Monday, July 12, 2010

Singkatan Nama Mall

Masyarakat kita itu senengnya menyingkat ya, apa saja di singkat. nulis sms juga di singkat, sehingga saya sering pusing juga baca sms yang penuh seingkatan.
Budaya singkat menyingkat kata, bukan baru2 ini saja di lakukan.
Sejak jamanya saya masih SD, budaya singkat menyingkat dengan aturan tidak baku sudah terjadi, buktinya Bimbo membuat lagu tentang singkatan.
 
Kemudian, makin ke sini ketika musim Adipura, banyak daerah2 yang punya slogan masing2
Jakarta BMW (Bersih Manusiawi Berwibawa) , Tangerang Berhias (Bersih Hijau Asri) , Bogor Berhiber (Bersih Hijau Berkah ) , Bekasi Berseri (bersih Segar Rindang ) dan sebagainya.
* embel2 belakang nama daerah contoh di atas belum tentu sesuai dengan nama daerah di depannya. saya mulai sedikit lupa*
Begitu juga untuk pembangunan nama jalan tol di berbagai daerah yang di singkat. Tol Kanci, Tol Cipularang dsb juga menggunakan singkatan.

Dan belakangan seiring dengan semakin menjamurnya mall dan pusat perbelanjaan, saya makin  bingung ketika singkatan juga sudah di gunakan untuk menyebut nama Mall atau pusat perbelanjaan.
Pernah saya kebingungan, janjian dengan sepupu saya " nanti ketemu di SMS aja, supaya dari SMS kita bisa langsung ke rumah mamang di Kelapa dua "
Sepupu saya menuliskan itu via SMS yang di kirim ke HP saya.
Sumpah.. saat itu saya bingung, ketemuan di SMS, maksudnya apa ?
Akhirnya baru saya tahu itu nama salah satu Mall di Serpong Sumarecon Mall Serpong..
 
Pernah bingung lagi, status FB teman saya : @Teko bersama krucil
astaga... teko apaan yang bisa muat orang segitu gede ?
Ternyata.. teman saya sedang berada di Mall Teras Kota BSD..

Akibat2 singkatan nama Mall juga saya pernah salah janjian. saya tidak bisa membedakan antara MAG dan MKG ( Mall Artha Gading dan Mall Kelapa Gading)
Dan pernah juga dengan sok tahunya, mau ikutan acara kopdar di BP,dr rumah saya ke BP cuma naek ojek gak sampe 15 menit.
Saya pikir itu BP itu Bintaro Plaza, gak tahunya Buaran Plaza... halah !! mana bisa naek ojek ke sana kalo gak mau gempor.
Nama singkatan mall ternyata banyak yang kembar.. Cimol aja di pake Cilandak Mall dan Cinere Mall ya.. bisa jadi triple kalau kemudian Ciledug Mall berdiri.

Jadi, buat saya yang bukan anak mall eh..ibu mall singkatan2 nama mall membuat saya bingung dan harus menanyakan dengan detail nama lengkap mall tersebut dan lokasinya.

Berangkat dari kebingungan2 saya yang kurang gaul di Mall, membuat akhirnya saya coba melist beberapa singkatan nama Mall  yang ada di Jakarta dan sekitarnya.
Buat yang senasib dengan saya, supaya gak sesat ini dia nama mall dan singkatannya yang sering di sebut2 teman saya.

TA atau MTA  : Mall Taman Anggerek , Tomang  Jakarta Barat
MAG : Mall Artha Gading, Seberang Tammin Yos Sudarso Jak Ut
MKG : Mall Kelapa Gading
Sency : Senayan City
PS : Plaza Senayan
Plasen : Plasa Senayan
PP : Pacific Place
CL  : Citra Land , = Mocip : Mol Ciputra
PI /PIM : Pondok Indah Mall
M2M  : Mangga 2 Mall
M2S  : Mangga 2 Square
SunMall : Sunter Mall
FX  : ini saya gak tahu singkatannya
EX : ini saya gak tahu singkatannya
MM=MetMall : Metropolital Mall Bekasi
GI : Grand Indonesia
Citos : Cilandak Town Square
Cimol : Cilandak Mall
BP=Bintaro Plaza dan Buaran Plaza
Ciwalk : Cihampelas Walk
BTC : Bintaro Trade Center
SMS : Sumarecon Mall Serpong
SerPlaz : Serpong Plaza
Teko : Teras Kota
Di Jogja ada Amplaz , Ambarukmo Plaza
Di Bandung ada BIP, BTM,Ciwalk juga.. dan apa lagi tuh yang urang Bandung pasti tau
Boker : Botani Square ( Bogor)
Detos : Depok Town Square
Metos : ini gak tau singkatannya.. lokasi dekat cikokol Tangerang, mungkin Metropolis Town Square.

Silahkan di tambahkan...


 
 

43 comments:

  1. Metos = Metropolitan Square, bener. Maunya sih Mentos 'kali, mau barengin Citos - nama snack., asalnya. Ada Plangi = Plaza Semanggi. Malaga = Mal Artha Gading, itu yang dimauin ama pengelolanya.Juga Tamini = Taman Mini Square. JP = Jatinegara Plaza (masih exist gak tuh?). PIM bisa juga Puri Indah Mall.

    Yang gak disingkat tapi membingungkan, mestilah kawasan Blok M, Ada Blok M Plaza, Blok M Square dan entah apa lagi tuh namanya yang masih dibangun ya. Di Serpong ada Plaza Serpong, ada juga Serpong Town Square = Setos. Bisa bedain gak?

    ITC juga termasuk yang mesti ditanya, yang mana? Ada banyak ITC di mana-mana tuh, jeh!

    ReplyDelete
  2. kalo aku dan teman 45TR4 bilangnya Cemas

    ReplyDelete
  3. Betul Ophoeng.. kawasan blok M saya juga suka bingung, mana blok M plaza, mana Blok M Mall dan mana Blok M Square..
    ya.. Purimol bisa PIM juga ya
    ITC biasanya selalu di ikuti nama kawasannya ya

    ReplyDelete
  4. huahahah....jauuuh amat mainnya. ini buaran plaza yg di deket klender kan?
    laah..saya malah ga tau kalo di singkat begitu...abis biasanya cuma bilang carefour buaran....

    ReplyDelete
  5. BTC = Bandung Trade Centre juga ada
    BTM = Bandung Trade Mall dan Bogor Trade Mall
    TATOS = Taman Topi Square
    ELOK atau ELOS = Ekalokasari Plaza (Bogor)
    PP = Pangrango Plaza juga ada (Bogor)

    mong-omong, di Sukabumi mah gak ada mal yang disingkat-singkat gitu ya...?

    ReplyDelete
  6. ada lagi yang suka bingungin saya..PGC, kenapa ya saya suka ketuker antara Pusat Grosir Cililitan dengan Pulogadung yaa...hehehe

    ReplyDelete
  7. itu istilah suami dkk nya di kantornya. kalo saya dia bilang CM malah ingetnya maenan bola ;))

    ReplyDelete
  8. nambahin boqer :P botani square *geuleuh deh*

    ReplyDelete
  9. kenapa yah disebut boqer...gak ada nama yang lain gitu...?

    ReplyDelete
  10. Gak.. belom sempet ke sana, kan gak jadi, kirain BP itu Bintaro Plaza hehehe
    i

    ReplyDelete
  11. Thanks tambahannya Teh... jadi makin banyak
    Di Sukabumi mah gak ada emmol hihi.. ada nya juga Yogya, Hero, Ramayana hahaha karunya ih urang Sukabumi

    ReplyDelete
  12. Oh iya PGC .. ada lagi.
    Kalo di Pulogadung apaan Rit ?

    ReplyDelete
  13. Teuing..da yang namain juga orang Bogor keneh hihihi

    ReplyDelete
  14. Bisa nyasar ke Museum Botani kalo gak lengkap nyebutnya :-)

    ReplyDelete
  15. Pulogadung Trade Centre bukan yaa....

    ReplyDelete
  16. championship manager, game bola di pc, hobinya para lalaki jaman kuliah dulu :D

    ReplyDelete
  17. Oh.. itu ya.. hihi untung aku gak tahu , taunya PGC ya CIlilitan

    ReplyDelete
  18. Oh iya hihi.. team ku juga pd doyan CM apalagi pas piala dunia

    ReplyDelete
  19. di Jl. Juanda 22-24, sebelahan Puslitbang Biologi LIPI

    ReplyDelete
  20. ooooh that one hihihi keknya lebih terkenal botani yg botani sq daripada musiumnyah :P herbarium itu ya?

    ReplyDelete
  21. Iya.. lebih ngetop Boqer ( gak tega euy nulis na ) dr pada Botani museum na

    ReplyDelete
  22. xixiixixii kalo di tempatku sekarang ada PS juga = Pamulang Square

    ReplyDelete
  23. hahaha, jangan lupa TIARA TOSERBA...hihihi

    ReplyDelete
  24. kalo di Bandung mah ada juga Cimol alias Cibadak Mall (padahal mah pasar tumpah dengan komoditi notabene baju sisa ekspor,hihihi...)
    wah, banyak juga kirata masa kini... nuhun ceu Icho :)

    ReplyDelete
  25. hebat.. udah ada PS di Cisodik ( Ciputat Sonoan Dikit ) hihihi
    di sebelah mana nya tuh Lit ?

    ReplyDelete
  26. Hahahhaa.. Iya..betu.. apa lagi ya

    ReplyDelete
  27. Cimol masih ada gitu skrng Kang Adi ?
    Jadi inget dulu sampe pasesedek ke Cimol..
    eh skrng mah banyak di senen juga.. hehehehe

    ReplyDelete
  28. berarti yg bilang Boqer temenku doang hahaha. bisa2nya dia berarti ini mah

    ReplyDelete
  29. Sukabumi ada emmol kok... Tuh Mayofield... Di jl.A Yani.... Seberang rumah mertua dakoe..... Hehehhehhehe....

    ReplyDelete
  30. Mayofield ?? baru denger.. emmol baru atau yg bekas matahari tea ?
    Jadi mertua orang sana ya.. hehehe. sama dong,

    ReplyDelete
  31. Masih, tapi ganti nama jadi PGJ (Pusat Grosir Jatinegara)
    PGC (Pusat Grosir Cililitan), di cirebon juga ada PGC loch :D

    Ngomong2 soal BP di Jaktim, saya baru malam minggu kemaren k sana teh, selama ini seringnya k BP di Bintaro :D

    Nani sering dgr org nyebut MTA dgn TA, jd nani beranggapan temen kos nyebut TA juga sama ternyataaa..tanah abang :D

    ReplyDelete
  32. Sejak JP sampe PGJ.. aku blm pernah ke sana Nan..
    wkwkwkw.. bagus mana BP sana sama BP yg deket PB ( Pondok betung ) :-)

    jiaaah.. ada lagi TA = Tanah Abang hahahaha

    ReplyDelete