Wednesday, July 6, 2011

Tetaplah Bergaul Meskipun Jobless

Tba-tiba saya kangen sekali dengan teman lama saya yang hampir setahun ini putus kontak, saya coba cari nomor HPnya ke teman lain dan menelponya. Nomornya aktif tapi gak diangkat, berkali-kali terus begitu. Saya sms sambil menyebut nama saya di smsnya  juga tak dibalasnya.

Saya coba menghubungi teman lain yang mengenalnya,rupanya teman saya yang tak membalas sms itu saat ini sedang jobless. Dia keluar dari kantornya dengan alasan yang tidak ada yang tahu.
Keadaannya yang jobless hampir setahun inilah yang membuatnya tidak mau lagi berhubungan dengan teman lamanya termasuk saya dengan alasan malu karena jobless.

Kemarin saya chatting juga dengan  teman lama lainnya, saya tanya ke dia, kenapa jarang ikut kumpul-kumpul sama teman SMP,padahal sering ada acara kumpul bareng teman di daerah yang sama dengan dia tinggal.  Ternyata alasannya sama, malu ngumpul dengan teman karena jobless, pengangguran, tidak punya kerjaan.

Tidak mendapat pekerjaan atau kehilangan pekerjaan  acapkali membuat  seseorang menjadi depresi,cemas dan malu.
Juga bisa menyebabkan seseorang tidak memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu di luar rumah,takut digunjingkan sebagai pengangguran dan sebagainya, ujungnya tidak percaya diri untuk bergaul bahkan dengan temannya sendiri.
Saya memakluminya kalau ada orang atau teman yang seperti itu, namun saya menyayangkan hal itu terjadi.
Saya prihatin dengan kondisi teman saya ini, mau bantu mencarikan pekerjaan buat dia bukan hal yang mudah, saya hanya  bisa  bantu dengan memotivasinya berdasarkan pengalaman saya yang pernah beberapa kali jobless dan 2 kali diantaranya menjadi korban PHK.

(*Pengelaman Jobless saya   kapan-kapan aja deh akan saya share *)

Sekedar solusi buat teman-teman yang sedang jobless  :
1. Coba deh jangan mengurung diri di rumah, tetep gaul dan temui teman-teman anda. Kalau malu bertemu dengan teman yang pekerja, coba temui teman2 sesama pengangguran namun positif, siapa tahu mereka juga bosan jadi pengangguran dan mau berubah, sukur-sukur bisa berbagi lowongan kerja.

2. Temui teman yang kira-kira bisa membantu mencari kerja, jangan malu untuk mengatakan kalau sedang jobless

3. Jangan bosan untuk membaca lowongan pekerjaan di koran, di internet, datang karir expo dan sebagainya.

4. Jaga penampilan diri, jangan mentang-mentang nganggur penampilannya acak-acakan. Tetaplah berpikiran bahwa kapan saja panggilan untuk bekerja bisa datang. Jadi, harus tetap memperhatikan penampilan dong, model rambut juga jangan gondrong gak jelas, cara berpakaian jangan dekil, badan juga di jaga, jangan terlalu gendut atau terlalu kurus jadi kesannya gak enak di lihat. Apalagi wajah, harus selalu segar dan bersih, siapa yang mau mempekerjakan orang gendut, dekil, muka layu.

5. Kalau melamar pekerjaan atau mengirimkan CV, sedapat mungkin di CV tutupi kesan kalau kita sedang jobless,tulis saja apa kegiatan anda selama jobless, entah bisnis ini itu atau berkegiatan sosial, seminar dan sebagainya.

6. Yang paling penting, terus berdoa jangan berhenti berharap dan berusaha untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Tidak mau sitgma pengangguran melekat kan ? berfikir positif lah, sadari bekerja itu tidak selalu melulu harus di kantoran dan dengan orang lain atau  suatu institusi. coba ciptakan lapangan kerja sendiri. Mulai saja dari usaha kecil, yang penting positif dan nggak membuat kita berpikir negatif apalagi berbuat negatif..



*gambar : punya ngerumpi.com*

23 comments:

  1. iya bu
    padahal dengan banyak temen, lebih banyak peluang kerja yang bisa kita dapat...
    apalagi kaya aku yang males nyari nyari karena keterbatasan ijasah
    kebanyakan pekerjaan karena ditawari temen

    ReplyDelete
  2. tuh kan mas, dpt peluang pekerjaan dr teman kan.
    sampe rencana kerja ke manaa..eh akhrinya malah ke tengah hutan :-)

    ReplyDelete
  3. hahaha mumet bu kebanyakan yang nawarin...
    ini juga ada tawaran lagi dari kaltim dan sulawesi
    padahal pengennya balik ke jogja...

    ReplyDelete
  4. temannya yang jobless cowok ya teh??

    ReplyDelete
  5. langsung minderan gitu ya Da
    sulit berjiwa besar pdhl dng tetap menjalin silaturahmi, info kerjaan lebih banyak didapat

    ReplyDelete
  6. itu juga yang sering ku bilang ma temen2 kalu kita2 ini yang bekerja jangan suka "nyudutin" yang jobless.. mindernya itu ga ketulungan.. sebaiknya juga yang jobless jangan malu gaul, kan bisa dapat pekerjaan dari info temen2nya toh.. *tapi susah juga ya kalu sudah minder..

    ReplyDelete
  7. punya pengalaman juga dgn bbrp teman dgn kondisi yg sama.
    ada juga yg sering kontak2 Nani tanya kerjaan, berhubung Nani ga punya info apa2, trus diajak kumpul dgn teman2 lain (kan sekarang lagi sering nih teman2 sekolah kumpul2), siapa tahu ada yg bisa kasi jalan keluar, eeh dia ga mau yaudah ga bisa bantu apa2 lagi.

    ReplyDelete
  8. yang nawarin di jogja gak ada ?

    ReplyDelete
  9. Iya..jadinya minder, malu gaul sama temen pdhal ya temen deket juga.
    betul sekali Eda Ros, banyak manfaat dr silaturahmi

    ReplyDelete
  10. Bener, masyarakat juga suka nyudutin yg jobless sih, jadi bikin mrk minder. eh tapi ya yg jobless trus kerjanya cuma luntang lantung yg lbh sering di sudutin, tp kalo yg jobless tp mau bantu kerja apa aja..gak diem aja malah lbh di hargai.

    ReplyDelete
  11. sama nan, aku juga punya pengalaman gitu, ada suami temen jobless, 2x di kasih peluang sama aku udah di cariin sesuai bidangnya, eh koq gak diambil.. entah maunya yg gimana tp gak beranjak , diam aja malah asik main game sehari2 di rumahnya..yo wis, kalo yg macam gini aku gak bisa berkata apa2.. mental yg gini dia sndiri yg bisa ngerubahnya

    ReplyDelete
  12. ada saatnya dsaat jd pengacara.. dana pun cekak abis.. sampe pulsa pun takeda.. hehe jd tanpa sadar menyepi dalam ksendirian.. bukan malu karena jobless,hanya sekedar berhemat sedapat mungkin..
    hehe curcol..
    tp iya loh bu.. awalny smsan..trus janjian..trus yg lain2 dh..
    hehe jd dmaklumi saja ktika ia menarik diri dr peradaban..
    tp saran mb icho bener jg kok...jempol dah mb icho ni..

    ReplyDelete
  13. ada saatnya dsaat jd pengacara.. dana pun cekak abis.. sampe pulsa pun takeda.. hehe jd tanpa sadar menyepi dalam ksendirian.. bukan malu karena jobless,hanya sekedar berhemat sedapat mungkin..
    hehe curcol..
    tp iya loh bu.. awalny smsan..trus janjian..trus yg lain2 dh..
    hehe jd dmaklumi saja ktika ia menarik diri dr peradaban..
    tp saran mb icho bener jg kok...jempol dah mb icho ni..

    ReplyDelete
  14. sayapun pernah ngalami, nanti saya share di postingan berikutnya, untungnya selalu disiapkan sebelum dana sampe cekak abis, harus sdh dpt kerja,doa kenceng juga hahaha..
    iya mengurung diri krn dana habis itu kan hemat juga,yg penting tetep usaha komunikasi untuk cari peluang.
    makasih sharingnya ya Nen :-)

    ReplyDelete
  15. jadi inget... aku beberapa kali dapat pekerjaan karena info dari teman... so, emang harus gaul ya :)

    ReplyDelete
  16. makasih, smoga bermanfaat Jul :-)

    ReplyDelete
  17. Iya Ika.. aku 2x kerjaan dpt info dr temen juga, gaul enak kaaan

    ReplyDelete
  18. pemalu sesal kemudian ya, Teh ...hihihi *ngasal*

    ReplyDelete
  19. hahaha..iya apalagi malu2in Fit

    ReplyDelete