Tuesday, July 24, 2007

RI Tumpuan CPO Dunia.

Produksi CPO Indoensia tahun 2007 ini ( kata detikcom ) sekitar ini 17.4 juta ton dan tahun depan naik menjadi sekitar 18-18.5 juta ton.

Kalo di bayangin 1 ton aja bisa menghasilkan berapa liter minyak goreng, rasanya koq gak nyangka ya kenapa harga minyak doreng naik terus. Hampir tiap minggu gue memantau harga minyak goreng di giant. Dulu2 sih selalu pake Filma biar akalnya sehat terus.. (korbaniklan.com ). Tapi sejak harga minyak goreng terus meroket gue cari harga yg termurah aja. Akhir bulan Juni gue beli Sari Murni 2 KG masih 14ribuan, trus naik menjadi 15ribuan.. lha kemaren sabtu malah sudah 16.500..

Gue juga sudah wanti2 ke asisten di rumah supaya menghemat pengunaan minyak goreng, gak semuanya perlu pake minyak goreng, lauk kalo bisa di sup atau di opor atau dibakar aja.. yg kepaksa di goreng baru deh di goreng dan minyak bekas goreng masih bisa dipakai untuk 2 kali goreng, lebih dari itu buang. Cuma tentu aja untuk kedua anak gue gue gak kasih minyak goreng bekas, harus yang baru.

Tapi.. sampe kapan dong krisis minyak goreng ini dan harganya mo mentok sampe berapa ya ??

Hmm.. ternyata saat ini kebutuhan CPO bukan cuma buat kebutuhan pangan, sekarang ini CPO juga dipakai untuk industri biofuel

Trus RI yang jadi tumpuan CPO dunia karena lahan2 di RI masih luas dibanding dengan malaysia. Kita tunggu aja langkah bijak pemerintah dalam menyikapi hal ini, masih bisa gak menyeimbangkan antara keuntungan ekspor ke luar dan memenuhi kebutuhan rakyatnya sendiri.

 

No comments:

Post a Comment