Saturday, October 11, 2008

Mengenai Laskar Pelangi. ( lagi lagi ..)

Gak ada ruginya gue baca novelnya, Gak ada ruginya juga gue hunting tiket LP ke beberapa
bioskop, karena hari ini gue berhasil juga masuk bioskop,nonton film lagi setelah hampir 10 tahun gak pernah nonton film di bioskop.
Dan after nonton jadi kepengen nulis sedikit perasaan dan pemikiran gue mengenai film LP ini. Mohon maaf ini mah cupa pemikiran gue yang bener2 bukan pemerhati film dan seni apalagi kritikus film
hmm.. yang ke inget pertama kali setelah nonton pointnya adalah " gila Andrea Hirata rendah hati banget ya.." udah itu aja...
Gimana gak mau rendah hati, dia masih mau dan rela novelnya di filmkan tidak persis plek sama jalan cerita maupun tokohnya, dia juga gak sibuk2 casting cari pemain yang pas dengan novelnya kan ? . di film ada penambahan tokoh pak Zulkarnaen yang sayangnya di perankan  Slamet Raharjo. Maunya gue pemain bagus sekelas Slamet Raharjo tidak cuma sekedar di kasih peran Pak Zul yang cuma sedikit muncul, Trus Jajang C Noer, duh. ini juga pemain bagus dikit banget munculnya.
Tapi meskipun begitu, dasar mereka pemain bagus, meskipun muncul dikit, aktingnya tetap terpuji . Tora Sudiro memang agak cupu di film ini, tapi gue pikir itu memang tuntutan skenario dan gue gak merasa terganggu dengan peran Tora, Tora tetep mantap koq di film lain  ( katanya hehehe ) . Yang paling top di pemain dewasa gue pikir adalah Ikra Negara, pas banget memerankan Pak Harfan.
Lepas dari semua pemain dewasa di atas,2 jempol gue acungi buat Mahar, gila ni bocah mainnya  natural beneer.. Ikal kecil aja masih terlihat kaku ( tapi manis yaa hihi )

Untuk Lokasi, lagi2 gue dilanda penyesalan, kenapa gue dulu saat liburan kuliah atau saat kerja bareng Evi,  gue gak jadi ke Belitung, andai gue tau betapa indahnya belitung..

Oh ya.. ada air mata gue yang tumpah di film ini (maaf ya Mbak Lif kalo kemaren sempet ledekin saat mbak lif crita nangis noton film ini hehehe )
Mungkin ada teman2 yang nangis saat Pak Harfan meninggal atau saat Lintang berhenti sekolah.Bukan itu yang pertama kali bikin gue nangis,gue nangis saat karnaval dan anak SD UPT Belitung main drum band , kow bisa ya.. iya gak tahu, koq tiba2 gue terharu... terharu membayangkan betapa jauh perbedaan anak2 SD PN Timah dengan anak Muhamadyah. Orang yang main drum band biasanya jalan dengan kepala tegak dan dada membusung karena bangga, tapi anak2 Muhammadyah itu...hiks.. gak bisa nerusin nulisnya
kebayang bagaimana perasaan Andrea Hirata dulu..

Jadi.. menurut gue film ini sama bagusnya dengan novelnya, ada sisi plus minus di keduanya.
terlepas dari kekurangan dan kelebihan keduanya,yang paling penting adalah pesan moralnya. Di rumah gue bisa cerita ke Seno dan Della bahwa ada sekolah lain yang kondisi sekolahnya jauh lebih jelek dari sekolah Seno dan Della, ada anak yang pintar, mau sekolah tapi tantangannya banyak, miskin,gak punya ibu, gak pake seragam, sepatunya jelek, mau berangkat sekolah di hadang buaya, rumahnya jauh.. bandingkan dengan Seno dan Della. gak  miskin, punya Ibu, sepatunya bagus2, jelek sedikit langsung protes, dan berangkat sekolah deket boro2 di hadang buaya.
Trus juga menanamkan ke Della dan Seno bahwa mereka harus punya cita2 dan keinginan yang kuat dan yakin bahwa itu akan terwujud dengan usaha dan Doa

Salut buat Riri Riza & Team dan Andrea Hirata juga tentunya..

36 comments:

  1. di MP ku banyak photo photo si Mahar, mbak :D.
    lihat aja kalau pengen liat..
    nih ada lagunya...

    di delet aja yang ini biar tidak dobel :D

    nice post.. :D

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga mbak..

    kalau pengen photo dan embed lagunya, silahkan aja, sudah saya sediakan semuanya :D

    ReplyDelete
  3. Thanks ya Mbak lagunya...
    foto2nya juga udah ta' liat..
    I love u Mahar :-)

    ReplyDelete
  4. hiks hiks hiks, kumaha atuh teh, teu bisa nonton.......padahal Gavin mau banged,pas liat reviewnya di RCTI

    ReplyDelete
  5. Masih asik si Ade teh ??
    tunggu CD or DVD nya rilis aja atuh teh

    ReplyDelete
  6. Waaah kayaknya bagus banget yaa bu... nunggu DVDnya aah mungkin sebentar lagi keluar yah bu... :-)

    ReplyDelete
  7. Baguuuuss...
    DVD keluarnya kapan ya...
    cari info lagi deb..

    ReplyDelete
  8. Waaah iyaa deh bu pastii hehehe... makasih yaa reviewnyaa... :-))

    ReplyDelete
  9. Sama2 Deb.. hihi.. dianggap review.. iseng2an gini

    ReplyDelete
  10. bagus ya, daku rada malas nontonnya, lha tokoh yang nggak ada di novel, bisa nongol di layar lebar..he..he..he..kan lucu ? :))

    ReplyDelete
  11. Euh... Saya belom nih! Tapi emang dapet info dari adik yang udah nonton : Bagus, walau ada kekurangan2 kecil.
    Ikal.. Mahar.. Lintang.. Tunggu aku di bioskop.. :)

    ReplyDelete
  12. Deal bu, harusnya film ini di jadikan wajib tonton buat pendidikan n di puter nasional kalo perlu di buat dalam layar tancep. Ngmngin peran di filmnya, saya jg suka liat mahar bu, apalagi gaya belagu nya its so natural.. Lintang cool, kalo si ikal walaupun manis tapi sebagai tokoh sentral blom kliatan istimewa nya..

    ReplyDelete
  13. duuuuh... Teh Ichoo... bikin aku smakin penasaran... pengen banget... bisa nonton juga....
    Mudah-mudahan filmnya diputer di Malaysia juga, ya... hiks-hiks... pengen nonton Ikal, Mahar, Lintang, Kucai, dkk...

    ReplyDelete
  14. hehehe.. iya yang ada jadi tiada, yang tiada jadi ada
    btw tapi temen dikau yg dukun itu gak muncul...hihi

    ReplyDelete
  15. Kutunggu dikau di bioskop Teh Ipad...
    ( ngewakilin mahar )

    ReplyDelete
  16. Tul Kar.. kalo dulu fil janur kuning yg wajib diliat, skrng ini aja dulu deh film yg wajib dilihat anak2.
    hahaha.. sama sih Kar.. aku juga suka gaya belagunya Mahar..
    Tokoh sentralnya kalah pamor sama Mahar

    ReplyDelete
  17. Hiks*... Mbak Ivy.. balik aja lagi ke sini.. biar bisa nonton LP
    kalo gak coba pengaruhin orang kedubes sana minta film LP di puter di sana

    ReplyDelete
  18. Hi..hi..akhirnya jadi nonton juga mba, hebat perjuangan hunting tiketnya :)
    Habis nonton ini sepengamatan aku malah banyak yang kepincut si'Mahar" ya? Keponakanku yang SD kelas enam ngajak nonton yang ketiga kalinya khusus cuma mo lihat akting si"Mahar" ini *duh..* he..he..

    ReplyDelete
  19. iya .. jadi juga nonton hehehe..
    Iya nih mahar banyak fans nya ya..

    ReplyDelete
  20. mudah-mudahan beberapa bulan kedepan ada yang ngupload di inet .... apa harus nyari cdnya pas pulkam? kelamaan tapina ....

    ReplyDelete
  21. aku juga berharap begitu hehe..masih kepengen nonton lagi.
    atau kalo CD nya udah ada, titip aja teh sama orang yg di sini..

    ReplyDelete
  22. gw jadi pengen ngajak Haura nonton teh...

    ReplyDelete
  23. Ajak dong Na.....
    nanti critain ya Haura pasti heboh juga

    ReplyDelete
  24. di Cibubur belum diputer nih filemnya :(

    ReplyDelete
  25. Gue juga hunting tiket, akhrinya bisa nonton bareng anak2 plus suami, dan sama cho... gue nangis juga di bagian pak Harfan meninggal dan Lintang gak bisa sekolah... duh asli terharu banget...

    ReplyDelete
  26. ok mba..aku juga lagi mo lanjut baca novelnya..dan nunggu CDnya beredar di persewaan hihihihi

    ReplyDelete
  27. mo nonton ah besok....kabita abis baca postingan nya teh icho :D

    ReplyDelete
  28. masa seeeh.. Bogor aja udah. atau coba di Sentul itu lho..

    ReplyDelete
  29. Elo nonton di mana akhirnya ??
    ternyata si gagah cengeng juga yaaaa

    ReplyDelete
  30. Aih... si yayang belom ngajak oge ? sungguh terlalu
    kang bisa sambil ngajak Kenami tuh..

    ReplyDelete
  31. ga seneng nonton film indo cenah teh :P dulu aja pas ayat2 cinta terpaksa mau krn dipaksa2.. abis nonton baru deh bilang : ternyata ada jg film indo yg bagus...gubrakkkkk.........

    ReplyDelete
  32. Bilang.. ini lebih bagus dari A2C...
    komporin we Rin..

    ReplyDelete