Thursday, May 8, 2008

Catatan seorang demonstran ( gagal)

Denger dari temen kerja yang masih anak kuliahan, katanya di kampus2 sudah direncanakan beberapa agenda


dalam rangka menyambut 10 tahun reformasi dan begitu semangatnya dia mau bolos kerja demi ikut acara tersebut.



10 tahun ? ..cepet banget ya....buat gue yang 10 tahun lalu tidak terlibat dan tidak mengalami langsung peristiwa itu pasti tidak terasa, tapi buat mereka yang terlibat dan menjadi korban peristiwa itu pasti masih sangat terasa dan membekas. ada perasaan malu,perasaan haru,bangga bercampur baur ketika obrolan di teruskan dan masing2 teman menceritakan pengalaman mereka semasa masih jadi mahasiswa, ada yang jadi garda terdepan untuk berhadapan langsung dengan aparat karena badannya yang besar, sehingga ketika dorong mendorong dengan aparat dia punya kekuatan lebih. ada juga teman wanita yang diam2 ikut demo karena takut dimarahi orang tua, tapi toh akhirnya ketahuan orang tuanya  karena wajahnya muncul di TV. Betapa heroiknya cerita mereka.



Dan.. ada juga yang bercerita sedih terpaksa harus mengungsi karena rumahnya di daerah kemurnian kota sudah sangat membahayakan.




Gue ?? gue gak punya cerita apa2..tidak ada kisah heroik kepahlawanan gue di masa itu, gue coba  rewind lagi ke masa 10 tahun lalu. Jangankan ikut demo ke gedung DPR atau ke semanggi,. Setiap kali alarm /bel pulang kantor berbunyi bukan di jam pulang semestinya,  gue langsung ngacir duluan ke mobil jemputan kantor, karena artinya kita boleh pulang cepat karena situasi darurat, gue pengen cepet sampe kost-an.



Dan ketika sempat dapet hambatan di jembatan keb. Lama karena sudah dikepung aparat, yang bisa gue lakuin adalah menyelamatkan diri.. masuk ke rumah orang sambil gak brenti berdoa supaya semuanya aman2 aja dan tidak ada korban.  sementara sebagian orang malah nonton dengan serunya.




Sempet menjelang hari H di bulan mei, gue diajak Bapa Seno ( eh belum jadi Bapa Seno deeeh..) ke almamater kita yang cuma selemparan batu dari kost gue, gue ragu menuruti ajakannya, karena sejak pagi gue sudah dengar beberapa kali letusan senjata dan orasi yang tak henti. Gue gak mau, cukup gue di kamar dan berdoa semoga perjuangan adik2 almamaterku tercinta berhasil dan semua aman kembali sekolah, kuliah , dapet IPK bagus  dan menyenangkan orang tua.



Bapa Seno tetep ke kampus, dan gue cuma berani buka sedikit gorden jendela kamar, karena para polisi sudah menyisir kawasan terdekat dengan kampus dengan senjata laras panjang di tangan, dan melihat senjata yang dibawa pak pol bikin gue semakin gak bisa napas.




Dan, ketika akhirnya peristiwa mei meninggalkan luka yang begitu dalam buat kita semua, terutama buat  boss gue di A2K yang begitu traumanya beliau sampai minta dengan sangat supaya ketika beliau  masuk kerja nanti, jangan menanyakan apapun tentang kondisi dia dan keluarganya.




Peristiwa semanggi, kali ini gue punya sedikit keberanian karena terpengaruh cerita bapa seno juga terpengaruh perih dan pedihnya peristiwa mei. Jadi gue gak takut lagi melihat rombongan para demonstran yang sedang bersitegang dengan aparat bahkan diam2 gue pake lagi jaket almamater dan ikut nongkrong ke tetangga sebelah ( kampus BL maksudnya ). Tapi untuk demo dan turun ke jalan gue masih belum mau ikut, masih belum punya nyali. Jangankan turun ke jalan, kalau orasi adik almamater di kampus  sudah mulai panas, gue langsung balik ke kost .



Bapa Seno sempet penasaran knp gue gak mau ikut diajak lihat orang demo or ikutan demo, dia pengen gue gak cuma diam. sampai akhirnya satu hari setelah malamnya terjadi penembakan BR Norman Irawan yg anak atma terjadi, setengah dipaksa bapa seno gue mau juga ikut ke semanggi, cuma sebagai turis yang melihat sisa sisa perang.. ah memalukan..



Dan.. lebih memalukan lagi ketika datang beberapa rombongan truk tentara dan mulai mengusir orang2 berkerumun di sekitar situ, gue langsung ngacirrrr.. gue gak peduli lagi Bapa Seno yang ngeledek gak mau ngawinin gue karena pengecut.. bodo deh.. gw masih mau kawin.. ( hihi.. kala itu gue dan bapa seno sudah merencanakan hari H, andai gak jadi sama Bapa Seno karena dia pengen jadi pahlawan reformasi pun..gue tetep mau kawin hehe.. sama backup hehehe ).



Gue tinggalin Bapa Seno.. gue jalan kaki pulang sediri ke kost lewat arah joglo. Jalan kaki dengan beberapa romobongan karena tidak ada kendaraan umum membuat perjalanan tidak terasa berat dan ketika sampe TPU Joglo ada mobil jenazah dan di ikuti dengan rombongan yang banyak sekali, gue tanya2 siapa yang meninggal, ternyata jenazah yang dikuburkan adalah  wawan alias BR Norman Irawan yang tertembak semalam.



Gue ikuti prosesi penguburannya yang dipimpin oleh Romo Sandyawan Sumardi SJ, Gue ikut hanyut dalam duka yang mendalam dan ikut terisak bersama rombongan, ikut syahdu dalam iringan doa mereka meskipun diiringi isakan sampai berakhirnya prosesi penguburan.



Peristiwa itu dan aura semangat yang dipancarkan orang2 yang ada di sekitar pemakaman  membuat gue malu.. gue gak ikut berjuang, gue egois, gue penakut. Jangankan ikut berjuang untuk negara, untuk ikutan demo kenaikan uang kuliah aja, gue cuma jadi pemandu sorak aja.



Gue juga cuma jadi orang belakang ketika Bang FAF mantan boss gue ketika kerja di satu Foundation ngajak gabung di LSMnya, dan ngajak jadi pemantau pemilu independent bersama Kang MWK, bisanya gue ya bikin program, jadi cuma dengan bikinin mereka program aja gue bisa ikut sedikit berjuang membantu mereka, gue gak mau ikut mereka koar2 demo menentang kebijakan pemerintah ini itu, tapi gue tetep dukung perjuangan beliau dari luar penjara ketika beliau di penjara.



 


Dan setiap kali gue melewati TPU Joglo di pagi hari, di gerbang pertama, gue selalu titip doa untuk  Wawan, semoga damai di sisiNya, semoga pengorbanannya tidak sia-sia, semoga segera terungkap dalangnya, semoga HAM segera di tegakkan di negri kita.



Cuma itu yang bisa gue lakukan… gue gak pernah bisa jadi demonstran


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


35 comments:

  1. 10 th yang lalu....

    hmm ikutan demo juga..heheh
    awal Mei 98 gara2 pas pulang kuliah mo nengok pacar skrg suami ke RS trus mobil di-cegat- senior buat angkut2 air mineral buat demo...
    ya wisssss nyempung demo dehhhh

    pas puncak2nya demo pacar tercinta udah kluar dr RS ya wissss ikut demo skalian...heheh tp longmarchnya pake motor ga jalan kaki...

    jd ngrasain deh menduduki gedung DRPD RRI di Semarang...

    walo ga tau banget alias ikut2an edmonya tp sempet mirisss pas liat banyakkorban... :-((

    ReplyDelete
  2. iiih, sama. Aku nggak akan pernah punya nyali untuk ikut demo, Bu. Paling-paling cuma bisa berujar, "OK, kuiringi dengan doa" ...

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu demo semanggi, gw masih ngantor di GKBI. Cuma berani ngintip doang dari kaca jendela kantor sampe malem karena jalan ditutup ga bisa pulang...

    ReplyDelete
  4. ini demonstran sejati hehehe.. dah keliatan dari tongkrongannya

    ReplyDelete
  5. tosss deh Vin, kirain aku dikau ikut di garda depan, ngobatin luka sekalian ngetest nyali

    ReplyDelete
  6. Oh.. yg akhirnya nginep di hotel itu bukan rin ?

    ReplyDelete
  7. Gw pernah ikut 2 X. Dua-duanya sudah kerja
    pertama waktu demo pekerja profesi di BEJ
    Yang kedua, sendiri.. gabung ke senayan waktu semanggi 2.

    ReplyDelete
  8. hebaaat.. semoga demonya gak sia2 ya mas
    di semanggi ketemu bapa seno dong hehe..

    ReplyDelete
  9. sing penting slamet Cho, nyali itu gak bisa dipokso :))

    ReplyDelete
  10. Cuma sekarang kok negara kita jadi koyo ngene ya Teh, pasti bukan ini harapan para mahasiswa waktu itu.. :(

    ReplyDelete
  11. bener om.. keselamatan no 1, supaya bisa tetep kawin hehe
    uji nyali mah nanti aja deh

    ReplyDelete
  12. Bener teh Ipad, bukan cuma harapan mahasiswa, tai harapan kita semua
    tapi lumayanlah, dengan adanya gerakan reformasi negara kita bisa sedikit berubah..
    burubah baik or buruk ?? tergantung pandangan masing2 teh..

    ReplyDelete
  13. 13-14 Mei 1998, gw ngga bakalan lupakan hari itu seumur hidup gw. Never!
    Ah...malas ngingetnya lagi.

    *Bukan mau gw terlahir sebagai Cina. Sigh*

    ReplyDelete
  14. Kakak saya yg bukan cina juga (tampang doang yg mirip cina) waktu itu ketar ketir, pulang kerja ngumpet2 takut jadi sasaran. Kami sodara2 n ortu di sukabumi ketar ketir nunggu kabar...

    ReplyDelete
  15. Mel.. maap, bukan maksud gw ngorek luka lama..
    please... gue pribadi juga sedih kenapa ini harus terjadi..

    ReplyDelete
  16. Jangankan kakak teh Ipad.. puguh saya juga ngerinya karena itu sebabnya..

    ReplyDelete
  17. 10th yll, agak heroik juga, karena masih ngantor di WM2, dalam kondisi hamil tua menunggu hari kelahiran anak pertama. Tau mau ada huru hara, sudah kontakan sama suami, dan dijemput. Kerusuhan pecah di dekat casablanca, persis lima menit kita lewat di sana. deg2an. Ternyata akhir Mei, saat sudah presiden baru, lahir deh vian :) Gak terlupakan. Prihatin dan mengirim doa buat korban2 & pejuang muda masa itu.

    ReplyDelete
  18. duh bumil untung gak lahiran duluan hehe..
    Vian lahir menyambut presiden baru ya..

    ReplyDelete
  19. 10 th yl ngapain aku ya ? semept ikut "lihat" demo di UGM yg ditenangkan oleh Amien Rais lagi sibuk cari data buat skripsi, sempet ngrasain gas air mata yg pedihnya ampun2an waktu demonstran bentok ama aparat di Univ Sadar Yogya yg akhirnya jatuh korban Moses Gatotkaca. Sempet disuruh pulang ama ortu karena takut aku ikutan jadi korban, tapi keukeuh di Yogya secara ada bapak 2A (huahahaha) berat pacarannya alesannya biar skripsi cepet selesai, tapi bener koq masukin judul April 98, ujian proposal Juni'98, ujian skripsi Oct'98, wisuda Nov'98

    ReplyDelete
  20. hihi.. penggembira juga yaaa
    merit gak 98 juga ??

    ReplyDelete
  21. gak lah, mana bisa.... semua lagi mahal kita ber2 blm punya kerjaan.
    baru thn 2001 aku nikahnya

    ReplyDelete
  22. 10 tahun lalu, aku masih berseragam abu-abu ... pusing dengan ulangan kenaikan kelas ... ternyata waktu cepat berlalu ... rasanya baru kemaren, ternyata dah 10 tahun ...

    ReplyDelete
  23. haa.. ?? masih malu sama semut merah hihi..

    ReplyDelete
  24. 10 tahun lalu? aku dah menginjak tahun kedua tinggal dan kuliah di jerman. malah gak tahu apa apa soal demonstrasi nih. (yailah, dah lama juga aku jadi orang jerman)

    ReplyDelete
  25. 1998 ... pas aku semester 6, pas masih idealis, ikut di beberapa organisasi mulai lokalan kampus ' SEMBUR ' sampe ' Forum Kota '.
    Ngerasain jalan kaki dari UKI ke MPR, ngerasain dikepung brimob di dalem mobil, handy cam di rampas, mobil di pukul2 dari luar.
    Sempet mikir ' kiamatnya Indonesia '.. sempet jiper juga kalo gak pake jaket almamater lantaran takut dibilang ' cokin ' dan di bakar.
    Sempet ngadain sembako murah untuk warga sekitar kampus.
    Ehm.. singkatnya... masa2 yang bikin kaya pengalaman.

    ReplyDelete
  26. Hai mbak.. aku juga ndak pernah demo sama sekali.. apatis sama politik.. hehehe.. kalo kira2 bakalan ada demo gede2an, mendingan aku bolos kuliah/kerja..dan nonton berita demo di TV aja. It's not a crime if you were not a demonstran.. :D:D

    Bukannya gak peduli ama kondisi poleksosbudhankam.. tapi apa yang diperoleh dari demo? Apakah berteriak2 membuat kehebohan (apalagi sampai timbul korban) itu membanggakan? Tidakkah lebih membanggakan utk berjuang secara intelek, kalo pengen ubah peraturan ya berusahalah masuk ranah politik, perjuangkan rakyat dengan karya ilmiah nyata. Jikalau ada peristiwa dimana setelah demo lantas keinginan demonstran dituruti, bukankah itu suatu cara pemaksaan kehendak? Setelah memaksakan dengan teriakan2 dan ancaman, apalagi bakar2an dan pengrusakan, lalu keinginannya dituruti, lalu apa bedanya dengan orang yang didemonstrasi yang dianggap sewenang2 kalau ternyata demonstran juga sewenang2 mentang2 jumlahnya banyak?

    Hahaha... mari berjuang sesuai "bidang" masing2... saya sih ndak suka jalan2 panas2an... bisa meleleh ntar...

    ReplyDelete
  27. Dah jadi orang German atau WN ganda nih ?? ikutan Om Habibie ?

    ReplyDelete
  28. hhihi.. FORKOT masih ada gak ya skrng ?
    lumayan lah menk pengalamannya buat cerita ke anak cucu

    ReplyDelete
  29. aku masih orang indo kok, mbak - meski punya ijin tinggal di sini. gak mau ah jadi orang sini - kecuali sekaya habibie. hehehe (kalau gak kaya ya harus hidup di apartemen kecil dan merana sendirian. enakan di indo. masih ada keponakan2 yang masih mau pelihara generasi tua).

    ReplyDelete
  30. Iya mbak andra bener jg, tapi tiap orang punya kepentingan dan cara masing2 untuk menyampaikan aspirasi atau keinginannya. untuk para pemula yang pengen terjun ke ranah politik mungkin perlu belajar di lapangan dengan cara berdemo, kemudian baru deh masuk ke parpol, banyak kan contohnya.
    Buat yang intelek dan tau cara ya pasti gak gitu jalannya.
    Iya deh... mending berjuang di jalannya masing aja, biar lebih jelas.
    kalo soal panas2an..duh.. saya juga anti deh, kepala pasti langsung migren dan hati ikut panas hehe

    ReplyDelete
  31. Oh..hihi. kirain dah jadi WN sana..masih cinta dalam negri juga tenyata

    ReplyDelete
  32. 10 th lalu aku masih kuliah tingkat akhir tuh..mo nyusun skripsi..
    gak pernah tertarik ikutan demo...gak suka..aku lebih suka kuliah
    sebel malah liat org2 demo sok teriak2..sok idealis..buang2 waktu dan energi
    memperjuangkan sesuatu yg jauuuuhhh...hahaha...ngaco ya aku
    waktu itu aku dan temen2 senat cuma bikin aksi damai..
    mengajak org2 utk melakukan aksi demo dg damai..tanpa kekerasan..
    kami bagi2 bunga dan permen disertai secarik kertas bertuliskan aksi damai ke org2 yg lewat ..mobil..motor...gak jauh2..hanya di sekitaran kampus

    ReplyDelete
  33. Demo dengan aksi damai..hmm lebih simpatik ya dr pada teriak2, koar2..
    pernah juga sih kebagian bunga dari para mahasiswa...
    jangan2 dikau may..
    tapi gak ada permennya tuh..

    ReplyDelete
  34. 10 tahun yang lalu ya, hehehehe sering jg sih ikut demo, cuma kalau di itb mah gak pernah sampai heboh, bentrok2 ama aparat gitu gak pernah. Ada satu cerita lucu, gi ama pacar, ngajak dia demo, di tengah jalan, dia ngajak pulang, rupanya mantan pacarku itu takut demo.....hehehehehe. Abis itu putus...hahahahaha.

    ReplyDelete
  35. manggut2... sambil geleng2.. pantesan aja putus....
    galakan diee...

    ReplyDelete