Sunday, March 18, 2012

Sumbang Darah Selamatkan Jiwa

Sebetulnya, sudah lama sekali saya memendam keinginan untuk ikut ambil bagian setiap kali di Sekolah anak-anak mengadakan acara ini, tapi keraguan dan (sedikit) ketakutan selalu muncul, takut yang tak beralasan sebtulnya, bukan karena saya takut jarum suntik yang segede jarum untuk jahit karung goni itu ya, tapi karena kebiasaan saya setiap kali ambil darah untuk periksa kesehatan itu cari tempat untuk jarumnya susah sekali, akibatnya tangan bengkak dan biru-biru. Begitu juga jika di infus,saking susahnya dulu waktu saya kena DBD, jarum infusnya di bukan di punggung tangan tengah tapi di punggung tangan sebelah jempol, dan itu sudah melalui beberapa kali tusukan pencarian.

Tapi keinginan untuk jadi pedonor tak padam,apalagi waktu mamanya Intan sempat merasakan susahnya cari pedonor darah. Tak terbayangkan juga teman saya yang anaknya rutin butuh bantuan darah karena menderita Thallasemia. Masa sih saya gak pernah bantu sesama dengan menyumbangkan sedikit darah saya saja.  Saya pasti bisalah, nahan sakit dan biru-biru dalam proses pencarian jalan jarum tak seberapa dibanding yang sakit dan yang butuh darah. Saya juga mencoba tak menghiraukan dengan isue jual beli darah di PMI, yang penting tujuannya satu,turut membantu sesama, ingat aja slogan PMI di sticker yg sempat saya dapat dulu "Sumbang Darah Selamatkan Jiwa".  sekarang slogannya berganti

Karena itu, tepat jam 9 pagi sesuai jadwal,di hari Sabtu kemarin saya mendatangi sekolah Seno & Della untuk pertama kalinya mendonorkan darah saya. Saya coba baca-baca brosur dari PMI tentang Syarat-syarat pedonor, rasanya semua syarat sudah terpenuhi. Syaratnya antara lain :

1. Umur antara 17 – 60 tahun ( diatas 60 tahun atas pertimbangan dokter )
2. Mempunyai berat badan minimal 45 kg
3. Kadar hemogoblin minimal 12,5g/dl
4. Tekanan darah sistolik 100 – 180 mmHg dan diastolik 50 – 100 mmHg
5. Bagi penyumbang darah wanita: tidak sedang haid, hamil atau menyusui

Ternyata sampai di Sekolah, mobil PMI sudah lebih dahulu tiba, antrian juga sudah banyak, saya malah dapat antrian no. 49, wow.. !! sepagi ini sudah begitu banyak orang baik yang mau mendonorkan darahnya, luar biasa.


Akhirnya, saya ikuti prosesnya, tanda tangan di daftar hadir,mengisi formulir,cek golongan darah,cek tensi darah.  Setelah melalui proses itu dan saya dinyatakan memenuhi syarat, saya antri menunggu giliran untuk di ambil darahnya. Kaget juga saya lihat koq yg diambil darahnya duduk gitu, biasanya kan tiduran. Apa memang sekarang begini modelnya.  Sempat jiper juga waktu melihat seorang pedonor yang sudah diambil darahnya kemudian bangkit dari tempar duduknya, pas jalan darahnya berceceran, wiiih...

Dengan disaksikan Della dari kejauhan, akhirnya  tibalah giliran saya, agak tegang sedikit waktu melihat jarumnya yang gede gitu, untunglah kali ini entah karena jarumnya yang besar atau tangan saya yang semakin menggemuk, kali ini cukup sekali pencarian dan langsung josss...darah dari tubuh langsung mengalir ke kantung darah dengan lancar sampai 400cc dalam waktu sekitar 15 menit.


Setelah selesai dan bekas tusukan jarum diberi plester, Mbak Petugas PMI menganjurkan  saya untuk menekuk tangan bekas suntik untuk menghindari muncratnya darah, dan anjuran itu saya ikuti sambil berjalan menuju tempat makan yang harus disantap pedonor. Makanannya , mie instan dalam gelas stereoform, telur rebus,teh manis,air mineral ,susu kotak dan suplemen penambah darah.  Saya cuma minum supplemennya saja, jatah makanan dan susunya sudah ada yang nunggu dari tadi :-)
Dan selain makanan, saya juga dapat kartu tanda pedonor, nanti kalau donor darah lagi kartu itu dibawa lagi.


Rencananya, 3 bulan kedepan jika memenuhi syarat dan kondisi tubuh sedang fit, saya tak ragu lagi untuk mendonorkan darah kembali.  
Dimana donor darahnya ? silahkan follow @blood4life atau kunjungi situsnya untuk mengetahui jadwal donor darah terdekat di daerah anda.

Yuuuk kita donor darah


37 comments:

  1. hehehe..nyoba deh mas, banyak manfaatnya
    1. Menjaga kesehatan jantung
    2. Meningkatkan produksi sel darah merah
    3. Membantu penurunan berat tubuh3. Membantu penurunan berat tubuh
    4. Mendapatkan kesehatan psikologis
    5. Mendeteksi penyakit serius

    dari sumber ini : http://bloopendorseinside.com/manfaat-dan-syarat-donor-darah-2

    ReplyDelete
  2. Wah, salut Teh Icho nyumbang darah. Memang ebnar2 dibutuhkan kok. Sempat ikut mengantar murid yang kecelakaan dan butuh darah soalnya.

    ReplyDelete
  3. iih baru pertama kali Mbak Irma, belum salut ah hehehe..
    nah pas butuh darah itu yg bikin panik

    ReplyDelete
  4. dua kali hampir donor gak jadi, karena ngepasi haid juga...padahal sudah diberani2in, karena takut jarum suntik :-))

    ReplyDelete
  5. paling senang habis donor dapat indomie rebus pake telor dan susu coklat ;)

    ReplyDelete
  6. ingat ya bu, jarumnya harus baru.. ku juga rutin 3 bulan donor darah.. dan harus tidur cukup..
    selamat bu..

    ReplyDelete
  7. ku selalu menolak kalu mie instan.. tapi ga nolak telur rebus deh.. kog menunya ituitu mulu ya? paling suka kalu dikasih bubur kacang ijo deh..

    ReplyDelete
  8. aku juga pernah donor walo sempet jiper liat jarumnya kek bambu runcing hehehe

    ReplyDelete
  9. pengen, tapi ga brani karena takut alergi nular
    btw, kalau alergi boleh sumbang darah ga ya?

    ReplyDelete
  10. diih.. Mbak Niez ini preman tapi takut jarum suntik hihihi

    ReplyDelete
  11. skrng diganti popo mie, ringkes bikinnya gak pake kompor :-)

    ReplyDelete
  12. Iya Mbak Tintin, hal yg pertama saya tanyakan juga itu, jarumnya baru ?
    jarum suntik baru, itu standar wajib PMI kata Mbak Petugas PMI

    ReplyDelete
  13. Belum tahu knp menunya itu2 terus Mbak, mungkin krn yg paling gampang dan padat gizi kali ya hehehe.. eh mie instan apa gizinya :-)

    ReplyDelete
  14. hoooo indahnya berbagi....

    saya tiapkali donor darah, sukses bikin manyun petugasnya
    karena nadi saya kecil dan tipe darah yg cepat beku
    jadilah klo donor giliran saya, yg sebelah2 udah ganti orang 2-3 kali
    saya masih belon dapat juga sekantong
    pake acara pindah tangan pula, jadi klo donor alamat dua lengan disuntik semua :-D

    ReplyDelete
  15. Belum tahu knp menunya itu2 terus Mbak, mungkin krn yg paling gampang dan padat gizi kali ya hehehe.. eh mie instan apa gizinya :-)

    ReplyDelete
  16. Belum tahu knp menunya itu2 terus Mbak, mungkin krn yg paling gampang dan padat gizi kali ya hehehe.. eh mie instan apa gizinya :-)

    ReplyDelete
  17. Keren Jeng.. jadi dah gak takut jarum suntik segede gaban lagi kan :-)

    ReplyDelete
  18. Kalau Alergi, katanya sih gak boleh Mbak

    ReplyDelete
  19. Oh.. tetangga sebelah saya donor tuh yg kejadian sprt Mbak Arni, sudah nadinya susah eh darahnya cepat beku, beneran tuh jd 2 orng petugas yg ngurusnya, saya juga mesti nunggu yg sebelah, pdhal sudah selesai.
    tapi tetep semangat donor kan ya Mbak Arni -)

    ReplyDelete
  20. ku alergi kacang dowang.. boleh kog feb.. tahap alergiku kan ga akut gitu.. alergi biasa saja..

    ReplyDelete
  21. sering ku protes deh.. ku kang langganan di pmi jakut.. jadi belakangan ini menunya selalu bubur kacang ijo.. dan susu..

    ReplyDelete
  22. semangat donor sih tetep
    tapi ini di kantor khan tiap 6 bulan sekali rutin nngadain donor darah
    nah petugasnya itu lagi itu lagi
    maka dimasukkanlah saya sebagai pendonor cadangan
    yang artinya klo kantong masih tersedia dan tak ada pendonor lagi baru saya dapat giliran
    hiks..............

    ReplyDelete
  23. HIks.. giliran giliran yg serius kepengen donor gini ya, dianggap merepotkan petugas hehehe.. tp keren Mbak Arni tetep smangat Mbak :-)

    ReplyDelete
  24. kemaren ada pasien cerita dan komplen, katanya menu makanan abis donor sekarang kimlo, padahal doi kangen indomie telor wakakakak

    ReplyDelete
  25. wakakakk..giliran diganti menunya juga masih tetep ada yg komplen

    ReplyDelete
  26. paling tepat lewat sekolah, ini memeras ortu kasih contoh baik sama anak..hi.hi.hi..

    ReplyDelete
  27. hihihi... iya anak2 jadi banyak yg nontonin ortu donor, moga2 aja kelak anak2 juga jadi pedonor Ed :-)

    ReplyDelete
  28. Teh Icho, saya dikasih tau orang Padang dulu yang rutin donor darah gini, katanya, "Nyesel keranjingan donor darah waktu masih muda dulu. Akibatnya, tuanya sakit-sakitan. Badan jadi loyo, lemes"

    Bener ga sih issue begitu?

    Dari jaman saya kecil dulu, musti indomie+telor+teh, "sogokan" abis donor :))

    ReplyDelete
  29. Makanya makan mie instant kudu pake telornya, Teh :) Disitulah gizinya, enak karena bumbunya, kenyang karena mie-nya, seru karena cabe Padangnya...wuih...2 bungkus boleh...:))

    ReplyDelete
  30. Masa sih Mel, baru denger aku issue gitu.. nanti ya aku cari2 dulu di gugel hihi.
    hihi iya ya seingetku juga dari jaman dulu makanannya itu2 terus ya

    ReplyDelete
  31. hehehe.. jd gizinya itu sbtulnya dari tambahan lainnya, bukan dr mie instan nya Mel

    ReplyDelete
  32. hahaha, o iya terakhir saya donor dapat pop mie
    waktu pertama kali donor 2007 masih dibuatin meja untuk makan mie ;)

    ReplyDelete
  33. jadi ingat pengalaman dulu di BCA Pusat.. habis sumbang darah, dikasih Indomie pake telor...di sini kayaknya ndak dikasih apa2 dech.. hm?? tapi aku belum pernah donor.
    Setahuku, donor darah itu malah bagus yach mbak??

    ReplyDelete
  34. Jadi sprt lomba maan mie, semeja bareng semua makan mie hihi

    ReplyDelete
  35. hehe.. coba intip2 Von, yg donor di sana di kasih apa.
    Betul Von, donor darah banyak manfaatnya koq, kata dokter yg periksaku kemaren gitu. Cuma tetep tuh gak yakin bisa bikin kurus, krn habis donor langsung makan kan hihihi

    ReplyDelete