Tuesday, April 7, 2009

Trik Memilih Parpol Oke dalam Pemilu

Pemilu 2009 tinggal menghitung hari, pesta akbar demokrasi lima tahunan siap digelar tanggal 9 April besok. Namun demikian sampai saat ini masih banyak masyarakat yang masih belum mengerti benar partai dan caleg mana yang akan dicontreng pada pemilu nanti. Tentu menjadi kebingungan tersendiri mengingat pemilu kali ini diikuti oleh sekian banyak partai politik yaitu 38 partai nasional dan 6 partai lokal di Aceh.  


Tidak hanya itu, pemilu kali ini diikuti oleh lebih dari satu juta calon legislatif untuk tingkat DPR, DPD, DPRD tingkat I dan tingkat II di seluruh indonesia. Maka tidak heran jika berdasar survey yang dilakukan masih ada puluhan persen pemilih yang belum menentikan pilihannya.


Dari sekian banyak pilihan ini, masyarakat harus benar-benar jeli dan paham terhadap program-program kerja yang diusung partai politik dan calon lergislatif. Sebagai sebuah ilustrasi, ada beberapa panduan dalam memilih calon wakil rakyat maupun partai dalam pemilu kali ini, misalnya:  


Jangan Pilih Partpol atau Caleg yang Terlalu Ambisius  
Jika kita berpandangan kekuasaan adalah amanah, maka kekuasaan akan diraih dengan santun dan dijalankan dengan sepenuh hati. Tapi dari sekian banyak pilihan kadang kita dapati partai dan caleg yang sangat ambisius. Menggunakan segala daya upaya untuk mendapatkan kekuasaan.  


Kalau sudah begini, bisanya politik uang, black campign dan segudang jurus untuk menjatuhkan lawan digunakan. Model - model yang begini biasanya tidak konsisten dengan ucapannya. Sebagai contoh, partai maupun caleg ini biasanya menggunakan kegagalan-kegagalan pemerintah yang berkuasa untuk menarik simpati masyarakat dan mendompleng keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih juga untuk meraih simpati.  


Ciri-ciri partai atau caleg seperti ini adalah banyak menghujat tapi tidak memberikan solusi nyata. Padahal bukan itu yang kita harapkan saat ini. Untuk itu, jangan pilih calon seperti itu.  

Jangan Pilih Partai atau Caleg yang Hanya Obral Janji 

Dalam masa kampanye, banyak sekali kita dapati partai atau caleg berjanji muluk jika nanti terpilih sebagai pemebang pemilu 2009. Janji yang ditepai tentu menjadi idaman setiap insan di tanah air ini untuk dapat hidup dengan layak dan baik. Namun dalam pemilu nanti, masyarakat harus selektif memilih.  


Jangan pilih caleg yang selama ini tidak memberikan apapun untuk masayarakat tapi tiba-tiba berjanji macam-macam untuk ini dan itu. Demikian juga dengan partai politik. Jangan pilih partai politik yang tidak pernah memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat tiba-tiba berjanji untuk melakukan ini dan itu. Pilih caleg dan partai yang jelas memperjuangkan nasib rakyat dan bukan hanya di bibir dan hanya dalam bentuk statmen saja.  


Jangan Pilih Partai atau Caleg Pendendam  
Sejak bergulirnya reformasi, pemilihan umum telah berlangsung beberapa kali, dalam pemilu-pemilu sebelumnya ada partai yang menang dan ada partai yang kalah. Jangan memilih partai yang dendam dengan kekalahannya dimasa lalu, karena bisa sana pemilu kali ini adalah ajang balas dendam bagi mereka dengan segala cara.  


Jangan Tergiur Politik Uang  
Dengan banyakknya parpol dan caleg, maka sesama partai dan calon anggota legislatif saling berlomba untuk mendapatkan suara dari rakyat. Salah satu bentuk simpati yang diberikan partai atau caleg adalah dalam bentuk materi atau uang.  


Maka jangan pilih yang tipe beginian, mengapa karena belum jadi anggota atau partai pememang saja sudah benyak mengeluarkan materi atau uang, tentunya setelah menjabat nanti akan sibuk dengan cara untuk mengembalikan dana tersebut. Selain itu, mereka tidak banyak memiliki hubungan psikologis lagi dengan para pemilihnya karena merasa suara pemilih telah dibeli dengan materi yang diberikan tadi.  


Jangan pilih Partai dan Caleg Bermasalah  
Berdasarkan undang-undang, setiap negara memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Tentu setiap calon anggota legislatif yang tertera dalam daftar calon tetap memiliki hak yang sama untuk dipilih oleh masayarakat.


Namun demikian, masyarakat haru benar-benar jeli melihat caleg yang ada dalam daftar tersebut. Pilihlah caleg atau partai yang tidak memiliki banyak masalah, karena jika partai atau caleg bermasalah ini memenangkan suara, maka akan banyak waktu tersita untuk menyelesaikan masalahnya tersebut, terus kapan waktu untuk negara?  


Pilih Partai dan Caleg yang Memiliki Komitmen Kuat untuk Bangsa  
Diantara banyak partai politik dan caleg, pilihlah kandidat yang memiliki komitmen kuat terhadap bangsa, seperti pemberantasan KKN, komitmen terhadap lingkungan, komitmen terhadap seni dan budaya, komit terhadap pengentasan kemiskinan, kesehatan maupun pengangguran.  


Pilih Partai dan Caleg Sesuai Hati Nurani  
Dengan mengetahui karakter, visi dan misi yang diusung oleh partai politik dan calon legislatif, maka masyarakat bisa memilih calon wakil mereka yang akan berjuang mengantarkan aspirasi masyarakat ke tingkatan yang lebih tinggi. Pilihlah partai dan caleg sesuai dengan hati kecil dan hati nurasi yang paling dalam. Jangan dipengaruhi oleh ajakan, provokasi maupu iming-iming untuk mencontreng salah satu partai atau calon. Jika suara hati yang berkata mudah-mudahan wakil rakyat yang memiliki hati nuranilah yang akan terpilih.  


Pemilu 2009, memiliki arti yang sangat besar. Ditengah-tengah pesimisme terhadap partai politik, diharapkan akan terpilih wakil-wakil rakyat yang mumpuni dan mampu mengemban amanah benar-benar sebagai wakil rakyat dan bukan lagi sebagai wakil partai maupun wakil kelompok. Semoga pemilu 2009 ini akan mampu membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar. ( Penulis : Atur Toto Sulistyanto )  


 

 

 

 

30 comments:

  1. taunya itu semua darimana ?
    laah gw ga pernah perhatiin caleg2/partai itu kampanye :D

    ReplyDelete
  2. pokoknya nyontreng yang ngasih sampoo ajah ahhh

    ReplyDelete
  3. pilih yg dikenal, disukai, dan dipercaya....

    baris palang atas, warna biru, no 3... caleg perempuan ;)

    ReplyDelete
  4. Mmm,...gw pilih caleg dari partai yg benerin jalan komplek di rumah emak gw di Bogor. Benerin jalannya gak pake gembor-gembor dan bukan dalam masa kampanye. Nomernya hoki punya ;)

    ReplyDelete
  5. teh icho jadi jurkam KPU yah ehehe

    ReplyDelete
  6. ayo pada datang ke TPS... (kampanyenya petugas KPPS)
    siap2 cape besok teh...

    ReplyDelete
  7. jangan lupaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Partai Kita Semua

    heheheheheh

    ReplyDelete
  8. gw pernah liat web site rekam jejak caleg ( lupa nama websitenya), tapi isinya malah banyak yg gw gak kenal Nan..
    search nama caleg yg gw kenal malah gak ada..
    yah..cap cip cup aja.. yg penting contreng partainya

    ReplyDelete
  9. Siapa ya itu Mas Yascha ? .. kenalin dulu dong. :-)
    Bukan yg gesek biola kaaan ?

    ReplyDelete
  10. Wah.. jalan2 di Balaraja deket rumah emak gw juga udah banyak yg ancur Mel.. sayangnya meskipun KTP gw Balaraja, gw gak dapet undangan nih hiks*..malah undangan dr Sukabumi..

    ReplyDelete
  11. Kalo gitu Cho, artinya kita kudu pilih partai yang dimana semua orang merasa nyaman di dalamnya, suku manapun dan agama apapun dan latar belakang sosial apapun terwakili disana...he..he..he..itu artinya partai yang Nasionalis :))

    ReplyDelete
  12. hehehe.. nanti 5 tahun lagi deh :-)

    ReplyDelete
  13. Have a nice work as KPPS hehehe.. cape2 demi nusa dan bangsa lah kang.. 5 tahun sekali..

    ReplyDelete
  14. Setuju Ed... hmm. Partai Nasionalis yang mana kah ??
    yg penting semuanya Damaai.. besok nyontreng dengan tenang.. trus di lanjur libur panjaaang

    ReplyDelete
  15. aku gak nyontreng malah mbak..., wong gak terdaftar sebagai pemilih.. enggak tahu kenapa bisa begitu..

    ReplyDelete
  16. Banyak ya Mbak yg gak kedaftar, termasuk aku gak terdaftar sesuai KTP ku.. hmm.. besok kliatannya juga gak nyontreng nih..
    pdhal lagi semangat nyontreng nih..

    Masih ada 1 hari lagi kalo mau di urus mbak..

    ReplyDelete
  17. bujeng-bujeng milih caleg...
    teu apal-apal acan...
    teu jelas oge programna, ngan hiji-dua anu katara eces jentre :P
    *hweeee...isukan milih naoooon?*

    ReplyDelete
  18. wah ada lho yg nawarin tiket gratis pesawat kalo bisa nunjukin foto di hp bahwa yg dia contreng partainya ybs :)

    ReplyDelete
  19. Oh yaaaa..Pm dong mi.. caleg dr partai mana nomor brapa hahaha

    ReplyDelete
  20. Pasti isuk mah milih nu geulis :-)

    ReplyDelete
  21. have a nice nyontreng kalo gitu Lus..

    ReplyDelete
  22. Aku mau vote.....
    Tapi kok ga dapet kiriman dari Indonesian embassy ya?
    Payah nih hehehehe lucunya lha yang Ilegal masuk USA kok dapet kiriman, lucu ya?

    ReplyDelete
  23. Cermin ketidak beresan kerja KPU nih hehehe
    kata orang2 yg pro KPU gak boleh cuma menyalahkan KPU kalau namanya gak ada di DPT, harus proaktif..
    Lha wong sudah banyak yg maksa datang ke TPS untuk milih aja tetep gak bisa nyontreng koq

    ReplyDelete
  24. kebanyakan partai...kebanyakan caleg
    pesimis sih sebenarnya sama partai2 yg banyak itu
    huhuhu...masih adakah yg benar???

    ReplyDelete
  25. Semoga masih ada yang bener.. makanya daku semangat pengen ikut nyontreng karena pengen Indonesia lebih baik lagi meskipun banyak partai banyak caleg yang bikin bingung..

    ReplyDelete