Sunday, April 3, 2011

TEMBERENG

Dulu pelajaran matematika itu termasuk salah satu pelajaran yang kurang saya sukai selain kimia. Jadi ketika anak saya sudah kelas 5, tak jarang saya keteteran mengajarkannya. Selain karena beda cara  mengajarkan (perasaan saya) juga ada beberapa istilah yang kurang saya pahami, seperti istilah yang baru saya temui malam ini yaitu TEMBERENG.

Seno sempat menanyakan, apa itu tembereng ? waduhh mana saya tahu, saya tahunya Pak TIfatul Sembiring. Dan seingat dan seperasaan saya meski saya gak jago-jago banget matematika, tidak ada istilah TEMBERENG di matemiatika, mulai dari matematika SD-SMA.  Dan meskipun mata kuliah matematika di kampus mulai dari Matematika 1-3, Calculus 1-3 sudah berhasil saya lampaui dengan susah payah, juga tidak ditemukan istilah itu. 

Enaknya anak jaman sekarang, apa yang tidak diketahui bisa di cari di internet, tapi efeknya ya jadi dikit-dikit ketergantungan sama Om Google, tak apalah memanfaatkan teknologi yang ada.

Apa itu TEMBERENG ?
Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Pada Gambar 6.3 , tembereng ditunjukkan oleh daerah yang diarsir dan dibatasi oleh busur AC dan tali busur AC.
Kalau Busur dan Tali busur sudah tau dong ya ?
Kalau belum ini saya kasih tahu lagi. 

Busur adalah : garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan tersebut
Sedangkan Tali Busur Adalah :  garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Berbeda dengan diameter, tali busur tidak melalui titik pusat lingkaran


Dari gambar ini. Tali busur adalah garis ST, Busurnya adalah garis lengkung QR, RS, ST, TU dan UQ. Jadi Temberengnya yang mana ? Ya itu v, daerah yang dibatasi oleh busur ST dan tali busur ST.
Lha.. ini dulu saya juga belajar, tapi lupa nama istilah daerah V itu, bukan tembereng deh ah.
Ada-ada aja ya istilahnya koq pake istilah Tembereng, dulu namanya apa ya, ada yang inget ? 
Heran juga kalau teman SMP masih saya hafal namanya, tapi pelajarang SMP gak ada yg nyangkut di otak deh.



 

23 comments:

  1. waduuuuh... Saya jg udah lupa. Tadi saya mikir tembereng adalah nama lain jajar genjang :D

    *bener2 lupa*

    ReplyDelete
  2. Jajar genjang juga nama baru deh Mbak. dulu saya kenalnya jajaran genjang.
    Makasih sudah mampir dan berkomentar ya Mbak ..salam kenal dr Ibu Seno

    ReplyDelete
  3. sama-sama, Ibu Seno :)
    slm kenal jg.

    Btw Bu, matematika katanya pelajaran yg kurang diminati, tp kuliahnya malah matematika :D

    ReplyDelete
  4. Kayaknya emang tembereng deh mbak.. Tadi pas baca judulnya udah kebayang matematika si.. Cumaaaaa.. Gak kebayang apaan tu kikikikikik.. *maaap cuma komen iseng*

    ReplyDelete
  5. Kalo pas kuliah itu karena mata kuliah wajib Mbak.. jadi meski terseok-seok dan pake usaha keras, kudu diambil, itu aja ada yg ngulang karena ketauan nyontek hahaha..

    ReplyDelete
  6. Owwwhhh.. emang tembereng ya Mbak ternyata namanya, jangan2 jaman sekolah kita beda hehehe.. aku kan angkatan 80-an :-)

    ReplyDelete
  7. waduh...gimana nanti saya ngajarin Dzaki yah? *bingung* soalnya bener bener gak suka matematik

    perasaan saya juga baru denger istilah TEMBERENG. saya mah taunya TEMBELEK...xixixixixi

    ReplyDelete
  8. Bapaknya Dzaki suka matematika teu , mudah2an suka ya Teh

    Hahaha.. tadi juga sama saya ingetnya yg itu, cuma jagak sikap aja di depan Seno gak di ceplosin gitu hihihi

    ReplyDelete
  9. Sama. Baru tahu. Saya kira nama penyakit tuh!
    Dulu kayaknya gak dikasih nama tuh, euy!

    ReplyDelete
  10. Sama. Baru tahu. Saya kira nama penyakit tuh!
    Dulu kayaknya gak dikasih nama tuh, euy!

    ReplyDelete
  11. loh kog pada baru tahu ya.. ku tahunya juga itu tembereng..
    elemen lingkaran (L):

    titik pusat (P) titik ditengah lingkaran
    jarijari (R) garis dari titik pusat ke lingkaran
    tali busur (TB) digambar atas itu UR dan TS
    busur (B) semua garis lengkung
    diameter (D) yang membagi lingkaran sama luas
    apotema (A) garis terpendek antara B & TB
    juring (J) daerah antara B dengan 2 R, digambar atas daerah antara QPR
    tembereng (T) daerah antara B & TB, digambar atas daerah V
    cakram (C) semua daerah didalam lingkaran

    *mantan guru matematika

    ReplyDelete
  12. hehehe.. kirain mikirnya tembereng itu makanan sejenis cireng Phoeng :-)
    iya ya dulu gak di kasih nama ya.. cuma di sebutin daerah yg di arsir aja ya

    ReplyDelete
  13. hahaha.. iya baru tahu, setelah gugling di crayonpedia jug baru dpt info sprt di bawah ini dengan lengkap..
    Pantesan aja atuh masih inget Mbak Tintin yang mantan guru matematika :-)

    ReplyDelete
  14. samar2 sih masih inget istilah tembereng :)

    ReplyDelete
  15. sama baru tau juga....ketahuan gak hobi matematik..

    ReplyDelete
  16. ih aku sama2 aja gak inget lho Mbak.. gak pernah ada deh dulu mah

    ReplyDelete
  17. Horeeee.. lebih banyak yang gak tahu ternyata

    ReplyDelete
  18. hah ?? jaman SMA ya.. aduuuh ini anak kelas 5 SD udah di ajarin ginian Mbak

    ReplyDelete
  19. kayaknya baru kenal kata "tembereng" pas SMA bu
    apa pas dulu saya bolosan waktu SD? hehehe

    ReplyDelete
  20. iya jangan2 pas pelajaran matematika ngabur ke kantin ya hehe

    ReplyDelete