Monday, November 26, 2007

Sinusitiskah ?

Penyakit yang paling sering dan paling betah di diri gue adalah flu, gue lebih sering flunya di banding gak flu. Padahal gue sudah minum supplement yang menganudung Vit-C. tapi tetep aja masih flu masih sering mampir. Sebenernya gue bisa mengenali kapan kira-kira gue bakal kena flu.

1.      Bangun tidur pagi-pagi, apalagi setelah mandi pagi, langsung bersin-bersin

2.      Habis bersih-bersih rumah, banyak debu trus bersin-bersin, di lanjutkan flu

3.      AC di kantor terlalu dingin, lupa pake jaket or bawa jaket

4.      Kena gerimis dikit aja pasti flu

5.      Kena panas siang2, masuk ke ruangan ber AC, trus pusing.. ini juga bisa bikin flu.

Sempet cek ke THT, di Tanya alergi atau engga, gue sebutkan ke 4 di atas. Trus gue Tanya balik ke dokternya apakah gue kena sinusistis ?.. di cek pake teropong , di teken2 hidungnya gak ada rasa sakit, mas di colok2 pake alat malah gue bersin-bersin lama… ( dan dilanjutkan flu tentu).

Trus dokter kasih obat semprot, dan diminta menyemprotkannya dipagi hari dan sore/malam hari atau kalau berasa mampet…

Akhirnya..obat ini selalu ada di tas gue, kemanapun pasti gue bawa, saat flu atau tidak.

Sreet lubang kiri.. srot lubang kanan… legaaa ..

Tapi kira2 bahaya gak ya pake obat semprot itu terus menerus ?

Om Dhukun EddyJP mungkin bisa Bantu ??

45 comments:

  1. Mbak obrat semprotnya apaan? kalo yang namanya Afrin (isinya oxymetazolin HCl), katanya sih jangan dipake lebih dari 2 minggu, nanti idungnya jadi kebal, nggak mempan obat lagi...

    *yg punya anak n suami ber-sinusitis*

    ReplyDelete
  2. buset... kok mau nulis obat, saking semangatnya nyemprot jadi obrat... heheheeh....

    ReplyDelete
  3. hehehe...
    salam kenal ya Bu.

    Bu Icho..
    sama seperti adik saya...
    dari SMA sampai lulus kuliah masih seperti itu..
    padahal keluarga gak ada yang punya riwayat alergi...

    ReplyDelete
  4. Iya Mbak betul banget.. Afrin...
    Oh gak boleh dipake lebih dari 2 minggu yaaa.
    aku pake sudah lebih dr 2 minggu sih... sebulan malah hehe
    hmm.. jadi mesti minta resep lagi nih sama dokter
    obat semprot apa yg bisa di pake

    ReplyDelete
  5. Oh ya... ada temen dong saya...
    Btw skrng masih kaya gitu gak Mas Nur ?

    ReplyDelete
  6. kebayang ribet nya ya teh...
    gmn kalo sampe lupa tuh obat nya

    ReplyDelete
  7. Kalo lupa obat hehe.. masih ada inhaler di kantor.. ( stok ada 2 )
    di rumah juga ada stok inhaler 2.. saking pelupanya..

    ReplyDelete
  8. Iya..
    terutama kalo bangun tidur....
    bahkan setiap pagi ada acara rutin.... bersin-bersin di kamar mandi..
    minimal harus sekitar 10X... baru sembuh.
    Ini beneran lho Bu....

    ReplyDelete
  9. Itu alergi, mbak...
    aku dulu gitu... duh menyiksa banged. Yang serba salah kalo boss mau presentasi, mosok sekretarisnya bersin mulu. Orang pikir lagi menebarkan virus flu. ah aha ha..
    Tapi sekarang alhamdulillah gak lagi tuh. Cek aja alergi apa, biar ketauan dan hindari. Caranya mudah, hubungun pak Herman klinik ibnu sina. biar di cek alergi apa, bayarnya 100 atau 150 ribu gitu. Ada dua cara :
    1. Datang ke kliniknya beliau
    2. Atau cukup tusuk sendiri ujung jari pake jarum steril, darah yang keluar temelin di catton bad. Masukan ke plastik klip. Kasih nama dan umur. Uangnya transfer. Beberapa hari ada hasilnya akan dikirim melalui email atau per telp.

    ReplyDelete
  10. Eh iya... no. telp beliau 021- 8198287

    ReplyDelete
  11. Ini Teknik pengobatan apa Mbak namanya ??
    Btw di daerah bekasi ya Mbak ??
    Ancer2 or alamatnya di mana ?

    Thanks ya Mbak Widad..

    ReplyDelete
  12. Iya teh... semoga bukan sinusitis yaa...
    kata dokter juga bukan koq..

    ReplyDelete
  13. Kalau boleh urun saran Ibu Seno, coba ke Dr. Oemi Tajuddin, SpTHT saja.
    Ini dokter recommended banget. Pinter. Kita sekeluarga besar dipegang sama dia. Prakteknya di RS. Sumber Waras atau RS. Graha Medika.

    Dulu saya pernah ada "kasus". Puji Tuhan, sama dokter yang bertangan dingin ini sembuh. Padahal sudah lebih dari 5 dokter yang saya datangin.

    Demikian juga dengan anak teman kantor saya, yg saat lahir, pita suaranya belum menutup sempurna. Ditangani oleh dokter ini, lagi-lagi, Puji Tuhan, sembuh, malahan anaknya sekarang kebawelan.

    Mudah-mudahan membantu ya...

    ReplyDelete
  14. Thanks Ya Mbak Imel...
    Graha Medika yang di pinggir tol kb. Jeruk ya ??

    ReplyDelete
  15. hiii aku banget tuh.. emang alergi mba . plus kalo aku emang ada sinusitisnya, jadi kalo flu dah pasti deh bakal sakit daerah sekitar pipi dan kening.
    Aku sih ga make obat2an... cuma hindari pencetus alergi aja, udah bosan minum obat dan takut ketergantungan.

    ReplyDelete
  16. Yup...Graha Medika di pinggir tol Kb. Jeruk.

    ReplyDelete
  17. Hmm.. kalo sinus iya katanya sakit pipi dan kening... aku berarti engga hehe..
    iya aku juga males minum obat2an mbak

    ReplyDelete
  18. Sipp.. tq Mbak.. semalem malah nebeng temen sampe situ...

    ReplyDelete
  19. Ntar kalau dah sembuh, jangan lupa testimonialnya ya Mba. Ditunggu lho ^_^

    ReplyDelete
  20. ah sama nih sama misua... keluarganya emang ada sinusitis, tapi waktu ke THT gak dibilang kalo dia sinusitis, cuma alergi debu dan dingin aja. Dia juga dapet tuh obat semprot. Kalo temen kuliah dulu yg sinusitis itu pagi-pagi bangun pasti bersin dan buntet idungnya, kena udara Bandung apalagi bikin suaranya selalu bindeng kecuali kala hari puanas seperti di Bangka tempat tinggalnya. Diperiksa THT emang positip sinusitis dan tadinya mau dioperasi segala.

    ReplyDelete
  21. Suaraku juga dah bindeng Mbak...
    aku coba cari dokter THT lain deh..
    semoga gak perlu ops deh ya... serem nih kata temen2 sih sakiiittt

    ReplyDelete
  22. Wah sama banget dengan Medy, dia juga kalo bangun tidur musti 5x bersin, dia kena alergi tuh. Dulu udah diperiksa darahnya sama dokter anak. Biasanya nurun lho, genetik. Kalau masih anak2 trus dibiarin larinya bisa ke asma. Seno dan Dela gimana? mudah2an ga kena ya. Pencegahannya cuma jauh2 dari debu, bulu spt karpet dan boneka, rajin2 ganti sprei, bersihin kamar dan ngepel. Repot sih tapi dari pada terlanjur asma?

    ReplyDelete
  23. Bener banget Lan.. dah nurun juga ke Seno nih, berhubung gue dan Seno gol darahnya juga sama.
    Dah lama gak pake karpet, skrng pakenya lampit.. yang lainnya juga sudah berusaha ke arah itu.. semoga gak ada yang kena asma deh, meskipun seno sering batuk dan sesak tapi kata dokter gak asma

    ReplyDelete
  24. No.2 aku banget nihh..... Klo aku sih alergi debu, mbak..
    Klo beres2 rumah harus pake masker deh..
    No.1, dulu jg gitu. Tp mensiasatinya, tiap bangun tidur langsung buru2 minum air anget/panas. Skrg udah ngga lg.
    Iya mbak, better cek ke THT deh, buat mastiin aja..
    Cepet sembuh ya...

    ReplyDelete
  25. Sekarang klo ga salah, udah jadi RS Siloam Hospital deh..

    ReplyDelete
  26. Hmm.. minum air hangat pas bangun tidur ya.. b'arti salah dong.. aku pasti minum air putih biasa dan dingin juga..
    Thanks tips dan doanya ya Ika.

    ReplyDelete
  27. Sorry Cho, baru kebaca, kayanya dikau alergi dingin dan debu deh, kalo yang nomor 1 , sebelon mandi minum air panas dulu, matikan AC, habis mandi jangan masuk ke kamar ber AC.
    Daripada semprot coba rajin uapin pake uap air panas.

    ReplyDelete
  28. Kalo alergi debu bisa disuntik desensitisasi di klinik alergi dukun Indrayana di tanah abang 2. oce ? :))

    ReplyDelete
  29. Hmm.. sip deh, skrng mo ta rubah kebiasaannya minum air hangat sblm mandi, dan bangun tidur AC langsung di matiin..
    Di uapin air panasnya pagi or malem nih Om Dhukun ??
    soalnya susah juga ya kalo pas mampet di kantor.. uapin air panas dr dispenser di gelas gitu ??

    ReplyDelete
  30. Klinik Indrayana ?? ok deh.. sering lewat situ kalo pas mampir ke ktr Bapa Seno\
    Thanks Pak Eddy

    ReplyDelete
  31. kok keluhannya sama dengan saya ya bu? terutama AC n Debu? smoga ga sinusitis deh? mleset dikit kek, cosinusitis atau tangenusitis hehe..

    ReplyDelete
  32. faktor genetik Pak.. Pak Ahmad kan bapa saya hehe..
    ternyata banyak temennya ...

    ReplyDelete
  33. weh, seperti kaka iparku...itu mah alergi teh..kalo sinusitis mah hidung n pipi sakit dan ingus nya bisa sampe ijo...
    .

    ReplyDelete
  34. KEBAYANG DEH beratnya penderitaan bersin2 nya.. moga bisa dibasmi tuntas bu.. ^^

    ReplyDelete
  35. iya teh ipad, kin dinten sabtu bade di parios, mugi2 sanes sinus..hatur nuhun

    ReplyDelete
  36. thanks ya Mbak.. iya engga enak idung mampet melulu...

    ReplyDelete
  37. Kalo dari cerita mbak jelas punya alergi. Setahu saya alergi jangan dilawan tapi dihindari. Asal udah tahu pencetusnya masalah beres. Penggunaan obat semprot jangan terlalu lama dan kalau terpaksa aja makainya. Ada terapi desensitasi, tapi hasilnya tetap kurang memuaskan.

    ReplyDelete
  38. Iya pak Wira, saya juga sejak dapet info dr teman2 MP mulai mencoba menghindari pencetus alerginya.. dan sdh mulai mengikuti saran2 teman2.. thanks banget yaaa

    ReplyDelete