Sunday, June 24, 2012

Ceritakan Kabar Bahagiamu Kawan

Baca koran kompas cetak di hari minggu ini di halaman pertama saya langsung tertarik dengan gambar headlinesnya. Koq tumben ya kompas gambar headlinenya cerita yang menurut saya biasa aja, bukan berita penting banget, apa hari ini tak ada berita penting yang layak jadi foto headline ?

Fotonya yang ini, saya copas dari kompas cetak versi epaper



Kemudian isi ceritanya tentang tempat2 makan bersahaja   yang tumbuh di beberapa tempat di perkotaan yang ternyata masih diburu oleh orang dari berbagai kalangan, mereka membaur makan di situ menikmati nikmatnya makanan dan melepas kangen makanan yang dulu mungkin pernah mereka rasakan dikmatnya, juga alasan lainnya mendatangi tempat itu.

Ada beberapa tempat makan yang di ceritakan di situ, seperti Sate Haji apa gitu di Pesanggrahan, warung Mbah Joyo di Simprug, ketan susu di kemaroyan gempol, warung pawon di Jogja dsb ( baca sendiri deh yaaaa..)

Buat saya berita ini sebetulnya biasa ya, toh di lembaran lain kompas cetak biasanya juga ada cerita tentang kuliner,tapi kali ini masuk headline ini yang luar biasa. Mencoba memahami dan merenungi apa makna berita ini menjadi headline.
Saya pikir ini sebuah kabar baik, kabar gembira yang layak disampaikan kepada halayak ramai. Jadi bukan selalu kabar buruk atau kabar duku yang perlu di sampaikan dan jadi bahan berita.
Sebuah warung makan bersahaja nan enak juga perlu di beritakan, rasa senang menikmati kelezatan makanan di sana itulah yang di sampaikan di berita itu, berbagi kebahagiaan. Andai tak ada yang menceritakan enaknya makan di tempat itu, belum tentu juga kita tahu ada tempat makan enak seperti itu.

Saya jadi teringat Shanti Jogja yang sering memposting tempat2 makan enak di Jogja,Shanti bukan corong atau marketing dari tempat makan itu, tapi Shanti sudah memberikan berita bahagianya dan senangnya makan di sana. Berbagi kebahagiaan intinya.

Saya buka posting-posting lama saya, kadang berita bahagia sering terlewat saya sampaikan,posting saya lebih banyak cerita duka atau cerita nyinyir yang membuat orang lain juga ikutan kebawa emosi,padahal berbagi cerita bahagia dan kemudian yang membaca juga bsa ikut merasakan kebahagiaan dengan mencoba apa yang kita lakukan adalah sebuah kebahagiaan juga bagi kita.

Berbagi kebahagiaan bukan sebuah kesombongan, bukan sebuah intoleransi tapi sebuah ajakan kepada yang lain untuk ikut berbahagia dan meneruskan berita bahagia itu kepada orang lain, itu lebih baik dibanding meneruskan berita buruk kepada orang lain.

Apa kabar baikmu kawan ?





63 comments:

  1. kabar baikku?
    yaa baru saja ktm sm temen akrab masa SMA dan abis ketampol itu kan

    ReplyDelete
  2. Iya.. seneng baca tulisanmu yg tadi Nan :-p

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah kabar baik Mbak, saya setuju kalau berbagi kebahagiaan itu bukan sebuah kesombongan

    ReplyDelete
  4. kabar baikku, yg udah ngutang hampir 3th dan ga ngasi kabar tadi katanya mo usahain duit utk melunasi :-)

    ReplyDelete
  5. Hai.. Dhewie udah di bales ya PM nya tadi hehe, tunggu kabar baiknya aja deh seblum tgl itu.
    Yup.. itu yg aku pikir juga..

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah... wow !! ikut bahagia juga dong ya, 3 tahun ya ?? hmmm aku mesti belajar bersabar ke Mbak Farida rasanya, ada yg ngutang sdh baru 1 thn aja aku udah sering emosi..
    Mudah2an janji si pengutangnya bener ya Mbak..di doain aja semoga ada rejekinya

    ReplyDelete
  7. ya lumayan lah bu drpd sblmnya ga ada omongan. kyk ngga ngerasa ngutang aja :-)

    ReplyDelete
  8. bagus deh kalo ikutan seneng :P *binun* seneng tapi napah ngelewein yak, kek ngeledek :-o

    ReplyDelete
  9. Iya ya..di kasih janji dulu aja udah seneng, artinay dia masih inget punya hutang :)

    ReplyDelete
  10. Salah icon hahaha..maap mestinya ini ya :)

    ReplyDelete
  11. saya posting yg hepi-hepi sebenarnya buat afirmasi juga Teh Icho
    bukan pencitraan siy, tapi lebih ke pengingat buat diri sendiri, rasa bahagia yg saya dapat ketika saya mengalaminya, layak untuk dikenang dan dikabarkan
    biar yg lain juga dapet aura hepinya
    atau justru membuat mereka lebih mensyukuri lagi hidupnya

    mungkin mereka yg baca kisah saya membantin, "ya ampun, mengalami hal gitu aja kok seneng bener ? masih lebih bagus yg aku alami, brati hidupku lebih enak dibandingkan hidup shanti"
    :-D

    ReplyDelete
  12. nyaamm...tema kuliner memang membahagiakan hehe

    ReplyDelete
  13. Eh maaf dulu sebelumnya Shanti jadi contohnya, soalnya yg keinget saat ngelihat tulisan itu di kompas, yg teringat koq Shanti,, Shanti kan juga sering cerita tempat kuliner yg menurutku gak mahal2 banget tapi enak..

    Tujuan apapun si pemosting, dia sendiri yg tahu ya Shan, baguslah kalau memang untuk afirmasi, kenangan atau berbagi kebahagiaan.. bener koq, kalau kita baca postingan happy2, aura happynya nyebar, macam foto2 latar sederhana Shanti aja banyak bercerita yg bisa membuat yg lihat ikut happy..

    Soal komentar atau mbantinan orang lain, ah biar aja.. pikirin yg positif aja, yg penting yg keluar di komentar masih yg positif2 toh :-)

    ReplyDelete
  14. Tosss... sepaham kita Mbak, urusan perut koq ya selalu bikin happy ya :)

    ReplyDelete
  15. waah, subhanallah...pada sumringah
    nice way to share happiness...
    para kuli tinta,,,gak selalu kabar buruk yang naikin omset koq
    biarkan indonesia berfikir positif lah dalam mengawali hari
    saya suka saya suka #jingkrak2

    ReplyDelete
  16. hmmm kabar bahagiaku hari ini : kesampean ajak anak2 liat spongebob di central park dan sachi makan nasi habisss hari ini ^__^ plus barusan ada yg belanja baju di onlineshopku... Thank you God ^_|^

    ReplyDelete
  17. iya....alhamdulillah komentarnya siy positif, kalaupun ada PM ya biasa aja
    sama aja spt saya baca postingan keluhan2
    gak sadar saya mbatin, alhamdulillah ya hidup saya gak serumit yg lagi mengeluh ...hihihi

    ReplyDelete
  18. Kabar baiknya tetehIcho, habis traktir kedua mertua makan nasi kastrol komplit lalap sambel, udang dan gurame di Cibiuk. Lihat beliau berdua sehat, suka makan, itu kebahagiaan tak ternilai di mataku. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  19. kabar baik.. cape abis arisan.. dari sabtu-minggu.. masak sendiri boh..

    ReplyDelete
  20. Itu lah Mbak yg aku pikir tadi, kompas koq mau ya nulis berita yg sepertinya kurang menaikan oplah tak sprt surat kabar lainnya.. setuju tuh, bukan cuma cerita gosip yg bikin kuli tinta tulisannya naik cetak.

    Siip.. mengawali hari ( buat senin ) juga saya posting yg happy2 aja, moga2 aja senin suasananya happy jg

    ReplyDelete
  21. Hihi.. iya ya,bisa jadi kalau saya suka ngeluh orng lain juga mikir2nya positif gini, jadi malu.. :-)
    bisa jadi juga malah di kasihani orang2 yg baca

    ReplyDelete
  22. kabar baikku Alhamdulillah masih napas neh :)

    ReplyDelete
  23. kabar baikku: gaji 13 dah turun he3 Alhamdulilah bisa nutup biaya kebutuhan2 yg agak besar.
    Suka n setuju ma paragraf terakhir.

    ReplyDelete
  24. Wah..senengnya bisa liat spongebob ya Mbak Erna, sampai kapan itu acaranya ?
    ikut seneng juga sachi pinter makannya,lancar juga onlineshopnya..

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah bisa traktir mertua ya..
    btw nasi kastrol itu yg gimana tuh Mia..koq sprt merk oli hahaha.
    Yupp.. nikmat sehat memang luar biasa Mia

    ReplyDelete
  26. Dapet gak arisannya ? traktir masakannya dong..*ah pencinta gratisan beraksi* :-)

    ReplyDelete
  27. Ini yg paling penting Mbak ...alhamdulillah :-)

    ReplyDelete
  28. Oh...turunnya bulan ini ya...alhamdulillah, mau malak temen yg PNS ah *upss
    Thanks ya Wan.. *jadi inget postingan Ihwan terdahulu jadinya :-)

    ReplyDelete
  29. hihi...iya ya, tadi saya baca juga agak heran, kok ada nasi kastrol
    ingetnya oli :))

    ReplyDelete
  30. hihi dasar emaknya sembalap ingetnya Oli, lha aku juga jualan Oli itu tuh di kantor :-)
    *menanti cerita dan foto nasi kastrol Mia *

    ReplyDelete
  31. Aduh maaf nggak punya kabar baik, lha wong lagi sakit je.
    Tapi lumayan, teman-teman saya pada ngumpul menjelang Ramadhan, pengajiannya sekalian mendoakan saya. Itulah si kabar baik dari saya.

    BTW di konser Koes Plus kemarin pengunjungnya juga beragam lho, ada yang naik mobil mewah, ada yang naik angkutan umum dengan penampilan seadanya. Nanti deh diuploading fotonya kalau udah nggak capek.

    ReplyDelete
  32. postingan yg mana Teh? :D *mendadak amnesia*

    ReplyDelete
  33. Nah tuuh.. Saya seneng koq baca cerita Bunda Julie sudah bisa nonton konsernya Koes Plus dengan kursi tanpa senderan, pdhal Bunda Julie masih dlm proses penyembuhan sakitnya.. apalagi dengar Bunda Julie juga di doakan teman2 pengajian, mudah2an doa2nya di kabulkan..

    Koes Plus terbukti disukai segala kalangan ya Bun, bisa jadi juga yg dulu suka koes plus blm punya mobil mewah, dan skrng ketika sudah punya mobil mewah mengenang masa2 lalu bersama koes plus.

    Ok Bun gak usah dipaksakan..tunggu pas lagi sehat bener kondisinya ya Bun, nanti kecapean :-)

    ReplyDelete
  34. heheh..udah di close, amnesia aja deh :-)

    ReplyDelete
  35. sampe 8 july mba, tiap jam 3 ,5 & 7.
    Btw, keren euy wajah baru MP-nya mba icho... simple & keren fotonya dela n seno

    ReplyDelete
  36. yuk bersyukur ... :) tfs... bahagiamu bahagiaku...

    ReplyDelete
  37. Kastrol pan bahasa sunda utk panci :) alias nasi liwet campur, teteh

    ReplyDelete
  38. kabar baik saya.... rezeki pekan ini ruarrrr biasa :)

    ReplyDelete
  39. sempet juga baca berita ini hehehe
    baiklah karena aku ndilalah suka kluyuran dan makan ntar tak kasih refrensi warung mpek2 yang enak di palembang :D

    ReplyDelete
  40. kirain pake kastrol oil wakakakakak

    ReplyDelete
  41. Pengen nulis cerita koplak :D
    Tapi banyak kerjaan, males balesin komentar :D

    ReplyDelete
  42. wuah ini mah mancing komen panjang kek di tempat Ihwan hihihi
    tapi ndak mau komen panjang lagi
    pokoknya saya juga mau berbagi kebahagiaan ;-)

    ReplyDelete
  43. Oh.. kastrol teh panci ? hihi baru tau Mia.. iya enak tuh nasi kastrol *udah bisa bayangin* :-)

    ReplyDelete
  44. Wiih.. ikut seneng Ms Rifky.. jangan lupa sedekahnya :-p

    ReplyDelete
  45. *menanti cerita kuliner mpek2 enak..aku doyan banget mpek2 lho mbak ..

    ReplyDelete
  46. serasa nasi goreng oli dong Ed :-p

    ReplyDelete
  47. Nggaak.. jangan sampe mancing gitu ah, kalau sampai mancing gitu artinya renunganku soal foto headlines kompas salah dong :-)
    Siiip.. Mbak Arni

    ReplyDelete
  48. Thanks Mbak Nilaz :-), makasih sudah mampir ke sini , and salam kenal

    ReplyDelete
  49. Saya udah menduga, tapi mau ngomenin takut dibilang sok tau hahahaha.....

    Istilah dalam bahasa Sunda untuk berbagai barang itu memang nggak seragam. Panggorengan, itu untuk menyebut wajan, tapi ada daerah yang menyebutnya Kekenceng. Gitu antara lain. Sepeda aja ada yang nyebutnya bukan sapedah, melainkan sapeldah, memakai "l" di tengah-tengah hehehe........

    Kalau menurut saya, kastrol itu bentukya lebih menyerupai belanga tanah liat alias "panci ketel" di Purworejo, yang bagian dasarnya agak membulat itu.

    ReplyDelete
  50. setuju teteh... berbagi kebahagiaan bukan kesombongan, tapi berbagi afirmasi positif... kalo ada yang nanggapin negatif ya udah deh itu masalah yang bersangkutan hehe... *jadi inget beberapa postingankuh xixixix*

    ReplyDelete
  51. Berita bahagiaku, bentar lagi kami akan menikmati sebagian yg diposting mba shant di jogja weekekee
    norak abis

    ReplyDelete
  52. jadi kapan ke palembang untuk berburu mpek2 yang asli?
    xixixi

    ReplyDelete
  53. aha yang panjang umurnya.. selamat ulang tahun ibunya seno dan della.. selalu sehat dan bahagia ya..

    ReplyDelete
  54. lah kan bulan kemaren dapet arisan.. maka bulan ini masakmasak.. tekor boh..
    udah abis malah.. sabtu masak tumpeng kumplit deh.. minggu masak sayur sawi pahit, sate, ikan arsik, ayam kodok, calamari..

    ReplyDelete
  55. Thanks ya Mbak Tintin.. happy2 juga buat Mbak Tintin ya..

    ReplyDelete
  56. Oh yaa... yg dpt arisan justru bulan depannya tekor ya hahaha..
    ikan arsiknya aduuuh menggiurkan deh dan aku blm pernah bisa masaknya

    ReplyDelete
  57. masaknya pake kayu jangan pake gas.. rasanya lebih resep.. gampang kog.. udah ku review pula..
    http://tintin1868.multiply.com/reviews/item/71

    ReplyDelete
  58. Kabar baiknya saya habis mudik kemarin.... hihihii

    ReplyDelete
  59. buuuuuuuuu.....GB nya gak dibuka nih
    hepi besdei yaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete