Wednesday, January 18, 2012

Rejeki & Pohon Pucuk Merah

Yang dimaksud pohon pucuk merah itu pohon yang punya dua warna daun hijau dan merah, nah pucuknya yang muda-muda itu yang warnanya kemerahan. Karena bagus ngeliatnya, pohon ini saya beli dari penjual tanaman yang lewat untuk dijadikan salah satu koleksi tanaman saya. Ini contoh Pohon Pucuk Merah fotonya saya ambil dari sini



Saya lupa sudah berapa lama membeli pohon ini, rasanya sudah setahunan lebih, tapi pucuk merahnya cuma sesekali muncul. Sempet bingung juga ( tapi gak cari tau di google atau tanya orang lain, kenapa pucuk merahnya sedikit padahal pohon pucuk merah orang lain koq banyak. )

Nah suatu hari, di awal tahun baru, tiba-tiba adeknya Eyang Seno yang bertahun baru di rumah saya berkata " lumayan nih pucuk merahnya sudah mulai banyak,terakhir aku ke sini pucuk merahnya cuma sedikit, artine rejekimu sudah semakin banyak, makin banyak pucuk merahnya rejekimu makin banyak Ce "

Saya bengong dengernya dan langsung saya lihat pucuk merahnya memang sudah ada 4 pucuk, biasanya cuma 1-2 pucuk.. tapi alhamdulillah.. kalo emang rejekinya makin banyak, awal tahun baru ya memang lagi banyak rejeki, kan baru terima bonus ( *sekarang udah habis bonusnya, jangan pada minta traktir :-) *).
Namanya juga orang tua yang bicara ya, saya ya gak boleh langsung gak percaya gitu, dan gak boleh juga langsung percaya, cukup dengarkan aja.

Buktinya nih... tadi pagi saya lihat pucuk merahnya makin banyak. sudah lebih dari 4 pucuk.

Padahal uang di ATM saya makin menipis, yang bayar utang juga belum ada hahaha..
Jadi terbukti kan, gak ada hubungannya antara rejeki dan daun pucuk merah. ?

Lalu dari kenapa kemarin-kemarin ini daun pucuk merah saya kurang banyak pucuk merahnya ?

Ternyata selama ini saya salah dalam pemeliharaan tanaman ini.  Pohon Pucuk Merah yang nama latinnya Syzigium Oleina  ( *bagus banget ya namanya, boleh dijadiin nama anak nih, heheh dulu waktu SMA saya pengen namain anak saya kelak dengan nama Oryza Sativa , eh ternyata gak disangka mantan pacar saya menamakan anaknya itu, pdhal dulu saya gak pernah cerita lho wong itu bukan mantan pacar saya di SMA, gak jodoh ya.*.) , eitt.. makin ngawur critanya, kembali ke iPad !!

Jadi sebaiknya Pohon Pucuk Merah memang tidak di tanam di pot , tapi langsung di tanam di tanah ( lihat foto pertama ). Lha saya tanam pohon pucuk merah ini di pot. Selain itu mesti rajin juga memangkas daunnya 1 bulan sekali deh minimal supaya tanamannya rapi, daun yang sudah tua juga di gunting atau dipotes dua minggu sekali, jadi nanti akan tumbuh daun baru pengganti dan ini yang akan berwarna merah. Dan yang rutin harus selalu diberi pupuk, anak TK juga tahu kan tanaman itu harus di beri pupuk supaya subur ( *masih inget lagu menanam jagung kan ? * )

Adalagi perlakuan salah saya terhadap pohon pucuk merah saya, jadi ceritanya waktu musim panas panjang kemarin, saking panasnya beberapa tanaman saya mati, saking sayangnya saya sama si pohon pucuk merah, saya pindahkan si pucuk merah agak ke pojok yang tidak kena matahari langsung. Rupanya perlakuan inipun salah karena tanaman pucuk merah merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari  supaya dapat terus bertunas dan  menghasilkan daun berwarna merah, justru pohon pucuk merah harus kena matahari langsung.

Jadi eyaaang..saya kasih tahu ya, saya baru dapat ilmu perawatan pucuk merah itu belum lama dan saya baru saya praktekkan bulan desember kemarin, coba deh nanti bulan April kita lihat lagi hasilnya, kalau saya males merawat pohon ini, pucuk merahnya akan berkurang lagi, padahal bulan April pas rejeki saya juga banyak tuh , dapet bonus lagi... ( *huuu pameerrrr *)
 
 

55 comments:

  1. aiih enak banget sih..dapet bonus emang setahun berapa kali Mbak? :p

    ReplyDelete
  2. teteh aku punyaaa.... beli 3 biji, tapi yg jadi dan pucuknya lumayan banyak 1 doank tapi meski hanya 1 yg jadi pucuk merahnya banyak loh... hihi apa artinya rejekiku banyak?? aminnnn..., aku juga nanemnya di pot, belum kepikiran mau mindahin ke tanaj...

    ReplyDelete
  3. kalo ditanam ditanah jadi pohon gede banget lho Cho.

    ReplyDelete
  4. jiaaah.dia komentarin bonus, bukan pohon pucuk merahnya, mentang2 tadi siang diajakin maksi bareng hahaha.

    ReplyDelete
  5. siaaapp...balik lagi bawa oleh2 Naz :-)

    ReplyDelete
  6. coba rawat dengan benar semuanya sesuai teoriku di atas Diz hahaha..
    Rejeki banyak dari warnet yg rame Diz hihihi

    ReplyDelete
  7. Iya aku pengennya gede gitu sprt yg foto pertama itu Ed, di rumah dikau juga ada ya pohon ini ?

    ReplyDelete
  8. huahahhahaha ngarep diajakin makan malem bareng sama Mbak Icho :D

    ReplyDelete
  9. itirahatnya jangan 45 menit doong, mana cukup ngegosipnyaaa hahah eh mo makan or ngegossip nih :-)

    ReplyDelete
  10. wakakakakk.. dicatet mo nagih utang ya

    ReplyDelete
  11. mang tampangku debt collector ya ? hahahaha

    ReplyDelete
  12. wah dapat bonmus muluq niiih... cipratin sini yak? ;)

    ReplyDelete
  13. PIndahin aja ke pot gede, kasih pupuk kandang, jamin deh bentar juga gede, daku tak tanam ginian tak tertarik, pucuk merah masak kudu dipangkas melulu, males.

    ReplyDelete
  14. engga siiih.. cuma tampak kang kridit hihihi..*langsung kabur ke jogja ah hahahaha*

    ReplyDelete
  15. sengaja bonusnya di pecah2.. supaya gak cpt habis Eda... nanti kalo ujan kecipratan ya hahaha

    ReplyDelete
  16. yang ini udah cukup gede potnya sih Ed.. tp blm yg paling gede sih, siiip deh nanti di pindahin, emang malesin Ed mangkasnya hehehe

    ReplyDelete
  17. waaah kabur ke sana *tlp Priyo en de gank :D

    ReplyDelete
  18. Mungkin karena pupuknya kurang mba, sehingga pucuk merahnya tdk terlalu banyak, coba dikasih pupuk lagi dan tambah tanah yg baru dibawahnya.

    ReplyDelete
  19. gak jadi aaah..kabur ke Batam aja hahahaha

    ReplyDelete
  20. pucuk biru ? blm pernah liat, pucuk ungu kayaknya ada wan..
    udah lah ganti kostum jangan biru mulu hihihi

    ReplyDelete
  21. Iya bener Bang Rudi, kemaren ini juga karena pupuknya kurang, skrng lumayan

    ReplyDelete
  22. Mbak Icho mengingatkan saya pada bulan Juli lalu saat anak saya diminta bawa pohon pucuk merah oleh sekolahnya, wah cari yg jual ke sono sini akhirnya dapet juga, beli di depan taman ria senayan (*sekarang sudah bukan taman ria*)

    ReplyDelete
  23. Wah jauh juga beli ppohonnya sampe sana Mbak Dewi, rumah dimana gitu ?
    iya sekolah kadang suka minta anak bawa pohon anu dan anu.. untuk mempercantik sekolahnya ya

    Hmm taman ria senayan apa namanya skrng ?

    ReplyDelete
  24. hmmmm ujung2nya ke sono deeh :P

    ReplyDelete
  25. dasaarrr :P
    kamu aja Wan yg bikin :D

    ReplyDelete
  26. Mbak rumah ku Tangerang, tapi berhubung kerja di daerah Thamrin jadi cari ke situ Mbak, sekarang taman ria senayan kosong melompong Mbak, lahan tak berpenghuni

    ReplyDelete
  27. itung2 warna merahnya gantinya kembang x yah bu? eh itu ada kembangnya enggak sih?

    ReplyDelete
  28. hahahha aku nunggu april aja dehhhhh buat ditraktir basooooo

    ReplyDelete
  29. abis belom pernah ke sana sih :-p

    ReplyDelete
  30. Waah..jauh juga bawa pohonnya, pdhal di Tangerang di pinggir2 bantaran kali cisadane arah ke karawaci/perum juga banyak yg jual. Ohh konon mau dijadiin mall ya itu tanah, tp blm tahu pasti, makin macetlah yg pastinya :-)

    ReplyDelete
  31. Gak ada kembangnya Mas Pri.. daun dua warna gitu aja yg bkin bagus

    ReplyDelete
  32. Bulan april Tije masih ASI, gak boleh makan bakso dulu hahahaha

    ReplyDelete
  33. nani udah sih , tp cuma numpang lewat trus nyebrang deh :D

    ReplyDelete
  34. Nanti aku nunggu yg di Batam ngajak maen aja deh.. :-)

    ReplyDelete
  35. baru tau nih pohon ini...bagus ya klo dah rimbun gitu. Eh btw, jd sekarang Teh Icho pake ipad ya hihihi

    ReplyDelete
  36. april tgl brp jeng dpt bonusnya biar kutandain kalenderku ni

    ReplyDelete
  37. kalo masih belum banyak pucuk merahnya, di air brush ajeeeeeee huahuahauhauau

    ReplyDelete
  38. huaaaa..pinterrr..biar dibilang rejekinya banyak ya Shir :-)

    ReplyDelete
  39. masa sih baru tahu Dy..udah lama lho ini. hahaha.. iPad pinjeman punya si babeh dy, punya kantor lagiih :-)

    ReplyDelete
  40. wekekekek..akhir april Jeng,tandain lingkarin merah ya

    ReplyDelete
  41. akhirnya saya punya juga 2 koleksi pucuk merah dirumah, hasil nabung selama 2 bulan uang belanja. walaupun boleh dibilang masih pendek pohonnya, tapi hati senangggggggg :)

    ReplyDelete
  42. ikut seneng..mudah2n pohon pucuk merahnya banyak pucuk yg warnanya merah, biar banyak juga rejekinya Mbak

    ReplyDelete
  43. ada engga yang mau kasih biji pucuk merahnya sms aku ya di 081933942121 dan trims buat ibu seno semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  44. ada engga yang mau kasih biji pucuk merahnya sms aku ya di 081933942121 dan trims buat ibu seno semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  45. ada engga yang mau kasih biji pucuk merahnya sms aku ya di 081933942121 dan trims buat ibu seno semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  46. ada engga yang mau kasih biji pucuk merahnya sms aku ya di 081933942121 dan trims buat ibu seno semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  47. Saya baru membeli Pucuk Merah tetapi karena keterbatasan lahan, jadi saya tanam di pojok taman yang hanya terkena matahari pada sore hari.
    Apakah tidak apa-apa?
    Thanks.

    ReplyDelete