Monday, January 2, 2012

Penumpang Sopan Sopirpun Segan

Sudah pada tahu kan di Jakarta akhir-akhir ini sudah beberapa kali kejadian perkosaan bahkan ada yg disertai pembunuhan yang dilakukan sopir angkot ? . Dan kasus perkosaan yg dilakukan sopir angkot terakhir, menurut berita dilakukan oleh sopir angkot dan beberapa temannya  yang masih berusia muda.

Sejak peristiwa perkosaan yg dilakukan oknum sopir angkot itu, saya yang sesekali pulang kerja naik angkot sekarang ini lebih waspada lagi. Seringkali sebelum naik angkot memperhatikan sopirnya dengan seksama, cari angkot yang penumpangnya banyak dan pasti ada perempuan lebih dari satu orang (Kejadian perkosaan terakhir  kan di angkotnya juga ada penumpang perempuan yang ternyata pacar salah satu pemerkosa)

Beberapa waktu lalu sepulang kerja naik angkot S14,saya lihat angkot agak penuh  dan banyak penumpang wanitanya, maka meskipun sopirnya gondrong dan sedikit menyeramkan, saya nekad saja naik, belum terlalu malam juga, masih sekitar jam 7 malam lewat sedikit. 

Angkot ini sebetunya routenya panjang,tapi kebanyakan penumpang dekat. Satu persatu penumpang naik turun sampai akhirnya angkot agak penuh. Sopir angkot meminta penumpang yang duduk dibangku tambahan untuk pindah ke bangku 6,tapi si penumpang yg asik memakai headphone tak mendengarnya dan diam saja.

Si sopir mulai marah dan mengeluarkan kata-kata kasar dan melecehkan "susah amat sih disuruh pindahnya, kegedean pantat sih"  dan greeeeengggg.. si sopir menjalankan mobilnya dengan ngawur, penumpang lain kesal sekali dengan ulah si sopir dan meminta untuk tidak ngawur nyetirnya. si sopir pun balas berkata "penumpang susah diatur apalagi sopir" heee.. ngeselin juga ya si sopir ini. Tapi untunglah penumpang yg lain masih sabar,kali ini saya juga maklum, cape juga jadi sopir, pasti kesel sama penumpang susah diatur.  Untunglah ada salah seorang bapak2 yang berkata "pindah neng duduknya, dari pada satu angkot celaka ".  Untunglah si mbak ndableg itu mau pindah duduk juga, sopir angkotpun melajukan angkot dengan normal.

Di depan Alfamart damai, sopir angkot berteriak, damai..damai, lalu bapak tadi teriak "kiri" dan siap-siap turun, terlihat oleh saya bapak itu memangjangkan besi kecil yg dipegangnya, ternyata itu tongkat penuntunnya, Oh..bapak tadi ternyata tuna netra, bagaimana dia tahu yang tadi tak mau pindah duduk itu seorang wanita ? hmm dari parfumnya kali ya, atau yang biasa ndableg di angkot itu wanita ? hehehe.

Sopir ugal-ugalan tadi menolak pembayaran uang dari si bapak, dan berkata, bawa aja pak, dan langsung menjalankan angkot. eh baek juga ni sopir.  Penumpang tersisa 4 orang, mbak tadi, Mbak manis berjilbab, satu ibu-ibu agak sepuh dan saya.
Perjalanan saya sedikit lagi sampai, mudah2an saya bukan orang terkahir turun dari angkot. Doa saya terkabul, ibu sepuh itu yg turun duluan. Tak lama kemudian Mbak manis pakai jilbab turun di Jalan Garuda. Waktu si Mbak manis mau bayar, lagi-lagi si sopir berkata "bawa aja neng" .. eh si Mbak nolak "yee ini saya mau bayar, saya kan gak cacat" .  "udah bawa aja.. lupa ama gue ya, elu kan temen ngaji gue yee."  si mbak memperhatikan dengan seksama si sopir "yaelaaah elo toh, makasih ya..eh nomor hp elo berapa ? " lalu si sopir memberikan nomor hp nya.  saya ingat2 nomornya.

 Jl Wijaya kusuma sebentar lagi sampai, saya turun duluan sebelum si mbak itu, mudah2an mas sopir gondrong dan menyeramkan itu memang hatinya baik, tak ada dendam sama si mbak ndableg. Saya jadi ingat sticker jadul di angkot jaman saya sma dulu "penumpang sopan, sopirpun segan"

27 comments:

  1. eh, Teh Icho ga disuruh bawa juga ongkos angkotnya ? :-D

    ReplyDelete
  2. Kalau aku yg sopir angkot Ibuseno pasti senang D".Hahaha......Biar sangar tapi rama.

    ReplyDelete
  3. Hahaha, engga tuh Shan, tetep bayar 3000, bukan temen ngajinya sih :-)

    ReplyDelete
  4. Kalo bang Rudi yg jadi sopirnya, angkotnya selalu penuh cewek deh hehehe..sopir ganteng gituuuu

    ReplyDelete
  5. Bu, saya kaget baca di komapsiana tentang perkosaan terbaru diangkot. Masya Allah... merinding pas tahu pelakunya :((

    Kesian juga sopir angkot beneran, kena imbasnya :(
    Ini sopirnya baikkkk... terharu membacanya

    ReplyDelete
  6. Tambah merinding baca proses perkosaannya, disaksikan pacarnya duuuh..

    Betul Anaz, kasihan sopir angkot yg benar2 mencari nafkah dr angkot jadi iktu tercemar.
    Gak nyangka ya gondorng nyeremin tp baik :-)

    ReplyDelete
  7. ooow itu nama jalannya , dkt itu mah dr merpati :)

    ReplyDelete
  8. Ya sebrang sebrangan sama merpati mah.. mampir ya nanti

    ReplyDelete
  9. Jl. Wijaya Kusuma mana, neng? Jelambar tah? ;D)

    Yah.... supir angkot pan manusia juga ya? Punya hati, punya kepala dan punya.....

    Yang saya denger, pemerkosa itu sopir tembak 'kan? Pengaruh video X yang gampang ditebarluaskan via HP nih kayaknya?

    ReplyDelete
  10. kalo si pemerkosa itu penampilannya gmana ya...

    ReplyDelete
  11. sopirnya udah pake seragamkah di sana?

    ReplyDelete
  12. wuaaa...semenjak di rumah, aq udah lama ga naik angkot euyyy.... jd kangennnn....

    ReplyDelete
  13. Bukan Ophoeng, kalo Wijaya Kusuma Jelambar itu kelurahannya kantorku :-) ini Wijaya Kusuma Kodam Bintaro
    Hahaha.. bener phoeng sopir angkot bukan robot kan ya :-)
    Yup, 2-3 kejadian pemerkosaaan di angkot sopirnya sopir tembak.. pengaruh buruk teknologi ya poeng :-)

    ReplyDelete
  14. Kalo liat gambar sketsa di detik.com mah biasa aja, malah keliatan rapi gitu Teh.. hehehe jadi gak jaminan wajah kan ya

    ReplyDelete
  15. sebetulnya sudah Dy,tp banyak yg gak pake, ktnya dpt jatah seragam cuma 2, tp ada idcard yg di gantung di spion dashboard.

    ReplyDelete
  16. Ayo ngangkot sama Ibank..tp jangan malem2 :-)

    ReplyDelete
  17. Don't judge a book by its cover bener banget ya Jeng Esti :-)

    ReplyDelete
  18. supir angkot jg manusia yaa....saat kesel bisa marah, saat baik bisa ga narik ongkos...hehehe

    ReplyDelete
  19. wah kalu kenal sopir kaya gitu enak deh gratis dan nyaman serta aman sampe tujuan ya..

    ReplyDelete
  20. kalo aku sih, sederhana bu tips hidup di jakarta, "Trust your feeling", kalo ada perasaan ga enak, jangan teruskan.

    ReplyDelete
  21. yup Fit..ada sisi baik dan sisi jahat eh sisi kesel juga

    ReplyDelete
  22. hihi, dulu jaman sekolah sma, banyak tuh kenalan yg jadi sopir angkot, keseringan gratis juga malah gak enak :-)

    ReplyDelete
  23. Nah bener.. kalo udah berasa gak enak, curiga mending turun, ini juga pernah aku lakukan

    ReplyDelete
  24. hehehe.. iyaa.. cocok berpasangan sama Muka Andi Meriem kaki Andi Lala

    ReplyDelete
  25. Saya jadi bingung, knapa orang-orang itu suka perkosa, tindak kekerasn kepada kaum wanita, baik didalam Bemo maupun TKW yg ada di LN. Kita masih ada Human Traficking-kan? Koq tidak bisa mengatasi yg seperti itu ya...Kasihan ya kaum wanita selalu sasaran penindasan.

    ReplyDelete