Wednesday, April 11, 2012

Hati-hati Menggunakan Lampu Merk Supermarket Besar Itu

15 hari yang lalu  tepatnya tanggal 29 Maret 2012 saya ke sebuah perbelanjaan besar di bilangan ITC Permata Hijau untuk berbelanja bulanan. Ada 2 item belanja saya berupa lampu putih berbentuk batang 2 ber-merk nama supermarket itu.

Sebetulnya suami saya paling gak mau beli produk ini,beliau lebih mempercayakan merk P yang lifetimenya lebih lama dan nyalanya juga terus terang P terang terus.
Tapi berhubung saya pikir ini keperluan lampu hanya untuk lampu di teras samping tempat menyimpan jemuran saja, maka saya pilih yang murah aja deh, yang harganya 8.400-an.

Sepulang belanja, saya tak langsung pasang lampu ini, kalau tidak salah, keesokan harinya baru saya sendiri yang pasang.
Semalam, tiba-tiba saja ada ledakan kecil terdengar dan diikuti listrik rumah yang langsung padam. Kaget ? pasti ! , saya paling ngeri dengar suara percikan atau bau-bau gosong kabel terbakar, apalagi ini bunyi ledakan dan langsung mati lampu, takutnya terjadi korsleting listrik.

Untungnya ada suami saya di rumah yang langsung mencari sumber ledakan, suami saya langsung tahu ini pasti pakai lampu murah merek supermarket itu ya, tanyanya.
Ternyata ini bukan pengalaman pertama kali, kejadian ini pernah dialami juga dan saya tak melihat langsung, makanya saya tak tahu ada kejadian yang sama sebelumnya.

Beginilah lampu yang meledak itu.



Penasaran, saya melihat kemasan lampu itu dan melihat apakah ada kesalahan dalam pemakaiannya.

Di kemasan lampu itu tertulis, lifetime lampu 2500 jam. Saya coba hitung, perkiraan masa pakai lampu ini 15 hari dan asumsi lampu menyala sepanjang hari, maka lifetime lampu yang sudah dipakai 15x24jam=360 jam. Baru 360 jam koq sudah rusak.

Lalu, apakah ada kesalahan pemakaian ?
Di kemasan juga tertulis, tidak cocok untuk rumah lampu donwlight.


Penasaran apa itu rumah lampu downlight, saya coba browsing, ternyata seperti ini rumah lampu downligt itu.

Dan di rumah saya, hanya lampu belajar yang menggunakan rumah lampu jenis downlight ( dng penutup).  Sedangkan lampu yang rusak itu, rumah lampunya terbuka/langsung.

Artinya  ??
Ada harga ada barang, mau barang bagus harga pasti mahal. Tapi barang jelek kalau berbahaya rasanya juga mengerikan. Jadi saya putuskan untuk tidak pernah lagi membeli lampu merk ini, dan saya share tulsian ini di sini supaya teman-teman juga berhati-hati menggunakan lampu ini.

Teman-teman ada yg pernah pakai lampu ini ? Bagaimana hasilnya ?


UPDATE:
Berdasarkan obrolan dengan beberapa teman di milis, penyebab lampu meledak itu, bisa disebabkan karena :
- Voltafe/tegangan listrik di rumah tidak stabil/naik turun
- Kaca lampu dipegang langsung tidak memegang dus yg biasanya ada di dalam kemasan 
- Penutup Lampu terkena basahan ( mungkin juga yg di rumah saya kena basahan dari muncratan air hujan)
- Pastikan tombol lampu sedang off ketika memasang lampu baru.
 
Kesimpulannya,  bukan / belum tentu kesalahan pabrik ceunah !

44 comments:

  1. TFS ya, saya jadi tahu. Tapi untung di sini nggak ada "C" sehingga saya nggak bisa beli juga sih. Ikutan bersyukur untungnya nggak kebakaran, coba kalau kortsluiting, habis deh semua, mengerikan!

    ReplyDelete
  2. Gak pernah berpaling dari si merk P. Karna perncah nyoba merk laen, tyt gak awet.Pdhl harganya pun hampir sama dgn P.Ada garansinya pun, tp masalah awet kalah jauh ama si P.

    ReplyDelete
  3. belum pernah nyoba, tetep setia sama lampu yg terus terang terang terus :)
    bertahun2 gak mati2 apalagi meledak, kalau udah meredup baru diganti

    ReplyDelete
  4. kalau dipikir-pikir, lampu P seharga 25 - 50rb (bisa kurang kalau lagi diskon), lifetime-nya jauh lebih lama dibanding lampu abal-abal yg bolak-balik ganti.
    saya siy pilih invest agak mahal di awal, tapi gak repot gonta-ganti dan yg jelas gak was2 :)

    ReplyDelete
  5. Iya bund, ngeri ledakannya menimbulkan korsleting dan kebakaran, makanya semalem bersyukur banget cuma bikin listrik turun aja

    ReplyDelete
  6. selalu setia sama merek P.. ga pernah mengecewakan kog.. awet pula..

    ReplyDelete
  7. baru tau ada lampu merk supermarket tersebut, saya juga sama setia dengan merk P.

    ReplyDelete
  8. Si babeh juga gitu May, eh cuma ini nih bininya pengen murah tapi payah hasilnya :(

    ReplyDelete
  9. Emang P itu gak ngecewain ya, jd banyak pelanggan setianya, termasuk Shanti ini :-)

    ReplyDelete
  10. Iy asih memang Shan, kemaren itu mikirnya pengen ngirit belanja, kalau beli P 2 aja sdh hampir 100rb-an , mending cari yg murah deh, eh ternyata malah nyesel

    ReplyDelete
  11. tambah lagi satu pelanggan setianya P :-p

    ReplyDelete
  12. Di Malang belom ada C itu ya wan ? hehehe, kayaknya mayoritas emang pemakai setia P ya

    ReplyDelete
  13. mahal gapapa tapi awet.. justru jadi lebih murah kan? dan lebih aman, ga pernah waswas lagi.. pula sudah teruji..

    ReplyDelete
  14. Terimakasih infonya Ibunya Seno.

    ReplyDelete
  15. Oh udah ya, jangan2 sdh ada di seluruh kita besar di Indonesia nih .duuh

    ReplyDelete
  16. Siip Mbak Tintin, kembali ke selera asal aja ya :-p

    ReplyDelete
  17. Sama2 Bang Rudi, smoga bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Aku lebih suka P juga....irit dan awet teh Icho

    ReplyDelete
  19. saya selalu beli yg P... kalau mau murahan ya... yg wattnya kecilan :-)

    ReplyDelete
  20. Terima kasih untuk infonya. Saya pernah beli untuk coba, syukurlah tidak mengalami seperti ini.

    ReplyDelete
  21. Belum pernah pake lampu merk ini
    Makasi infonya buk, jadi lebih berhati2 kedepannya :-)

    ReplyDelete
  22. blum pernah pake merk C.. setia sama si P siih.. awet banget.. bisa awet dipake sampe 3-4 tahun.. pernah beli lampu abal abal.. cuma 3 bulan dah ganti

    ReplyDelete
  23. makasih infonya teh
    aku blum pernah make yg murahan, takut gini deh kejadiannya :p

    ReplyDelete
  24. belum pernah beli teh ..
    dan kayanya ga akan pernah beli :p ..
    thanks infonya ..

    ReplyDelete
  25. thanks infonya ya mbak...
    terus terang aku jarang beli barang2 keluaran hipermart.. ya karena murahnya dibanding merk jadi rada curiga 'ini kualitas pasti kurang' :)

    ReplyDelete
  26. beli yg murah pertimbangan irit, tapi kalo keseringan ganti diitung2 jg sama keluar duitnya kan dgn yg harga mahal tapi awet :)

    ReplyDelete
  27. belum pernah maka merk C
    malah baru tau klo ada hehe
    TFS

    ReplyDelete
  28. P memang bagus, merk gak bisa boong ya Cak

    ReplyDelete
  29. kebutuhan yg biasa sy pakai itu antara 14-20 watt sih Mas, iya tinggal pilih aja yg mana tp merk ttep yg P ya mas, aman dan awet

    ReplyDelete
  30. Barusan dpt info dari teman yg kerja di C4, katanya penyebab meledaknya lampu ini bisa terjadi karena voltage naik turun/tdk stabil, juga karena kaca lampu TL dipegang pakai tangan. Mestinya memakai kerdus pelapis yg biasanya ada di dalam kemasan lampu Om.
    Lebih baik cari yang aman aja ya Om Bambang :-p

    ReplyDelete
  31. Kalo gitu jangan dicoba deh Mbak Arni :-p
    Siip...smoga bermanfaat

    ReplyDelete
  32. wow 3-4 tahun ya, aku paling lama 1 tahun deh kayaknya, mungkin krn terlalu sering nyala kali ya Mbak

    ReplyDelete
  33. Buat rumah koq coba2 ya Feb hehehe, jangan dicoba deh, kalo sdh percaya pake m erk yg bagus iotu terusin aja :-)

    ReplyDelete
  34. hehehe.. keputusan ditangan pembeli Cy, monggo pilih yg terbaik dan aman ya Cy

    ReplyDelete
  35. pernah juga sih aku curiga dng produk harga murah ini,pasti kualitas gak jamin. tp krn pernah denger temenku ada beli dalam jumlah banyak, aku pikir ini gak jelek2 amat hehehe.. jadi aja nyoba lagi dan lagi eh 2x aja cukup deh

    ReplyDelete
  36. Biasa suami yg beli ya kalo urusan lampu Pril :-p

    ReplyDelete
  37. Saya lg cb pk lampu merek Krisbow. Mudah2an bagus dan garansi 1 tahun...

    ReplyDelete
  38. iya tuh, temen juga nyaranin nyoba pake krisbow, beli di mang ACE, garansi 1 thn, termasuk murah juga itungannya, smoga awet ya mas Dedy

    ReplyDelete
  39. Iya,keliatannya sich bagus.pelayanan mereka jg lbh personal.dijelasin detail mengenai lampu trsbt mskpn diimpor dr Cina.

    ReplyDelete
  40. Bener Mas Dedy, senengnya suamiku belanja di mang ACE itu krn biasanya dpt ilmu tambahan dari para salesnya.

    ReplyDelete
  41. tah geuning aya trik-na nyekelan lampu naon..eh, neon teh :)
    hatur nuhun Ceu Icho :)

    ReplyDelete
  42. et atrik ti rerencangan nu tos apal Kang :-P

    ReplyDelete