Tuesday, July 27, 2010

Tips Menyiapkan Anak ke Sekolah

Baca MP nya Mbak Maya tentang semua harus siap. beneran koq emang mestinya semuanya harus siap betul; banget tuh, jangan sampai apa yang harus di bawa ada yang  tertinggal atau salah yang efeknya membuat anak males bahkan malu ke sekolah, atau juga bisa kena marah guru.

Biasanya untuk persiapan ke sekolah besok, saya mula sejak malam. Untungnya saya, meski sering sampai rumah sudah malam ( jam 8 biasanya sy sudah sampai di rumah ), tapi selalu saya sediakan waktu untuk cek isi tas , cek buku2 dan peralatan sekolah yang harus di bawa besok.
Semua sudah harus di siapkan malam hari supaya besok pagi gak terburu2 dan tidak ada peralatan yang yg tertinggal.
Kalau pulang malam seperti semalam, siangnya saya harus cek apa pelajaran anak2 besok, kalau ada PR harus di kerjakan siang ini juga dan sore saya telpon kembali memastikan semua sudah di kerjakan anak2 jadi saat saya tiba di rumah saya tinggal cek saja.

Urusan tidur, Seno yang 2 tahu belakangan ini tidurnya sering larut malam karena sekolahnya di mulai jam 10, sekarang sudah masuk pagi kembali. Saya masih memaklumi dia masih susah untuk diajak tidur jam 9 malam. Yang penting besok paginya tidak susah di bangunkan dan tidak mengantuk di kelas, tp tetap di usahakan sebisa mungkin untuk tidur lebih cepat dari sebelumnya.

Yang rada susah adalah menu bekal. Della di kelas 2 masih wajib bawa menu bekal karena belum boleh jajan. Biasanya Della di tanya besok mau bawa apa dan malamnya si teteh harus sudah persiapkan untuk masak besok.
Sebelnya Della suka berubah pikiran, yang semula malamnya minta A paginya berubah minta B.
Untungnya permintaan dadakannya biasanya masih yg gampang2.

Saya tidak pernah menggunakan check list barang apa yg di bawa, cukup lihat agenda masing2 anak,dan memberi tanda apa yg sudah di lakukan ( mirip check list juga kan ? )

Cape gak cape.. begitulah rutinitas pekerjaan saya di pagi hari sebelum anak2 sekolah. Anak2 berangkat sekolah.
Setelah anak2 beres mandi, pakaian, sarapan, pake sepatu.. saya pun mengantar kepergian mereka berdua sampai pintu gerbang..
























Seno dan Della jalan kaki saja ke sekolah berdua, meskipun pada mulanya Seno males jalan kaki berdua Della karena katanya malu, tapi dengan di beri pengertian bahwa orang2 yang lihat Seno kompak dan sayang pada adiknya pasti bangga. Seno juga harus bangga punya adik cantik.. akhirnya mereka berdua justru selalu mau jalan kaki berdua dan meski kadang2 ada temannya yang di bonceng naik motor dan ngajak salah satu dari mereka, mereka kompak gak mau diajak kalau cuma 1 yang bisa di ajak.

Setelah Seno & Della berangkat sekolah, selanjutnya giliran saya mempersiapkan keperluan saya sendiri dan suami, bikin kopi, siapkan sarapan. semir sepatu, peralatan tempur ( helm, sarung tangan, sapu tangan, penutup muka, mantel hujan )..Setelah itu baru deh mempersiapkan untuk diri sendiri.
Jadi.. boss maklum dikit yeee kalo saya suka sering agak telat datang ke kantor...

Hari ini baca di kompas tentang tips menyiapkan anak ke sekolah .  coba di share di sini, semoga bermanfaat.


23 comments:

  1. Iyaaah bu bener banget... kalau disiapkan dari malam hari pasti beres deh pagi2... :-)

    ReplyDelete
  2. Della tas sekolahnya lucu .. aku juga teh pulang kerja selalu periksa tas teh adis, cek PR .. yg nyiapin baju sekolah si Bibi, yg nyiapin bekelnya juga bibi .. :d

    ReplyDelete
  3. huaahh si bos punya empi ga bu biar ngerti aja kalu ibuseno repot urus anak2 dulu..

    ReplyDelete
  4. Eda..enak yah kl bisa ngantar anak2 berangkat sekolah.
    bgm dunk kl harus berangkat kerja pagi2 benar sblm anak2 sekolah?
    sayang sekali kesempatan itu gak dinikmati yah
    (makin mikir lagiiiii)

    ReplyDelete
  5. 2 tahun lagi akan merasakan riwehnya nyiapin anak ke sekolah nih. Klo sekarang kan masih TK, pagi cuman nyiapin sarapan aja & ngisi botol minum.Gak sibuk nyiapin bekal karna ada makan di sekolah.Tas cuman diisi baju ganti yg seringnya gak pernah kepake, jadi ya ngendon terus di dalam tas.Klo ganti tas ya cukup memindahkan isinya aja :-D

    ReplyDelete
  6. della sama seno asik bgt cuma tinggal jalan kaki ke sekolahnya... irit ongkos..
    tfs teh.. ^^

    ReplyDelete
  7. Pagi tinggal nyantai, nemenin sarapan sambil ngobrol deh..

    ReplyDelete
  8. Sama Cy... yg nyiapin sarapan dan baju ya si tetehnya anak2, aku cek2 perlengkapannya aja.

    ReplyDelete
  9. Gak punya Cy.. bossnya gak sempet ngempi, buka FB aja jarang hiks.. gak bakal tau dia betapa sibuknya aku.. tp dia maklum koq kalo yg telat ibu2 hehehe

    ReplyDelete
  10. Eda Ros.. aku juga baru bisa menikmati bisa melepas anak2 pergi ke sekolah ya 3 thn belakangan ini, sejak pindah kerja ke daerah yg lbh deket dr rumah dan jam kerjanya 1 jam lebih siang dr kantor lama.. jadi nikmat deeeeh..
    Dulu juga gitu.. semua sibuk, sibuk masing2.. aku berangkat duluan dr pd anak2

    ReplyDelete
  11. 2 tahun lagi ya Dyah..gak lama lagi dong:-p
    Begitulah kalo anak2 udah lepas TK, selain bekel makanan ya pelajarannya tuh yg agak mesti di perhatikan detil dan tugas2 yg perlu di bawa apa.. sprt gambar/klipping ini yg kadang ribet.

    ReplyDelete
  12. Kan emang sengaja nyari sekolahnya eh cari rumahnya waktu itu yg deket2 sekolah, supaya tinggal jalan kaki aja.
    Sempet juga sih Seno & Della langganan ojek sebelum kita pindah ke sini.
    Cuma ya itu sayanya ketar ketir setiap hari, ngeri euuuy naek motor gitu

    ReplyDelete
  13. waah kompakan nih della sm seno, enak yaa bisa jalan kaki berdua gitu...senengnya lagi mamahnya masih bisa nyantai sm ayahnya...mantaaab..

    ReplyDelete
  14. Baru kelas 2 ini aja jalan bareng, krn pas kelas 1 kemaren Della masuk pagi Seno masuk siang.
    Ini juga awalnya ya mesti di rayu2 dulu Senonya..heran deh anak laki2 koq suka malu gitu jalan bareng adek hehehe

    ReplyDelete
  15. seru yah Mbak nyiapin anak2 sekolah, aku masih tahun depan nih..TFS yaaa :)

    Btw, kantor-nya enak banget sih Mbak bisa dateng telat kalo ada lowongan mau dooonnkk *secara deket juga sama rumah* hihihihi

    ReplyDelete
  16. Tahun depan bentar lagi lho... dah mesti siap2 ya :-p

    Telat datang ke kantornya ya jangan sering2 siih malu kan kalo sering2 hehehe.
    Rumahmu di daerah mana si Kris ?

    ReplyDelete
  17. hahha iya...harus siap mental dan harus siap "duit" hihihihi

    di seputaran citraland mal Mbak..kopdar yuuukk :D

    ReplyDelete
  18. aku cuma repot urus sarapan aja sih, masalah baju, perlengkapan sekolah mereka semua yang masukin, aku cuma bentar cek . ini kayaknya aku nya yang cuek banget ya.. hmmm kayaknya hrs mulai care nih ama semua printilan anak2...

    ReplyDelete
  19. Boleeeh.. yuk, kapaaan.?
    deket banget dr sebrang Indosiar mah

    ReplyDelete
  20. Eva mungkin anak2nya sdh bisa mandiri ya..jadi mrk bisa dipercaya semua beres tanpa kita cek.
    Aku pernah nyoba untuk Seno gak di cek ulang, kasih percaya sama dia, semua buku dan perlengkapan di siapkan besoknya langsung bawa.. eeeh adaaaaa aja yg ketinggalan.
    Jd ya aku masih selalu cek..meski tetep nyoba sekali2 gak di cek
    Kalo Della belom bisa euy..tetep kudu di cek oge

    ReplyDelete
  21. sama mba eva...aku juga gini
    apa kita model org2 yg santai apa cuek sih?

    ReplyDelete
  22. enak bener itu sekolah deket ya teh
    tinggal jln kaki

    ReplyDelete
  23. Dekeet.. jalan kaki orang dewasa cuma 5 menit
    kalo gak ada belokang genteng sekolahnya keliatan dr rumah gw hehehe

    ReplyDelete