Friday, March 16, 2012

Kak Herman di Copy Paste,Begini Rasanya

Keseringan menulis di dunia maya ( Di MP mapun di K), membuat saya jadi terbiasa untuk belajar tertib dan beretika dalam menulis di dunia maya, salah satunya untuk selalu menampilkan link sumber tulisan meskipun cuma mengutip satu kalimat pendukung tulisan saya sendiri, atau untuk gambar kalau bukan gambar milik sendiri saya juga usahakan menuliskan tautan link sumber gambar.

Etikanya kan begitu ya,kulonuwun gitu kalau mau pinjem sesuatu itu. Apalagi di Kompasiana itu ada butir  TOC ( Term of Condition) nya, yang melarang copy paste. Tulisan yang dianggap copas pasti langsung di hapus admin, tanpa ampun. Beda dengan di kaskus, di kaskus mah banyak banget tulisan yang entah copas dari mana-mana. 

Karena itu saya maklum kalau ada orang yang sebel jika tulisannya di copy paste orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Apalagi di copy plek-plek sama dengan tulisan asli. Tapi gak semua orang juga yang sebel tulisannya di copas, ada malah yang seneng dan legowo aja, ya anggap aja amal jika tulisan dia berguna untuk orang lain. 

Saya pernah berpikir begitu juga, ah biar ajalah tulisan gue di copas orang kalau memang tulisannya bermutu dan berguna, tapi ah mana ada tulisan saya yang bermutu, wong kebanyakan tulisan iseng doang, geer bener deh lu Cho !!.

                                        
Etapi tadi siang waktu saya iseng berkunjung ke Group FBnya orang Tangerang, eh nemuin tautan tulisan tentang Kak Herman Sosok Pramuka Sejati di Tangerang. Penasaran dengan tulisan itu karena saya pernah posting tulisan sejenis di Multiply dan di Kompasiana. Takutnya nanti malah saya yang dianggap mengcopy tulisan itu, itu blognya kwartir ranting pramuka Kronjo Tangerang lho, ngeri juga sayah hihi..
Eh pas saya buka blog itu ternyata tulisan itu plek sama dengan tulisan saya yang di MP dan di Kompasiana. Dan di blog itu juga tidak linkback ke tulisan asli saya.  

Sebetulnya ya saya gak dirugiin sih wong nulis di MP maupun di Kompasiana juga gak dibayar koq hehehe, tapi ya sedikit kesel aja.  Mau ngasih tahu etika ke pemilik blog, eh gak ada kolom komentarnya, mau lihat tanggal berapa  dia posting , duluan mana sama tulisan  saya, juga gak ada. Ngaku deh saya kalah pinter, gaptek deh kalau urusan ngutak ngatik blogspot.

Lalu ketika malam ini saya renungkan kembali ( ciyeeeh...). Sudahlah, artinya tulisan saya tentang Kak Herman itu memang diakui sangat fenomenal bagi gerakan pramuka Tangerang, dan tulisan saya ternyata bukan sekedar tulisan sampah, buktinya ada yang mengcopy paste, iya kan..iya kaann..

Jadi ternyata begini rasanya kalau tulisan di copas tanpa ijin, padahal cuma satu tulisan, teman saya Elok46 malah 90% isi blognya yang puisi-puisi bagus itu di copas orang, nyesek bener.


Btw ada yang punya account copyscape premium gak, pinjem dooong ?










*gambar baby kembar lucu itu punya sini *


30 comments:

  1. Punyaku jg ada yg di copas teh. Tp itu, Aku egp aja. Krn yg tau asli tidaknya ya yg penulis asli.

    ReplyDelete
  2. Nah loh...coba di email saja mbak..kan biasanya ada tuh contact us. Minta mencantumin sumbernya gt

    ReplyDelete
  3. Iya, akhirnya biar aja. betul Cak, yg tau asli atau engganya ya penulis asli lah ya

    ReplyDelete
  4. Gak ada Mbak Niez, heran itu ngumpetnya di mana contact usnya. Blog abal-abal kali nih

    ReplyDelete
  5. tulis aja di komen dia.. masih ada yang ga tahu etika berinternet ya?

    *termasuk daku yang suka asal embat gambar di google..

    ReplyDelete
  6. hihi, aku aku udah kasih tau di atas, di blog itu gak ada kolom komentar Mbak Tintin, kalau ada pastinya aku udah tulis komen di situ :-)

    nah ati2 tuh ambil gambar sembarangan Mbak, sebaiknya cantumkan sumber gambarnya

    ReplyDelete
  7. hooo mangkane elok gak mau ngempi neh jangan2 goro2 kuwi bu?

    ReplyDelete
  8. hihi bisa jadi tuh Mas Pri, skrng malah lebih rajin beredar di twitter

    ReplyDelete
  9. Pencurinya gak komunikatif, gak ada satu kontak person pun, pengecut!

    Atau coba mbak Icho, cari tulisan2 di blog tsb yg dibuka komennya, trus komen tentang keberatan dg menunjukkan link yg dimaksud.

    Kalo gak ketemu cari tahu bagaimana me-report abuse. Biar menjadi pelajaran bagi lainnya agar tidak semena-mena nyontek habis.

    ReplyDelete
  10. Mas Iwan sama nih sama saya pikirannya, pengecut juga itu yg bikin blog kwarran, gak ada kolom komentar, saya belum aja cari2 itu tulisan yg lain sprt ttng Pak mashudi rasanya juga saya pernah baca di mana gitu..
    Sudah saya cari celah supaya saya bisa nulis di blog itu, gak ada Mas, bahkan twitternya juga default hahaha..

    Ada sih yg ngajarin repoort abuse, katanya dng cara direport as spam or fraud dg login ke dasbor BSspot. saya mesti register dulu dong ya..

    ReplyDelete
  11. ... atau numpang report abuse lewat temen MP yg punya akun blogspot. Semoga ada teman di sini yg bisa bantu.

    ReplyDelete
  12. boleh-boleh hihi, dengan senang hati, etapi katanya sudah iklhas hehehe, buat pelajaran aja ya Mas Iwan, apalagi dia pasang SEO-SEO gitu ya ?

    ReplyDelete
  13. Klo individu yg model gitu, maksudnya suka nyuri hasil karya oran lain di internet ya selalu aja ada. La tapi ini pelakunya pake nama Kwaran...sejak kapan pramuka diajrin mencuri.Wah ngajari gak bener nih ;)

    ReplyDelete
  14. Tulisan Kak Herman jadi popular post, semoga yang nulis bisa nyangsang kemari karena banyak yang klik dari sini n bisa baca tulisan ini...

    Profile blognya ditutup

    ReplyDelete
  15. Dia posting bulan september 2011, Bu. Jadi Ibu lebih dulu karena bulan agustus

    ReplyDelete
  16. pernah ngalamin juga teh, beberapa tulisansaya ada yg dicopas... sebagiang ngasih backlink, sebagian lagi tidak. bahkan salah satu puisi saya dimasukin dalam buku yg diakui sebagai best seller dengab mengutip sumber yg salah :-)

    ReplyDelete
  17. mmg ga bs dilacak si copycat nya ya ?

    ReplyDelete
  18. kalau perorangan mungkin kita bisa sedikiit maklum tapi ini organisasi lhoo, harus ditegur itu biar ga jadi kebiasaan.

    ReplyDelete
  19. Selamat ya ceu, artinya tulisannya dianggap berarti dan bermakna oleh Kwaran Kronjo :-D

    ReplyDelete
  20. Hmmm... tulisan perjalanan saya juga pernah muncul di web lain. Tapi untungnya ada link WP saya.
    Tapi biar gak ada juga, gak bisa diakuin tulisan orang lain hehehe... soalnya ada foto diri di situ.

    ReplyDelete
  21. duh, ikut prihatin ya, Teh ...

    memang faktanya masih banyak orang dogol diluar sana yang menganggap bahwa apa yang ada di internet artinya menjadi public property. Blah!

    ReplyDelete
  22. Iya Dyah, kalau individu mungkin enak ya negur langsung dan coba2 cari info, siapa sih ni orangnya. lha kalau pakai atas nama organisasi yg bingung.
    Iya miris yaaa... itu blog jadinya tidak mengamalkan Dasa Darma Pramuka

    ReplyDelete
  23. Hihi oh gitu ya kalo klik dr MP keliatan ya di sana Naz ? baru tau

    ReplyDelete
  24. ngeliatnya di mana Naz ? koq aku cuma bisa lihat dia posting di folder thn 2011 gitu aja

    ReplyDelete
  25. Wah, gile sampe dikutip sama pengarang buku best seller ? gak mau tuh pengarang Mas ?

    ReplyDelete
  26. Aku gak bisa lacak, siapa2 nya, infonya minim Jeng

    ReplyDelete
  27. Iya juga ya Wan, ini pake atas nama organisasi ya..kebangetan ya, tadinya aku pikir ya sudahlah sadulur salembur hihi

    ReplyDelete
  28. hihi.. makasih ya Bun kalo gitu mah

    ReplyDelete
  29. Kalau masih ada foto dan linknya mungkin masih enakan ya Mbak hehe, ini mag boro2

    ReplyDelete
  30. beuh..enak bener ya kalau semua yg di dunmay dianggap properti public, gak perlu ada gerakan anti plagiat Vin :-)

    ReplyDelete