
  9. Wah.. mo pulkam Q ?? deket ya 6 Km. emang di rimu di mana ? jadi pengen ikut QQ
    Iya..kecapean tuh tau aja, itu ada brondong2 lg pada nganggur suruh fotoin aku aja deh hehehe

    ReplyDelete
  10. mbok penunggu-nya oke juga ya *kedip-kedip* hihihihi

    iya...sayang banget..mudah2an banyak relawan dan cepat dibersihkan sebelum si abu vulkanik merusak warisan yang indah itu

    ReplyDelete
  11. *kedipin lagi * hehehe

    Siip mari kita tunggu kelanjutan hasil bersih2nya Kris

    ReplyDelete