Saturday, May 16, 2009

Sunda Tangerang

Saya sebetulnya bukan urang sunda asli , ngaku2 aja urang sunda, karena bahasa daerah yang sedikit saya kuasai itu adalah bahasa sunda.. dan itupun saya kuasai karena masa kecil saya tinggal di daerah Tangerang.
Ada orang yang bilang  Tangerang  atau Banten sekitarnya itu bukan sunda.
Berdasarkan pengalaman teman lain ( di milis urang sunda ) yang pernah tinggal beberapa tahun di Banten, setelah Banten merdeka dari Jawa barat, terlihat ada 2 sikap diatara beberapa elit Banten (meskipun tidak mewakili masyarakat Banten pada umumnya ) merasa ada hubungannya antara Banten – Sunda. Dan menyebutkan bahwa Banten itu ya masih sunda juga, tidak ada bedanya dengan masyarakat sunda lainnya di Jawa Barat.
Meskipun Banten pisah dari Jabar, itu  hanya pisah secara administrasi dan kewilayahan aja. Orang Banten tetap “penutur bahasa sunda aktif dan pelaku budaya aktif’
Sikap ke dua, terasa lebih bersemangat, karena ‘Banten  bukan sunda”. Banten harus punya cirri khas tersendiri. Bahasa sunda banten atay bahasa jawa banten bisa dijadikan identitas mandiri. Begitu juga dengan kesenian, pakaian adapt Banten punya cirri tersendiri
Itu kata2 (di imel siapa ya saya lupa ) yang pernah saya baca di  milis urang sunda.

Bagaimana menurut saya  sendiri ?
Ah menurut saya mah, Banten , Tangerang dan sekitarnya ya termasuk Sunda juga.
Terserah orang priangan atau Jawa Barat sana bilang Banten bukan sunda, tapi orang Banten yang berbahasa sunda bisa nyambung kok ngomong sama urang sunda Jawa Barat. Perbedaan bahasanya  tidak terlalu banyak kok, meskipun mungkin ada beberapa kata yang membuat olohok bengong warga jawa barat karena tidak mengerti maksudnya. Atau juga dialeknya yang terlihat lebih kasar (khas pendekar hehehe ) dibanding dialek orang Jawa Barat yang mendayu dayu. Dan buat saya sungguh menyenangkan bisa belajar bahasa Sunda dengan kedua dialek tersebut dan pemakaiannya saya sesuaikan dengan keadaan. Kalau berbicara dengan urang sunda Jawa Barat, maka saya mencoba sebisa mungkin untuk menggunakan bahasa sunda dialek jawa barat meskipun  bagi mereka dialek saya terasa aneh di dengar, gak apa2 namanya juga belajar, itu sebabnya saya suka sekali milis urang sunda yang mewajibkan memposting dalam bahasa sunda. Dari milis itu juga saya belajar bahasa sunda halus dan hasilnya ketika bertemu keluarga saya dari Sukabumi atau Sumedang, mereka menilai bahasa sunda saya sudah lebih gaya dan meliuk-liuk dibanding waktu saya SMA.

Kenapa.. ya dulu bahasa sunda yang saya pakai bahasa Sunda Tangerang.. bahasa sunda ala Banten.
 

Tadinya saya merasa senang saya semakin bisa berbahasa sunda ala Jawa Barat, tapi kemudian berubah menjadi sedih karena merasa kehilangan bahasa sunda ala Tangerang.
Ketika melihat  anak-anak bibi saya yang dulunya berbahasa sunda Tangerang, sekarang sudah tidak lagi menggunakan bahasa sunda Tangerang. ( kalo di keluarga saya Cuma satu kakak saya yang gak berbahasa sunda sejak kecil , lainnya berbahasa sunda Tangerang sampai sekarang ).  Kemudian teman-teman SMA saya yang dulu masih berbicara bahasa sunda, sekarang tinggal beberapa orang saja yg masih berbahasa Sunda Tangerang diantaranya  teman saya Alul namanya. Alul sejak SMA sampai sekarang tetap konsisten berbahasa sunda Tangerang dengan teman-temannya termasuk dengan saya, meskipun mungkin di sebagian telinga orang-orang yang mendengarkan kita bercakap cakap ketika makan di lippo karawaci yang mayoritas penduduknya bukan orang Tangerang asli tapi saya dan Alul cuek dan tetap berbahasa Tangerang.

Sayangnya ketika saya tanyakan ke Alul apakah anak-anaknya berbahasa Tangerang juga ? dia bilang ‘jeeeuuu hese cho,nyana mah  embungeun make bahasa sunda, isineun jasaaa,’
Ada tambahan ‘jeeeuu’ dan ‘jasa’ yang khas dari bahasa sunda Tangerang yang membedakan dengan bahasa sunda Jawa Barat.
Demi kecintaan saya pada bahasa Tangerang, setiap kali bertemu teman SMA yang mayoritas orang Tangerang asli, sekarang saya biasakan berbahasa sunda Tangerang.
 
Sedikit perbedaan bahasa sunda Tangerang / Banten dan sekitarnya dengan bahasa sunda Jawa Barat yang saya ingat  ( *urutannya , sunda tangerang – sunda Jabar – Indonesia)
 
Kebel = Lila = Lama
gati = Hese  = susah
ja  = Da = mah
marah = ngambek
tilok = tara = tidak
haliwu = rebut = repot
lalagaan = loba gaya = banyak gaya/becanda
Embung = alim = gak mau
Engke = engkin = nanti
Nyana = anjeuna = dia
Aing,urang = abdi = saya
Lamun=upami= kalau
Kekenceng=katel=penggorengan
Noong = ningali = melihat
Geura = geuwat = cepat 
Laju = terus = selanjutnya
Amat = Pisan = sangat
Hakan = tuang/dahar = makan
Dangdeur = sampeu = singkong
Pan = naha = kenapa

Ini bahasa sunda daerah serang dan sekitarnya
doang =  siga = seperti
buri = Tukang = belakang
cacahan = Ngobrol = ngobrol
endung = embung = gak mau
dia = anjuen = kamu 
jojodog= dingklik

Ayo yang ngaku orang Tangerang asli ada yang mau ditambahin gak bahasa sunda Tangerangnya  ?

 
 
 

 

26 comments:

  1. komo deui sayah mah ngarti Sunda teh dari pergaulan dan di sekolah ajah. Jadi ngga terlalu banyak ngarti Sunda sebenernya mah...hehehehe

    ReplyDelete
  2. senang ya bisa berbahasa daerah...

    ReplyDelete
  3. Sampurasun, kulan.....
    Aja klalen........tilok hakan dangdeur ngaing mah he he he he.....
    Cag ah...sunda awaking, sunda pakusarakan.......

    ReplyDelete
  4. ooo .. *manggut-manggut..
    Gue kalo ketemu temen sama-sama org jawa juga prefer berbahasa Jawa.. lebih akrab gituhh,,

    ReplyDelete
  5. Oh.. kirain di rumah dan sekitarnya pake bhs sunda oge Teh, kan sukabumi tea hehehe

    ReplyDelete
  6. ya.. dkit2 Ika, Kalo Ika bahas daerahnya apa ?

    ReplyDelete
  7. rampes.. kula mah rek ngahakan dangder nu di kulub bae ah

    ReplyDelete
  8. gw juga kalo ketemu orang jawa ya gw usahaib berbahasa jawa Da
    meskipun setelah itu gw terbengong bengong gak ngerti hahaha

    ReplyDelete
  9. Ika ngerti bahasa Jawa, tapi gak bisa ngomongnya,Bu... Pas ketemu Ida Riffat aja tuh baru mulai nulis dikit2 pake bahasa Jawa. Itu aja masih banyak salahnya, belum lagi kalo niru aksen Jawa Timuran, makin ancur deh,hehehe...

    ReplyDelete
  10. jeeuu , wedeee ....bikang aing keur daang ....ha..ha...

    Saya orang bogor ....sudah menetap di Citra Raya Sejak 2005 ...tapi tinggal di tangerang sejak 1997 ..... selalu saja tersenyum2 kalo denger orang asli tangerang ngobrol.... yg menurut bahasa sunda terdengar sangat kasar dan (maaf) bahasa sunda pasar ...yg paling ngga saya suka tuh kalo nyebut istri atau pacar ..di sebutnya bikang ..karena menurut bahasa sunda itu artinya betina (bahasa untuk binatang)

    ReplyDelete
  11. jasa tuh setahu saya artinya banget .... contoh
    sok jasa = sok banget
    pas jasa = pas banget

    ReplyDelete
  12. Wah, bagus dong Ida Riffat mah emang jagonya boso jowo hihi.
    Aksen jawa timuran asik lho di dengernya, akrab gitu

    ReplyDelete
  13. Waduh kang aa.. eta bikang kunaon di bere daang dangdeur hahahaha

    Yah begitulah Aa, suka gak suka ya dengernya, krn bagi mereka yang di sana pengucapan yg dianggap kasar buat sebagian telinga buat mereka mah biasa hehe
    oh iya bikang buat binatang ya hihihi.. ampun juga deh

    ReplyDelete
  14. Klo bhs sunda saya mah msh ngaco teh:-D

    ReplyDelete
  15. campur bahasa Padang ya Nan hihihi

    ReplyDelete
  16. yg paling khas ya ituuuu...jasaaaaa....cantik jassaaaa...lama jassaaaa...hahaha

    ReplyDelete
  17. Koq tahu ?? emang Mbak Diah tinggal di mana ?

    ReplyDelete
  18. daku kan di cipondoh teh tp abis nikah dulu penrnah ngontrak setahun di teluk naga kp.melayu..dohh msh kampung bgt. ya tiap hari denger omongan kek gini. hehe

    ReplyDelete
  19. dialeknya belum pernah dengar, tapi kalo pilihan kosa katanya unik juga...
    paling kalo ketemu/ ngobrol sama orang dari Serang, Rangkas...
    unik :)

    ReplyDelete
  20. Medy di sekolahnya ada pelajaran bhs Sunda, secara tinggal di Bekasi, gak tau deh Sundanya dr mana, sunda Bekasi kalee

    ReplyDelete
  21. Oh iya ya.. Ocip ( Orang cipondoh ), tuh tetanggaan sama Kang Adi hihi
    Kalo Teluk naga dan kampung dangdut malah lebih aneh lagi. itu agak2 betawi juga

    ReplyDelete
  22. Kalo sekarang2 mungkin udah menjelang hilang kang, paling oprang2 tua aja yg masih ngomong dengan dialek sprt ini..

    ReplyDelete
  23. Medy bisa gak bahasa sundanya ? kalo gak bisa les aja sama ibu seno hehehe
    kebalikan dari Seno nih, Seno di sini temennya banyak orang Batak, secara rumahnya deket kampung batak, jadi ngitung aja pake bhs batak

    ReplyDelete
  24. Iya teu nanaon A icho.. banggalah bisa pake basa daerah dan ikut melestarikannya..
    saya geh tiap hari pake bahasa jawa Serang walo di Depok yang jauh dari serang hahaha.. walo kalo dibandingin sama basa jawa lain basa Jaseng kasar dan beda bgd jauh dari bahasa Jawa standar jogya.. sabodo teuing... bahasa2 guah.. mulut2 guah yang denger juga adik guah hahahaha...
    saya paling suka kalo pake Aing.. enak ngomongnya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koq a.. ini mah Teh Icho atuh Teh Imas hihi
      Iyalah.. bangga juga sama bhs daerah, makanya ikut menolak kalau kurikulum 2013 mau menghapus itu bhs daerah

      Delete