Tuesday, April 26, 2011

Tidak !! Untuk Bolos Sekolah Demi Liburan Keluarga

Banyak pendapat di kemukakan teman-teman di milis ketika pertanyaan diatas saya lontarkan ketika topik "Baliiii" menjadi bahan pembicaraan hangat di milis.

Dan saya berani mengatakan "Tidak !!! "  untuk bolos / ijin sekolah demi liburan keluarga jika anak sudah mulai duduk di Sekolah Dasar.
Ijin ke sekolah hanya saya gunakan untuk keadaan yang sangat penting, seperti keluarga sakit, meninggal, atau perkawinan yang harus dihadiri.

Jangankan untuk ijin liburan, beberapa bulan belakangan ini Seno sering sakit di hari Senin karena kecapean berkegiatan di hari sabtu minggu saja saya sudah gak enak hati ketika menelpon sekolah mengabarkan Seno sakit. apalagi sering-sering minta ijin untuk liburan, malu deh saya mah.. kuno ya hihhihi

Tiket promo penerbangan yang banyak di bukan musim liburan sekolah menjadi alasan orang tua kebanyakan untuk mengajak anaknya bolos sekolah.
Saya bukannya gak ngiler lihat tiket promo ke Bali, Jogja, Medan, bahkan ke luar negeri sekalipun. Pengen rasanya liburan bersama anak-anak pas tiket promo itu, lumayan kan ngiritnya, tapi ya karena promo berlaku bukan pas liburan anak sekolah, jadi saya skip saja. Saya pilih berusaha nabung ngumpulin duit buat beli tiket non promo ( meski koq kepake terus  tabungannya hahaha )
Kalau ternyata gak kebeli tiketnya, pilih liburan yang deket-deket aja lah, yang biayanya terjangkau.

Kenapa saya gak mau ngajak anak ijin bolos untuk liburan ?
Itu karena saya ingin anak saya menghargai waktu sekolah, saya ingin anak saya tidak jadi anak yang malas sekolah, yang dikit-dikit ijin gak sekolah. Saya tidak mau dengan mudahnya saya mengajak anak untuk ijin atau bolos sekolah membuat anak-anak saya ketagihan dan tidak menghargai waktu sekolah. Dan bisa jadi kelak dengan mudahnya anak saya ijin / bolos kerja.
Selain itu Seno dan Della bukan anak yang istimewa dalam mata pelajaran, mereka biasa-biasa saja. Jadi kalau ketinggalan 1-2 hari tidak sekolah, Seno dan Della agak susah mengejar ketertinggalannya. Mungkin beda dengan anaknya teman saya yang sering ijin liburan namun tetap jadi juara.  Tapi saya juga tak setuju jika seringnya liburan menjadi penyebab anak jadi juara, karena sering refreshing hehehe..

Sekarang, giliran di sini saya tanya ke teman-teman  apakah meminta izin sekolah untuk anak supaya anak bisa jalan-jalan atau liburan dengan orang tuanya adalah sesuatu yang bisa diterima ?  Apapun jawaban teman-teman pasti ada pertimbangan dan saya yakin itu pilihan terbaik teman-teman untuk anaknya.


 









 
 

50 comments:

  1. nggak usah baca sampai bawah, daku langsung Tossssss !!!

    ReplyDelete
  2. aku juga ngikut tosss..supaya anak bisa lebih bertanggung jawab terhadap kewajiban-nya

    ReplyDelete
  3. daku sangat firm soal ini Cho, nggak boleh berlibur kabur dari sekolah walau disekolah udah tak ada kegiatan pelajaran.

    ReplyDelete
  4. padahal kemaren banyak hari kejepit ya kenapa juga pake bolos libur? ngajarin anak itu mah..

    ReplyDelete
  5. ehm...tahun lalu waktu ke singapur pake' tiket promo itu, Iyog ijin siy dari sekolahnya, 2 hari ..hihihi

    ReplyDelete
  6. asiiik.. akhirnya ada yg ngetosss juga. makasih ya Ed :-)

    ReplyDelete
  7. yep.. itu salah satu intinya Tin :-)

    ReplyDelete
  8. sama Ed.. abis UAS kan biasanya pd males2an tuh, tp di sekolah Seno dan Della sering ada lomba2, sengaja bikin acara gitu supaya gak pd bolos.

    ReplyDelete
  9. biasanya malah pas hari kejepit ngajarin anak bolosnya Mbak :-)

    ReplyDelete
  10. klo udah usia sekolah (SD) tentu sy tidak setuju karna klo kita yg ngajarin bolos gimana mau ngasi contoh ke displinan sm anak..apalagi liburan bukan lah hal "penting" karna msh bisa ditunda di lain waktu pas libur anak-anak

    ReplyDelete
  11. hihihi.. kena deh..
    gak bermasud nyindir.. masing2 ortu punya pilihan dan pendapat Shan..
    nyantai aja :-)

    ReplyDelete
  12. sangat setuju dengan pendapatnya Mbak Diah.. makasih

    ReplyDelete
  13. ponakan2 sampe gedepun sussah banget dirayunya untuk bolos2 yg beginian.

    ReplyDelete
  14. ponakan yang pinterrr.. etek nani gimana siiii..

    ReplyDelete
  15. kalo eteknya kan udah terkontaminasi otaknya jd pikirannya libur mulu :D

    ReplyDelete
  16. hahahaha... jangan kotori otak yg belum terkontaminasi dong etek..:-)

    ReplyDelete
  17. hahahaha... jangan kotori otak yg belum terkontaminasi dong etek..:-)

    ReplyDelete
  18. hahahaha... jangan kotori otak yg belum terkontaminasi dong etek..:-)

    ReplyDelete
  19. Gw termasuk ortu yg strict soal sekolahan, ngerengek sampe glepar2 di lantai gak mau sekolah jg gak akan gw ijinin hihihiih...apalagi bolos demi liburan. No way banget deh!

    Gw selalu bilang sekolah itu kemewahan, gak semua orang bisa sekolah, hargai kerja keras orang tua demi nyekolahin kalian. Target gw pas kuliah nanti mereka hrs bisa support uang kuliah juga huehehehhe,...gak mau rugi dong gw :p

    ReplyDelete
  20. hihihi....santai aja kok Teh Icho
    saya ngerasain jadi anak yg taat banget sekolah, gak pernah sekalipun bolos kecuali sakit gak bisa turun dari tempat tidur
    ngerasanya malah kurang berwarna
    jd skrg biarin aja gak strict2 amat, tapinya anaknya malah gak mau bolos tuh, kesenengen sekolah :-D

    ReplyDelete
  21. ortu ga pernah ngajarin bolos pas waktunya sekolah euy....
    kl aku sih, selama anak masih PG, boleh lah ngajak2 bolos
    tapi kalo dah SD, ga boleh sama sekali :D
    kecuali, aku bikin anak homeschooling

    ReplyDelete
  22. kalo waktu masih TK gw masih toleran anak gak mau sekolah masih gw bolehin, gak gw paksa. tapi pas sd gak mau sekolah gak ada alasan, oo tidak bisa..

    salut dan setuju banget dengan pendapat elo Mel, makin cinta gw sama elo :-)
    target gw kalo bisa anak2 kuliah cari beasiswa sendiri..

    ReplyDelete
  23. aku masih toleransi same TK Din.. PG gak papalah, masih maen2 kan :-)

    ReplyDelete
  24. hihihi.. iya sih emang Shan, kurang berwarna ya kalo gak pake bolos, maka nya aku juga pas sma itu liat temen2 pd bolos akhirnya nyobain juga deh bolos :-)
    dan keterusan deh kuliah dan kerja juga sering bolos..
    tp tetep deh buat anak mah wajib sd - smp minimalisasi mbolos/ijin

    iya emang, anak2 skrng malah seneng sekolah, sakit aja maksain diri tetep sekolah, krn lbh bnyk temen di sekolah

    ReplyDelete
  25. sepakat kalo gt dengan aku Yun.
    Homeschooling sepertinya blm cocok untuk anak2ku hehe..

    ReplyDelete
  26. Bolos klo cm sesekali misal setahun sekali keknya aq msh toleran deh, tp bolosnya cukup sehari aja gitu hihihi

    ReplyDelete
  27. sangat setuju dengan pendapat Teh Icho. dulu juga orangtua mengajarkan saya begitu. bahkan kalaupun sakit, masih harus sekolah selama masih bisa jalan kaki (makanya dulu saya pengeeeeeeeeeeeeen banget sakit berat sampe dirawat di rs, supaya bisa merasakan bolos sekolah...hehhee...tapi gak pernah tuh)

    ReplyDelete
  28. Pas TK gini kita pernah bu ijin libur lebih awal dari liburan sekolah untuk liburan keluarga, kalau sudah SD kayaknya nanti sudah mulai susah bu karena lebih ketat...
    Kenapa ya bu promo tiketnya suka pas paas sama anak sekolah huhuhu :(

    ReplyDelete
  29. secara anakku masih tk aku masih agak flexible jeng msl ijin ga masuk sekolah walo ayahnya kadang ga sepaham dgnku hehhehhe. nanti kalo anakku sdh sd sayapun setuju dgn pendapatmu jeng.

    ReplyDelete
  30. setujuu!!...orang tua saya dulu gitu, gak boleh bolos sekolah kalau bukan alasan yg sangat2 penting

    ReplyDelete
  31. boleh laaahhh... toleransi dikit

    ReplyDelete
  32. hihi..ibus aya juag gitu, kalau sakit cuma flu dan pusing dikit mah tetep kudu sekolah, kalo udah ngeluh pusing banget baru deh boleh gak sekolah.
    Nah sy mah tadinay mau toleran sama anak, kalo pusing gak usah sekolah boleh.. eeeh anaknya malah yg mau sekolah terus, sampe sering di suru pulang sama gurunya kalau sakit tetep sekolah..

    hiks.. dulu pernah pengen gitu tuh, pengen deh sakit di rawat di rs biar bisa gak sekolah lama.. eh beneran di kasih lho sama Allah, sakit 29 hari :(

    ReplyDelete
  33. Iya Jeng Esti.. masih TK or PG mah malah gak usah di paksa kalau gak mau sekolah, atau nyantai aja ajak kemana2 pas hari sekolah, yg penting telpon / ijin guru.. aku juga sering koq dulu gitu waktu anak2 TK

    ReplyDelete
  34. Oh iya Brandon belum masuk SD ya Bun ?
    iya biasanya sudah SD sekolah lbh ketat aturan untuk ijinnya ya Deb.. jadi manfaatin sisa waktu di TK hhehehe

    extremnya niiiih.. setan sudah makin pintar, menggoda kita lewat cara itu, bikin tiket murah pas bukan liburan anak, makin gede godaannya kaan.. hehehe

    ReplyDelete
  35. Siip.. jd masih ikutin ajaran ortu ya.. gak kuno2 amat kan kita kalo tetep berpegang pd ajaran yang baik ya fit.. :-)

    ReplyDelete
  36. serba salah memang bu...
    musim liburan semuanya bisa jalan, tapi tiket pasti mahal
    di tujuan pasti umpel umpelan...

    ReplyDelete
  37. Iya.. memang serba salah sih.
    cari tempat yg gak terlalu umpel2an lah :-)

    ReplyDelete
  38. jangankan liburan jauh
    saya di jogja mau keluar rumah di hari libur aja males macetnya
    kayaknya harus liburan ke pedalaman kalimantan bu
    sepi nyenyet, heheh...

    ReplyDelete
  39. Iya jogja kalo pas musim liburan ampun deh ruamenya.. pinter2 cari celahnya aja deh

    naaahhh gentian yg dr jogja di ajak liburan ke pedalaman kalimantan hehehe.. sepi tenan

    ReplyDelete
  40. hi hi hi ampe sini ya diskusinya...untuuuuuuuung gw dulu tinggal di Bali ya jadi ga usah ngiler ngiler ma tiket promo... wkwkwk klo tiggal diluar bali ato emang punya duit buat liburan eluar negeri sih kayaknya bakal tergoda jugaa, kapan lagi gitu lhooo... Jaman Rifqi PG/TK sering aku ajak ijin ke semarang klo ada laporan eyangya lagi males makan ato kayak lagi males ngapa ngapain... pas aisha TK juga msih sering kuajak pulang, manjur sih jadi eyangnya semangat ada yang dijahilin lagi :0 .. setelah eyang kungnya ga ada, bersyukur rasanya dulu msi bisa rada sering bawa cucunya dateng, kakak2 yang lain nggak seberuntung aku karena jarak yg jauh dan biaya yang nggak sedikit klo mau nengok ke jawa... cucu paling kecil malah blom pernah dilihat eyangnya sejak lahir :(

    ReplyDelete
  41. Berarti nasib anak sedang kurang bagus.
    Jangan kuatir, kesempatan masih banyak. Yang penting sekolah yang pinter.

    ReplyDelete
  42. pengen tau pendapat ibu2 & bapak2 di sini Oni.. :-)

    Bersyukur deh masih punya eyang yg bisa dikunjungi, apalagi skrng udah kumpul terus sama eyang ya.
    Tp gak tau juga nih kalo anak2ku jauhan sama bapanya, bisa jadi juga bolos2 sekolah demi ketemu bapaknya.. itulah sebabnya sedapat mungkin si babeh gak kerja jauh2 :-)

    ReplyDelete
  43. kurang bagus, krn gak boleh bolos ya Mbak :-)

    iya deh yg penting sekolah yg rajin, biar pinter :-)

    ReplyDelete
  44. iya...masih lah,Teh...kalau yang baik2 dan bermanfaat kenapa harus dibuang demi sebuah kemodern-an :)

    ReplyDelete
  45. setubuuhh eh setujuuu da
    sungguh aku setuju

    ReplyDelete
  46. trima kasih sudah sepehahaman Eda Ros.. :-)

    ReplyDelete