Tuesday, December 13, 2011

Tak Ada Lagi Tegur Sapa

Sudah hampir  tiga mingguan ini saya jadi penumpang setia angkot 09 jurusan Green Garden - Kreo, saya naik dari depan Mercu Buana sampai Kreo, karena saya nebeng motor teman saya sampai Mercu Buana.
Biasanya saya naik di Mercu sekitar jam 18.30-an.  Dan beberapa kali naik angkot saya beberapa kali juga bertemu dengan wajah-wajah yang kemarin saya temui di angkot yang sama. Bisa jadi karena mereka juga rutin sebagai penumpang setia 09.

Sambil menikmati perjalanan (yang selalu macet di perempatan Joglo) saya perhatikan penumpang-penumpang  mereka sepertinya sudah biasa menikmati kemacetan di angkot, menikmati sambil asik mendengarkan music dari Hp atau pemutar musik yang ada di dalam tasnya, terlihat kabel earphone menjuntai di telinga kiri kanannya. Sementara yang lain menikmati macet sambil memainkan keypad BB atau HPnya.  Asik sekali nampaknya dan tak peduli dengan macet dan gerah melanda. Sementara saya sudah blingsatan kegerahan dan kesel nunggu macetnya, biasa selap selip bersama si maung rupanya membuat saya tak tahan macet di dalam angkot.

Pengen juga rasanya seperti mereka yang menikmati lagu dr HP atau asik memainkan HP dan BB di angkot, tapi saya koq parno ya ngeluarin HP di angkot, padahal HP saya juga gak bagus-bagus amat, tak perlu kawatir kalau ada orang nakal tergiur HP saya, meskipun kalau hilang ya nyesek juga hehehe..
Belum lagi susahnya tangan saya bergerak lincah sentah sentuh layar HP dengans atu tangan, pasti tulisannya berantakan, beginilah nasib punya jempol gede tapi sok-sok-an pengen pake HP layar sentuh. Mau pakai 2 tangan seperti biasa, tangan kiri pegang HP dan tangan kanan sentuh layar untuk nulis ya pasti sempit, kasian penumpang di kiri kanan saya yang sudah dipaksa duduk 4-6 apalagi body saya ukuran satu setengah penumpang.. :-)

Bertemu dengan beberapa wajah yang familiar di angkot namun tanpa tegur sapa karena mereka asik sendiri dengan HP nya, membuat saya teringat masa-masa saya pasing jadi penumpang setia patas 89, Andalan atau AC 59 jurusan Blok M - Tj Priuk.
Di bus itu pada jam yang sama biasanya akan bertemu penumpang yang wajahnya sudah familiar. Karena seringnya bertemu jika kebetulan satu tempat duduk akhirnya kita jadi ngobrol, saling kenalan, minimal tanya turun di mana, kemudian berlanjut kantornya di mana, rumahnya di mana dan seterusnya, sepanjang perjalanan di isi dengan ngobrol ringan, kadang tukeran koran atau tabloid yang dibawa.
Saya jadi punya kenalan Mbak Endang yang suaminya kerja di gramedia, Mbak Tanti yang kerja di Ice Cream Diamond ancol, dan beberapa orang lagi yang sekarang saya lupa karena sudah tak berhubungan lagi. 

Tadi saya juga bawa Della ke dokter, di dokterpun begitu, orang tua, bahkan mungkin pasien menunggu antrian dokter sambil memainkan BBnya, tak ada lagi obrolan saling sapa, sakit apa anaknya dan seterusnya seperti dulu waktu saya bawa Seno atau Della ke dokter waktu mereka mash balita. Majalah usang di ruang tunggu dokter juga sudah tak laku lagi.

Jaman memang sudah berubah, teknlogi membuat kita tak ramah lagi, tak ada lagi tegur sapa ramah untuk orang yang terdekat dengan posisi kita di dunia nyata. Mayoritas asik beramah tamah dengan orang yang jauh dan tak tampak mata.








54 comments:

  1. teknologi, mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat hihihi

    ReplyDelete
  2. Hahaha.....ceritanya menarik sekali....aku ngga nahan juga macet di kota jkrt kalau naik angkot. HPnya keren banyak yg lirik, mereknya apa mba? hahaha....Besok bawah CD Player, kalau macet dengarin lagu dulu hehe....

    ReplyDelete
  3. Saya yang tiap hari kena macet juga gak tahan Bang, apalagi yg terbiasa dengan kota sejuk lancar dan tertib hihi..
    HP merek LG biasa aja.. ebsok2 sekalian bawa mini compo deh hihi

    ReplyDelete
  4. Hahaha....Idenya bagus...kalau setiap hari naik angkot bawah mini compo, kalau macet, banyak yg ronggeng....hahahaha....

    ReplyDelete
  5. Iyah yah, Bu?
    Anaz juga kalau di Indonesia githu :(

    ReplyDelete
  6. Benerrrr....

    Yang kasat mata di depan muka dicuekin, yang jauh diladenin.
    Pernah ada orang yang komplain, bininya asyik nge-BB sementara mereka lagi 'make' cinta. Kalau sampai tu orang minta cerai, mestinya sih gak salah juga ya?

    ReplyDelete
  7. Kabarnya anak yang dibunuh itu gara-gara asyik nge-BB dan pembunuhnya tergiyur untuk memiliki HP-nya?

    ReplyDelete
  8. hihihi...aku juga begitu *tutup muka

    ReplyDelete
  9. kalo jalan sama akyu, pasti ga akan asik dgn HP, tapi..............

    ReplyDelete
  10. saya juga jarang ngobrol kok kalo di angkutan umum
    kalau pergi sendiri, bawa mp3player, masukin ke kuping deh
    trus merem :-D

    ReplyDelete
  11. kadang "alergi" liat org sibuk dengan gadget nya di mobil umum..kesannya APATIS *_*

    ReplyDelete
  12. lucu ya.. ku belakangan ini baru berasa naik angkot tapi blom ketemu orang yang sama deh.. lainlain..
    kalu berangkat dari priok, sudah kasih senyum ke jalanan menuju kantor yang jalan kaki cuma 10menit itu ke kiri kanan.. ke tukang becak, tukang sepeda, ibu warung, tukang sayur, satpam.. sekarang ku suka bingung kalu mo ajak omong.. :D

    ReplyDelete
  13. hahaha... kalo gue dari dulu juga udah males banyak ngomong sama orang, abisan seringan ditepunya -__-

    ReplyDelete
  14. itulah sebabnya klo lagi ngumpul2 ma keluarga or tmn2 deket henpon dikantongin hehe

    ReplyDelete
  15. Masa Naz ? kalau di KL gak gitu ya ? koq beda ya :-)

    ReplyDelete
  16. eh buseett.. ML sambil maenin BB, gak sopan bener.. dan kayak maen sama PSK aja ( kira2).. iya jangan salahin kalo pasangannya minta cerai gara2 BB kalo gitu mah

    ReplyDelete
  17. Oh.. yg Christoper juara olimpiade sains itu Phoeng ? duuuh tuh kan ngeri yaaa , hati2 deh

    ReplyDelete
  18. pasti mo ngaku tapi malu kan Na :-)

    ReplyDelete
  19. aku juga kalo sesekali jalan sendirian milih tidur sambil ngekepin tas Shan, trus kalau emang baru sekali lewat situ, diajak ngobrol orng yg gak terlalu familiar mukanya malah suka timbul curiga hehehe..jakarta gitu looh.. tp kalo lwt rute yang sama, ketemu muka yg sama.. di jam yang sama gak teguran,.. berasa ada yg hilang hehehe lebay

    ReplyDelete
  20. ini krn bbrp kali naik di jam yang sama Mbak, jd kebetulan ketemu, mungkin kalo keseringan naik di jam yg sama bisa ketemu juga.
    Iya Mbak.. mereka dikasih senyum aja juga udah seneng koq.. kan senyum ibadah juga :-)

    ReplyDelete
  21. laaah.. makanya jangan gampang kena tipu mi.. kalo bisa kita yg nipu hihihi
    kalo sm orng yg mukanya gak familiar aku juga males ngobrol.. ini mah kalo yg udah sering ketemu gitu looh

    ReplyDelete
  22. hihi sama pril .. kantongin hp atau simpen di tas, tau2 pas pulang banyak missedcall dan sms :-)

    ReplyDelete
  23. belom kenal jg mi..tp minimal bbrp kali ketemu, hafal muka

    ReplyDelete
  24. Hedew, mendingan masang muka sapa lu-sapa gw aja deh Teh. :D..untuk keamanan sajah..^^...saya bukan yang ramah kalau di angkot :D

    ReplyDelete
  25. aku juga kadng gitu Mel skrng, terutama angkot yg gak rutin aku naikin..
    ini cuma membandingkan masa2 rutin naik bus dulu dan rutin naik angkot skrng yg sdh berbeda :-)

    ReplyDelete
  26. pas naik kereta jg gt tuh. biasanya dah ketahuan siapa aja penghuni gerbong nomor sekian. smp saya punya 2 pacar hasil kenalan di kereta hehe...

    ReplyDelete
  27. Jiaaah..asmara di kereta, eh banyak tuh kejadian gitu Mas Dey, dulu saya juga roker tn abang-keb lama koq.. janjian di gerbong 2 wkwkwk..
    Trus istri hasil hunting di kereta juga kah ?

    ReplyDelete
  28. seperti MP bu, aku juga ngerasain gitu lebih bisa kenalan sama temen2 disini daripada kenalan di luar, suer gak tau kenapa

    ReplyDelete
  29. jadi kebayang jamannya nanti anakku gimana ya mba?

    ReplyDelete
  30. mbok sekali kali smsan sama supir angkotnya
    jadi ga perlu teriak teriak bilang kiri kiri...

    ReplyDelete
  31. Pdhal bellum ketemu muka tapi berasa akrab ya Mas, tanya kenapa..bingung juga :-)

    ReplyDelete
  32. Jaman anak2 kita nanti ngobrol sebelahan aja pake chatting Diz :-)

    ReplyDelete
  33. kalo providernya error.. ke sendnya telat, udah deh bablas kelewat turunnya mas :-)

    ReplyDelete
  34. wong kirimnya sms mama minta pulsa
    yo pantes dibablasin sopirnya... hehe

    ReplyDelete
  35. hehehee ternyata sama...
    bener ya mbak sekarang di mana2 orang sibuk dengan dunianya sendiri... dikantor jg gitu.. rekan2 rata2 pada pake headset.. jadi pada autis smua sama lingkungan...

    ReplyDelete
  36. nah kalo di kantor paling sebel tuh sama yg pake headset, jd pada gak mau angkat telpn Nen

    ReplyDelete
  37. Selamat malam bu Icho., kenal saya nggak?

    *ngikikterusnyumputlagi*

    ReplyDelete
  38. Selamat malam Bunda Julie..teu bisa susumputan, da udha saya hong ..( invite ) hahahaha

    ReplyDelete
  39. Nah, kenal kan sama saya, walau cuma sepintas karena kita belum jadi kontak? Hehehehe....

    Mangga atuh, ditampi.

    ReplyDelete
  40. Hehehe..iya Bun, ternyata emang sering simpangan di abah Ika.. sip bun, nuhun sdh jadi teman juga dng akun yg ini :-)

    ReplyDelete