Wednesday, July 7, 2010

Tangerang Tempo Doeloe




Foto2 Tangerang Tempo Doeloe di bawah ini saya copy paste dari Troppen Museum dan http://kitlv.pictura-dp.nl/.
Seru juga membayangkan kondisi Tangerang Dulu dan Sangat jauh jauh jauh sekali bedanya.
Pintu Air Tangerang, bangunannya masih ada, tapi suasana sekelilingnya sudah jauh berbeda.

Kuil Cina di Mauk, waduh ini mungkin tepekong yang ada di tepi pantai dekat tanjung kait mauk.
Juga rumah tua di Mauk, itu belum pernah saya lihat. Mungkin juga rumah itu sudah tidak ada.

Kalau Rumah Tua Oei Djie San, saya sempat melihatnya dan sudah saya posting rumah terakhirnya sebelum di bongkar.

Kemudian yang hilang sama sekali dan saya belum pernah melihat juga padahal sering lewat situ jika sekolah dulu adalah gerbang dekat stasiun KA ( bagus banget ni gerbang andai masih ada ),

Tangerang yang dulu terkenal sebagai kota kerajinan pernah menjadi daerah eksportir topi bambu. Jutaan topi Tangerang diekspor ke Eropa setiap tahun pada masa jayanya. Waktu saya SMP / SMA saya masih sempat melihat beberapa toko penjual topi dan bahan topi bambu di daerah Grendeng.
Dengan bahan topi bambu yang kemudian di bongkar saya membuat anyaman tempat pinsil, pelapis kendi dan pelapis gelas untuk tugas mata pelajaran kesenian.
Sayang semua sekarang tinggal kenangan, saya sudah tidak menemukan lagi pengrajin maupun penjual topi bambu di Tangerang.



42 comments:

  1. disini sekarang dibangun MC.D gede itu bukan eh icho...klo bener itu aku jg waktu lihat di bongkar ngomel2..pemda nih gimana sih..objek sejarah kok dibongkar malah di bangun restoran junk food

    ReplyDelete
  2. ini masih ada...aku lewatin tiap hari klo pulang pergi kerja :)

    ReplyDelete
  3. Iya skrng di bekas rumah itu dibangun Mc D.
    Pemda gak berkutik alasannya itu hak milik.
    Pemda baru mengakui itu bangunan bersejarah kalau pemiliknya mau menghibahkan ke Pemda.
    Pdhal keturunan Oei Djie San itu skrng jatuh miskin dan butuh uang, itu sebabnya peninggalannya di jual. . miris ya

    Untung sebelum di bongkar aku sempet mampir ke situ http://ibuseno.multiply.com/photos/album/174/Rumah_Oei_Djie_San

    ReplyDelete
  4. hehehe.. iya masih ada. gak jauh dr sma ku

    ReplyDelete
  5. Lokasi ini dimana, Icho?
    Berdasarkan data apa foto ditaksirkan dari 1922?
    Saya memiliki kartu pos kuno yang bergambar foto ini.
    Kartu pos tersebut diterbitkan Kolff dari Batavia pada tahun 1912

    ReplyDelete
  6. sama dengan foto 15 tapi bambu diperuntukkan untuk tujuan lain?

    ReplyDelete
  7. foto tempo doeloe yah Mbak, sekarang Tangerang sudah ramaaaaiiiii sekali :)

    ReplyDelete
  8. Berdasarkan data yg ada di detil foto Mas Pri. yg ada di sini http://kitlv.pictura-dp.nl
    search by kata "Tangerang"
    Saya translete pake google translete.. mas pri mah gak perlu google translete kan hehehe

    Oh ya ada kartu posnya ya Mas Pri ? sudah pernah posting di MP ?

    ReplyDelete
  9. Ohhh.. Batavia ? pantesan gak ada jejaknya di Tangerang.
    Salah translete nih google translete hehehe..
    makasih koreksinya ya Mas Pri.

    ReplyDelete
  10. Sorry double Posting Mas Pri.. :-)
    Sama aja ini tujuannya untuk pembuatan topi bambu

    ReplyDelete
  11. Iya.. saya aja suka nyasar2 di Tangerang skrng mah

    ReplyDelete
  12. iihhh sayang banget ya, bangunan bersejarah pdhal

    ReplyDelete
  13. emang mba, aku aja bingung kalo dah masuk tangerang

    ReplyDelete
  14. aku di Tangerang kota nya gak nyasar May.. tp kalo udah masuk BSD, nyasar2 deh hihi

    ReplyDelete
  15. lah aku kalo di BSD masih mending teh,
    tp di tangerang kota justru yg bingung

    ReplyDelete
  16. Aku kan lamanya di Tangerang Kota May. BSD ada setelah aku meninggalkan Tangerang kemudian balik lagi ke TangSel hehehe

    ReplyDelete
  17. pada latar belakang terlihat jalur rel kereta api yang menuju ke Tangerang :-P

    ReplyDelete
  18. pada latar belakang terlihat jalur rel kereta api yang menuju ke Tangerang :-P

    ReplyDelete
  19. saya sudah liat
    foto ditaksirkan dari sekitar 1915
    sedangkan usia kartu pos dari koleksi saya sudah dipastikan dari 1912
    belum diposting di MP

    ReplyDelete
  20. Luar biasa dengan melihat poto yang ada kita bisa menerawang tangerang tempo dulu luara biasa taks.

    ReplyDelete
  21. ini dulu namanya akademi militer tangerang

    ReplyDelete
  22. Eh.. Mas Uke yaaa.. ya ampun sampe sini juga hehehe..
    FB sy sudah di deactive, jd gak ketemu Mas Uke lagi deeh..
    twitter sy @ichoahmad mas.. mari berkicau hehehe

    ReplyDelete
  23. sayang ya bekasnya sdh gak ada Mas Uke.

    ReplyDelete
  24. sayang ya bekasnya sdh gak ada Mas Uke.

    ReplyDelete
  25. Oh..ini situ gintong tooh, udah lama juga ternyata itu situ ya mas

    ReplyDelete
  26. makasih Fais.. ini juga copas dari kitlv pictura koq

    ReplyDelete
  27. klo jln ini skrang jln apa yach... mb ?

    ReplyDelete
  28. waduh ..ndak tau tuh Pak. gak dijelasin juga di keterangan gambarnya

    ReplyDelete
  29. bu ini foto apa? engga ada keterangan

    ReplyDelete
  30. apakah punya foto-foto tangerang di daerah perumnas tangerang?makasih..

    ReplyDelete
  31. Orang Perum ya ? saya juga orang perum, tp sayangnya sdh gak punya lagi foto2 Perum jadul..tapi coba nanti saya tanya ke teman2 smp saya deh, kayaknya mereka punya koleksi foto jadul
    btw di perumnya sejak kapan ?

    ReplyDelete