Sunday, November 18, 2007

The out of blue itu..

Sabtu 16 Nov,  22.57 , Khatam sudah gue baca buku ke tiga dari tetraloginya Anddrea Hirata. Buku yang bikin penasaran gue sejak terbit..

Beruntung masih bisa di baca dengan cepat karena punya banyak waktu sejak Senin naik biskota.

Untuk seorang pemula, bakat si Ikal ini memang luar biasa,  baru kali ini gue baca buku yang baru membaca 3 mozaiknya saja, gue pengen cepet baca buku berikutnya, tidak seperti gue baca Saman atau pun Larung.

 

Membaca Laskar Pelangi, membawa ingatan gue pada masa kecil, masa pertama masuk sekolah, masa pertama mendengarkan cerita “sang gembala “ yang di kisahkan dengan sangat menarik oleh Ibu Sukaesy..yang selalu mengakhiri ceritanya dengan lagu, dan lagu pertama dan selalu gue ingat adalah

“pandai bawakan diri..

Mencari teman..

Janganlah berbicara .. bila tak perlu..

Nasehat dari Ibu.. ingat selalu.. “.

 

 Lagu yang mungkin asing bagi kebanyakan orang karena tidak diketahu siapa penciptanya, tapi buat gue lagu itu jadi semacam bekal dalam pergaulan gue.

 

Membaca Laskar Pelangi, membawa kenangan seorang sahabat  di masa kuliah, Evie Yunita Balia orang pertama yang gue kenal di kampus, dan kita kemudian satu kost sampai lulus, satu kantor juga sampai kemudian gue terdampar di sini.

Saat Andrea menulis sekolah PN Timah, yang terbayang adalah teman gue yang berskolah di situ karena Pak Balia bapaknya pegawai di PN Timah, saat Andrea menceritakan parade drumband sekolah PN beraksi, gue seperti melihat Evie yang sedang memainkan aat musik itu, karena Evie pernah bercerita ekskulnya masa sekolah di Belitung…

Gak tahan dengan rasa rindu, gue telphon Ephot ( panggilan gue buat dia ), gue sesali ajakannya berlibur ke Belitung pada masa itu.

Membaca kisah Ibunda Mus, terbayang Ibundanya Ephot yang juga guru yang ternyata saat ini hijrah ke Jakarta karena harus cuci darah 2x seminggu.

Ternyata… Laskar Pelangi menjadi penyambung tali silaturahmi..

 

Membaca “Sang Pemimpi” ,

Menjadikan penghiburan buat gue di saat gue merasa menjadi bukan siapa-siapa dan tidak ada apa-apanya. Membuat gue merasa di telanjangi Arai, karena bermimpipun gue tidak  sanggup.

 

Membaca “Edensor”

Membuat gue juga pengen banget ke Edensor… J)

24 comments:

  1. enaknya punya banyak wkt baca buku..
    klo aku mo baca buku nunggu jagoans pada merem dulu nehhh.. begadang bo judulnya...

    *habis begadang baca buku petualangannya dr john Manangsang di Papua..

    ReplyDelete
  2. bela2in Ci.. sampe pake lampu HP di kamar Seno & Della sambil nemenin dia tidur hihi..
    ceritain dong buku petualangannya. dr john Manangsang ..

    ReplyDelete
  3. Selamat ya udah khatam..Hihi..
    Klo aku koq ga abis2 ya baca laskar pelangi.. Kepending mulu..

    ReplyDelete
  4. ini yang aku pegang banget hehe....jadi kepengen baca bukunya. pinjem dong hehehe

    ReplyDelete
  5. hihi.. mestinya bikin nasi kuning ya :))
    Ayo terusin dong.. pas boboin Nabiel.. ( kaya uci gitu.. )
    Seru deh Ka....

    ReplyDelete
  6. hihi... boleh Mbak..main ke rumahku yaaa

    ReplyDelete
  7. aduh mbak Icho.. gue buku 1 aja nggak abis-abis ncih.. masih sering lirak-lirik novel-novel metropop :p

    ReplyDelete
  8. Gue juga cepet abis karena penasaran mbak...
    Trus.. pas gak ada Bapa Seno pula hehe..

    ReplyDelete
  9. bukunya kayak apa teh Icho...jadi pengen tau liat pics-nya dong..abis baru tau juga soale...*kuper*

    ReplyDelete
  10. Iya sih.. Bukunya ada si kantor nih, baca klo lg senggang/makan (inget bad habit itu khan) aja... Lucunya klo mulai baca lg, mesti ngulang2 dikit2 krn pasti lupa sama tokohnya.. trapani yg mana, mahar yg mana.. Ingetnya cm lintang aja kekeke...

    ReplyDelete
  11. coba ke sini Teh... www.sastrabelitong.multiply.com
    di situ lebh lengkap sinopsisnya..

    ReplyDelete
  12. Daku nggak jadi ngomong ah...dengerin nasehat dari ibu....ingat selalu..hi..hi..hi..

    ReplyDelete
  13. So' pendiem deh si Om Dukun ini..
    padahal kalo di depan pasiennya pasti deh banyak ngomong...

    ReplyDelete
  14. Kalo nggak ngomong ntar dikira dukun sesat main tebak tebakan..ha..ha..ha..

    ReplyDelete
  15. Pa kabar si Ephot ya......jadi pengen ngobrol sama dia
    Aduh gue kalo baca buku lamaaa banget abisnya, soalnya suka banyak disela sama novel2/majalah2

    ReplyDelete
  16. Ephot baik2 aja... anaknya dah 7 bulan , namanya Dyara ( hihi.. belum sempet liat )
    skrng jadi FTM... dah gak kerja lagi..
    Gue juga sepet baca buku itu gara stop gak baca tabloid dan gak baca koran hehe



    ReplyDelete
  17. halah...Sang Pemimpi-nya masih menunggu euy... apalagi Edensor... *belum ada waktos untk baca*

    ReplyDelete
  18. hihi.. sibuk pisan yaaa...
    seru lho ceritanya...

    ReplyDelete
  19. dah lama ga baca buku ... paling baca kalo ada perlu aja

    ReplyDelete
  20. ada dongeng hidup nya andrea hirata di tablod nova edisi juni 2007, ternyata nama blio waktu lahir adalah AQIL BARRAQ BADRUDIN...wehehe...jauh pisan nya... :P

    ReplyDelete
  21. Teh Icho udah baca kisah hidup Andrea yang di nova belom?
    Pertama di http://www.tabloidnova.com/articles.asp?id=14039
    Kedua di http://www.tabloidnova.com/articles.asp?id=14093
    Ketiga di http://www.tabloidnova.com/articles.asp?id=14149
    Aselinya bernama Aqil Barraq Badruddin. Secara harfiah artinya anak soleh berjidat mengilap.
    Wehehehe...

    ReplyDelete
  22. hehe.. iya udah baca ( barusan )
    anak sholeh jidat mengkilap.. aya aya wae..
    Kalo anak cantik jidat jenong apa ya..

    ReplyDelete