Thursday, March 8, 2012

Obat Tradisional Penyakit Gak Elit

Berhubung sampai dengan hari minggu kemarin penyakit gak elit yang saya derita ini belum juga sembuh yang mengakibatkan saya yang masih perlu bolak balik Pd Betung - Karawaci membesuk ibunda yang sedang saki jadi ikut merasakan sakit juga. Akhirnya saya nyerah, saya gak cuma sekedar membeli obat di apotik, saya ke dokter pasrah dan berserah mau diapakan saya.

Eh.. ternyata dokternya cuma nanya2 doang, boro-boro mau pegang atau lihat penyakit saya, jijay duluan kali ya, dan lagi pula saya juga gak kepengen diliat sama dokter ini meskipun perempuan. Jadi andai si dokter mau melihatpun,saya tolak, saya sudah siapkan fotonya di HP, meski tanpa kepala, tapi bisa dipastikan itu properti saya yang asli.
Dan obat dari dokterpun tak ada yang mempan, dan saya tetap merasakan sakit yang sama seperti hari sebelumnya.

Sampai kemudian, ada tetangga saya yang kasih tahu obat tradisional lain selain pisang batu dan daun ungu-ungu yang susah di cari seputaran rumah. Ternyata obat tradisionalnya itu gampang sekali didapat. di halaman rumah saya juga ada, meskipun cuma sedikit karena saya ( baca : si Mbak maksudnya ) rajin membersihkan halaman termasuk rumput liar di pot tanaman.
Ini dia tanaman obatnya, jangan tanya namanya ya, saya gak tahu apa nama tanaman liar yang biasa nempel di dinding berlumut ini.

Bagaimana cara pengobatannya ? 

Jadi itu tanaman dicabut dulu secukupnya, di cuci bersih sampai tanah2nya hilang dari akarnya, kemudian di rebus, airnya di saring dulu. Air rebusannya yang seperti air teh itu yang di minum, sehari 3x rebus gitu.


Dan tau gak, entah sugesti ( duh sebel nih nyebut nama ini ) atau memang khasiatnya beneran ampuh, ini sakitnya saya besok-besoknya sudah sembuh lho.
gak pake minum obat, dioles salep atau tembak peluru. cihuyyy banget kan.

Trus saya info-in deh ke tetangga saya kalau obat tradisional yang dia kasih tahu itu ternyata beneran, maapin deh kalo kemaren saya sempet gak yakin. ternyata suaminya tetangga saya itu juga punya penyakit yg sama dengan saya dan obatnya  ya itu, murah meriah, mudah didapat.
Dan tetangga saya itu juga dapat info obat itu dari almarhum tetangga saya yang meninggal jatuh dari tangga itu...

Masih ada aja jasanya ibu Rika :(




55 comments:

  1. ehhh selamattt kalo begituu. mba Icho...udah terbebas dari penyakit gak elit..ternyata gak jauh2 obatnya hehehe

    ReplyDelete
  2. Ibunda Icho bgmn? dah membaik?

    ReplyDelete
  3. soo....perhatikan sekitar anda, pasti ada manfaatnya :)

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah Mbak Niez.. skrng udah bisa senyum manieezzz :-)
    Iya ternyata deket banget obatnya

    ReplyDelete
  5. Ibuku juga sudah membaik, sudah pulang kembali ke rumah, rupanya yg berat itu bukan sakit fisik tapi psikis Mbak..
    mau di ceritain koq ya mbrebes mili terus :-)

    ReplyDelete
  6. Setujuuu... jangan sepelekan sekitar kita

    ReplyDelete
  7. emang kalo mak-mak itu makin usia sakitnya lebih ke psikis ya, kek maminda juga gitu pan :D

    ReplyDelete
  8. Bener mi.. adaaaa aja yg dipikirin meskipun sbtulnya gak layak dipikirin

    ReplyDelete
  9. aku ?? aku sakit gak elit hihi
    kalo ibunda sakit di kepala Bang Rudi..

    ReplyDelete
  10. sering lihat dulu rumput itu... sekarang karena jarang tanaman jadi nggak liat lagi

    ReplyDelete
  11. aahh kog lupa namanya.. ku tahu rumput itu.. emang obat selalu depan mata ternyata ya..
    cepat sembuh beneran ya bu.. juga ibunda..

    ReplyDelete
  12. iya Mas Rifki , biasanya melekat di tanaman yg jarang di bersihin

    ReplyDelete
  13. aku cari2 belm ketemu itu nama rumputnya Mbak, tetanggaku juga gak tau hihi
    Bener tuh.. manfaatkan tanaman di pekarangan rumah deh
    Makasih doanya ya Mbak Tintin :-)

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, iya itu rumput liar banyak banget di halaman. TFS ya ceu, semoga sakitnya nggak balik-balik lagi.

    ReplyDelete
  15. Iya Bun.. alhmadulillah, sama2 bun, smoga bermanfaat juga buat yg baca kalau mengalami hal yg sama sprt saya hehehe.
    aamiiin.

    ReplyDelete
  16. Nggak rugi deh saya berteman sama ceuceu. :-)

    ReplyDelete
  17. ah bunda Julie, saya juga seneng pisan banyak ilmu pengetahuan baru dari crita2 perjalanan bunda Julie :-)
    itulah untungnya ngempi

    ReplyDelete
  18. cepet sembuh ya Ibu-nya Mbak Icho...

    wah syukurlah ini nama-nya pengobatan tradisional cespleng :D

    ReplyDelete
  19. waaah.. sering denger nama tanaman ini, ternyata penampakannya ini tho.
    cuma ini daunnya agak besar2 ya Mbak Tintin.
    Mungkin yg di rumahku itu kalau agak besar daunnya juga seperti ini.

    Thanks banget infonya Mbak Tintin :-)

    ReplyDelete
  20. Amin, Trima kasih Kristin...
    Cespleng tuh buktinya hihihi

    ReplyDelete
  21. ini hasil ngeguling.. kecil2 juga kog bu..

    ReplyDelete
  22. Oh gt.. mungkin krn fotonya di zoom/macro , ya beda sama foto hap ku hihi

    ReplyDelete
  23. *selesai bacain komen tentang rumput pegagan*
    syukurlah kalau sudah membaik ya Teh Icho .....

    ReplyDelete
  24. @Jeng_tintin&ceu_icho : Pegagan itu adalah antanan, yang di kampung saya jadi bahan asinan. Kalau rumput yang dipoto ceu Icho bukan antanan kan ya? Eh apa antanan? Kasih tau dong. Antanan daunnya lebar, biar pun yang varietas kecil daunnya lebar-lebar juga, bentuknya bunder keriting, ada akarnya lembut putih kayak gagang toge/kecambah. Daunnya wanginya seger.

    ReplyDelete
  25. Kayaknya yang dibilang ceu Icho bukan antanan alias pegagan deh, melainkan rumput segede titik. Kalau antanan adanya di sela-sela rumput gajah, nggak pernah tumbuh di pot, karena dia cuma hidup di rumput yang basah atau di pinggir got sekalian seperti suplir. Mau antanan? Sini ke rumah saya banyak tuh di halaman.

    ReplyDelete
  26. Syukurlah kalau sudah nemuin obat yg cocok, smoga sembuh tuntas Mbak Icho

    ReplyDelete
  27. Hore udah sembuh ... :)
    nyontek ya teh .. ada temen yang juga sakit beginian, tapi blm ke dokter karna malu :)

    ReplyDelete
  28. kayaknya bukan pegagan ya, tapi emang gak boleh remehkan obat tradisional, btw kalo gitu bisa lo minum seminggu dua kali or sekali utk pencegahan., keep healthy ibu seno yaaa

    ReplyDelete
  29. Iya Shan.. suwun, sudah bisa jingkrak2an lagi :-)

    ReplyDelete
  30. Oh.. antanan tho bund, iya buat asinan tea. rasanya yg rumput buat obat ini bukan antanan deh Bun, daunnya lebih kecil dari antanan. besok saya zoom pakai kamera hehehe

    ReplyDelete
  31. Betul Bun.. tumbuh di pinggir2 got yg sering saya bersihkan juga. Kemarin itu sempet protes sama tetangga yg kasih info,koq jorok ini tanaman, masa saya mesti ambil yg di pingir got hihi, untung di pot juga ada

    ReplyDelete
  32. Terima kasih Mbak Dewi, semoga gak kumat2 dulu deh

    ReplyDelete
  33. Gak nyangka Eda...hhihi
    iya masih suka kambuh meski gak setahun sekali sih Eda :-)
    siipp, langusng ke linknya, pake google translete aja hahahaha. thx Eda Ros

    ReplyDelete
  34. jingkrak2 juga gak sakit Cy hihihi..

    iya monggo di coba buat temennya Cy.. hihi sama aku juga malu

    ReplyDelete
  35. Sepertinya bukan ya Mbak Erna..
    benar tuh, obat tradisional kan sdh dibuktikan sejak dulu, alam sudah memberikannya untuk kita manusia

    Thanks ya Mbak Erna

    ReplyDelete
  36. @ceu_icho : Saudara saya di Bogor sini seorang ustadzah yang pekerja sosial. Dia bikin antanan dikeringkan, terus dijadikan semacam teh buat ngobatin anak-anak jalanan di tempatnya berkarya. Kata saudara saya, antanan itu memang sebetulnya obat. Pegagan alias antanan itu yang bener ya yang di foto jeng Tintin. Yang di ceu Icho itu rumput yang saya nggak tahu namanya, segede-gede titik, dan sekarang untung saya tahu bahwa itu juga berguna untuk obat gara-gara ceu Icho sakit hihihihi.........

    ReplyDelete
  37. Oh.. jadi antanan dikeringkan itu untuk obat apa Bun ?
    Jadi kesimpulannya pohon obat yg saya foto itu bukan antanan, ok Bun. terima kasih Bunda Julie infonya

    ReplyDelete
  38. @ceu-Icho : Waduh saya nggak tanya sama dia itu buat ngobatin sakit apa. Infeksi kayaknya sih, lha penyakit apa coba yang sering nemplok di anak jalanan yang sanitasinya kurang bagus?

    ReplyDelete
  39. Bisa jadi juga buat infeksi Bun, nanti coba saya search di google deh khasian daun antanan/pegagan itu, rasanya sih banyak khasiatnya.

    ReplyDelete
  40. gegara ini ku sampe tanya babe loh.. babe bilang antanan dan pegagan itu sodara sepupuan.. sama lah buat obat wasir juga.. udah ada extractnya tuh..

    ReplyDelete
  41. @Jeng_Tintin : Pegagan itu bahasa Jawa, antanan itu bahasa Sunda, jadi dia itu tumbuhan yang sama. :-D

    Saya taunya antanan, tapi saudara-saudara saya karena lahir dan bicaranya bahasa Jawa selalu nyebutnya pegagan, termasuk ustadzah yang ngasuh anak jalanan ini. Dia bilang, pegagan dikeringkan buat jamu anak jalanan yang sakit. Penasaran tuh saya, terus saya lihat kayak apa daun pegagan itu, eh, ternyata dia nyabut antanan di halaman rumahnya hahahaha...........

    Saya nggak tahu bahasa Indonesianya, apa ya? *jadi pe-er ah*

    ReplyDelete
  42. bahasa indonesianya obat wasir mbak hihihi..

    ReplyDelete
  43. Halah, si mami bisa'an aja ngelesnya hahahaha.........

    *cowel-cowel dagunya*

    ReplyDelete
  44. diurap enak kali ya..

    mo cari ah besok di halaman.. kayanya ada..

    ReplyDelete
  45. @Jeng_Tintin : Diterancam aja, yang urapan mentah, kayaknya lebih cocok, karena daun antanan kan wangi-wangi seger gitu. Di Bogor dia dimanfaatkan sebagai sayuran asinan sih.

    ReplyDelete
  46. iya masih ada bumbu serundeng buat terancam nih.. wah dari tadi omongin kecombrang dan pegagan gini.. jadi lapar deh malammalam mbak..

    ReplyDelete
  47. waduh..hehehe, iya biasanya orang dulu lbh tau obat trad, ok jadi sama aja pegagan juga obat wasir ya Mbak..mantaplah kalau sudah ada ekstaknya, jd gak usah repot2 cuci2 dan rebus2. nice info nih Mbak Tintin

    ReplyDelete
  48. aku yo sering liat tanaman merambat itu di pot bungaku. namanya apa ya itu ?

    ReplyDelete
  49. thanks sharingnya. aku copas jurnal ini buat temenku yg baru sakit gak elit.

    ReplyDelete
  50. mbuh Jeng Esti, aku juga gak tau namanya hihi, jd yo wis dibilang aja tanaman rumput pot

    ReplyDelete
  51. Monggo Jeng Esti, smoga bermanfaat dan temannya cepet sembuh ya Jeng

    ReplyDelete
  52. kok ya beruntung punya tanamannya ya Teh

    ReplyDelete
  53. Nah itu Dyah, pas banget , tp kan emang tanaman ini mudah didapat juga

    ReplyDelete