Wednesday, November 24, 2010

Kenangan Wali Kelas

SD Duri 01 Jakarta Barat
Bu Sukaesih yang mengajarkan saya mengenal huruf a-i-u-e-o dan belajar mengejanya. Beliau juga mengajarkan saya lagu balonku dan pelangi-pelangi.
Pulang sekolah Bu Sukaesih akan berdiri di pintu dan kami murid-muridnya berbaris rapi keluar kelas setelah mencium tangannya.
Kelas 2 SD, guru saya Bu Upen, Kelas 3 Ibu Sihombing yang punya dua anak cewek kembar. Guru kelas 3 Pak Rastim orang Madura yang sering di ledek teman-teman saya karena logatnya. Guru kelas 4 Pak Endang Supana, orangnya baik meskipun berkumis seperti Pak Raden dalam serial boneka si unyil. Guru kelas 5 ibu saya sendiri selama 3 bulan, kemudian saya pindah ke SD sebelahnya, dan saya sukses lupa siapa nama guru kelas 5 saya itu.
Semua  guru SD saya diatas sudah almarhum ( kecuali ibu saya masih sehat walafiat sampai sekarang, Alhamdulillah)

SEMPEL ( SMP 5 Tangerang )
Masa-masa di SMP ini sangat berkesan buat saya, lebih mengesankan dibanding masa SMA, karena di SMP prestasi akademik saya termasuk bagus, aktifitas ekstra kurikuler saya juga banyak, masa remaja saya di mulai di sini dengan bimbingan guru-guru, kebanyakan guru-guru saya mulai kelas 2 adalah guru-guru muda lulusan Diploma IKIP Bandung.

Pak Sunardi, wali kelas 1E.
Masih ingat dengan Guru Oemar Bakrinya Iwan Fals ?. Pak Sunardilah yang kami anggap paling cocok sebagai gambaran Oemar Bakri di SMP saya. Ditengah terik matahari,  (kelas 1 saya masuk siang), Pak Sunardi dengan sedikit ngos-ngosan mengayuh sepeda kumbangnya dari Jl. Nanas ke SMP saya di Jl. Cemara yang jalanannya agak menanjak untuk mengajar kami. Kadang saya  yang berangkat sekolah naik sepeda mendahului Pak Sunardi dan ngajak balapan, Pak Sunardi menjawab dengan senyuman dibalik kumisnya.
Pak Sunardi yang lembut hati ikut menangis di saat meninggalnya  Dodo yang tragis dan ikut menggotong keranda teman saya itu sampai ke liang lahatnya.
 
Bu Endang Endrawasih, wali kelas 2F
Jangan pandang Bu Endang dari fisiknya yang mini, semangatnya mengajar biologi sungguh luar biasa, tidak pernah kehilangan jawaban atas setiap pertanyaan siswa/inya.  Bu Endang pernah marah luar biasa ketika tali bendera putus ditengah upacara bendera dan peserta upacara terbahak-bahak melihat kejadian itu. Kemarahan Bu Endang di sertai ceritanya yang heroik  tentang merah putih membuat sebagian dari kami menjadi lebih respek kepada beliau. 

Pak Sonny Bastoni, wali kelas 3E
Ini guru saya yang paling ganteng, Harvey Malaiholo pada masa mudanya. Jago basket, jago gitar, jago nyanyi,jago bikin lagu, baik hati dan lengkaplah kebanggan kami mempunyai wali kelas beliau. Pak Sonny mengajar Olah Raga juga   Geografi.
Jarang sekali saya temui teman-teman yang malas pelajaran olah raga dibawah bimbingan Pak Sonny . Murid Pria untuk sementara harus merelakan teman-teman wanitanya yang mulai puber mencari perhatian dari Pak Sonny ketika di lapangan, mulai dari sekedar  mengajarkan cara dribling bola basket dengan benar atau cara sit up dengan benar.( biasanya yang cewek2 sengaja di salah2in supaya di pegang dengkulnya oleh Pak Sonny )
 
Menjelang perpisahan kelas 3, Pak Sonny menciptakan lagu untuk kami anak-anaknya yang akan meninggalkannya, dan saya sampai sekarang masih hafal lirik dan irama lagu ciptaan Pak Sonny tersebut.

Kini aku sendiri lagi
Tanpa kamu di sisiku
Tegur sapamu tiada lagi
Ku temui setiap pagi

Reff : Selamat jalan, sahabatku
Doaku slalu menyertaimu
Sahabatku

Berjuta kenangan kamu tinggalkan
Pengganti kamu kala ku rindu
Kan ku hidupkan dalam relungku
Masa-masa bersamamu

Kembali ke Reff

Pak Sunardi sekarang sudah almarhum, Bu Endang sekarang entah di mana.
Pak Soni sempat terhubung dng FB saya (yang sudah dideactive itu) setelah sebelumnya saya salah memanggil Pak Sonny dengan sebutan Kang Sonny karena beliau juga ikut milis urang sunda di mana saya juga salah satu membernya, dan sayapun minta maaf kepada "Kang" Sonny  dengan salah sebutnya itu.

Selamat Hari Guru buat Ibu dan Bapak Guruku semua, Bapak ibu akan selalu dalam hatiku. God Bless You



 Gambarnya si Mang Gugel di pinjem
 .
 

 

14 comments:

  1. hebat ya gugel pasang gambar hari guru.. jadi inget deh kita semua..

    btw, kog masih inget sih guru2nya? ku mah lupa, gegara sering pindah2.. semua guru favorite deh tapi lupa namanya.. kudu lihat raport sd smp sma nih..

    ReplyDelete
  2. Hahaha.. Mbak Tintin, aku emang liat rapot koq Mbak semalem :-)
    jadi masih inget..
    Lha mo critain wali kelas SMA malah koq kayaknya kesannya gak terlalu banyak. jd gak di tulis.

    ReplyDelete
  3. terpujilah wahai engkau ibu bapak guru.. :)

    sama Mbak..aku juga yang paling berkesan masa2 SMP hhihihihi

    ReplyDelete
  4. dalam rangka hari guru tho..? kirain infotaiment lagi. hehe

    ReplyDelete
  5. hebat euy , msh ingat wali2 kelasnya.... aku hanya ingat sebagian aja

    ReplyDelete
  6. iya,...sama dengan saya.
    malah saya sebagian kecil aja yang inget
    :)

    ReplyDelete
  7. duk remak tak iyo....huehue
    ancor pesena telor

    ReplyDelete
  8. namamu akan selalu hidup dalam sanubariku...
    SMP di mana Kris ?

    ReplyDelete
  9. Hehehe..masa mo nyaingin Insert Update sih , sekali2 gosip guru ah

    ReplyDelete
  10. Kalo wali kelas sampe SMP aku inget Mbak, pas SMA, td mikir2, inget wali kelas pas kls 3 aja.

    ReplyDelete
  11. pdhal yakin deh, Suga belum lama ninggalin sekolah :-)

    ReplyDelete
  12. sering denger tapi nggak tahu artinya....
    *jadi inget bu bariyah. di serial unyil.
    :)

    ReplyDelete
  13. Kalo Bu Bariyah saya kenal taiyeee.. :-)

    ReplyDelete