Tuesday, March 6, 2012

Lapar Itu Bikin Emosi Jendral !!

Makan yang terlambat memberi rasa lapar yang berat. Dalam kondisi perut kosong orang menjadi mudah uring-uringan, tersinggung dan cepat marah. Ternyata hal ini karena ulah zat kimia di dalam otak. Bagaimana bisa terjadi?
Menurut riset yang dilakukan oleh para peneliti Cambridge University, jika perut terasa lapar, serotonin, zat kimia yang ada di dalam otak akan memicu emosi yang tidak stabil termasuk rasa cemas, stres dan marah.
(Tulisan di atas di kutip dari sini )

Jadi saya percaya teori itu, beberapa kali saya mengalaminya, termasuk kejadian yang menyebalkan kemarin ini.
Ceritanya, hari itu (Selasa 6 maret) rencana ibu saya keluar dari RS Sari Asih Tangerang. Jadi pagi-pagi sesuai pesan kakak saya yang nunggu di RS, saya datang pagi. Tapi ternyata oh ternyata sampai siang ini dokter yang di tunggu belum datang juga.
Jadi bikin laper  ?  eh beluuuum.. belum laper. jam 9-an pagi tadi saya sudah sempat mampir sarapan laksa di kawasan kuliner Laksa Tangerang.

Kejadian lapernya itu pasti after jam 12 siang, ketika kakak saya saya tawarkan mau makan apa dan saya yang akan turun ke bawah beli makan, kakak saya yang bersuamikan orang padang, memilih minta nasi padang+rendang+sambal Ijo, udah gitu aja. Saya pesan juga nasih rendang, anak kakak saya pesan balada jariang, ikan mas, keponakan saya satunya pesan juga nasi ayam pop+perkedel. Total semuanya Rp. 47.000 , saya bayar pakai uang Rp.100.000 di kembalikan Rp. 53.000 ( pinter ngitungnya hehehe..)
Ponakan saya makan ditempat, saya bawa ke atas supaya makan bareng kakak saya aja nanti.

Karena jam besuk masih berlangsung dan kebetulan ada beberapa saudara yang datang, akhirnya itu nasi padang belum kami sentuh dulu. Setelah jam besuk berakhir barulah rasa lapar melanda,betapa kagetnya waktu buka nasi padang itu isinya cuma nasi +sambel Ijo, (rendangnya kemanaaaaaa). Kakak saya juga kaget, di nasi padangnyapun rendangnya menghilang.

Dengan semangat lapar menggelora, saya turun dan samperin lagi warung padang depan RS itu dan komplen soal rendangnya yang menghilang.
Kemudian terjadilah percakapan yang membuat emosi saya tiba-tiba memuncak karena lapar.

Saya : Da, ini saya tadi saya beli 2 nasi rendang, tapi ini cuma ada nasi + cabe ijo aja, rendangnya gak ada, sayurnya juga gak ada. (sambil menyodorkan 2 bungkus nasi)

Uda Padang : membuka bungkus nasi, lalu langsung komentar "ini kayaknya bukan beli di kita, gak ada ini kita bungkus begini"

Saya : (langsung emosi), astagfirullah uda, ngapain saya bohong buat 2 bungkus nasi ini, gak bisa terima komplen ya ? . Nih ya, saya beli di sini tadi jam 12 lewat, sama 2 ponakan saya makan di sini, total semua 47rb ( saya ceritakan makan apa saja )

Si uda : siapa yang layaninnya bu ?

Saya : yang baju garis, hidung mancung, putih, cakepan dikit deh

Si Uda : gak ada pegawai saya yang begitu

Saya : Panggil semua pegawainya, saya tunjuk orangnya.
Lalu ada 3 pegawai si Uda yang keluar setelah di panggil, tapi yg agak ganteng yang melayani saya tak ada. saya bilang, bukan yang ini semua.

Si Uda : ya sudah pegawai saya cuma yang ini, ibu mungkin beli di warung padang sebelah sana.

Saya : Haiiiii...mana saya tahu ada warung padang lain selain ini, ini satu-satunya warung padang yang saya lihat di depan RS ini. Ya sudah kalau situ gak mau ganti rendangnya , saya ikhlaskan aja, ambil tuh nasi, tapi inget ya.. gak berkah jualan kalian kalau begini cara jualan kalian.

Pengunjung lain yang ada di rumah makan itu sudah melihat ke arah saya, saya jadi malu sebetulnya ribut2 di situ cuma gara-gara 2 bungkus nasi,untunglah kemudian setelah si Uda kemudian sedikit melunak dan bertanya, jadi ibu mau tambah lauk apa sekarang, katanya sambil menambahkan gulai nangka ke nasi bungkus yang sudah dibukanya.

Saya : ya saya minta rendangnya lah, ngapain itu ditambahin gulai nangka, saya gak doyan, buang !!

Tak lama kemudian, saya lihat pegawai si Uda yang tadi melayani saya baru turun dari motor, langsung say geret dia ke dalam.

Saya : Ini dia yang tadi melayani saya, ini karyawan sini bukan ??

Si Udah : Oo.. ini, dia orang baru, baru kemarin kerja.

Saya : baru hari ini ??? hari sabtu juga saya makan di sini dan dia yang melayani. bohong melulu luh !! . Pantesan aja dari tadi ngotot banget.

Makin kena sekak si Uda, makin malu, terdiam sambil membungkus kembali dua nasi  ( sudah plus rendang) dan memberikan ke saya.

Saya potret warungnya padangnya tanpa ekspresi... meskipun saya tahu dibelakang saya si Uda masih memperhatikan saya. ( Yg ikutan di foto bawah ini bukan pemilik RM Padang )





 

Percaya kan Hungry Make Angry ??


 

67 comments:

  1. walahhhh si uda knp ga jujur dan melunak dr awal ya biar ga kena "semburan esmosi" jeng icho hehhe...
    selain lapar ga punya duit juga bikin esmosi lho, kalo saya lho hihi

    ReplyDelete
  2. ya ampun beneran tuh kalu lapar emang bikin emosi.. bukan soal duitnya tapi eh kog gitu ya caranya.. mungkin udanya juga ga lihat kali?
    salahkan pegawe baru deh bu.. eh pegawe baru?

    ReplyDelete
  3. @Jeng Esti : andai dari awal ada kata "maaf" sekaliiii aja dari si Uda, aku gak akan nyembur hihihi
    eh sama deng, emosi juga kali lagi cekak hahahaha

    ReplyDelete
  4. and you don't like when i'am angry *dialognya david banner di film ser hulk

    jadi sekarang udah kenyang, teh?

    ReplyDelete
  5. @Mbak Tintin
    -------------------
    Naaah.. .hehehe tp sebtulnya kalo gak laper2 amat, soal 2 bungkus nasi padang itu gak bikin saya emosi banget, tinggal buang aja tuh nasi di depan muka si uda

    ReplyDelete
  6. @Ami : angry bird maenan si della :-)

    ReplyDelete
  7. @Mas Rifky
    --------------
    Sekarang mah udah kenyaaang, kan udah maksi, ini kejadian kemaren hehehe

    ReplyDelete
  8. kalau begitu ntar bisa2 gak laku mbak...org akan malas untuk kesana lagi

    ReplyDelete
  9. Mudah2an gak kejadian lagi sprt yg aku alami deh,dan bener tuh pelayanannya mesti ditingkatkan. Utamanya kejujuran

    ReplyDelete
  10. kuapokmu kapan udaaaaaaa uda
    udah bohong ngeles mulu... ihh jijay deh

    ReplyDelete
  11. @Mbak Arie
    -------------
    embuaeerrr... baru deh gw nemuin warung padang macam gini

    ReplyDelete
  12. Kasihannnnnn kau uda. Mimpi apa kau semalam da?

    ReplyDelete
  13. kenapa ya sekarang tulisan replynya ada kaya gini:

    @mbak arie
    ---------------

    ga bisa reply dibawahnya bu?

    itu uda sekarang dapat pelajaran ya.. kasian dong pegawe yang ganteng itu dimarahi?

    ReplyDelete
  14. waqaqaqaqaq...sempet2nya bilang "cakepan dikit"

    ReplyDelete
  15. @Mbak Evia aka Mbok Kus :-)
    ---------------
    Si Uda mimpi ketemu ular naga hahahaha

    ReplyDelete
  16. @Mbak Tintin
    ------------------
    Iya Mbak, gak bisa reply pake Quote itu... kenapa sih MP iniiihh.
    Si ganteng pas dimarahin ya ketawa doang hihihi, sambil bilang maap bu..lupa

    ReplyDelete
  17. @Mbok Kus lagi :
    -----------------------
    tp emang ganteng sih ini pegawe, sampe kepikir ini pemilik/or anak pemilik RM ini, tp ternyata pegawe hihihi

    ReplyDelete
  18. pegawai barunya teledor..emang nggak di training dulu apa?

    ReplyDelete
  19. @Zen
    --------
    hahaha gak tau Zen, mestinya kemaren tanyain ke si Uda ya

    ReplyDelete
  20. mudah uring-uringan, tersinggung dan cepat marah.
    ....
    betul

    ReplyDelete
  21. @Mbak Agnes :
    -------------------
    Mbak Agnes sudah makan kaaaan :-)

    ReplyDelete
  22. untung sudah makan nihh...hihihi...

    ReplyDelete
  23. @Mbak Niez
    ---------------
    Jadi gak ikut emosi ya hihihi

    ReplyDelete
  24. huahahaha....untung itu Uda gak langsung dimakan sama Teh Icho :)))

    ReplyDelete
  25. @Shanti :
    -----------
    Nyaris di telen Shan hahahaha

    ReplyDelete
  26. hahaha kebayang buseno telen itu uda.. :))

    ReplyDelete
  27. rasanya mo makan tu si uda ya teh saking lapernya :))

    ReplyDelete
  28. @Mbak Tintin:
    --------------------
    jadi inget kalo temen marah2 gini bilangnya "gue telen lu ya ", aku juga ikut membayangkan hahaha

    ReplyDelete
  29. @Naniek :
    -------------
    Pengennya nelen si ganteng aja deh hahaha

    ReplyDelete
  30. emang bener Teh, saat lapar emosi cenderung gampang naik.
    ini ga bisa quote ya Teh? *toss*

    ReplyDelete
  31. jangan deket2 Teh Icho klo Teh Icho lagi lapar hahaha

    ReplyDelete
  32. krn itulah klo mbungkus makanan saya berdiri di belakang yang jual, selain supaya bisa cerewet yg kuahnya kurang lha, yg sambelnya kurang dll hehe

    ReplyDelete
  33. Iya teh. Aku percaya lapar bikin emosi.

    *ikutan banting piring

    ReplyDelete
  34. ga enak ya ga ada "thread"...

    ReplyDelete
  35. jangan deket2 Teh Icho klo Teh Icho lagi lapar hahaha

    ReplyDelete
  36. setuju banget Mbak Icho..nama-nya lapar emosi gampang terpancing apalagi si pelaku nga ngaku..bisa ngamuk2 gubrak gabruk meja hihihihi


    *jadi kepengen makan nasi padang* :p

    ReplyDelete
  37. Mantab marahnya...
    *beresin lapak dagangan sblm mbak Icho lewat hahaha...

    Kalau saya,lapar bikin ngantuk hehe..

    ReplyDelete
  38. Lapar itu... bikin aku semakin guoblok(g) ... ** sambil termenung ...

    ReplyDelete
  39. Horeee bisa quote nih Wan, pake caranya Cak Marto :-)

    ReplyDelete
  40. Padahal mau ditraktir makan lh lho Dyah :-)

    ReplyDelete
  41. Mau ikutin caranya Sari ah sekarang mah :-)

    ReplyDelete
  42. wakakakakk.. belom tau aja si Uda kalo Eda satu ini marah karena laper ya

    ReplyDelete
  43. sekarang pasti udah hihi, gak makan malem tapi ya Mbak ..

    ReplyDelete
  44. nih udah bisa pake caranya Cak Marto, di tab reply klik kanan, ppilih new windos deh, ribet sedikit nunggu loading :-)

    ReplyDelete
  45. Kemaren juga nyaris gebrak meja kasirnya tuh, tp malu sama ibu2 berjilbab yg ngeliatin ..
    iih aku malah untuk sementara males makan nasi padang

    ReplyDelete
  46. garuk ni lapak hihihi
    idiiih aku kalo laper mana bisa ngantuk.. jdi tengah malem aja bangun makan dulu. gimana gak gendut ya Ded :-)

    ReplyDelete
  47. nah ini juga bener Mbak Agnes.. rasanya otak jadi hang :-)

    ReplyDelete
  48. Meskipun dalam keadaan kenyang, tetep aja bikin laper pengen nabok penjualnya

    ReplyDelete
  49. trus jdnya dapat rendangnya kan teh?
    sebenarnya walo ga lapar kalo kasusnya begitu juga pasti akan emosi kan teh?

    ReplyDelete
  50. laper nabok jadinya ya Naz hihihi

    ReplyDelete
  51. Dapat akhirnya May. Iya sih pasti emosi juga kalopun gak laper, tp emosinya gak sampe kayak kemaren kali hihi

    ReplyDelete
  52. kalo kata Bimbo
    lapar mengajakmu rendah hati selalu

    ReplyDelete
  53. hihi.. kalo pas lapernya lupa deh lagunya Bimbo Zen :-)

    ReplyDelete
  54. :) emang susah ngendaliin emosi kalo lagi lapar

    ReplyDelete
  55. kalo bisnis kuliner emang harus hati hati, pelayanan lambat bikin pelanggan ngacir
    mungkin ini yang membuat fastfood menjamur

    ReplyDelete
  56. Bener.. beda banget pelayanan warung biasa dng fastfood kan, makanya lbh bnyak orng beralih ke fast food, krn skrng eranya pengen yg serba cepat dan ringkas

    ReplyDelete
  57. betul Zen, makanya aku gak terlalu suka fast food.
    sayangnya anak2 skrng justru banyak yg suka :(

    ReplyDelete
  58. iya, menang di gengsi
    kalo anak2nya Ibu gimana?

    ReplyDelete
  59. anak2 saya juga termasuk penggemar junk food, kalau ke mall maupunya ke fastfood terus, tp sesekali saya belok kan ke yg lainya, entah ke resto yg ada sayur2 gitu.
    susah juga sih ya...

    ReplyDelete
  60. iya, mereka marketingnya hebat
    ngiklan dimana2 sampai nempel di otak

    ReplyDelete
  61. setuju Zen, liat aja iklan di tv di mana2 semua menarik minat anak

    ReplyDelete
  62. pengalaman pribadi oge ya kang :-p

    ReplyDelete