Sunday, June 3, 2012

Teganya Bule Itu Menipu Janda

Kejadiannya sudah beberapa hari lalu, ceritanya saya punya teman yang statusnya janda dengan 3 orang anak, suaminya meninggal karena sakit. Sementara teman saya ibu rumah tangga biasa, dengan sedikit keahlian membuat baju-baju dan bisnis sampingan lainnya.

Namun kondisi bisnisnya sekarang sedikit agak kendor, sementara kebutuhan rumah tangga dan anak-anaknya yang sudah mulai menanjak remaja membuat teman saya harus banting tulang lebih giat lagi.

Hampir tiap hari saya ngorol lewat whatssapp atau chatting dengan teman saya ini ( ketauan kan kerjanya chatting melulu hahaha..smoga gak ketauan boss). Suatu hari teman saya minta bantuan saya untuk mentranslete percakapan dia dengan salah seorang teman almarhum suaminya. Katanya ini teman alm suaminya semasa di kantornya dulu. Oh ya suaminya ini dulu kerja di salah satu perusahaan eksplorsai migas  asing yang cukup terkenal.  Teman suaminya ini bule, kebetulan dulu pernah ditempatkan di Indonesia sini dan cukup akrab juga,namun kemudian kembali ke negaranya.

Nah teman saya ini minta bantuan saya untuk mentranslete pertanyaan maupun jawaban di chattingan dia dan teman suaminya itu.  Saya ya bantu aja, tapi tetep pakai google translete hehehe..
Percakapan lancar, mulai dari tanya kabar keluarga teman saya, anak-anak giman akabarnya dan sebagainya. Itu introduction percakapan masih bisa dijawab oleh teman saya. Sampai kemudian teman saya agak kesulitan ketika menjawab beberapa pertanyaan, karena rencananya si teman suaminya itu mau kirim uang sebanyak 5000 USD. Mau dikirim lewat mana katanya, mana yang cepat dan bagaimana prosesnya.

Saya bantu teman saya mencari solusi pengiriman uang, baik lwt western union maupun lwt BNI, soal caranya saya kasih tahu linknya juga supaya si  bule baca sendiri.
Teman saya sangat bersyukur, disaat dia butuh uang untuk anaknya yang mau masuk SMP dan mau kuliah ada bantuan tak terduga dari teman almarhum suaminya.

Tapi melihat kelanjutan percakapannya saya jadi curiga,koq si bule ini keukeuh nanya apakah teman saya punya credit card dsb. Kemudian saya juga tambah curiga ketika si bule minta teman saya mengirimkan lebih dulu 500 USD untuk biaya transfer uangnya. ih apa2an, dia mau ngasih uang koq malah minta uang.
Saya curiga ini penipuan, saya minta teman saya untuk tanya lebih dalam coba dia kenal siapa aja teman suamimu, tanyakan juga dia kerja di mana sekarang dan tanya juga noor kontaknya.

Tapi si bule ini aneh juga, ditanya beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan teman lainnya, dia banyak gak bisa jawab, malah jawabannya larinya ke soal uang transfer aja, pake maksa supaya lebih cepat kirim biaya transfer, karena dia harus melakukan perjalanan jauh lagi dan tak ada waktu lagi, dan berbagai alasan.

Saya minta juga teman saya itu untuk menyelidiki account ini apakah benar masih dipakai teman alm suaminya atau jangan-jangan sudah di hack, tanyakan ke teman suaminya yang lain yang juga mengenal account ini.
Teman saya alasan minta waktu 1-2 hari untuk ngirim biaya transfer (alesan) sambil mau  tanya2 ke teman lainya. si agak kurang setuju, minta hari ini juga ditransfer. Sambil chatting teman saya menghubungi teman suaminya yg lain. Ternyata di dapat informasi, account teman suaminya ini memang sudah di bajak orang dan sudah dilaporkan ke admin facebook, jadi supaya berhati-hati. Untunglah teman saya waspada dan belum sempat tertipu si bule itu.. Alhamdulillah Allah masih melindunginya




80 comments:

  1. Cyber crime sekarang memang merebak dan sangat tidak berperasaan ya. Untung ceu Icho cepat tanggap. Barakallah! Semoga Allah menambahkan kebaikan dan rizki yang cukup untuk ceu Icho dan teman itu.

    ReplyDelete
  2. untung teh icho mendampingi ya teh, kalo ga kasian juga temen itu

    ReplyDelete
  3. Iya Bun, makin maju teknologi, makin maju jug apenipu mengakalinya..
    Saya kan kadang suka curigaan gitu bun meskipun pernah ketipu pengantar galon hehhe..
    Aamiiin.. Bunda Julie ih baik bener ngedoain saya selalu, mudah2an Bunda Julie juga ya selalu diberikan kesehatan dan rizki yang cukup

    ReplyDelete
  4. Iya May.. temanku juga blng gitu, duh untung ada kamu yg nemeni aku chatting, jd ya memang sejak kami bertemu lagi after reuni SMP itu, kembali akrab dan nyaris ngobrol terus hehehe..
    Wah kalo sampai ketipu bener kasian deh, temanku ini sering ketipu..hiks

    ReplyDelete
  5. Kan kita udah berteman sekarang, jadi mesti saling doa-mendoakan toch? :-)

    ReplyDelete
  6. iya teh, biasanya perempuan kadang suka hilang akal sehatnya kalo sedang menghadapi sesuatu, kadang suka kurang pertimbangan
    nah perlunya pendamping di saat2 seperti itu

    ReplyDelete
  7. Tolong kirim 5jeti ke acc daku cho sebagai uang cape daku bakal kirim 500 jeti traveling check buat dikau sebagai hadiah..he.he.he.

    ReplyDelete
  8. aku dah yakin kalo itu di hack. sepertinya yg hack org indonesia. Krn kalo org barat beneran sptnya gak akan pake cara begitu deh... Selain itu, bule? Pernah atau masih kerja di industri migas? Aku rasa kemungkinannya kecil dy bakal begitu.

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah... selamat. untung ada teteh :-)

    ReplyDelete
  10. beruntung juga temen bu Seno ini pas chatting juga sama Bu Seno ga cuman bantuin translate tapi juga tanggap untuk menanyakan hal2 penting.

    kadang kala orang bisa kalap dan lupa daratan langsung transfer sejumlah uang dengan iming2 akan dapat uang lebih banyak, apalagi pas kondisi kepepet, untuk cek ini itu biasanya langsung terlupa.

    ReplyDelete
  11. eeaahh mo dikirimin duit minta dikirimin duit dulu.. ini mah modus operandi lagi.. beruntung ya buseno yang translate..

    ReplyDelete
  12. Waduh account dibajak itu kayak hp kena copet ya resikonya

    ReplyDelete
  13. Lhaa enif, MO kayak gitu kan awalnya dari luar negri, everything could be happened

    ReplyDelete
  14. jahat amat!

    zaman sekarang emang udah 'nggak kira2 dech.. manusia pada tega.

    Aku aza di FB sudah berapa kali hampir kena tipu. Minta uang katanya untuk pembangunan gereja lha, missi sosial lha.. nyatanya? NOL besar..

    Emang kudu hati2 yach.. salam buat temannya mbak Inno

    ReplyDelete
  15. syukurlah bisa terhindar dr penipuan. Yg nge-hack tega nian!

    ReplyDelete
  16. Alhamdulilahhhh, masih belum kirim apa2

    ReplyDelete
  17. duh, untung belum kejadian ditipu,
    temennya mesti berterimakasih ama teh Icho, diingetin ricek dulu

    ReplyDelete
  18. waspadalah! waspadalan! #gaya bang napi

    ReplyDelete
  19. penipu jaman sekarang makin lihai aja :|
    gak usah lewat FB, di MP aja ada...

    hati-hati aja, teman-teman. Dan ada bagusnya sharing-sharing semacam ini, kita jadi tahu banyak jurus tipa tipu jaman sekarang (yang dari sisi lain, bisa dipake jadi jurus tipa tipu baru juga) :|

    ReplyDelete
  20. Kalau dirimu gak usah pake transfer Ed, langsung samperin aja ke Quentin hahahaha

    ReplyDelete
  21. Masa sih, konon orang luar sana malah lbh sering kan nipu2 gitu, buktinya banyak imel penipuan dsb, orng kita belajar dr sana juga..
    kalau pemilik account aslinya yg porng migas itu aku juga gak yakin dia mau berbuat sprt ini.. itu sbabnya aku langsung duga ini account di bajak gt Mbak

    ReplyDelete
  22. Iya Mas, Allah masih sayang sama temenku..

    ReplyDelete
  23. Iya untungnya temenku gak paham pakai google translete dan minta bantuan aku ya Mbak Lala. dan untungnya aku jg gak tergiru minta uangnya hahaha..

    ReplyDelete
  24. Untung juga ni bule cuma nipu minta duit, gak nipu ngajak kawin, sprt pernah terjadi dng salah satu istri temanku, aku pernah crita juga di MP kan..

    ReplyDelete
  25. Masa sih mbak.. kalau kena copet kan cuma uang kita yg hilang aja, uang di dompet maupun di ATM, tp kalau account di bajak, dia bisa lebih banyak dpt kesempatan tipu2, uang makin banyak didapat kalau ada korban yg kena.
    rampok kali yaa hahaha..sama aja deh

    ReplyDelete
  26. Waduh... ada ternyata penipu berkedok rumah ibadah, kasian yg beneran minta sumbangan pembangunan rmh ibadah jd bikin orang ragu.

    Siip.. Vonny juga hati2 selalu ya

    ReplyDelete
  27. mba..ini kok mirip banget ama cerita temenku dulu yah...dan kok ya sama banget kisahnya ak dulu juga jadi translaternya, bahkan sampai memaki2 si penipu. Ceritanay temenku itu kenalan ama orang Inggris, trus dirayu lah cem macem, sampai kemudian orang Inggris ini janji mau ke Indonesia, kirim uang dulu untuk bikin usaha. Nah uangnya tertahan di Malaysia untuk ngambilnya temenku kudu bayar semacam pajak atau apalah itu... Ak udah ngerasa aneh sejak awal dengan si orang Inggris ini. Sampai kemudian ketika muncul janji mau kirim uang itu, ak udah bilang bahwa ini penipuan. Ak sampai bilang ke orang Inggris ini : eh kalo loe serius ama temenku, buktiin dulu dong ke Indonesia..tapi dia selalu beralasan ini itu. Semakin membuatku gak percaya...

    Waktu itu ak lg tugas sampai keteteran karena susah meyakinkan temenku untuk percaya bahwa dia telah ditipu mentah2. Bahkan sampai marah deh dianya ke aku, lalu ak sodorin saja modus2 serupa yang tinggal gugling jumlahanya bejibun. Baru percaya..dan melow habis2an...


    ReplyDelete
  28. Alhamdulllah... Yaa.. hacker yg jahat gitu sih ya, kalo aku sesekali nge-hack juga sih ( eh ngaku ), cuma pengen ngintip2 aja ehehehe

    ReplyDelete
  29. Iya Naz.. lha gimana mo ngirim ya, wong lagi gak punya duit hihi

    ReplyDelete
  30. Iya Mia, semua bersyukur belum kena tipu, kan kata Bunda Julie, namanya juga sama temen, teman terhindar dr penipuan kita ikut sneeng, saling bantu aja..
    next time pelajaran juga buat aku biar hati2 juga

    ReplyDelete
  31. itu herannya ya.. koq bisa dia pura2 prihatin sama anak yatim, dll...
    pemaen sinetron jangan2 ni bule hahaha

    ReplyDelete
  32. Pake topeng gak niih bang napinya ? :-p

    ReplyDelete
  33. di MP juga ada ? wah gimana bisa ketipu ? di hack juga kah MP nya ?

    Iya Mbak Arni, sengaja saya sering sharing deh soal tipu menipu, supaya gak ada korban lain

    ReplyDelete
  34. Waaah tuh kan ternyata penipuan macam ini sdh ada sejak lama ya Mbak Arni., hihi toss dulu ah sesama transletter :-p
    Jadi modusnya begitu ya, kasian ibu2 macam teman saya yg belum lama kenal internet, inet cuma buat Fb-an kemudian dpt tipuan macam gini. Kalau kita2 yg lama maen inet kan Insya Allah sdh paham tipuan gini.

    Btw itu penipu juga canggih, milih korbannya ibu-ibu/perempuan ya, jangan2 sudah lama accountnya di pantau.

    Beruntung juga teman Mbak Niez terhindar dari penipuan ya... pdhal udah kebayang tuh punya pacar bule ya hehehe

    ReplyDelete
  35. Eh salah ketiiik... Mbak Niezzzz.. mmuuuacchhh

    ReplyDelete
  36. Teh Icho...ini Dani :D
    kalo Mba Arni itu ID-nya Ismearni :D

    ReplyDelete
  37. ak tuh kalo gak salah pernah nulis soal ini, tapi kok ak cari2 ngumpet dimana yah...

    atau jangan2 cuman komen panjang ginian di lapak siapa gituh..

    aduhh mbak, kalo inget, ak ampe gak konsen pelatihan kala itu...temenku itu udah termehek2, dan ngebet mau transfer duit..

    ReplyDelete
  38. Lah, kok pada salah nama, Bu hehehe

    ReplyDelete
  39. wah, untung ada Teh Icho yg bisa jadi filter ya, gak langsung main transfer aja tuh

    ReplyDelete
  40. Duh, macem2 cara nipu sekarang.
    Harus hati2 dlm segala hal nih.

    ReplyDelete
  41. Halaaah.. koq aku salah lagi, banyak banget nih aku salahnya hari ini..
    dan koq ya keingetnya Mbak Arni terus.. ada apakah antara diriku dan Mbak Arni..
    Sorry Dani.. aku inget ding dirimu, cuma gara2 gak pake foto jadi bingung hahahaha

    ReplyDelete
  42. Weleh mbak Niez, modusnya persis plek ketiplek dengan yang dialami temenku. Temenku chatting ama orang *yang ngakunya* dari Inggris. Udah berencana mau datang ke Indonesia dan temenku udah siap mau cuti buat nganterin si *katanya* calon suaminya itu buat keliling Sumbar buat investasi katanya. Terus si orang Inggris ini tertahan di Malaysia, minta duit apalah segala macemlah. Aku waktu diceritain, yo gak percoyo, itu penipuanlah pastinya. Udah keliatan banget. Nih temen juga masih gak percaya waktu aku paparkan dengan segala logika. Temenku itu udah desperate banget pengen kawin, jadi logikanya udah gak dipake lagi. Ada yang naksir disamber aja. Sering banget dia dapet temen chatting yang aneh2.

    Dulu yah, kalau chatting ama aku, sering ngeluh dan minta cariin suami bule. Lha mosok aku mak comblang rek. Lama lama capek ngadepinnya, status YM aku invisible aja ketimbang tiap chatting disodorin pertanyaan yang sama.

    ReplyDelete
  43. boanyakkkkk penipuan kayak gini.
    Mau bule mau item, mau afrika, mau Indonesia, dari internet enggak keliatan karena nama dan foto bisa nemu dimana saja.

    ReplyDelete
  44. Ohh.. jangan2 komen panjang sprt di sini juga Mbak Niez hihi tak apa, yg penting sama2 sudah share

    Waah..temenku aja ini udah sampe sujud syukur gitu Mbak Niez, dan berakhir dengan kata sialaaaan nyaris gw ketipu hehehe..

    ReplyDelete
  45. ternyata multitasking itu susah Naz..
    Kerja, chating gtalk, chatting MP, chatting FB, bales komen mp hahaha.. ampuuun
    belum lagi terima telpon

    ReplyDelete
  46. Alhamdulillah.. aku bisa jadi filter, cuma itu yg bisa di bantu

    ReplyDelete
  47. smakin banyak aja ilmu tipu menipu nya Nov.. :-p

    ReplyDelete
  48. duh Mbak Icho, untung banget temennya belum sampai ketipu

    ReplyDelete
  49. tuh nambah lagi ternyata banyak yg tipuan macam gini..

    ReplyDelete
  50. Bener Mbok Kus, mau bule, mau Indo, mau temen sendiri tetep aja kalau niatnay nipu mah bisa aja ya...

    ReplyDelete
  51. puji tuhan ya, temen teteh ga ketipu, kasian banget kalo sampe kena.
    wong lg butuh biaya besar

    ReplyDelete
  52. Iya Whie.. untung deh belum sampai kena, makanya aku share di sini, supaya gak ada korban lain..

    ReplyDelete
  53. Itu yg aku syukuri juga Lus.. untung deh uang yg ada gak ketipu, wong dia lagi butuh duit banget.. kalo sampai ketipu lagi, kasian bener

    ReplyDelete
  54. nahh khan emang banyak mbak, lha wong ak sampe gugling dan kemudian kopas n kirim link2nya ke temenku itu. Modus2 serupa dan sama....jiblek mirip banget. Bener2 gak logis banget deh, mosok kirim uang di koper nilainya milyaran, trus katanya ada permata atau apalah...ak malah bilangnya ke temenku buat lega2in dia, kalopun bener itu dikirim uang di koper, ntar jangan2 pencucian uang. Itu si orang Inggris mafia...

    Akhirnya yahh percaya juga sih, mbak....sambil nangis2 tentunyaaa

    ReplyDelete
  55. jangan2 juga demikian, mba...tapi pada inti dan ringkasnya sperti itu dah..

    ak cuman bilang hati2 saja..pokoknya hati2, penipuan mah bisa terjadi dimana saja, gak hanya maya tapi juga nyata.

    ReplyDelete
  56. weleh weleh...ngirim duit pake koper?
    kok kayak di film2, keliatan sekali tipuannya.
    Temennya mbak Niez, polos banget ya.

    ReplyDelete
  57. Mbak Niez googling pake key word apa ? nanti aku cari2 juga dan linknya aku kasih temenku.. biar dia percaya 100% ini penipuan, soalnya itu pertemanan dia dng accoutn itu masih dipertahankan aja deh

    ReplyDelete
  58. Tipuan di dunia nyata iya banyak Mbak, mulai dr yg kecil sprt nipu galon kosong yg aku alami itu nyata hahaha

    ReplyDelete
  59. hihihihi...ak juga herannnnnnnnn....

    ReplyDelete
  60. kalo gak salah2..pake modus*penipuan*internet*malaysia

    ReplyDelete
  61. Daripada gitu mending suruh doi didadanya pasang plank "GRATIS" berdiri di jalan, jamin 5 menit kemudian udah laku...wakakakakak

    ReplyDelete
  62. Owhh.. jd biangnya ada di negeri jiran sana :-

    ReplyDelete
  63. wakakaka.. Sadis Ed itumah, pencitraan tetep dong ah :-p

    ReplyDelete
  64. Iya.. dia agak labil dan mudah percaya sama orang Diz..
    apalagi dia tanpa pendamping gitu, makanya apa2 mesti sering sharing sm temen lain

    ReplyDelete
  65. masih ada yg modus penipuan model begini?Untung temen Teh Icho mau cerita ya, jd gak percaya gitu aja.

    ReplyDelete
  66. Masih ternyata Dy.. mungkin kalau gak terkendala bahasa blm tentu juga temenku mau cerita, kan ini masalah finansial agak sensitif juga ya Dy

    ReplyDelete
  67. Banyaaaak modus kayak gini. Pake email juga banyak. Belum tentu "bule" sih orangnya, bisa aja orang Nigeria, katanya sih penipu2 banyak yg dari situ. Udah jadi semacam mafia gitu.

    ReplyDelete
  68. dan itu lho...."bule" yang ngobral janji via chat ini kok ya tau banyak wanita Indonesia yang pengen punya suami bule :D Jadinya gampang banget dikadalin....

    ReplyDelete
  69. Nah... makanya, mau sama bangsa manapun wanita harus selalu waspadaaa...waspadalaaahhh! Tahu kok. Aku pernah baca artikel mengenai para "bule" yang merasa banget kalau diidam-idamkan oleh wanita Asia, bukan Indonesia aja lo ya. Mereka bilang kalau di negerinya mereka tuh gak selaku itu, tapi begitu ke Asia, wow... langsung gampang banget dapet pasangan.

    ReplyDelete
  70. Mbak Irma...aku kadang itu jadi kepikiran gini ya (entah ini karena kepengaruh baca novel sejarah). Jaman dulu, pas negeri ini masih dijajah Belanda, kan wanita pribumi yang diambil istri sama Kompeni jadi naik derajatnya (meski gundik doang statusnya). Apakah mungkin, "prestise" yang dicari yang semacam itu?

    Ini buat yang NGEBET pengen dapet suami bule ya. Soalnya dulu pernah liat temen di kantor lama, kakak beradik. Yang kakaknya pengen punya suami bule sampe mati-matian belajar bahasa Inggris :D Lha kok yang dapet suami bule malah adiknya *ngikik* kayaknya (semoga dugaanku aja) si kakak kalo cerita tentang adiknya kayak orang ngiri gitu hahhahaha

    ReplyDelete
  71. Aku pun punya sepupu yang begitu kok. Dari jaman masih SMA sudah ngefans berat sama kaukasian. Kalau ke mall ada bule lewat, waduh, bisa diikutin...ha...ha..ha. Buat mereka-mereka yang seperti ini kalau aku rasa ada krisis percaya diri, terutama pada bangsanya sendiri.

    Yah gimana enggak krisis, lah sehari2 dibombardir sama artis tampang blasteran atau kebule2an, iklan di majalah yg bintang iklannya kebule2an. Jadinya yang dianggap "paling bagus" itu ya fisiknya semacam ras kaukasian gitu. Perkara dalam sejarah ada Nyai Dasima misalnya, ya bisa juga tuh, meningkatkan gengsi dan tingkat ekonomi tentunya. Sampai sekarang pun mungkin ya seperti itu. Kebanyakan memang expat digaji lebih tinggi bukan di kantor2 di Indonesia?

    Tapi tentu saja kita tidak bisa menafikan bahwa ada yang sebenarnya gak begitu minat sama/gak ngejar2 bule tapi kebetulan kok ya jodohnya bule, seperti kasus si adik yg Dani sebutkan itu. Namanya jodoh ya, cinta gak kenal warna kulit katanya. Kalau kita senada dengan si kakak atau sepupuku itu, maka kita akan terkagum2 menganggap si adik itu dapat jackpot. Tapi kalau kita biasa aja, ya akan menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa saja. Memang jodohnya, gitu aja.

    ReplyDelete
  72. Iya Mbak Irma.. blm tentu bule hehehe.. wong banyak ya yg imelnya modal google translete pk bhs Indo dan aneh2..

    ReplyDelete
  73. hihihi.. udah bukan rahasia lagi kali Dan.. banyak cewek Indo seneng and bangga dpt suami bule.. etapi aku gak termasuk yaaa.. aku masih cinta made in Indonesia

    ReplyDelete
  74. Hihihi.. Dani jadi inget cerita Nyai Dasima dan Nyai Ontosoroh deh..
    Kalo dulu iya rasanya gitu, pengen naik derajat dng di kawin orang belanda.
    Tapi kalau ke sini sininya, aku pernah tanya sama 3 tanteku yg kawin sama Bule, alesannya sama, suami bule itu romantis dan setia... terbukti sih suami2 mereka meski udah tua gitu romantisnya gak abis2 dan setia..
    tp ya soal setia tergantung orangnya ya Dan :-p

    ReplyDelete
  75. Biasanya yg doyan nipu itu orang2 asal Nigeria

    ReplyDelete
  76. Oh gitu.. jd bukan bule malah item ya cak :-p

    ReplyDelete
  77. Iya, penipu2 alam maya dari Nigeria dan India terkenal banget lho.

    ReplyDelete