Tuesday, April 3, 2012

Ketika Dikepung Banjir

Perjalanan berangkat dan pulang kerja kemaren Selasa 3 April 2012 itu luar biasa deh, udah mah  pas kebetulan hari ini si suami saya tak bisa berangkat bareng ke kantor krn beliau harus ke clientnya yang di Bintaro. Jadi hari ini  saya berangkat kantor sendiri eh diantar Bang Idi tukang Ojek.

Baru aja ke lepas dari lampu merah unilever sudah macet ( sebetulnya macet macam ini sudah biasa sih), Sebagai pengemudi Ojek yang sudah terlatih dan berpengalaman,  Bang Idi sudah tahu jalan tikus untuk menghindari macet Jl. Ciledug Raya, jadi Bang Idi memotong jalan lewat gang kecil yang nantinya tembus di Jl. Swadarma Raya, sekalian juga untuk mengecek apakah kali Pesanggrahan di Jl. Swadarma melimpah akibat banjir tadi malam ? . Eh ternyata meskipun debit airnya lebih tinggi dari biasanya, Sepertinya Jl. Swadharma aman dilintasi, jadi ojekpun jalan terus. Sampai Pekuburan Swardarma, semua kendaraan berhenti total. Saya sudah males berangkat kerja, tapi Bang Idi masih semangat, "tanggung bu, bentar lagi nyampe lampu merah"  katanya. Okelah Bang, saya juga smangat !!
 
                                                   Macet di Lampu Merah Joglo

Tapi.. ternyata , biasanya dari Jl. Swadharma menuju lampu merah joglo itu cuma 5-10 menit, kemarin itu nyaris 40 menit lebih rasanya. Saya lihat ada 3 orang Polisi di depan lampu merah yang sibuk mengatur lalu-lintas yang sangat padat.  Lega rasanya ketika melewati lampu merah itu. Saya minta ke Bang Idi untuk lurus saja, nanti kita potong jalur lagi lewat Hutan Srengseng, jadi kita tak terjebak banjir yang biasa terjadi  di dekat apartemen Joglo  atau di depan perumahan villa kelapa dua.

Sebetulnya ini pilihan jalan yang paling tepat, tapi ternyata pikiran pengendara yang lainpun sama, macet lagi deh di dekat taman hutan itu, nasiib. Tapi untunglah selepas dari situ, Jalan panjang menuju daan mogot, perumahan taman ratu yang biasanya banjir kali ini tidak banjir.
Perjalanan berangkat kantor hari ini   yang biasanya paling lambat 45 menit, kali ini hampir 2 jam, dan tentu saja ongkos ojek Pak Idi juga harus di sesuaikan, kasian dia juga cape main rem.  Ternyata di hari Selasa pagi itu wilayah Selatan memang dikepung banjir, Cipulir, Tanah Kusir, Joglo Raya, Pos Pengumben termasuk juga Ciledug meskipun saya tak melewatinya.

Pulangnya juga ternyata lebih menyedihkan dari berangkat kerja, hujan lebat di sore hari, membuat saya dan Olive ( yg saya tebengi pulang) sepakat menerobos hujan menerjang banjir di jalan depan Indosiar, kawatir kalau nunggu hujan malah kena banjir lebih banyak lagi. Jadi kami berdua hujan-hujanan, yang penting jalanan lancar, seneng rasanya liat jalanan lancar dan kami menikmati perjalanan hujan sambil ketawa-ketawa karena ternyata kesenangan kita sama, seneng main hujan-hujanan.

Sayangnya, perjalanan lancar cuma sebentar, pas dekat gedung metrotv ada genangan banjir, entah kenapa Olive memilih jalan lain, motong jalan bu katanya, saya ikut aja, karena saya kurang paham jalur Jl puri kembangan. Ternyata jalan memotong Olive pun ada genangan air yang cukup banyak, alias banjir sodareeee !!

Olive nanya ke saya "gimana kalau kita nekad bu ? "
"Ya terserah aja, tp liat2 dulu, di depan banyak motor lewat ga ?"
"tuuuh banyak bu.. nekad ya bu"
"okeee...jalan"

Dan, Olive  yang bawa scoopy memilih jalan dibelakang mobil, alasannya supaya gak terlalu dalam airnya, brrrrr... si bebek scoopy berenang, asiiiikkk... dan brrrr...rrrr... zepppp.. si scoopy langsung mogok di depan kampus Mpu Tantular, horeee..!! ayo oibu  dorooong.!!, untung banyak temennya sama2 ngedorong motor.

                                                       Olive ngedorong scoopy

Perkiraan dorong cuma sebentar ternyata gempor juga, panjang euy banjirnya, lumayan hampir sepaha.

Eh pas lagi dorong2 motor itu, suami saya nelpon ( *masih inget juga sama istrinya aiih*)  menanyakan keberadaan saya. Saya kabarkan keberadaan saya di Puri Kembangan, dengan kondisi motor tebengan saya (* seorang cewek cantik, masih single*)  mogok akibat menerjang banjir. Saat ini motor sudah masuk bengkel, sementara saya dan Olive sedang bengong kelaperan.

Suami saya langsung berinisiatif menjemput saya ( *thanks ya beib eh beh ! * ) . Saya minta suami saya untuk menjemput saya di daerah 

Hujan, dingin, laper, mana halte tempat neduh juga bocor, membuat saya merenung, duh ini cari duit aja penuh perjuangan giniiih, enak bener ya kalau jadi FTM, jadi gak perlu cape2 pulang kerja, kehujanan, kebanjiran di jalan.

Arggghh.. ngelamun yang enak2 aja lah,  saya dan Olive ketawa2 aja lah  sambil nunggu penjemput saya dan penjemput Olive datang , beginilah lady biker pasrah, motor mogok minta jemput dan motor ditinggal di bengkel. Senang rasanya melihat mantan pacar saya muncul dengan maung beureumnya. Maaf ya Olive saya tinggal duluan, ada satu anak ganteng yang sedang ultah nunggu kedatangan ibunya di rumah untuk makan nasi kuning bersama dan ada satu anak cantik yang juga nunggu ibunya untuk belajar karena besok ulangan.
 
Beginilah orang nasib orang pinggiran Jakarta yang mencari nafkah di Jakarta, jadi sebelum berangkat kerja, rajin-rajinlah memantau kondisi jalanan supaya tak terjebak macet dan banjir lagi. Lewat account  twitter @lewatmana , @KabarBintaro juga baca TL teman2 saya bisa dapat update info kondisi banjir terkini.

Pagi ini, Rabu 4 April,
Joglo Raya-Cipulir aman katanya, dan benar saya Rabu  pagi ini jalanan lancar jaya sampai jembatan tol Kb. Jeruk  Eh.. pas masuk ke Greenville dan Taman Ratu, banjir menghadang. Tak mau repot dan merepotkan suami saya, saya pilih naik angkot 45, bebas banjir sampai depan kantor, dan suami saya entah memilih jalan lewat mana menuju kantornya.. sorry ya beh !!

 













59 comments:

  1. Wedewwww....banjir selalu jadi cerita klasik

    ReplyDelete
  2. Wkwkwkwkw........ takut saya katain ganti suami namanya mas Selamet ya, langsung dikoreksi gitu, pulang dengan si babe. :-D

    Ceu, lain kali mah, nunggu hujan reda aja, nggak ada untungnya nembus hujan 'kan?

    ReplyDelete
  3. Turut prihatin. Perjuangan hidup ya, Teh. Masih inget juga aku dengan momen2 harus jalan kaki jauuuh krn kerusuhan, momen macet, kebanjiran...dll.

    ReplyDelete
  4. wedew....dimana2 banjir ya kemaren:S. Jangan2 jlaur tenabang - serpong banjir jganih :S. Di jakpus - jaktim cmkebagian gerimis nani

    ReplyDelete
  5. sempet ngelewati banjir di daerah permata hijau... tapi masih batas wajar dan bisa lewat trotoar :)

    ReplyDelete
  6. Sudah macet tambah banjir, lengkaplah sudah penderitaan.Hehe

    ReplyDelete
  7. hehehehe, senasib koqqqq
    eh teh icho emang rumah dimana?
    aku td muter2 sebelum ke arah joglo
    soalnya kud ngindarin ciledug yg banjirrrrr

    ReplyDelete
  8. banjir ud nonggol lagi di jkt yaaa...
    kmrn liat warung tenda seafood di depan gunung sahari ancol, sampe tabung gasnya terapung2 ke bawa banjir...
    ampunn.. baru hujan 1-2 jam ud kaya gitu...

    ReplyDelete
  9. cerita klasik yg terus berulang.. tanyakan ahlinyah

    ReplyDelete
  10. hahaha.. iya Bun, Mas Slametnya hari ini juga gak jualan :-)

    ReplyDelete
  11. Jekarteeeh gitu lho Mbak Tintin, masih banjir lah :-)

    ReplyDelete
  12. Waah.. yg thn 98 ya, aku pernah posting deh pengalaman jalan kaki blok m - ciledug waktu thn segituan, untung sknrg Mbak Irma sdh gak ngalamin jalan kaki macet dan kebanjiran ya :-)

    ReplyDelete
  13. Yg kena giniliran baratm, selatan dan Tangerang nih.
    Kalo Jaktim, biasanya barengan sama Jak-Ut dan Bekasi :-)

    ReplyDelete
  14. Permata hijau sebelah mananya banjir mas ?

    ReplyDelete
  15. ditambah laper dan diomelin, mantaaapp makin lengkap penderitaan :-)

    ReplyDelete
  16. aduh kena banjir ya buk....
    oh Jakarta.........

    ReplyDelete
  17. Sama ya Feb hihi..
    aku di daerah Kodam Bintaro, Feby di mana ?

    ReplyDelete
  18. Udah Na... mulai nongol nih 2 hari kemaren.
    eaa.. itu tabung gas jhadi tabung aer hehehehe..

    ReplyDelete
  19. Jakarta Punya cerita.. setiap tahun ceritanya begini terus, bosen yaaa

    ReplyDelete
  20. banjir tiada habisnya di jakarta hehhehe

    ReplyDelete
  21. jadi gemana besok?
    ku sih kalu tahu banjir udah pagipagi berangkat.. tapi dipantau juga sih.. ke priok tadi pagi lancar.. ini lagi hujan huhuhu.. kalu banjir juga.. ya wis bobo di rumah tante saja.. tinggal jalan kaki..

    ReplyDelete
  22. Hahaha....apalagi wartegnya jauh....huuuuuuuu.....Apes banget nasibnya.

    ReplyDelete
  23. Wkt sy msh byi, rmh di Jakarta jg jd langganan bnjir Teh :D

    ReplyDelete
  24. Perjuangannya, Bu
    Salut buat warga Jakarta dan sekitarnya

    ReplyDelete
  25. aku siy di melati mas serpong, tp kudu lewat ciledug dsb kl naek motor

    ReplyDelete
  26. Mau ganti gubernurnya siapa aja masih tetep banjir jeng :-p

    ReplyDelete
  27. Yg hari selasa kan gak tau kalo banjir hehehe, hari ini juga sudah mantau sejak pagi, tp untuk joglo dan cipulir aja, lupa kalo mesti lewat area banjir jakbar hahaha

    ReplyDelete
  28. wartegnya tutup Bang.. kebanjiran juga. eh kemaren lewat pet shop kasian deh binatang2nya pd kedinginan itu krn kebanjiran hiks

    ReplyDelete
  29. Di mana rumahnya di Jkt Von ? hihi untung langsung pindah Blitar ya ?

    ReplyDelete
  30. hehehe.. warga pinggiran Jakarta Naz,yg cari makan di Jakarta :-)

    ReplyDelete
  31. Oh iya ya. melati mas bisa lwt alam suttra, tp ciledug Indahnya banjir hiks...
    trus jadi lewat mana akhirnya Feb ?

    ReplyDelete
  32. ga lewat alam sutra :) kejauhan, lewat pondok jagung trus ke graha raya bintaro teh
    akhirnya lewat mana ya tadi pagi... hmmm pondok kacang... trusss nembus2 puri beta sana lagi deh
    trus ke joglo deh

    ReplyDelete
  33. Oh ya bisa lwt puri beta , aku blm pernah lwt situ heheh..yg penting selamet deh feb gak kena banjir

    ReplyDelete
  34. dulu saya sudah berkali2 ngerasain begini Teh Icho
    apalagi daerah mampang-buncit tuh kalau ujan tergenang, beneran bikin esmosi
    tapi ya itu, saya nyebutnya moment of weakness, nelangsa sebentar, besok ya kerja lagi, semangat lagi
    gimana, wong emang saya butuh duitnya, dan saya ngerasa hepi kerja di kantor
    meskipun ada juga rasa bersalah ninggal anak :)

    ReplyDelete
  35. semangat Teh Icho ....emang lika-liku pekerja di ibukota :)

    ReplyDelete
  36. smg ga ada banjir2 lg ya teh....smg jakarta cpt dpt ahlinya banjir hehehehe...

    ReplyDelete
  37. Wah iya, mampang buncit mah langganan deh, sama sprt kemang juga, dulu masih remaja waktu kerja di kemang, jadi banjir2 asik2 aja. naek gerobak dengan riang gembira hehehe..
    nah sama deh ya klo gitu dng yg saya rasakan skrng :-)

    ReplyDelete
  38. siaaappp.. kalo gak semangat hari ini pengen libur sampe senin hehehe

    ReplyDelete
  39. ahlinya banjir gak berkumis hihi

    ReplyDelete
  40. sengatku dekat kalau mau ke Slipi, pastinya lupa teh. yang hafal ortu :)

    ReplyDelete
  41. lika-liku kerja & tinggal di Jkt ya teh :)
    kemarin suami jg bilang macet n ketemu banjir di kemang , jd dia harus cari jalan alternatif deh
    alhamdulillah aku udah di bogor lagi mulai senin kemarin, jd ke kantor cuma ngangkot aja, ga ktmu banjir :)

    jaman dulu banjir th 2004 apa ya, lupa
    jalan kaki dari plangi ke uki , krn banjir n macet total

    ReplyDelete
  42. Oh.. hihi maklum masih bayi ya.. wah andai masih di Jkt, deket nih dr kantorku, bisa sering main sama Ivone :-)

    ReplyDelete
  43. Iya nih Mia, untung deh ya yg sudah kerja di Bogor bebas banjir, gimana kalau Bogor banjir ? haduuuh

    ReplyDelete
  44. nitip: happy birthday buat Seno

    ReplyDelete
  45. betulan jadi homesick nich mbak..homesick ama macetnya Jakarta, suara metromini, teriakan kondektur dsb... ^_^
    BTW - happy birthday buat Seno yach..

    ReplyDelete
  46. Terima kasih Tante Agnes, Senonya lagi asik internetan tuh, mulai besok sdh libur paskah sekolahnya :-)

    ReplyDelete
  47. Hihi, masih inget sama teriakan kondekturnya ya Von, kapan rencana balik ?
    Terima kasih ucapan ultahnya Tante Vonny :)

    ReplyDelete
  48. Turut prihatin, saya juga pernah merasakan kena banjir di Jalan Tanjung Duren Raya, mobil tidak bisa lewat maka terpaksa jalan kaki.

    ReplyDelete
  49. Kemaren2 nyimak Tl tehIcho di twitter, ikut tegang baca banjir dimana2

    ReplyDelete
  50. Wah, Om Bambang jalan kaki sampai mana Om ? jadi mobil ditinggal sama sopir aja. lumayan pegel ya Om

    ReplyDelete
  51. hihi.. pdhal depok aman2 aja ya Mia :-)

    ReplyDelete
  52. inditna kajebak banjir, sabot di kantor mantau TV jeung internet kondisi banjir...heuheu, lumayan perlu usaha ekstra cari jalan pintas minim banjir teh... wajib untuk pemukim luar Jakarta (kalebet abdi :) )

    ReplyDelete
  53. Trus masih bisa pulang teu Kang Adi, parah pan itu banjir ciledug mah
    Iya.. mesti banyak tahu jalan pintas untuk wilayah yg sering kena banjir mah

    ReplyDelete
  54. masih bisa pulang,ceu...nyemplung2 banjir dah di komplek Pondok Bahar, mantap jaya :D entah sebetis apa sepaha ya, soalnya dah lewat puskesmas Pondok Bahar saat mo masuk pertigaan dijaga warga, diarahkan ke jalan pintas dekat underpass jalan tol (malam-malam juga, entah lewat mana, wis manut sama yang di depan saya deh...ujung2nya yang di depan keder juga setelah nanya ma warga, ketemu jalan pintasnya sama yang banjir itu, dah ditrobos saja masuk gigi 1 tanpa henti bari tagiwur sieun snalpot keselek aer... sihoreng snalpot Honda Supra mah aya lobang untuk buang airnya ya, nembe terang abdi...)
    lumayan dah keluar komplek mah sematakaki, angger banjir...tapi saat lewat jembatan pondok bahar itu airnya deras minta ampun, kiriman ti Bogor ceunah)

    besoknya muter deh lewat pondok kacang memburu ke jalan swadarma atau jalan dekat kampus UBL (tembus ke joglo)...mantap jaya...keliling2nya :)

    ReplyDelete
  55. tah eta kalau yg di belakang ciledug perjuangannya banyak pisan.. dijegat banjirnya dibeberapa titik, kalo saya lumayanlah cuma di 2 titik aja banjirnya mah heheh, tp anger wae ya betah keneh, keun wae lah gak setahun sekali ini lah ya. mau gimana lagi atuh ya Kang

    ReplyDelete