Friday, December 9, 2011

Menyamakan Yang Tidak Sama

Biasanya kalau kita telpon dan bicara dengan petugas layanan phone banking, atau layanan lainnya suka diminta verifikasi data dulu kan ya.  Begitu juga hari ini koq saya butuh telpon ke 2 layanan yang memerlukan verifikasi.
Yang pertama, telpon ke BNI, sebetulnya paling males telpon ke bank kalau gak sangat perlu. Ini saya  telpon juga karena ada e-mail tagihan credit card master BNI yang tidak bisa saya buka sama sekali karena saya memang tak punya kartu master BNI, saya sudah kirim email balik ke customercarenya, tetep aja customer care BNI gak care juga. Padahal tagihan ini terus muncul sampai 3 bulan berikutnya.

Takut kalau-kalau malah berbunga dan saya harus bayar, maka saya telpon ke BNI, dan seperti biasa dilakukan verifikasi data.

Mbak BNI : nomor kartu BNI master ibu berapa ?
Saya : Saya gak punya kartu BNI master Mbak, makanya saya bingung waktu dikirimi
tagihan" BNI master lewat e-mail.


Mbak BNI : Nomor kartu BNI yang lain berapa ?
Saya        : ada, BNI visa nomor, xxxx xxxx xxxx xxxx

Mbak BNI : atas nama ?
Saya : Saya sendiri ( nyebut nama asli lengkap )

Mbak BNI : tanggal lahir :
Saya :  26-06-xx

Mbak BNI : nama ibu kandung  ?
Saya :  xxx . xxxxx

Mbak BNI : maaf bu, nama ibu kandungnya beda
Saya : apaaaa ?? masa saya gak hafal nama ibu kandung saya.  xxx belakangnya nama bapak saya kan

Mbak BNI :  belum lengkap bu..
Saya : belum lengkap apanya, itu udah bener nama ibu saya

Mbak BNI : gelar nya belum ada
Saya : Ibu saya bukan sarjana, beliau gak punya gelar

Mbak BNI : gelar di depan Bu.
Saya : waah.. apa ya, gak ada ibu saya alhamdulillah masih hidup Mbak, belum alm.

Mbak BNI  : gelar ningrat mungkin ?
Saya : Ohhh.. ya ya... hehehe... tapi itu bukan gelar ningrat Mbak

Mbak BNI : ok benar.. ditunggu sebentar sekitar 2 menit saya cek dulu kartu master ibu ya, karena data di sini ibu memiliki 2 kartu Visa dan Master.
tuuuuttt...

Saya tunggu tak lama kemudian, si Mbak BNI kembali bicara

Mbak BNI : Ibu., kartu BNI Master Lotte Mart sudah kami kirim ke alamat rumah ibu dan sudah di terima oleh suami ibu tanggal sekian .
Saya : Wah.. saya gak terima, mungkin di keep sama suami saya, istrinya gak boleh ngutang terus Mbak, kalau gitu saya tutup saja lah Mbak, saya gak pernah ngajuin kartu itu koq, ke Lotte Mart aja saya belum pernah, di mana sih Mbak Lotte Mart ?

Mbak BNI : Lotte Mart itu ex Makro bu, ada di kelapa gading dan gandaria city, ibu tidak coba gunakan dulu kartunya, sayang lho bu.
Saya : Gak usah deh Mbak, wong saya juga gak tahu kelapa gading itu dimana, gandaria city itu di mana, saya jarang ke mana-mana Mbak .

Mbak BNI : ( mulai bete kayaknya ). , baik bu, saya akan lakukan proses penutupannya, sebelumnya kita samakan data lagi. alamat pendaftaran kartu di mana ?
Saya : Alamat rumah saya maksudnya ? kan itu kartu katanya sudah sampai di rumah saya, ya ke situ Mbak rumah saya.

Mbak BNI : alamatnya ?
Saya : Jl. Wijaya Kusuma  bla bla bla ..( heran mesti di sebutin aja)

Mbak BNI : Alamat Kantor ?
Saya : Jl Daan Mogot No. xxx

Mbak BNI : koq beda lagi ya bu
Saya : Lho... koq beda, kantor saya ya di sini, emang di data alamat kantor saya di mana , mungkin masih pakai alamat lama ya ? di PT. AI...

Mbak BNI :  Kurang tepat Bu.. PT Astra apa ?
Saya : iyalah saya lupa daftarnya dulu waktu saya masih kerja di Astra Internasional TSO atau waktu saya kerja di Astragraphia deh Mbak, antara dua itu, pilih salah satu

Mbak BNI  : Alamat Kantor ?
Saya : Kalau yang TSO Jl. Gaya Motor III, kalau yang AG di Gaya Motor Raya

Mbak BNI : Nomor ?
Saya : Lupa Mbak.. wong sudah 5 tahun ninggalin kantor itu, entah nomor 3 atau nomor 8

Mbak BNI : Lantai berapa ?
Saya : Ini yang di AI-TSO atau AG nih Mbak, kalau yang di AI-TSO gak pake lt, lt 1 aja, kalau yang di AG, Lt 7

Mbak BNI : Nama Gedung ?
Saya : Gedung d Amdi.

Mbak BNI : Amdi apa ?
Saya : Ya Amdi aja gitu Mbak, itu singkatan... jangan tanya singkatannya apa ya, saya sudah lupa beneran, bukan saya yang bangun gedung itu. (mulai bete dan emosi )

Mbak BNI : Ini tepatnya gedung Amdi A bu...( ngalah juga akhirnya )
Saya : Astaga Mbaaaak.. mesti tepat gitu ya.. cuma selisih satu huruf aja Mbak, saya lupa nyebutin A nya, di sana memang ada gedung AMDI A sampai AMDI D .  ya udah tutup aja Mbak ..tolong di proses segera deh Mbak

Mbak BNI : baik bu..di tunggu 2 menit saya sambungkan ke bagian pentutupan ya..
Saya : Hallo...hallo.. Mbak bentar, mau tanya dulu, nanti saya masih di  tanya-tanya verifikasi data kaya gini lagi gak ?

Mbak BNI : mohon di tunggu bu... tuuuutttttt ( nada tunggu). Dan tak lama kemudian...

Mbak BNI yang lain : Selamat siang dengan xxx ( lupa ), saya bagian penutupan kartu, mohon di tunggu ya bu untuk proses penutupannya..
Lega deh gak pake ditanya-tanya lagi ternyata...

Mbak BNI bag penutupan : terima kasih telah menunggu, kartu BNI Lotte mart ibu sudah kami tutup, prosesnya mohon ditunggu sampai 3 minggu ke depan, ada lagi yang bisa saya bantu ?

Saya : Gak ada Mbak...terima kasih ( lemesss.. sumpah gak pengen lagi nambah kartu BNI .)




Note : cerita verifikasi data yg ke 2 nanti aja di lanjut.. sdh ngantukkk










40 comments:

  1. hehehehe mau nutup aja kog angel tenan sampe 3 minggu yow mb prosesnya...

    ReplyDelete
  2. btw teh icho tadi ditelp mb agn ga angkat2 katanya, jadi gimana teh janjian kita mbesok ini, bisa jam berapakah ketemuan? di citos yuk hihihi... jam 3-4an mb agn mau ke keboon jeruk, jadi sebelum itu kayaknya kita bisa ketemuuuu

    ReplyDelete
  3. Iyo kok angelnya,mesti jalan2 dl kali ya. Citos pagi2 udah buka blm ya.. aku bisa sampe jam 10an aja kalo di citos, kalau diarea bintaro bs lebih dikitlah..aku sms mbak arie barusan

    ReplyDelete
  4. Berurusan dengan Bank di Indo memang sangat rumit, sudah lama tunggunya proses,Tapi Uang kita masih di potong juga utk administrasinya. Cape D". Menarik sharingnya mba.

    ReplyDelete
  5. maaf, saya malah jadi ketawa bacanya Teh he3
    berasa baca dialognya film Arisan 2

    ReplyDelete
  6. hihihi...aku kok juga ketawa bacanya.Ngebayangin Teh Icho bete di telp.
    Ribet banget ya, kudu lengkap, gak boleh kurang 1 hurup pun. Kadang suka lupa kan ya dgn yg udah kita isi dulu.Bukannya biasanya verifikasi cm ditanyain nama ibu kandung sama tanggal lahir aja ya. Teteh, kita ultahnya selisih 2 hari ternyata :D

    ReplyDelete
  7. Teh Icho ....ngerasain deh beneran gimana keselnya
    herannya lagi proses penutupan tuh kok justru lebih ribet daripada proses daptar. saya pernah tuh gara2 dompet ilang, kartu kredit CIMB NIaga saya block. beberapa hari kemudian ketika dompet ditemukan dan dikembalikan ke saya, saya mau buka blokirnya, katanya harus ganti kartu. mau saya tutup aja, daripada ganti kartu bayar biaya penggantian kartu. ealahhh muter2 gak karuan. pdhl gak ada tagihan tertunggak.
    sepertinya mereka gak ingin kehilangan customer :))

    ReplyDelete
  8. lalu siapa yg BIKIN tuh KARTU yah ? (awal)

    ReplyDelete
  9. kartu kredit emang bawaanya bikin sebal...:)
    apalagi, sepertinya ada oknum dalam yang membocorkan no telp, lalu memberikan tawaran macam2. paling banyak, asuransi tentunya...

    ReplyDelete
  10. Ini bisa digolongkan ke dalam kejahatan perbankan nggak ya? Orang nggak pernah minta buat CC kok ujug-ujug dikasih CC tanpa tanya, tanpa persetujuan? Belum lagi mau nutupnya ngerepotin kita?

    Ikut gemes jadinya.

    ReplyDelete
  11. Bener bang...mau bikin rekening baru di BCA aja ribetnya minta ampun...
    makasih ya Bang mampir di sini, btw itu headeshotnya foto siapa tuh

    ReplyDelete
  12. udah nonton ya wan, aku arisan 1 aja belom nonton hehehe

    ReplyDelete
  13. Iya aku udah mah paling bete nelp phone banking eeeh ini krn kata temenku dr pd nanti tau2 di tagih mahal mending cek aja, pas giliran cek malah gini..makin bete.. iya biasnya verivikasi lahir dan nama ibu kandung aja , cuma entah ya ini krn tutup kartu kali ya jadi data2 di samain lengkap.

    oh yaaaa... sama2 cancer dong kita ya Di.. toss dulu yaaa

    ReplyDelete
  14. kenapa kudu pake telpon sih? datangi saja kantor terdekat?

    ReplyDelete
  15. Iya ya, nutup koq lebih susah dari buka ya, buka mah dipaksa2, di tawar2in, bahkan sprt aku itu tau2 sdh jadi kartu.
    Oh kartu hilang dan ganti mesti bayar tho, baru tau aku Shan

    ReplyDelete
  16. Iya itu i banyak sekali asuransi yg kerja sama dng kartu keredit yg rajin nawar2in.
    kayanya ya memang jual beli data kali ya Mas Suga

    ReplyDelete
  17. Gak tahu juga Bun, ini kejahatan perbankan atau bukan.. mungkin yg kerja di bank bisa jawab ?

    ReplyDelete
  18. hihihi..saya males ngantri di CS nya Mbak Tintin :-)

    ReplyDelete
  19. bni ga banyak antrian deh.. dibanding bank lain..

    ReplyDelete
  20. Oh ya ?? blm pernah sih, aku gak punya tab BNI jd jarang ke ktr BNI. pdhal BNI di sebrang kantorku hihi, ketaun dasar pemales deh.. next time ke BNI langsung deh kalo bermasalah.
    soalnya bank plat merah lain sprt BRI, BTN..Cs nya ngantri...

    ReplyDelete
  21. iya Teh Icho, bayar 50rb untuk biaya penggantian kartu

    ReplyDelete
  22. wkkwkwkwkwk, malesssssin banget deh -.-"

    ReplyDelete
  23. wuaaa..... ribet bener.. kalo aku yang ditanya kaya gitu pasti udah aku bentak tuh yg nanya, belibet bgt prosedurnya..

    ehhh tapi kan prosedur yg belibet itu emang kerjaannya tuh cs ya??

    ReplyDelete
  24. Iya..Diz, mungkin emang prosedur CS begitu, takut kalo data gak valid bener2 malah kena di dia...
    tkt kasus sprt Malinda dee kali ya hihihi

    ReplyDelete
  25. pasti ribet oge waktu nutupnya :-)

    ReplyDelete
  26. waduh, saya punya kartu BNI nih... jadi khawatir

    ReplyDelete
  27. gak usah kawatir.. kalo belom mau ditutup mah, siap2 aja disangka pemilik kartu suaminya hahaha

    ReplyDelete
  28. hahaha, emang begitu, kalo Kartu kreditnya dipake belanja, pasti ditanya "ini punya Bapak, Bu?" (dengan pandangan curiga)

    ReplyDelete
  29. Bukannya kalo ada yg komentar baru muncul lagi ? maksudnya gimana Cak ?

    ReplyDelete
  30. wakakakak....senasiib, pernah ditanyain gitu juga

    ReplyDelete
  31. hahahaha puanjang bener cuma selisih sak hurup tu lho :D

    ReplyDelete
  32. hahaha...ribet ya,mba. saya plg males kalau ditawarin sm mereka, trutama asuransi...

    ReplyDelete
  33. dr awal2 udah salah melulu mas... dan selisih 1 huruf aja diribetin :-)

    ReplyDelete
  34. iya mending jangan deh.. sy juga pernah ikut asuransi via cc dan akhirnya di tutup, pernah di share juga di MP ini, lupa linknya.. :-)

    ReplyDelete