Wednesday, July 22, 2009

Kenangan Smanduta ( di tulis dalam rangka ultah Smanduta )


Ini tulisan yang saya kirim ke milis smanduta, atas permintaan eh bukan permintaan tapi tantangan dari junior2 di smanduta.
Sebetulnya sudah banyak yang hampir saya lupakan kisah2 masa di SMA ini, ini adalah sebagian kecil yang saya  ingat..

Test Masuk Smaduta

Setelah menyelesaikan SMP di SMP 5 Perumnas Tangerang ( skrng SMP 6 ). Sebetulnya antara bingung dan sedikit males saya akhirnya ikutan juga test masuk SMA 2. Sebetulnya saya pengennya masuk SMT Pertanian, cita2 dari dulu pengennya jadi Insinyur Pertanian, supaya kelak siapa tahu nanti berjodoh dengan dokter PTT :-p
Kenapa pilih SMA 2 , krn teman2 dari sempel lebih banyak yang pilih masuk ke sini. Dan konon kabarnya anak2 SMA 2 lebih gaul dan lebih berkarya di bidang seni di banding SMA tetangga.
Test masuk di adakan di GOR , sudah seperti Sipenmaru (UMPTN skrng ) aja deh, pesertanya buanyak... yang keterima ada 9 kelas.

Masa Orientasi Siswa ( dulu di sebutnya Masinal , tapi saya lupa singkatannya apa ).
Mungkin kira2 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, ini pertama kali nya saya ikuti , karen masuk SMP dulu gak ada MOS2-an.
Pakaian Wajibnya  putih putih dengan kaos kaki merah putih, dengan topi kukusan dan kuncir dengan pita warna warni untuk wanita,. Sedangkan untuk Pria Celana panjang putih di gulung satu sampai dengkul dengan kaos kaki merah putih juga dan tetap pakai kukusan sebagai topi. Itu sebabnya yang wanita mendapat julukan kuncir dan yang pria mendapat julukan kuncung.

Saya agak2 lupa apa saja yang di lakukan ketika MOS itu, yang pasti tidak ada kekerasan di situ, paling2 senior iseng yang so’ galak yang ngerjain juniornya.
Saya Cuma kebagian jadi model aja, berkeliling bersama seorang pria (namanya Au kalo gak salah tapi di kelas 2 dia pindah ke Bandung. )
Cerita lainnya lupa.. oh ya malam terkahir atau malam api unggun menjadi malam yang haru biru dan kita menjadi semakin dekat dan akrab dengan teman se angkatan maupun dengan senior.
Ada cerita juga di balik Rok yang saya pakai, di sempel sebetulnya gak ada pakaian wajib rok putih sejak sempel berganti seragam warna coklat susu, itu sebabnya saya pakai rok putih sisa2 kakak saya.
Di rok tersebut ada tulisan ‘MAUKAR’.
Pada saat saya pakai rok itu di masa MOS, ternyata ada satu senior saya menanyakan apa arti MAUKAR di rok saya. Saya jawab gak tahu, ini rok kakak saya.
Gak lama kemudian, Seniro saya memanggil sesorang lewat toa ‘Kepada Kak Maukar, di tunggu di sini.. “
Whaaat ?? jadi Maukar adalah nama seorang senior di Smanduta. Untung Kak Maukar yang di cari tidak ada di tempat hehee.. tapi sejak itu saya tidak pernah lagi memakai rok itu lagi.
(btw sekarang saya malah akrab dengan Maukar dan  gak pake kakak lagi ah manggilnya )

MOS Selesai, akhirnya sayapun duduk di kelas I.6 dengan wali kelas Ibu Mursidati guru Bhs Inggris.
Waktu itu kelas 1 masuk siang, jadi tidak terlalu ada kendala untuk keberangkatan ke Sekolah.
Baru beberapa minggu  saya duduk di kelas I.6, saya terserang sakit yang menyebabkan harus di rawat di rumah sakit selama kurang lebih 2 minggu.
Tapi sungguh saya baru merasakan, teman yang baru di kenal di masa SMA sudah terasa begitu dekat karena mereka rela membesuk saya jauh jauh dari Tangerang ke RS Islam Cempaka Putih. Ini yang tidak pernah saya lupakan buat teman2 di kelas I.6
Btw lumayan juga di smester 1 ini, dengan jumlah sakit yang 29 hari saya masih bisa masuk 10 besar.. gak nyangka deh

Oh ya di kelas 1 ini Smanduta belum punya mushola, jadi sholatnya Ashar di lakukan di mesjid attaqwa , tapi saya lebih suka numpang sholat di panti asuhannya.
Bisa numpang sholat, kemudian tiduran sebentar atau main2 dengan anak PA situ.
(sebetulnya sih ngecengin anak PA yg guanteng itu hehehe..kemana ya dia skrng )

Smester 2 mulai penjurusan, berdasarkan pilihan sendiri dan berdasarkan hasil seleksi juga akhirnya saya bisa masuk jurusan IPA, dan duduk di kelas 1 IPA 3.
Saya pikir di kelas 2 nanti temannya akan di pisah, ternyata engga, mulai penjurusan sampai tamat SMA, kita terus satu kelas. Ini yang menyebabkan kita begitu dekat satu sama lain dengan teman sekelas.

Kelas 2 sudah mulai masuk pagi, dan kesulitan menuju sekolah seringkali terjadi. Bukan kendala listrik yang belum masuk Desa saya, kebetulan saya tinggal di perumnas yang listrik sudah masuk Perum sejak saya tinggal di situ sekitar tahun 80an.
Yang susah itu angkot. Waktu itu pelajar adalah musuh angkot, sopir2 angkot sering kali sombong gak mau angkut pelajar meskipun saya sudah melambai2kan tangan dengan 2 ratusan ( umum bayar 200, pelajar 100).
Angkotnya belum ada R11, baru ada 01 dan 02 aja, dari Perum masih muter di Cimone, lanjut ke Ps Anyar, turun kalo punya duit dan udah telat, turun di depan kolam renang naek becak atau jalan kaki.
Turun di Pasar Anyar ?? hampir jarang di lakukan, selain macetnya luar biasa, pasar anyar di pagi hari bikin sepatu kotor.
Karena susah angkot itulah saya sering telat datang ke sekolah. Beberapa kali saya kepergok pak Ito kepala sekolah yang rajin menunggu muridnya di gerbang sekolah dan menyapa “Selamat siang Cholishoh , koq telat, dimana rumahnya, jam berapa dari rumah ?, besok lebih pagi lagi ya dari rumah “
Maaf ya Pak Ito.. karena saya berbohong ngaku tetangganya Romli dengan menjawab
“Pagi pak.. rumah saya di curug pak, saya dari rumah jam 5.30, baik pak besok habis subuh saya berangkat”

Pulang Sekolah  ini yang paling di suka.. biasanya bareng rombongan anak2 perum
(Retta, Yadi, Ndang, Ika, Wedsi, Rohili  ) jalan lewat rel kereta api sambil menikmati bau kecap dari parik kecap di pinggir rel , Cuma harus hati2 karena banyak ranjau juga di sana.
Biasanya gak langsung pulang, kadang mampir dulu di merdeka dan naek angkot di bunderan Jam Damatex, anak2 cowok perum yang ganteng2 biasanya nongkrong di situ :-p
Semua pelajaran saya suka, kecuali pelajaran OR, paling gak suka!
Semua guru berkesan, terutama Bu Nani guru biologi, beliau guru Idola saya sampai sekarang , beliau gak geli pegang kodok sementara saya dan beberapa teman teriak2 krn kodoknya meskipun sudah di belek tetep ada yg loncat.

Dulu pernah praktek bikin patung kuda, hasilnya jadi patung badak, pernah bikin batik critanya model tangan sedang berdoa.. jadi nya tangan hulk krn lilin malamnya bleber ke mana2.
Pelajaran Praktek fotographi sangat menyenangkan, krn cari objek fotonya sampai ke air terjun pelayangan, syarat objek yg di ambil banyak bener sih, benda bergerak cepat, benda bergerak lambat, cahaya biasa, cahaya abstrak, pemandangan dengan cuaca pagi an sore.
Berkat berbagai pelajaran praktek di SMA itu, sampai sekarang saya menyenangi hal2 di atas, membatik dan photo, tapi foto narsis :-p
Saya juga sempat ikut di hipacita ( Himpunan Pencinta Alam smanduta ), ikutan juga jadi team redaksi majalah Hipacita yang waktu itu di pimpin Mbak Uni Lubis.
Hmm. berarti bakat jurnalistik Mbak Uni Lubis memang sudah dimulai sejak di majalah sekolah ini.

Kelas 2 adalah masa2 ancur saya dalam bidang akademik, jadi gak layak di ceritain, intinya ranking saya melorot jadi ranking ke 29.

Kelas 3, masa2 sibuk persiapan ujian , jadi banyak les ini itu di sekolah maupun di luar sekolah. Di Luar sekolah bersama beberapa teman kelas lain saya les, guru pengajarnya pak Effendi, Pak Aris dan Pak Parni. Les Mat, Fis dan Kimia.
Tujuannya supaya lulus dan masuk PTN..Sayangnya saya ‘agak’ sering bolos les.
Jadi bisa dimaklumi kalau dari dari semua peserta les, Cuma saya dan satu orang teman yang gak masuk PTN.. lainnya keterima di ITB, IPB , UI dan ITS
Ini hal yang paling di sesali oleh saya..

Tapi saya sedikit terhibur, meskipun saya gak masuk PTN, saya bahagia bisa punya teman2 se kelas yang kompak, yang baik2 dan solid, bolos bareng ke bogor, pulang sekolah naik motor rame2 ke tanjung pasir, mancing di kolam pemancingan di kampung melayu, naik truk rame2 ke sudamanik itu kegiatan kebersamaan kita kalau 2 jam pelajaran terakhir gurunya berhalangan. Atau sabtu minggu kemping di Tanjung kait dekat tepekong.
Jadi gak aneh di antara teman sekelas kami tidak ada yang pacaran sesama teman sekelas, udah gak ada rasa lagi sama temen sekelas mah..

Di akhir masa SMA, kalau kelas lain mengadakan malam perpisahan dengan menginap di villa atau mengadakan pesta perpisahan kelas dengan disko2 ( eh dulu musim ya disko2 )
Kelas saya yang kebanyakan siswanya bukan orang kota Tangerang hehehe.. mereka lebih memilih naek gunung dan kemping, sayangnya ijin kemping dan naek gunung tidak di berikan oleh pihak sekolah jadi tidak ada guru yang mau jadi pendamping.
Tapi.. berbekal niat dan keinginan bersama, kelas saya nekat menyewa truk menuju curug cilember dan kita kemping 5 tenda di sana. Kemping yang seruuuu .
Dan.. ternyata ketika reuni 2008 kemarin bertemu kembali dengan teman2 se kelas, pengalaman kemping perpisahan adalah pengalaman yang paling tidak terlupakan.


Begitulah teman2, sepenggal kisah saya selama di Smanduta tercinta..
Begitu banyak kenangan pertemanan di sana..
( kenangan percintaan gak usah di critain yeeee )
Begitu tidak mudah untuk di lupakan..
Trima kasih Smanduta... Selamat Ulang Tahun.. semoga Smanduta tetap Berkarya






 


8 comments:

  1. weh weh weh...
    ada juga cerita 'pemanfaatan 2 jam terakhir' di jamanmu, Ceu Icho :D
    *sayah juga ngalamin :D *

    ReplyDelete
  2. ada kang.. anak2 negri gitu kan hehehe

    ReplyDelete
  3. aku punya foto waktu POSMA nya tuh bu

    ReplyDelete
  4. Mana ?? boleh dooong di share fotonya hihi.. aiih akhirnya dirimu punya account MP juga Kang :-)

    ReplyDelete
  5. sharing ke mana bu.... ( yang gw inget Dain dan Iin deh .. he he )

    ReplyDelete
  6. Biasaa.. di imel boleh, di Gtlak boleh. di FB grup boleh hehe

    ReplyDelete