Thursday, April 5, 2012

Melanggar Privacy Anak

Terpaksa ini saya lakukan sewaktu saya melihat ada gelagat yang kurang baik gadis kecil saya. Kelihatannya belakangan ini Della sudah mulai ber-rahasia dengan saya, pernah suatu ketika telpon di HP nya berbunyi, lalu Della mengangkat telpon dan langsung masuk ke kamarnya. Mulanya saya masih mendiamkan, saya pikir ini telpon teman sekolahnya yang biasa tanya-tanya PR.

Kali lain begitu lagi, telpon berbunyi sekitar jam 8 malam, Della sedang belajar, kemudian mengangkat telpon dan masuk kamar. Tentu saja saya menegur Della, minta supaya telponnya jangan lama-lama, karena sedang belajar. Kemudian saya tanya telpon dari siapa, Della tak mau menjawab. Saya minta HPnya, tak diberikan.. (*haduh anak ini !!*)

Saya mulai curiga dan berniat memeriksa HP Della, saya cek semua sms yang masuk/keluar, telpon masuk/keluar. Banyak telpon dan sms dari satu nama pria, kemudian miscalled dari nama itu di jam-jam sekolah juga banyak. duh ini anak sekolah apa engga ya, saya curiga ini anak dewasa yg sudah tak bersekolah lagi. Apalagi kemudian ada kata-kata " I love you Della" di smsnya.  dan balasan Della ke nomor itu "alfi jelek !!" , sampai lebih dari 10x send. (*maksudnya apa ini berenyit ? !! *)

Maka, Investigasi saya mulai, saya telpon nomor itu, yang angkat suara anak kecil, saya tanya namanya dan di jawab jujur, namanya Alfi, rumahnya di Lubuk linggau, kelas 4 SD di Lubuk Linggau, anak pertama, tinggal bersama ayah dan mama.

Saya tanya lagi, apakah telpon ini suka dipakai kakak/om/tetangga cowok lain ?
engga cuma Alfi yang pakai telpon ini

Alfi kenal sama Della di mana ?
di telepon
.

Koq tau ini nomor Della, dari mana taunya ?
Kan kenalan

Alfi kenapa suka telpon Della di jam sekolah, emang Alfi gak sekolah ?
di sekolah, kan jam istirahat jadi bisa telpon 
( *oooh SD ini bolehin anak kelas 4 bawa HP ?*)

Hmm. investigasi rasanya cukup dulu, untuk sementara ini dengan terpaksa saya menghapus nomor telepon itu dari Phonebook dan mengganti simcard Della dengan alasan kartunya sudah expired.

Ibu yang kejam ya, tak apa sementara ini memang harus dikejamkan, karena anak ini belum mengerti banyak bahaya yang mengintai di luar melalui dunia maya baik itu telepon, sms, FB dan socmed lainnya yg semestinya belum diperbolehkan untuk anak semumuran dia (namun terpaksa dibolehkan).

Jadi buat saya, melanggar privacy anak demi kebaikan itu sah-sah saja. Kapan2 giliran anak lanang ini yang saya investigasi, karena yang ini juga sudah keasikan maen gadget.








 

62 comments:

  1. penting buat dibaca ibuk-ibuk
    *belum baca komen dulu :-D*

    ReplyDelete
  2. alamak ...kok bisa Della kenalan sama anak dari jauh IbuSeno ?

    ReplyDelete
  3. hihihi penting gak penting, di tulisa aja

    ReplyDelete
  4. sebagai sesama ibu-ibu, saya bisa mengerti tindakan Teh Icho ini
    gimanapun juga, anak seumuran Della masih dalam pengawasan ortu
    setelahnya Della gak perlu dimarah2i, dikasih tahu aja untuk selanjutnya harus lebih hati-hati berkenalan. hari gini banyak predator pemangsa anak2
    siapa tahu ngaku2 seumuran ternyata bandotan pedofil *amit2*

    ReplyDelete
  5. lha itu katanya kenalan di telpon, mungkin sms salah kirim kali ya

    ReplyDelete
  6. katanya sih menjaga n mendidik anak perempuan itu lebih susah.

    ReplyDelete
  7. Belum sempet marahin Shan, krn Della ini agak peka dan makin ngeleyed kalo di marahin, jadi aku mesti mikir2 dulu caranya gimana, jalan pintasnya ya itu, simcard di ganti, untung pulsanya pas kebetulan habis sisa 40 rupiah.
    ganti kartu dan hapus no telp itu dr phonebook.
    nah yg dikawatirkan gitu, ngaku anak2 tapi tnyt anak gede.

    ReplyDelete
  8. saya kan tadi baca judulnya dan baca kalimat awal2 ada hubungannya sama henpun :) *saya juga pernah cek hp anak soalnya*

    ReplyDelete
  9. Iya wan, katanya emang gitu, tp pas di rasa2 dan di jalanin koq ya sama aja susahnya :-)

    ReplyDelete
  10. Oh ya hihi.. toss deh, ini HPnya Seno juga sama aja suka aku cek2 gitu, cuma ternyata beda lho cowok dan cewek itu, yg cowok cool banget kalau jawab sms, jd tak terlalu mengkhawatirkan.

    ReplyDelete
  11. Tidak mbak! Itu jauh lebih baik.. tokh semua itu untuk kebaikan putrinya.
    Aku juga kalau punya anak (apalagi anak Perempuan) bakalan strict banget. Tapi itu demi kebaikan.
    Technology itu bagus tapi kalau tidak diawasi bisa amburadul.

    Well done sista... ^_^

    ReplyDelete
  12. saya belum ngerasain mendidik anak perempuan, tapi deg2annya sama aja
    kadang dijadiin bahan becandaan, yg punya anak perempuan harus hati-hati menjaga anaknya biar gak "rusak"
    yg punya anak laki-laki jauh lebih khawatir anaknya bakalan "ngerusak" anak orang :-D

    ReplyDelete
  13. Siip thx Von, betul semua demi kebaikan anak. Setuju, mau anak or dewasa, kalau menggunakan teknologi dng tdk bijak bakal amburadul, anak2 & remaja mesti masih dlm pengawasan penggunaan teknologi

    ReplyDelete
  14. aku aza suka puyeng 10 keliling kalau lihat kelakukan anak2 zaman sekarang (maklum eike udah tuir bow). Dohhhhhhhhhhh.. kadang tingkah lakunya? bikin ck..ckk gregetan wkkk..wkkk

    ReplyDelete
  15. Jadi sama beratnya ndidik anak laki or perempuan kan Shan :-)

    ReplyDelete
  16. hahaha.. Iya, ya pdhal jaman kita muda dulu gak segitunya sprt anak jaman sekarang ya..
    Dulu pacaran makan bakso di depan kodim di sebelahnya Strada doang pasti udah seneng banget kan Von :-)

    ReplyDelete
  17. Iya, saya salut sama ceu Icho. Wah, nampaknya saya juga mesti ati-ati nih ngawasin HP cucu saya (11 tahun). Kalau FB-nya sih dipolisiin oom-oomnya. TFS ya sudah bikin saya alert!

    ReplyDelete
  18. Sungguh pelajaran yang baik, mbak Icho, tegas untuk saat ini tidak mengapa, daripada menyesal di kemudian hari.
    Jangan ragi-ragu juga mengajarkan pendidikan sex pada anak-anak (tentunya versi anak-anak), agar anak-anak tahu mana yg benar, mana yg salah.

    ReplyDelete
  19. Tadinya saya juga kurang fokus dengan HPnya Bun, terlalu fokus dng FBnya hehehe, eh ternyata HP juga cukup berbahaya.. ayo bun, tetap kita tingkatkan pengawasan untuk anak2 - cucu2 tercinta

    ReplyDelete
  20. setuju, berikutnya hape babenya Seno harus diskrining juga wakakakak

    ReplyDelete
  21. itu beneran teh suara anak anak? duh moga moga della gak apal nomer telp nya.. btw sms yang ada di hape dah diapusin blom?

    ReplyDelete
  22. Sepakat ya Mas Iwan untuk kebaikan :-)
    Nah ada satu PR saya lagi nih, mengajarkan pendidikan sex untuk anak, saya belum baca2 bukunya , kayaknya perlu baca share dari teman2 yg sdh pernah pengalaman ke anaknya. Mas Iwan mungkin ?

    ReplyDelete
  23. Sepertinya ini memang tindakan yang paling benar, Teh...
    Dan setuju juga sama Mas Iwan..
    Pernah dulu membaca jurnal hasil workshop tentang sex pada anak, banyak yang gegara HP-nya jarang di investigasi, tiba-tiba ortunya nemu aja sms, "Nanti aku yang bawa kondom..." :|

    *membayangkan aja udah ngeri banget*

    ReplyDelete
  24. Hahaha.. yg ini dulu udah pernah Ed, tapi kapok ah, nanti diminta gantian screening juga berabe kitah

    ReplyDelete
  25. Dari telpon sih iya suara anak2, sampe aku detiliiiin gitu, ini bener suara anak2.
    Sudah Mel, langsung di hapusin semua SMS, alesan lagi krn kartunya error :-)
    Iya semoga gak di catat di tempat lain or Della gak hafal deh

    ReplyDelete
  26. Makasih Dan..
    duuh ngeri bener yaaa, jangan sampe deh kita nemuin sms gitu di hp anak2 kita :(

    ReplyDelete
  27. Bener TehIcho, dibatesi dulu aja penggunaan HP utk Della, semua demi kebaikannya dia juga kelak....

    ReplyDelete
  28. menurut saya, privacy bisa diberikan kalau anak sudah memahami tanggung jawabnya secara penuh. Sebelum itu, pengawasan dan bimbingan mutlak diperlukan.
    dalam hal ini saya super sepakat dengan tindakan teh icho
    :)

    ReplyDelete
  29. Anakku kelas 5 SD baru dikasih bawa hp ke sekolah TehIcho. Nah, Afra baru SMA boleh pinjem BB sesekali aja, dia males pake BB juga, jd ga belajar katanya. Bagus deh, sadar sendiri. Jd tetep hp biasa asal utk nelfon dan ada kamera aja, cukup.

    ReplyDelete
  30. Iya Mia, masih perlu dibatasi pengunaannya, kalau ke sekolah memang masih di larang pihak sekolah. apalagi della pengalaman pernah hilang HP, ini juga hp lungsuran dr budenya.

    ReplyDelete
  31. Nah sepakat juga dengan Mas Suga, kalau anak blm bisa bertanggung jawab penuh atas dirinya, masih boleh lah ortu melanggar privacy ya :-)
    Bimbingan dan pengawasan, Insya Allah terus dilakukan.

    ReplyDelete
  32. Iya Mia, di sekolah Seno & Della juga baru anak kelas 5 dst yg boleh bawa HP dan baru boleh dinyalakan jam istirahat dan pulang sekolah.
    Della mesti belajar sama Kak Afra nih, Kak Afra yg SMA aja tahu ya gadget itu mengganggu belajar :-)

    ReplyDelete
  33. untung anak2 blm bisa protes ttg pelanggaran HAM ya bu...tapi emang perlu begini kan buat amannya si anak

    ReplyDelete
  34. Waduhhhh, saya jadi mikir 20 tahun ke depan dunia ini kayak mana, yah, Bu? :|
    Itu anak masih kelas 4 SD udah bilang i love u? Huaaa

    ReplyDelete
  35. walah kelas 4 SD udah bilang ailopyu
    gimana ceritanya mereka bisa kenalan
    terus Della-nya ditanya2in gak mbak soal alfi itu?

    ReplyDelete
  36. hehehe.. belom, tp pan ibunya punya segudang alesan kalau di protes Rit :-)

    ReplyDelete
  37. sama Naz.. aku kadang suka mikir kebelakang, umur segitu aku lagi ngapain ya ?
    macam si seno itu, kelas 6 SD sudah berkali2 nembak dan ditembak, perasaan dulu kelas 6 aku masih maen tendang2an hahahaha

    ReplyDelete
  38. Miris yaa.. kelas 4 SD gitu Lho Mbak Arni, piyik banget kan ya.
    Ya dari hasil investigasi gitu bilangnya dr telp, apa iya sms nyasar ?
    di FB Della pun gak ada nama Alfi atau teman yg di lubuk linggau.
    Della belum sempat saya tanya, nanti deh kalau mood saya sdh agak enak dan bisa nyusun kata2 yg gak bikin anak trauma trus malah berahasia , saya pasti akan tanya

    ReplyDelete
  39. wuih lubuk linggau, jauh tenan
    jaman baheula aya orang lubuk linggau salah sambung malah ngajak kenalan :D

    klo ponakan kls 5 bawa hp murmer cuma buat tlp tukang ojek langganan, krn dia suka telat di jemput ;)

    ReplyDelete
  40. ohmama.. tadinya ku mo protes kalu melanggar privasi anak.. eh ternyata ada alasannya.. ini malah harus ditindaklanjutkan.. mending bilang sama della hatihati.. anak seumur della blom bisa bertanggungjawab dengan hapenya kan.. serem juga kalu ternyata om-om senang yang mengincar anak2..
    haduh yang namanya telpon nyasar itu ya.. aarrgghh..

    semoga seno dan della dijauhkan dari halhal negatif..

    ReplyDelete
  41. hadeuuuh anak skrg bikin emaknya kebat-kebit ya teh.
    Tp pelanggaran ini kudukung utk kebaikan anak kita jg :D

    ReplyDelete
  42. begitu ya mbak Icho...sama kayak cucu keponakanku sekarang klas v juga sering ditep. sama teman lesnya laki2...pernah sampai2 ibunya ngamuk juga

    ReplyDelete
  43. Saya dukung aksinya dan kudu dibarengi dgn pengerti kpd sang anak,Bun...

    ReplyDelete
  44. Kalo gw,....gw ga tau harus gimanaaaa! Ntar aja deh pusingnya

    ReplyDelete
  45. Iya saya setuju. Saya juga membicarakan masalah sex dengan anak-anak dan cucu saya sejak dini, jadi alhamdulillah mereka yang sekarang sudah dewasa tahu bahaya dari kenikmatan itu.

    ReplyDelete
  46. Lubuk linggau?
    Jauh amir da

    Trus, della ga marah2 wkt diganti chipnya?

    #jaman abang sd gimana lg ya?
    Syukur eda alert

    ReplyDelete
  47. waduh.... *saya punya bocah cewek juga nih!*

    ReplyDelete
  48. Sangat dimaklumi, teh Icho. Namanya juga anak di bawah umur, harus ketat pengawasannya.

    ReplyDelete
  49. waduh...aku jadi deg2an nih gimana nanti klo anak2 udah pada SD ke sono ya *emak parno*

    ReplyDelete
  50. Iya dimana sih Lubuk Linggau itu ? Medan or Padang hahaha ketauan dodolnya ya
    Jangan2 ini turunan na nu eta Mia hehee
    Nah eta, kebanyakan dibolehin juga untuk keperluan nelpon penjemput sih

    ReplyDelete
  51. Kalo udah agak gedean, sbg anak aku juga protes kalo privacy dilanggar :-)
    udah nih, tadi malem akhirnya pelan2 bilang ke Della, itu temennya gak bener, ngaku ke della temen TK, della di TK A dia di TK B, ngaku2nya gitu, bener sh kalo misal itu temen TK, berarti dia kakak kelas Della, tp tetep lah lbh baik di hapus
    kawatir iya bukan anak2 tp om2.

    Aamiin, makasih doa Tanten Tintin :-)

    ReplyDelete
  52. Sengaja kushare Eda, sama2 ya hati2 juga buat anak2 Eda yg cantik itu :-)

    ReplyDelete
  53. Kelas 5, hmmm masih tetep pengawasan ortu juga deh Mama Restu, wajar kali ya ibunya ngamuk kalau teteleponan terus, meski cuma terima :-)

    ReplyDelete
  54. Sebisa mungkin saya usahain kasih penjelasan yg bisa dimengerti Della dan mas Dedy, meski emang Della rada susah, krn ini demi kebaikannya kan.

    ReplyDelete
  55. hehehe.. Menee cantiik, masih kecil, tunggu bentar lagi emaknya pusing, pasti Menee banyak fansnya tuh

    ReplyDelete
  56. Bun..ajarin saya ilmu ngasih pengertian/pengetahuan ttng sex ke anak2 ya Bun

    ReplyDelete
  57. Jauh ya Eda, itu masuk kabupaten mana sih Da hihi
    Engga marah koq, cuma minta pulsa yg banyakan, alesan mesti kasih pengumuman ke temen2nya kalo no hpnya ganti , baik laaaah pulsa di ganti hehehe

    Jaman abang SD, moga2 tetp masih bisa kita kontrol ya Eda. abang pasti anak yg baik lah..

    ReplyDelete
  58. Hai..Teh Ipad, gimana itu si Dora, hahah koq jadi Dora, udah kelas brp, iya tuh sama2 mesti ttp waspada ya Teh

    ReplyDelete
  59. Siip Mbak Irma, yg masih dibawah umur, belum dewasa masih perlu pengawasan ortu ya, tinggal tingkat pengawasannya aja di sesuaikan ya

    ReplyDelete
  60. Tetap waspada dan kontrol ya Dyah, gitu2 aja sih. smoga anak2 kita terhindar dari bahaya dunia maya dan dunia nyata

    ReplyDelete
  61. aku setuju dgn tindakanmu teh. apalagi anak cewek harus kudu ketat pengawasannya.

    ReplyDelete
  62. Thanks Jeng Esti, bener banget, anak perempuan hrs lebih ketat pengawasannya ya, pengalaman pribadi saya nih

    ReplyDelete