Wednesday, November 10, 2010

Debat Pilkada TangSel

Waktu Obama datang tanggal 911 kemarin itu, televisi di rumah heboh dengan berita-berita Obama dan saya heboh dengan PR-PR Della dan Ulangan Bhs Inggris Della, jadi gak sempat nengok acara di TV. Jadi ketika semua urusan saya sudah selesai, saya baru bisa sejenak mengganti channel2 TV.

Eh ternyata malam itu ada debat pilkada Tangsel di Metro TV dan ternyata saya sudah terlambat nontonnya, saat saya nonton, mereka sedang membahas tentang penanganan sampah.
saya panteng di channel itu berharap dengan melihat cara mereka debat, bisa saya pilih mana calon walikota yang sreg di hati saya.
Ah.. ternyata nonton sekilas itu debatnay gak seru, kurang greget, atau jangan-jangan gregetnya sudah lewat, atau malah sebaliknya memang gak ada greget sama sekali ?
Baiklah, meskipun tidak ada gregetnya, saya berhasil geregetan sendiri dan mau memberikan penilaian sendiri atas hasil nonton debat pilkada tangsel malam itu.

(1) Yayat Sudrajat-Norodom Sukarno,
       Dua Bapak calon independen ini kompak berbaju batik dengan warna senada meski  corak yang berbeda,eh ternyata badanya gemuk-gemuk ya dua bapak ini, tanda kurang berolah raga nih. ( sama dong kita).
Calon Walikotanya mah asik aja sepertinya, bicaranya lumayan lah, eh sayangnya saat panelis bertanya apakah kira-kira jika dalam perjalanannya nanti ada kemungkinan untuk makar atau membangkang pada walikota ? dan apa perasaannya menjadi orang nomor 2 (wakil), kenapa bukan orang no. 1
Jawabannya sekilas yang saya tangkap : ada kemungkinan kalau memang walikotanya dianggap tidak berkompeten.
waduh... coret no 1 !!

(2) Rodhiyah-Sulaeman Yasin,  
Baru kali ini saya melihat gambar bergerak dari si Ibu ini, biasanya eh gak biasanya, malah susah sekali saya mencari gambar Ibu Rodhiyah ini.
Ternyata si Ibu calon walikota Tangsel ini bersahaja sekali dan kharisma pejabatnya gak keluar dari wajahnya, ditambah lagi gaya bicaranya koq gak banget ya, mungkin lebih cocok buat ibu-ibu pengajian aja.
Ditambah lagi, ketika si ibu mendapat kesempatan menjawab pertanyaan panelis dengan waktu 1 menit berdua dengan calon wakilnya, mestinya ibu ini dapat jatah 30 detik, tp meski sudah di peringatkan oleh wakilnya maupun oleh paneelis, si ibu ini masih nyerocoooooss terus.
Jadi saya mengambil kesimpulan, ibu ini bukan tipe pemimpin yang baik, hanya mau di dengarkan tanpa mau mendengarkan dan banyak omong, tidak bisa memanfaatkan waktu.
Sooo.. coret juga no 2 !!
 
(3) Arsyid-Handras Taulany
Untuk Calon walikotanya, terlihat lebih siap dibanding 2 calon sebelumnya, terlihat dari jawabannya ketika menguraikan masalah penanggulangan sampah di wilayah Tangsel, meskipun pelaksanaannya gak tahu ya, yg pasti sudah sedikit punya pengalaman dengan wilayah-wilayah yg sekarang masuk ke TangSel.
Dan Andre Taulany, lumayanlah kelihatan memang sudah siap maju ke dunia birokrat, gaya bicaranya masih lebih bagus di banding calon wakil walikota lainnya.
Terutama ketika menjawab pertanyaan panelis tentang bagaimana menjadi orang nomor 2 dan bukan orang nomor 1.
Andre Taulani menjawab, nomor 1 atau nomor 2 tidak terlalu di pikirkan, yang penting semuanya amanah menjalankannya dan tidak ada rencana menjegal atau makar walikota sama sekali dan bahkan mungkin tidak akan  terjadi karena akan selalu solid dengan walikota.
Jadi..... simpan no. 3 di kantong !!!

(4) Airin Rachmi Diany-Benjamin Davnie.
Ibu calon walikota ini sudah terlalu di kenal oleh masyarakan dengan berbagai kegiatannya, baik yang tersembunyi maupun tidak tersembunyi. 
Dan untuk itu, saya tidak perlu serius mendengarkan debatnya meski gaya bicaranya yg sudah terbiasa biacara di depan media cukup enak dan baik terdengar.
Karena saya sudah memutuskan tidak memilih nomor 4..
Takut seandainya kelak terpilih nomor 4 ini kemudian terjadi apa yang di kawatirkan kalangan banyak, ada tanggung jawab moral yang harus saya pertanggung jawabkan atas pilihan saya kelak.

 

22 comments:

  1. paling males kalo liat acara kampanye kaya gitu. isinya boong melulu

    ReplyDelete
  2. Sama sih, sy juga paling males liat, tp berhubung calon walikota saya, jd pengen tahu juga sih mas :-)

    ReplyDelete
  3. andre taulany tuh yang di OVJ ya bu??

    ReplyDelete
  4. iya Mbak...janji2 doang biasa-nya ntah nanti kalo bener2 terpilih apa iya akan dilaksanakan omongan-nya *teringat si bang foke* :p

    ReplyDelete
  5. HIhi.. begitulah namanya juga Kampanye, berusaha menarik masa sebanyaknya dengan jualan omongan ..soal realisasi.. kumaha engke

    ReplyDelete
  6. siiip...jd udah bisa menentukan pilihan nih....

    ReplyDelete
  7. jangan2 ini adalah kampanye terselubung? :P
    Teh Icho, semoga yang terbaik menurut Allah yang menang yaa....

    ReplyDelete
  8. ga ada yang kenal, kecuali andrey taulany :p

    ga ngaruh juga sih buat gw, bukan warga tangsel hahaha :))

    ReplyDelete
  9. Biasanya menjelang pilkada emang ada debat gitu di TV, sprt dulu pernah ada juga eh pernah liat pas debat calon walikota lampung or padang ya yg aku pernah liat..

    ya..masih dlm rangka kampanye deh itu nit

    Amiin betul, yg terbaik dan yg amanah

    ReplyDelete
  10. sama gw jg cuma kenal Andre Taulany hehe, nanti mo di kenalin sama Pak Arsid :-p

    ReplyDelete
  11. Belom dapet undangannya hahahhaa.. tau nih Pak RT belom ngasih juga

    ReplyDelete
  12. aku dah dapat undangannya nih teh, tp ga tahu deh begimana
    mamaku malah plesiran ke malang..wakakak

    ReplyDelete
  13. wah.. hihi si mama gak urus deh mo walikotanya siapa, yg penting ciputat gak macet hihi

    ReplyDelete
  14. emang kalo pilih nomor 4 kenapa teh? :D
    udah ada agenda terselubung kah ?

    ReplyDelete
  15. kakak kelas sayah yang cantik..orangnya baik (dulu mah), pinter..kesalahan dia : karena jadi menantunya penguasa Banten..

    ReplyDelete
  16. Gak apa2.. tp sy gak mau milih dia..

    ReplyDelete
  17. sma bandung ya ? pantesan geulis hihi
    iya salah ya jadi minantu na jawara banten , tp mun teu kitu gak bakal jadi orang ngetop di Banten :-)

    ReplyDelete
  18. hehehe.. Neng Juleh minta themes yg ini, trus di crop Om Azzy...:-)

    ReplyDelete