Saturday, March 24, 2012

Pernah Nyesel Beli Buku ?

Teman-teman kalau mau beli buku/novel pasti baca resensi atau sinopsis di belakang cover bukunya kan ? atau searching dulu di internet ttng buku itu kan ?
Saya juga biasanya begitu.

Terus pernah nyesel beli buku ? Saya pernah beberapa kali nyesel beli buku, ada yang karena kepincut sinopsisnya eh ternyata isinya jelek. Penyesalan kalau kondisinya krn kepincut sinopsis mungkin tak seberapa, tapi kalau nyesel beli buku karena merasa dibohongi dan karena keteledoran ya nyebelin banget kan, dan kalau di inget-inget memang menyebalkan, apalagi kejadiannya belum lama.

Kasus 1

Kejadiannya itu di bulan lalu deh, saya ke gramedia Bintaro Plaza, waktu itu gak niat mampir ke toko buku,cuma mau beli sesuatu di salah satu toko dan eh mampir juga ke gramed untuk beli tinta printer. Eh ndilalah saya lihat pegawai-pegawai banyak yang pakai kaos hitam bertuliskan "Anak Sejuta Bintang" seperti ini.


Kaosnya, ih  keren deh kaosnya ( krn saya suka hitam kali yaa..), Trus saya lihat juga ada bukunya berlabel best sellet,baca sinopsis di belakang covernya, trus ada koomentar dari Pak Habibie, Prof Arief Rahman dan NH Dini pula di buku itu, wiih kayaknya keren  nih buku, Jadi saya pikir baguslah itu buku dan lagi pula saya sudah baca dua buku biografi tokoh lain karya si pengarang sebelumnya cukup memikat saya.

Jadi Meskipun di buku itu tertulis buku ini terinspirasi dari cerita masa kecil Abu Rizal Bakrie dan saya pikir ini novel biografi saya tetep pengen tahulah, siapa tahu penuturan Akmal di buku ini mirip2 seperti di Buku Syafruddin Prawiranegara karyanya juga.
Tapiiiii baru baca beberapa Bab saja, saya males nerusin, ceritanya kebanyakan kebaikan, kepandaian, sifat kepemimpinan ARB,kepedulian ARB pada wong cilik di masa kecil yang ditonjolkan,salah gak kalau saya bilang ini beneran novel pencitraan ARB. Hebatnya Akmal bisa bikin novel sepanjang 400 halaman euy.

Kemudian,tak lama saya baca di kompas minggu tulisan bantahan ANB tentang tulisan yg mengatakan novel itu cuma pencitraan, katanya yg belum baca novel itu pasti bilangnya begitu,lha.. saya udah baca novelnya Mas,dan saya sepakat tuh bilang ini novel pencitraan.

Tapi meskipun begitu, dari pada penyesalan berkepanjangan, saya ambil sisi positifnya aja deh dari novel ASB ini, misalnya ternyata emang alm Pak Bakrie itu hebat juga ya, jatuh bangun usahanya sampai kemudian diteruskan anak2nya, selain itu saya juga jadi tahulah cari ibunda ARB yg belum lama ini meninggal mendidik anaknya, jadi tau gaul-gaulnya anak pejabat jaman dulu dari buku ini.

Makanya waktu saya cerita ke teman saya nyesel beli buku ini, temen saya ketawa, dia sudah tahu bakal banyak yg nyesel beli buku ini,bahkan  katanya ada lho online store yg jual buku sampe gak mau jual buku ini. eeeh..ndilalah ni ya, buku ini sudah masuk ke list buku-buku yang saya jual, gak ada yang nawar sama sekali.. nasiiib...

Buat Om Akmal, maaf ya Om Akmal saya mesti bilang nyesel beli buku ini, saya  tetep nunggu karya Om Akmal yang lainnya koq. Kayaknya untuk biografi emang enakan baca biografi orang yg sudah meninggal ya.

Eh udah kepanjangan ya.. terusin ke kasus 2 deh

Kasus 2.

Ini beli bukunya karena keburu-buru dan ngumpet-ngumpet, karena saya ke gramed sama si babeh, dan si babeh tahu seminggu lalu saya baru aja beli bbrp buku, tapi lihat buku ini ditumpukkan buku2 bagus, entah kenapa saya langsung ambil buku ini, kayaknya blm punya, tapi waktu saya masukkan ke tas hitam gramedia, Della sempet nyeletuk "ibu kayaknya udah punya buku itu deh" dan saya gak percaya, ngerasa belum punya koq. Akhirnya.. tetep saya beli, dan buru-buru bayar di kasir sebelum si babe lihat.

Sampe rumah... ternyata Della bener, saya punya dua buku ini.hehehe bego ya.


Dan untungnya kemudian ketika buku ini saya jual kembali di lapak jualan buku saya, satu buku sudah terjual. masih ada satu lagi hehehe

Teman-teman pernah nyesel beli buku ?






Gambar kaos saya pinjam dari : tokomizan.com


38 comments:

  1. pernah. Tapi lupa apa bukunya.

    ReplyDelete
  2. pernah, karena tertarik sm judulnya, pas dibaca yaaah biase aje :D
    tapi lupa judulnya

    ReplyDelete
  3. Nah ini yg kasus 1 juga judulnya bombastis ya , terkesan merendahkan diri tp meninggikan mutu

    ReplyDelete
  4. pernah, punya double juga pernah ...hahaha
    trus bukunya dikasih ke temen yg juga suka buku
    skrg kalau beli buku sebisa mungkin baca dulu sneak peak bbrp halaman *pilih tobuk yg suka nyediain buku yg udah dibuka plastiknya untuk display*

    ReplyDelete
  5. Pdhal aku juga biasa beli buku lihat2 dulu koq dalamnya bbrp lembar gitu Shan.. kali ini gak sempet hehehe langsung masuk keranjang.
    btw gramed kan ngebolehin tuh buku2nya dibuka segel plastiknya.

    ReplyDelete
  6. seringnya beli double, karena ternyata adik, sepupu, sodara lain yang suka tukeran buku eh sama.. jadi ya kita kalu mo beli buku laporan dulu.. tetep aja doubletrouble..

    kalu nyesel beli buku? sering itu mah.. tapi ambil hikmahnya saja.. mungkin ini soal selera kog..

    ReplyDelete
  7. Dulu aku masih punya temen untuk tukeran pinjjem buku,temen kerja sesama penyuka buku, skrng di ktr gak ada yg doyan buku/novel , jd gak punya lagi yg bisa diajak tukeran hihi

    Iya Mbak.. paling ya diambil hikmahnya aja. Iya soal selera sih, tp biasanya pas deh seleraku dng buku biografi lainnya karya Akmal NB, kali ini engga

    ReplyDelete
  8. ASB lebih tepat disebut ASL
    anak sejuta lumpur

    ReplyDelete
  9. hehehe ada2 aja julukannya Zen..cocok2 aja deh

    ReplyDelete
  10. Oh ada ya bio-nya ARB. Hi...hi...hi.. gak heran deh kalo nyesel.

    ReplyDelete
  11. wah aku sering bener mengalami kasus kayak gini,..

    ReplyDelete
  12. hahahahha...diskusi soal buku soal Ical itu masih panassssssssssss antara Ade Armando sama Akmal.

    ReplyDelete
  13. kalo beli sih hampir gak ya, karena pasti milih yg sesuai keinginan.sedikit tips, biasanya sih ngintip isinya dulu jadi kan langsung kerasa nafasnya. kalo plastiknya blom dibuka? buka aja, tar kan dibuka juga sama penjualnya wkwkwk

    tapi pernah sih dapat buku gratisan habis kegiatan karena bukunya kebanyakan dan yg punya bawa malas bawa pulang. gak tahunya meski di luar tercantum stiker best seller ternyata saya dapatnya buku pembunuhan jadi ya disimpan aja siapa tahu suatu waktu ada yg mau ;)

    ReplyDelete
  14. gak pernah nyesel teh, lha wong dapet gratisan semua tiap minggu paling enggak dapet 4-6 buku, gak pernah beli xixiixx...

    ReplyDelete
  15. belum pernah... karena jarang beli buku:-)

    ReplyDelete
  16. Pernah, waktu beli da vinci code... Heboh beritanya, mahal bukunya ealaaahhhh isinya sakmene thok... *kesal*

    ReplyDelete
  17. Bio ARB di masa kecil sih Mbak irma..tp isinya lebay :-p

    ReplyDelete
  18. moga2 nanti yg beli di aku gak nyesel ya Mas hehehe

    ReplyDelete
  19. Makin panas ya Mbak Niez, ada di mana Mbak info makin panasnya ?

    ReplyDelete
  20. Iya, itu kalo waktunya banyak dan gak keburu2 ya Mbak Olive jd bisa baca2 dulu, emang nyamannya beli buku tuh ya gitu hihi
    Kalo buku gratisan dan gak bagus (menurut selera kita) masih mending lah yaa..

    ReplyDelete
  21. waaa....asik banget sih kerja di radio dpt buku gratisan mulu tiap minggu...*beneran sirik*

    ReplyDelete
  22. waaahh.. hihi mana tebel dan mahal ya..

    ReplyDelete
  23. pernah dong..gara2 sinopsisnya juga.Aku kan seneng tuh novel fiksi Islami gitu. Pas liat judulnya & baca sinopsinya keknya kok menarik walopun penulisnya belum pernah denger namanya.Eh ternyata setelah dibaca kok gak menarik ya..hadehh

    ReplyDelete
  24. panas bangetttt...sy mah menikmati saja saling serang kedua orang itu hihihi..ada di milis jurnalisme, mba..

    ReplyDelete
  25. Jadi itulah sebebnya bikin sinopsis sebagus2nya dan semenarik2nya ya Dy, spy orng tertarik,pdhal isinya blm tentu memuaskan hehehe...

    ReplyDelete
  26. Oh yaaa.. waaah,coba duelnya di media yg kebaca orang banyak ya Mbak Niez , makin seru tuh :-)

    ReplyDelete
  27. yg kasus pertama, ketipu ma kaosnya tuh hehhee

    ReplyDelete
  28. koq bisa salah ? nyesel beli nya kunaon kang ?

    ReplyDelete
  29. iya ..kaosnya tak sekeren bukunya

    ReplyDelete
  30. Kalo buku ASB dikirim ke Lapindo untuk memotivasi para korban "alam" tentu mereka akan memasukkan rame-rame buku tsb ke dalam lumpur lapindo.

    ReplyDelete
  31. hahaha.. jangan2 best sellernya juga krn ada yg borong beli trus diceburin ke lumpur lapindo Mas :-p

    ReplyDelete
  32. pantes promo tuh buku-nya ARB dimana2. saya yg agak nyesel ya.....Marymah Karpov. kok agak anti klimaks dibanding 3 buku sebelumnya ya...

    ReplyDelete
  33. Iya emang, gencar promonya itu ASB, dan saya salah satu yg ketipu promonya hehehe.
    Eh iya yg Maryamah Karpov juga kurang asik ya.. gak jelas siapa maryamah karpov itu, malah buku satunya lagi yg mestinya berjudul maryamah karpov.

    ReplyDelete