Wednesday, July 22, 2009

Lagu Daerah

Entah apa sebabnya malam kemarin Della minta saya nyanyi lagu berbagai versi, mulai dari lagu pop, rock, dangdut, sampai lagu daerah.
Mulanya Della gak ngerti jenis2 lagu, dia cuma minta, ibu bisa lagu cinta fitri gak ?
(ini saya kategorikan lagu pop ) , duuh saya gak bisa lagu itu, saya ganti dengan lagu pop lainnya.
dilanjut lagi dengan permintaan, ibu bisa nyanyi lagu yang teriak2 gak ?
(dan ini saya kategorikan lagu jenis rock), dan saya nyanyikan lagu Bias Sinar Teh Nicky.
Dilanjut lagu della minta lagu dangdut, permintaannya sih lagu "malam ini malam terkahir bagi kita " dooh.. ini Della tahu lagu dangdut ini dari mana ya.. pasti si Teteh.
Saya gak kabulkan krn saya juga cuma inget dikit lagu itu, saya lebih suka lagu "Bunga Nirwana" .. Aduhai bungaaa.. bunga nirwana, tempatmu jauh di atas awan.
atau lagu dangdut  "Bunga Dahlia".. engkau bunga pujaan oh bunga dahlia..

Sampai beberapa lagu, sampe bapanya masuk kamar, dan pura2 menekan tombol off untuk mematikan radio rusak ini. Tapi di putar lagi kasetnya oleh Della, dengan request lagu2 daerah seluruh Indonesia.. haduuuh ini request yang berat, tapi  sebagai penyanyi kita harus profesional, lagu jenis apapun harus di kuasai.
Akhirnya.. mulai lah saya pilih2 lagu dari NAD sampai Papua..
Dari Beungong Jumpa, Erkata Bedil di kota Medan, Kambanglah Bungo,  si Jali-jali, manuk dadali, gambang suling, ( Bali di skip krn saya gak bisa lagu bali, baru ke inget ada lagu Denpasar moon ), lagu Kota baru gunungnya Ba Mega (bukan bu Mega ),Anging mamir, sio nona yang padede mari rapat kamarie ( ini judulnya apa ya ? ), terakhir lagu Apuse kokondao..
eh Della nyeletuk, koq lagu garuda di dadaku ? hehehe.. betul nak, lagu Garuda di dadaku emang nyontek dari lagu ini.

Setelah selesai nyanyi, saya berfikir, ternyata sedikit sekali lagu daerah yang saya kuasai.
Hmm.. PR saya, next time ke gramedia saya harus beli buku lagu2 daerah.
Bukan buat saya aja, tapi juga buat anak2 saya supaya mereka makin mengenal lagu dan kebudayaan daerah Indonesia dan makin cinta dengan negaranya.





20 comments:

  1. Anak sekarang kan kenalnya lagu "tak gendong ke mana-mana..." atau "....lupa lupa aku lupa syairnya..." he he he....

    ReplyDelete
  2. Emang Bah.. duh, kalo ada lagu itu anak2 saya malah ngakak2 ketawa

    ReplyDelete
  3. hihihihi koleksi lagu daerah gw juga teramat dikit...
    lagu garuda di celanaku eh dadaku bagian reff nya emang dari lagu daerah lalu menjadi theme song Jak mania..[bersambung kalo inget :p]

    ReplyDelete
  4. Oh.. theme song Jak mania itu toh, koq gak pake lagu si jali2 aja yah :-p

    ReplyDelete
  5. temenku minggu kemarin ngajaki nyanyi ini "Kota baru gunungnya Ba Mega "
    Saya tak bisa :(

    ReplyDelete
  6. request dong,...lagu fave gw,..buteeeeet di pangunsiang do apangmu ale buteeet

    ReplyDelete
  7. hihi... belajar lagi Mbak, nih syairnya, iramanya kan bolak balik aja hehehe

    Kotabaru gunungnya Bamega
    Bamega ombak manampur di sala karang
    Ombak manampur di sala karang
    Batamu lawanlah adinda
    Adinda iman di dada rasa malayang
    Iman di dada rasa malayang

    Pisang silat tanamlah babaris
    Babaris tabang pang bamban kuhalangakan
    Tabang pang bamban kuhalangakan
    Bahalat gununglah babaris
    Babaris hatiku dandam kusalangakan
    Hatiku dandam kusalangakan

    Burung binti batiti di batang
    Di batang si batang buluh kuning manggading
    Si batang buluh kuning manggading
    Malam tadi bamimpilah datang
    Rasa datang rasa bapaluk lawan si ading
    Rasa bapaluk lawan si ading

    ReplyDelete
  8. hadooh.. kalo lagu butet gw agak2 lupa..
    inget separo aja Mel, maka nya gak gw nyanyiin.
    buteeeet, di pangungsian do apangmu ale butet
    damar gurilla damar darurat ale bute..
    i doge doge doge.. idoge iiii doge doge doge.

    haddddooooh si butet Sitorus sama Hutapea pada kemana nih hihi

    ReplyDelete
  9. ...geuning Ceu Icho teh penyanyi...
    *multitalenta euy :D *

    ReplyDelete
  10. Nantang neh DA?
    ini neh...
    BUTET... DIPANGUSIAN DO AMANGMU ALE BUTET
    NA MARGURILLA DA MARDURAT ALE BUTET
    MUSUTTAI IKKON DO TALU ALE BUTET

    BUTET...HARU PATIBU MA GODANG ALE BUTET
    ASA ADONG DA PALANG MERAH ALE BUTET
    MUSUTTAI IKKON DO TALU ALE BUTET (kl gak salah neh)

    IIIDOGE DOGE DOGE DOGEEEE.... IDOGEIIII DOGE DOGE ... 2X

    itupun stlh nanya emak gw di medan wekeeekeke


    ReplyDelete
  11. penyanyi kamar aja hehehe... :-p

    ReplyDelete
  12. bwhahahaha.. akhirny akeluar juga Hutapea 1 .. masih ada 1 butet hutapea laennya *lirik mama medy*
    buseeet..mesti nanya emak di medan dulu yaaa hahaha.. gawat

    ReplyDelete
  13. lagu daerah saya ini Bu icho

    Ini dia si jali-jali
    lagunya enak, lagunya enak merdu sekali
    ini dia si jali-jali
    eh, sayang disayang
    lagunya enak merdu sekali

    capek sedikit tidak perduli sayang
    asalkan tuan, asalkan tuan senang di hati :)) :)) :))

    ReplyDelete
  14. eda, yg mana hutapea 1 lagi??
    addressnya donk.......(keluar neh nepotismenya)

    ReplyDelete
  15. hihihi.. bisa juga.
    kalo aku malah apalah lagu "nyok kite ngarak ondel ondel nyooooookkk "

    ReplyDelete
  16. belom muncul nih.. mama medy mana yaaaa

    ReplyDelete
  17. dulu pernah punya buku yg isinya lagu2 daerah
    ada bbrp jilid deh
    ntah lah, ada dimana sekarang :D

    ReplyDelete
  18. Sama Yun.. waktu SD aku juga punya tuh , tp pasti sudah entah ke mana :-)

    ReplyDelete