Thursday, May 22, 2008

Susahnya mau jadi agent property

Sudah dua kali gue kedatangan tamu yang minta di ajak putar2 survey cari rumah di area seputaran rumah gue. Tamu pertama teman kantor, sepasang suami istri yang memang sedang mencari rumah di daerah rumah gue. Gue lihat semangatnya sama seperti semangat gue ketika hunting rumah sekitar 1 tahun lalu.


Jadi gue juga ikutan semangat bantu teman tersebut untuk keliling2 berbagai komplek perumahan, ada perumahan baru, lihat2 rumah second yang dulu sempat gue lihat juga dengan berbekal buku yang berisi catatan rumah-rumah yang akan dijual yang juga gue gunakan dulu.


Selain itu, gue juga kasih beberapa masukan ke temen apa aja yang harus di perhatikan dan diihat saat menawar rumah second, bagaimana kelengkapan surat2nya, kalau sudah cocok jangan langsung ok, tapi cek juga ke tatakota kecamatannya apakah rumah tersebut bukan di jalur hijau atau jalur yang akan jadi jalur hijau.


Akhirnya berbekal dari gue dan suami, teman gue sudah mulai pandai sendiri mencari dan menawar rumah yang di idamkan, sempet sudah ok dan kasih DP sama satu rumah akhirnya dengan pertimbangan lain gak jadi. Dan baru aja dapt kabar minggu kemarin mulai akad kredit sebuah rumah yang  pas sesuai dengan yang mereka inginkan baik lokasi maupun luas tanahnya, dan sesuai budgetnya juga tentunya. Hmm emang cari rumah tuh gak usah  terburu-buru deh, kan kalo sabar akhirnya dapet juga yang sesuai keinginan.


 

Kemudian, hari Selasa lalu, datang sepasang suami istri lagi ( upline gue nih !), beliau minta ditemani juga untuk keliling2 cari rumah di area pesanggarahan/petukangan selatan. Berhubung ge juga gak kemana2, dan  yang minta tolong juga upline hehe.. gak enak dong nolak, jadi gue temani mereka , kembali melihat2 rumah yang akan di jual. Ada rumah yg kita kunjungi dulu belum laku, skrng ternyata sudah laku, dan ada juga rumah yang dulu belum mau di jual sekarang sudah ditempeli plang "dijual".


Tapi anehnya.. temanku ini gak bawa catetan sama sekali ya.. or gak nyatet sama sekali nomor telpon yg di cantumi di plang rumah yang akan dijual tersebut. malah gue yang rajin nyatet di hp. Dan ternyata mereka juga gak terlalu antusias dengan rumah-rumah yang gue tunjukin, gak masuk sama sekali, lihat dalam rumahnya, lihat luas tanahnya dsd deh seperti ketika gue atau teman yang gue ceritakan pertama kali. karena itu gue jadi gak semangat, gue coba cari tahu kira2 rumah yang mereka cari luas tananhnya berapa, jumlah kamar yang di inginkan berapa, siapa tahu yang gue tunjukin itu kurang pas dengan keinginan mereka. Tapi koq ya cocok ah.. kalo cuma luas tanah dan jumlah kamar mah sudah banyak yang sesuai, mungkin mereka masih kurang sreg dengan lingkungannya, cuma kali ini gue berasa cape dan bete nganterinnya.. gak semangat !!


 

Di jalan jadi kepikiran, gimana seorang agent property ya, yang melayani begitu banyak customer, nganter2 calon pembeli rumah, trus pembelinya gak semangat eh masa sih si agent ikutan gak semangat dan bete, pasti engga kaan. Jadi kesimpulannya  gue gak cocok  dan gak bakat jadi agent property !!


 

 

 

 

42 comments:

  1. cocoknya jadi boss property, teh :)

    ReplyDelete
  2. Kayanya cape juga jadi agen property.
    apalgi kalo unit lantai 5 nga ada lift he.......
    dalam 1 hari khan bisa banyak inspection.

    ReplyDelete
  3. hehehheeee.... memang kayaknya lebih cocok jadi yang puny aproperty tuw Ibu...

    cape ya Bu... apalagi yg dianter ga semangat respond nya ... jadi caple plus plus deh jadinya... ^__^

    ReplyDelete
  4. Amiien.. doain ceu
    lagi pedekate sama yg punya modal nih..

    ReplyDelete
  5. waak.. untungnya gak merambah apartemen nih
    eh.. engga deng..semalem baru mulai mo coba ikutan masarin apartemen di depan kampus Budi Luhur juag sih..
    iya ya.. kalo sampe 5 lantai naik turun. gempor juga

    ReplyDelete
  6. amiin, pengennya sih gitu mbak...
    cuma gak ada modal hehe
    .

    ReplyDelete
  7. gw juga kayaknya sering bikin bete agen property deh, secara maju mundur mulu kalo liat rumah :D

    ReplyDelete
  8. hihi.. baru nyadar ya... aku juga dulu gitu sih..
    pas skrng di gituin orang jadi berasa deh.. betapa dulu aku memperlakukan para agent begitu rupa

    ReplyDelete
  9. duluuu ... pernah juga nyobain terjun bebas di dunia kaya gitu... hasilnya capee deee n teu cocok daku mah kurang gigih kali.... jadiii we akhirnya mah milih jadi ibu RT... halaghhh alesannn... hihihiii

    ReplyDelete
  10. iya teh..enakan jadi bu RT ah. teu papanasan di luar..

    ReplyDelete
  11. Kayaknya jadi agent property mesti punya kesabaran segudang, ya mbak....

    ReplyDelete
  12. Iya bu... mendingan dirumah aja... saya juga... kerjaannya... menyambut suami pulang ke rumah ... :-))

    ReplyDelete
  13. mau nggantiin fenny rose ya bu....:))

    ReplyDelete
  14. hehe... teh, kapan nganter aku nyari rumah.. serius ini..

    ReplyDelete
  15. Pekerjaan di sales/marketing/customer service dll yg berhubungan langsung dengan manusia, memang butuh kesabaran tingkat tinggi. Saya ndak sabaran, makanya ndak pernah mau ngelamar kerjaan yg kira2 banyak berhubungan dengan manusia, mesti nge-lobi dan membujuk atau ngomong panjang lebar.... Salut buat orang2 yang memang berbakat 'melayani' kerewelan konsumen dengan tetap tersenyum... Krauk!!

    ReplyDelete
  16. hehe.. wah besok kalo pas ada rejeki n mau beli rumah di sputaran jakarta bisa nih minta jasa agen properti kita?? *kaburrr*

    ReplyDelete
  17. bener Mbak Ivy.. kudu sabar, kudu ulet..gak mudah putus asa..
    apalagi ya...

    ReplyDelete
  18. bener Mbak Ivy.. kudu sabar, kudu ulet..gak mudah putus asa..
    apalagi ya...

    ReplyDelete
  19. msh dalam tahap wacana and rencana aja teh..
    blm mendalami dah keburu cape hati hehe

    ReplyDelete
  20. Pengeeennn.. tapi belom siap mbak...

    ReplyDelete
  21. di aminin aja dulu deh... hehe, smoga terlaksana

    ReplyDelete
  22. jadi hostnya SILET ?? engga deh hehe... nanti jadi biang gossip.
    atau host yg property itu ? cocok gak yaa...

    ReplyDelete
  23. Nah ini yang kelupaan kemaren om.. gak lupa sih, cuma gak enak aja nanya sama senior gitu lho..kalo yg pertama sih jelas banget aku tahu budgetnya..

    ReplyDelete
  24. Dengan senang hati Dhe..
    kapan dirimu ke Jakarta dan mo cari2 rumah.. ayo aja..
    *serius juga nih*

    ReplyDelete
  25. Betul Mbak Andra..
    mungkin krn pekerjaan keseharianku gak berhubungan langsung dengan manusia or orang lain jadi gak punya kesabaran ekstra ya..jadi agak susah, pdhal untuk komunikasi sama orang, belajar jualan.. aku sudah coba, cuma ya itu masih dalam tahap belajar jualan online aja, kalo jualan/menawarkan barang face to face juga belum jago...
    kurang hubmble kali ya...


    ReplyDelete
  26. Boleh kar... tenang aja, asal jangan jakarta Timur dan pusat yaa.. buta banget daerah situ
    tapi sebaiknya cari istri dulu deh hehehe..

    ReplyDelete
  27. cocok bu, tinggal cari soulmate nya...

    ReplyDelete
  28. kalo nggak mah cape ati Cho :))

    ReplyDelete
  29. tapi jeng, sekali dapat komisinya wowwww

    ReplyDelete
  30. Saya juga ngincernya itunya jeng hihi

    ReplyDelete
  31. duluu jamannya masih sorangan alias single ngarasain jd agent property...
    mumet emang hehehe tp hasilnya mantep booooo...

    klo skrg mikir2 dulu dehhh secara banyak yg kudu dipertimbangkan... trutama mumetnya itu..:-)

    ReplyDelete
  32. Hmm jadi kerjaan ini cocok untuk yg msh single aja ya jeng..
    nape gak dr dulu aja gw jalanin ya hehe

    ReplyDelete
  33. secara waktu, kloa ku pribadi lebih cocok yg single..soalnya klo anter klien suka ga tau waktu... minggu or malem2 suka masih nego ama klien... soalnya kebanyakan klien minta waktu selepas jam kerja atau se-kosongnya wkt dia..huhuhuhuhu kasian anak2 klo sekarang...

    *pendapat pribadi lhoooo

    ReplyDelete
  34. O.. jadi itu ya pertimbangannya, kalo di pikir2 iya sih.. kalo udah ibu RT susah juga kalo mo janjian sama client pas suami pulang kantor.. or anak ada PR..
    mungkin next time kalo anak2 dah gak terlalu perlu bimbingan ortu kali yaa.. bisa di pertimbangkan

    ReplyDelete
  35. benar...
    aku dukung dehhhhh

    *kangen jalan2 lagi kliling lihat rumah bagus2 heheheheh scr blum mampu beli rumah bagus :-)

    ReplyDelete
  36. waaah saya sama suami pernah mikir jadi agen property waktu nyari rumah, saking aja kita udah punya daftar rumah dijual dan dikontrak (alamat, no tlp cp, harga, dan data rumah!) hehehe tapi gak jadi... biasa sok niat teu niat tea

    ReplyDelete
  37. Menjadi agen properti sebenarnya ga sulit.. asalkan kita benar-benar niat dan mau belajar seluk beluk dunia properti. Bahkan dengan menjadi agen properti bukan mustahil pada akhirnya kita bisa jadi developer properti.
    Buat yang mau mendalami atau sekedar nambah referensi, silakan berkunjung ke => http://developerdankontraktor.blogspot.com/2011/09/menjadi-agen-properti-kenapa-tidak.html

    ReplyDelete
  38. Sama Ami.. aku juga gitu pengen jadi agen properti pas mau beli rumah tea.. udah dpt rumah hoream deui hahahaha

    ReplyDelete
  39. Wah...mencerahkan Pak Aroel, terima kasih linknya, segera meluncur kesana, dan terima kasih juga sudah mampir

    ReplyDelete