Friday, January 13, 2012

Bagaimana Cara Mereview Buku ?

Beberapa hari yang lalu Mbak Anazkia menuliskan di TL nya meminta diajari cara mereview buku pada seorang temannya, lalu sayapun nyamber di TL nya Mbak Anaz pengen juga belajar mereview buku. Ya, saya memang kepingin sekali belajar merevieb buku yang benar, setelah mendapat kritik dari suami saya yang ikut membaca draft tulisan saya mengenai buku gedoran depok yang saya posting sebelumnya. Katanya itu mah bukan review, itu sebabnya saya tahan untuk tidak memposting dulu, baru malam ini saya posting tulisan buku itu, itu juga gak di kolom review tapi di blog, jadi gak pede gitu meletakkan di kolom review setelah di kritik si babe.

Iya, kata si babeh tulisan buku gedoran depok itumah bukan review buku, alasannya, terlalu panjang, kebanyakan malah nyeritain isi bukunya, malah nanti bikin orang yang baca jadi males beli bukunya karena sudah saya ringkas di tulisan itu. padahal saya nulis ringkasan itu supaya orang jadi tertarik beli buku itu kan.. (bukan posting berbayar lho..).

Jadi kata si babeh lagi, mereview buku itu tak perlu meringkas isi buku, tapi tuliskan secara garis besar isi keseluruhan buku itu, tulis aja pendapat kamu tentang buku itu, bagus atau engga, gimana pendapat kamu dari segi ceritanya, bagaimana pendapat kamu cara penuturan penulis itu, jelas atau tidak. Boleh juga diceritakan gimana kualitas kertasnya, kualitas gambar fotonya kalau ada, banyak salah ketik atau tidak. Dan kalau ada tokoh yang bisa dijadikan tulisan gimana sifat tokoh itu, apa kesan kamu dengan tokoh itu, dan masih banyak lagi yang banyak lagi yang si babeh omongin gimana mereview buku itu, tapi yang saya ingat cuma itu aja dulu deh.

Yang terpenting sih judul buku dan pengarang harus di sebutkan, penerbit juga boleh disebutkan, jumlah halaman juga sebaiknya disebutkan, karena banyak orang yang melihat buku kadang dengan menghitung jumlah halaman, ada yang suka halaman sedikit tapi judulnya menarik dan sebaliknya.

Jadi akhirnya jika dipostingan sebelum ini saya masih keukeuh nyeritain isi buku ini, karena saya ngerasa tanggung ah sudah ngetik panjang2 dihapus, dan sediit saya tambahkan juga deh saran si babeh,meskipun belum sempurna banget pastinya, namanya juga masih belajar nge-review ya..harap maklum :-) .

Ada yang mau ajari saya cara mereview buku yang bagus, benar dan enak dibaca ?





24 comments:

  1. Hehehehe...
    Bu, Anaz ada tulisan tentang review buku, dapet di modul pelatihan jurnalistik. Intinya sama kayak yang dibilang Babeh. Dulu Anaz rajin review, sekarang? :( duh...
    Menyedihkan

    ReplyDelete
  2. Naah..yg di omongin nongol juga hihi, di share dong modul pelatihan jurnalistiknya gimana cara review bukunya, tulisan anaz mungkin lebih enak dibaca dan dipelajari dibanding omongan si babeh hihihi.
    kasih link review-an anaz dong, buat contoh aku belajar :-)

    ReplyDelete
  3. tfs, Mbak... salam kenal juga. maaf nih mampir nyolot...

    saya selama ini kalau nge-review buku cuma fokus ke kesan dan pesan setelah membaca buku. kalau secara tata bahasa dan gaya bahasa kadang-kadang saja saya bahas. review buku biasanya saya bikin kalau saya mood hihihi...

    ReplyDelete
  4. di MP ada yg jagoan nulis review, kayak Dani n Yasdi, mereka kontak saya, liat aja MPnya Teh.

    ReplyDelete
  5. Oh [waktu jaman kuliah dulu, saya sudah pake pakem yang digariskan si babeh, tapi dosen saya tetep ajah bilang gak bagus - entah mengapa, kayaknya jaman itu dosen = dewa yang maha kuasa dan maha bener selalu selamanya, sepanjang segala abad sih ya?]

    Menurut saya pribadi, belon tentu bener tapi belum tamtu salah juga 'kan?, tiap individu punya gaya masing-masing dalam mereview. Kalau semuanya seragam sesuai 'pakem' standar, ntar hasilnya yang keluar itu kayak hasil pabrik industri masal, sama semuanya standar - malah jadi gak menarik lagi atuh, jeh! ;D)

    ReplyDelete
  6. dulu ku juga dikomen temenku yang wartawan.. persis kaya babeh bilang deh.. intinya saja dan alasan memilih buku.. bukan isi buku yang dijabarkan..

    ReplyDelete
  7. suka sama komennya dani kalu review buku..
    ku jadi belajar loh..
    padahal ku review apa saja tetep "norak".. :D

    ReplyDelete
  8. nampaknya si babe seno sudah sangat propesional Cho, coba suruh doi yang biking ripiuw buku yang sama..

    ReplyDelete
  9. secara garis besar, apa yang diselatankan...eh diutarakan oleh suami, sudah sangat mengena.
    :)
    tulisan yang mbak buat mungkin lebih mengarah pada sinopsis, yang notabene adalah ringkasan jalan cerita.

    ReplyDelete
  10. Mbak sy jadi malah mau curhat nih, saya juga masih blm lihai mereview buku

    ReplyDelete
  11. Copas komentar temen Anaz yang di blog review buku

    Hai An, kalo ttg mereview, biasanya reviewku isinnya ini (menurut urutan):
    1. Alasan kenapa aku baca buku itu (mis. aku baca karena tertarik kisahnya, dll). Kadang aku taruh quotes yang mengena di sini.

    2. Sinopsis singkat (bukan copas dari sinopsis di buku, tp kita jelaskan sedikit ceritanya supaya yg baca tahu, buku ini tentang apa). Tapi sembunyikan bagian yg paling tegang atau penting supaya gak spoiler.

    3. Pendapat/kesan pribadi setelah baca buku itu, termasuk poin2 yg mengesankan bagiku, atau pelajaran yg aku dapat.

    4. Kritik/saran bagi penulisan, penerjemahan, penyajian buku (mis. gaya menulis, typo, terjemahan, cover, material kertas, dll.)

    5. Terakhir, data buku: Judul, Penulis, Penerjemah (kalau terjemahan), Penerbit, Terbit, Tebal, dsb.

    Udah, itu aja sih. Kalau mau baca2 review teman2 BBI, bisa ke: blogbukuindonesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Hai Mbak Rike, salam kenal juga, terima kasih sudah mampir, thanks ya share cara review bukunya, menambah wawasan saya buta belajar mereview buku

    ReplyDelete
  13. ngubek2 MP Ihwan aaah.. cari Dani dan Yasdi :-)

    ReplyDelete
  14. Iya ya Phoeng, jaman dulu dosen itu dewa banget, skrng mah hehehehe..
    Yap setuju, soal bener salah tergantung selera kali ya meskipun mungkin ada pakemnya.
    iya juga kalau standar2 saja semua riview ngikutin pakem gak asik lagi malah bacanya, mungkin ya sesuai gaya masing2 aja

    ReplyDelete
  15. Yap, pasyi temen wartawan lbh banyak pengalaman mereview ya Mbak..setuju deh

    ReplyDelete
  16. Duh tadi lemot linknya liat contactnya Ihwan mau cari Dani, senen deh ngubek2 lagi mbak

    ReplyDelete
  17. wkwkwkw..sebelum dikau suru daku sudah nyuru duluan Ed, daku tantangin "coba elu kasih contoh review buku ini (bukunya Ivone), alesan aja doi bilang lg banyak kerjaan, teori mah ok laaaah hihi

    ReplyDelete
  18. Asik.. Mas Suga turun juga dari dan membaratkan eh mengutarakan tambahan elmu hihi. Yap, ini lbh dkt ke ringkasan ya, sinopsis aja gak sepanjang tulisanku itu hehehe jadi malu

    ReplyDelete
  19. Yaaa..Dewi malah nemenin aku hihi, mari bergabung :-)

    ReplyDelete
  20. Thanks ya Anaz, dr komen temen anaz juga sdh cukup jelas nih, dpt tambahan quote segala ya. oh ya jadi inget, iy akata si babe juga yg bikin penasaran jangan di ceritain.
    Btw jadi justru data buku, penulis dll itu di bagian belakang ya bukan di depan ternyata.
    Siipp.. nanti baca2 juga deh blognya.

    ReplyDelete
  21. saya jg mau belajar neh. tp gmn mau review kalau mulai jrg baca buku hiks...

    ReplyDelete
  22. mereview itu agak berat juga, kalo hny sekedar ungkapkan pandangan kita atas buku/film yg kita baca sih msh bisa lah ya, tp sebaiknya mmg ada unsur perbandingan dg karya2 sebelumnya, lalu pandangan dari dunia buku di genre tsb. nah utk itu emang butuh pengetahuan yang luas

    ReplyDelete
  23. gara2 rajin browsing jadi males baca buku ya Mas :-)

    ReplyDelete
  24. wow makin berat nih kalo ditambahin dua bagian ini, apalagi kalau buat pengarang pemula yg blm ada bandingan karya sblumnya, agak susah ya Mbak Eva, tambah susah lagi nentuin genre bukunya aja blm tentu bisa sayah hahaha..
    siip thx tambahannya Mbak Eva :-)

    ReplyDelete