Tuesday, July 6, 2010

Selamat Jalan Pak AT Mahmud

Sesiang ini saya gak buka2 internet krn lagi sibuk jalan ke sana sini, jd ketinggalan berita wafatnya pak Abdullah Totong(AT) Mahmud, pengarang lagu anak-anak Indonesia. Saya baru tahu malam ini kalau beliau meninggal pada selasa siang tadi sekitar pukul 12.30 dan rencananya akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo Jakarta Selatan Rabu pagi.

Mengenang Pak AT Mahmud, saya teringat waktu jaman saya SD dulu, ada acara TVRI yang judulnya "Ayo Menyanyi" dan "Lagu Pilihanku". acara ini dua kali sebulan, bergantian setiap seminggu sekali tayangnya.
Dan saya beruntung juga pernah sekali bertemu Pak AT Mahmud, Bu Fat dan Ibu Meinar pd waktu SD saya mengikuti acara Ayo Menyanyi.
Hebatnya acara ini konon mulai berjalan sejak tahun 1968 dan berlangsung terus selama 20 tahun sampai akhirnya  pada tahun 1988, atas suatu kebijaksanaan pimpinan TVRI, seluruh tim diminta mundur dari kedua acara tersebut. Untuk beberapa saat acara Ayo Menyanyi dengan nama lain dilanjutkan dengan pembawa acara seorang artis, yang berlangsung tidak lama. Kemudian, pembawa acara digantikan seorang artis lain. Itu pun hanya bertahan sebentar, kemudian untuk seterusnya menghilang sama sekali dari tayangan di layar TVRI.
(*dari bbrp sumber*)

Membandingkan lagu-lagu karya Pak AT Mahmud dengan lagu2 anak2 sekarang ini, sungguh sangat jauh berbeda. sekarang ini susah mencari pencipta lagu anak2 seperti Pak AT Mahmud.
Pada Era 90-an sempat muncul Papa T Bob yang membuatkan lagu untuk Joshua. Penyanyi2 cilik pun bermunculan., namun sayangnya lagu2 yang di nyanyikan jarang sekali yang tetap lekat lama dalam ingatan anak2.

Ketika Tasya menyanyikan lagu Anak Gembala karya Pak AT Mahmud, saya sangat senang sekali bisa kembali mendengarkan lagu masa kecil saya.  
Pun begitu ketika anak saya mulai SD dan ada beberapa lagu karya Pak AT Mahmud yang wajib di hapal mereka, dengan antusias saya ikut bernyanyi sampai Seno dan Della tanya apakah ibu dulu waktu kecil juga di ajari lagu ini ?
tentu saja nak.. lagu2 ini sudah ibu kenal sejak dulu.
Dan ibupun berharap, kelak cucu2 ibu juga masih mengenal lagu2 karya Pak AT Mahmud.
Ya.. anak2 saya sebetulnya sudah mengenal lagu2 Pak AT Mahmud sejak mereka masih batita.
Sering sekali saya menyanyikan lagu cicak-cicak di dinding , ambilkan bulan bu, pelangi2 buat mereka. Mungkin teman2 yang sudah punya anak juga menyanyikan lagu yang sama buat anak2nya.
Lagu2 Pak AT Mahmud dengan syair yang sederhana, irama yang sederhana dan berulang2 justru mudah di hafal oleh anak2.

Sekarang Pak AT Mahmud telah pergi. Saya masih berharap ada pencipta lagu baru yang akan menggantikan Pak AT Mahmud yang mampu menciptakan lagu indah namun tetap sederhana sehingga anak2 masa kini tidak lagi menyanyikan lagu2 dewasa dengan rasa kanak2 yang di paksakan.
 
Selamat Jalan Pak AT Mahmud, semoga pelangi-pelangi-mu yang tulus akan terus mewarnai suara-suara anak-anak Indonesia dan bintang kejora Kau selalu bersinar dihatiku !



Tambahan :
Saya paling suka lagu Ade Irma Suryani, lagu itu sampai sekarang selalu membuat saya merinding terharu saat menyanyikannya.
 


 
 

10 comments:

  1. Akan kuingat selalu
    Ade Irma Suryani
    Waktu dipeluk dipangku Ibu dengan segala kasih
    Kini dia berbaring di pangkuan Tuhan
    Senang dan bahagia hatinya..

    Yang itu bukan Teh?

    ReplyDelete
  2. dengerin lagu ini waktu SD. terharu....

    ReplyDelete
  3. sekarang sdh jarang di nyanyikan anak2 skrng

    ReplyDelete
  4. mungkin anak sekarang banyak yang gak tau ada lagu ini. taunya peterpan, st12, ungu *contohnya anak saya, gak tertarik dengan lagu asli anak-anak*

    ReplyDelete
  5. benar Da, sayang sekali media n pemerintah kurang menunjukkan penghargaan ke orang2 yg sprt beliau ini.
    aku sebel banget kl liat anak2 kaya idola cilik menyanyikan lagu2 dewasa..
    aneh rasanya..gak jadi diri mrk ..

    smoga ada lagi yg sprt AT Mahmud yg muncul di negara tercinta ini

    ReplyDelete
  6. Samaaa.. anak2 sy juga gak tertarik lagu2 AT Mahmud dan sejenisnya. lbh suka lagu2 anak band. Berasa susaaah sekali kalau di sekolah ada tugas ngapalin lagu2 AT Mahmud.

    ReplyDelete
  7. Sama Eda.. aku juga sebel dan miris liat Idola Cilik or Happy Song tebak2in lagu dewasa tp untuk anak2.. aneeeh, kurang lagu dan mungkin anak2 skrng juga sdh gak kenal lagu2 AT Mahmud dan pengarang lain kanak2 lain yg sesuai.

    Amiin.. harapan yg sama, sy juga

    ReplyDelete
  8. aneh banget anak segede upil nyanyi cinta cintaan

    ReplyDelete