Tuesday, November 13, 2007

726 Bahasa Daerah terancam punah.

Sedih ya pagi ini baca di Kompas kalo 726 bahasa daerah terancam punah karena generasi muda males memakai bahasa daerah. Anak2 muda sekarang lebih seneng pake bahasa nasional atau bahasa internasional atau bahkan bahasa gaul untuk berkomunikasi sehari-hari. Gue inget banget waktu sempet nyasar naik angkot di Bandung beberapa waktu lalu, trus nanya arah ke anak sekolah di angkot, gue nanya pake bahasa sunda.. eh di jawabnya pake bahasa Indonesia  tuh… antara miris dan mikir , gue pikir ini anak bukan asli Bandung kali yaa… . Tapi gue juga sempet protes sama temen gue yang jelas2 bapa dan ibunya urang sunda, tapi anaknya gak diajarin bahasa sunda..

Itu tadi baru bahasa sunda, bagaimana dengan bahasa2 daerah lainnya seperti bahasa Bahasa Jawa, Bahasa Batak, Sunda, Bali, Bugis, Madura, Minang, Rejang Lebong, Lampung, Makassar, Banjar, Bima, dan Bahasa Sasak.?

Meskipun Pusat Bahasa sudah bekerja sama dengan balai-balai bahasa di setiap provinsi untuk    menggiatkan kembali kecintaan generasi muda pada pemakaian bahasa daerah. Atau beberapa komunitas sudah mulai di biasakan di beberapa milis ( seperti milis kusnet hehe. ), tapi memang yang paling penting adalah dengan menerapkan langsung bahasa daerah itu dalam kehidupan sehari-hari… seperti gue cieeeh. Misalnya nih, sama si Teteh selalu berbahasa sunda, karena kebetulan asisten berasal dari daerah Banten.. tapi kalo dapet asisten orang jawa, gue pasti minta Bapa Seno yang berbahasa jawa ke mereka supaya Supaya Seno dan Della juga bisa.. buktinya saat ini beberapa kosa kata bahasa sunda sudah bisa di pahami Seno dan Della…., ini gue lakukan karena meskipun Ibunda gue jago bahasa sunda, tapi di pakenya Cuma pas ngomelin anak2nya doang.. jadi aja bahasa sunda gue agak belepotan..

Selain bahasa sunda, sebenernya gue juga minat belajar bahasa daerah lainnya, waktu masih sering keliling daerah, sedapat mungkin gue mungutin dikit2 bahasa daerah setempat… tapi ya Cuma dikit dapetnya…

bahasa Aceh Cuma dapet “ Pu haba ?? habageut…., Kaleh pa jebu ??  .. padom.. hana..

Bahasa batak Cuma dapet, holong do roham tu au aja..

Bahasa Minang ???  dpt yg ujungnya O doang deh hehe..

Bahasa Banjar lumayan.. ikam inda kamano ?? makan di kobana pake intalu pade

Bahasa lain ?? duh.. belum ada yang ngajarin nih…

16 comments:

  1. Satuju teh....
    Sim kuring oge nuju nyobi ka pun anak supados tetep tiasa Basa Sunda.

    Tidak ada Bangsa (atau Suku Bangsa) yang besar dapat bertahan dengan melupakan khazanah budaya bangsanya sendiri.

    “As the soil, however rich it may be, cannot be productive without cultivation, so the mind without culture can never produce good fruit.” - Seneca quotes (Roman philosopher, mid-1st century AD)





    ReplyDelete
  2. Mantaaap Kang Djaja.. semoga di tiru oge ku nu sanes

    ReplyDelete
  3. yah mw di kata pa y bangsa kita,,,td mlm aj gw nton jak tv, gw baru tw kalo trnyata kita duh bener2 bangsa yang saat ini g pernah dianggap sama bangsa2 di dunia karena kelakuan bangsa kita sendiri yang gak menghargai sejarah dan kebudayaannya.....

    ReplyDelete
  4. mirissss ndengernya..
    makanya klo di rumah aku terbiasa bhs Jawa ama eYangnya anak2.. yaaaa buat nguri2 budaya Jawa alias mempertahankan budaya Jawa ...

    ReplyDelete
  5. Iya ya.. mo jadi apa sih bangsa ini..
    karya seni di akuin bangsa lain ngamuk.. tapi gak mau ngehargain budaya lokal..
    setuju deh..

    ReplyDelete
  6. Sama Ci.. mertua gue ke anak2nya juga keukeuh berbahsa jawa meskipun mereka ada di tanah pasundan...

    ReplyDelete
  7. aduh...yang begini nih yang bikin pusing... kalo aku bahasa daerahnya apa ya...? lahir dan besar di condet aka betawi banget, tapi dari orang tua yang asli jawa tengah dan jawa timur. Mau ngaku orang betawi, menurut adikku orang betawi adalah keturunan ketiga yang lahir di jakarta, berarti aku gak termasuk dong. Bilang orang Jawa, aku cuma paham kalo orang ngomong jawa, tapi gak bisa kalo disuruh ngomongnya balik. Berarti biarin ayah Sha aja yang ngajarin Sha bahasa jawa deh ya, hehehehe

    ReplyDelete
  8. sama Mbak.. aku jugalahir di Jkt, gede di Tng..
    berhubung Ibu dari Sunda dan Bpk dr Tng..jadi ngaku2 aja Sunda, dan belajar bhs sunda deh..

    ReplyDelete
  9. nah kalo saya lebih ribet lagi..ibu orang lampung,bapa org komering (sumsel) saya lahir di sukabumi, kalo ibu sama bapa ngomongnya basa komering, kalo ibu-bapa ke anak2nya ngomong basa komering, kalo anak2 ke ortunya ngomong basa palembang, kalo sesama anak2nya (saya n kakak adik) ngomongnya basa sunda...
    kalo ortu misua orang ja-tim dan org yogya. misua lahir di bandung...keluarga mertua sekarang udah ngomong basa sunda aja karna lama di bandung...
    jadi aku ngajarin basa apa sama anak anakku ya?
    kalo si kaka sih basa sunda nya baru bisa "hareudang".. hehehe...

    ReplyDelete
  10. Kalo yang ini aku ikut pusing hihi..

    ReplyDelete
  11. wow sebanyak itu bhs daerah yg ada di Indo!

    ReplyDelete
  12. Iya mbak..betapa kayanya khazanah budaya kita... ( merdeka !!) hihi

    ReplyDelete
  13. anak-anak di rumah juga agak bingung kalo ditanya orang mana karna papanya turunan surabaya yang gede di jakarta dan dirikyu mah asli orang bandung

    Tapi berhubung saya masih rajin berbahasa sunda, didukung asisten yang orang garut pula.. jadi anak2 ga terlalu asing dengan bahasa sunda hehe..

    yang ada papanya bingung sendiri...

    (keun we ah bapana sina bingungeun, bongan hese diajar basa sunda hik hik --pemaksaan terselubung!)

    ReplyDelete
  14. Setuju! Ayo kita majukan bahasa daerah karna itu salah satu kekayaan budaya kita. Dirumah juga coba berbahasa batak sama anak, tapi dia malah bengong. Tapi suka dipaksa juga sih sama opungnya. Untung disekolah dia dpt pelajaran bahasa Sunda ya udah bisa latihannya sama babenya

    ReplyDelete
  15. Saya mah gak bisa pake bahasa terselubung hihi..
    krn Bapa Seno meskipun trah jawa, bahasa sundanya mah lebih jago dr saya..

    ReplyDelete
  16. hihi.. elo juga batak boong kan Lan ??
    buktinya waktu gue ngomong bahasa batak ke eou.. elo gak tahu artinya...

    ReplyDelete