Monday, April 13, 2009

Khilaf = mohon dimaklumi ?

Beberapa hari terakhir ini media (gossip) dan infotainment membicarakan tentang seorang artis yang sudah mengakui perselingkuhannya  secara terbuka dengan seorang pria yang sudah beristri dan punya anak 2, alasan perselingkuhannya katanya 'Khilaf"
 
Khilaf, ini alasan yang paling sering disebutkan oleh peselingkuh yang mengaku telah menghianati kepercayaan pasangannya. Seolah-olah kata tersebut adalah kata yang paling baik untuk sebuah pengakuan dan sang pelaku selingkuh meminta untuk dimaklumi perbuatannya.

Tapi apakah benar perbuatan yang dia lakukan itu adalah sebuah ke khilafan atau ketidak sengajaan.
Ayo kita cari dulu definisi dari kata khilaf ,  Khilaf artinya Kesalahan yang tidak disadari , Khilaf dari bahasa Arab berarti keliru atau salah. Biasanya ini berkaitan dengan perbuatan seseorang. (Sumber : wikipedia)
Ketika orang sedang khilaf, maka dia sedang lupa diri, dan ketika sedang lupa diri, dia bukanlah diri yang sebenarnya, artinya dia tidak menyadari perbuatannya. Apa benar begitu ?

Saya tidak percaya perselingkuhan terjadi dengan begitu saja tanpa melewati sebuah proses. Artis AN sudah mengenal lama pasangan selingkuhannya, berproses ketika mereka melakukan kerja sama di satu acara, dilanjutkan dengan kiriman2 sms atau chating mesra.
Jadi perselingkuhan tidak semerta-merta terjadi begitu saja, ada niat dan kesempatan yang digunakan mereka menuju langkah perselingkuhan.

Jadi, menurut saya kata khilaf adalah alasan yang terlalu dicari-cari dan dibuat-buat sekedar mencari pemakluman atas perbuatannya dan berharap dengan kata tersebut pasangan yang dikhianatinya akan memaklumkan perbuatannya.Perselingkuhan tidaklah terjadi karena orang tersebut lupa diri. Perselingkuhan yang terjadi adalah hasil dari pemikiran dan keputusan yang dilakukan secara sadar. 
 
Sekarang, andai teman-teman menghadapi pasangannya berselingkuh kemudian mengakuinya dengan alasan khilaf apakah akan dengan mudah memaafkannya ?
Bagi saya rasanya saya harus punya kekuatan ekstra dan memiliki hati yang kuat dan ikhlas untuk menerima perbuatan dan memaafkannya. Saya memaklumi DJ Riri pasangannya AN yang sampai saat ini belum memberikan keputusan apa yang akan dilakukan sehubungan dengan perselingkuhan istrinya tersebut.  Sama halnya saya pun harus maklum dengan perlakuan suami sahabat saya ketahuan berselingkuh.

Kalau perselingkuhan dilakukan oleh Pria, seorang wanita biasanya lebih bisa menerima kembali pasangannya, beda dengan seorang pria yang diselingkuhi pasangannya, biasanya kekecewaan yang timbul lebih besar dibanding wanita. 
 
Dan apakah kalau peselingkuh sudah mengakui perbuatannya dan menyatakan bahwa itu dilakukan karena khilaf  apakah berarti harus menerimanya kembali dan diberikan kesempatan ke dua ?
Saya percaya setiap orang punya jawaban masing-masing, yang punya hati lapang dan ikhlas pasti ada  yang memaafkan dan menerima kembali, yang punya hati setengah ikhlas ada yang memaafkan tapi berpisah, ada yang tidak memaafkan tapi masih mau menerima kembali, dan ada pula yang tidak memaafkan sama sekali atau tidak menerimanya kembali. 
 
Andai itu terjadi pada diri saya, saya akan ambil pilihan terakhir , karena bagi saya meneruskan kembali hubungan dengan pondasi kepercayaan yang sudah goyah bahkan hancur bukanlah hal yang mudah. Rasa curiga akan sering muncul, kecurigaan akan terus menggerogoti kepercayaan kita yang akhirnya akan habis. Suatu hubungan yang sudah tidak lagi dilandasi kepercayaan adalah sebuah kesia-siaan.
 
Itu sebabnya saya dan pasangan berusaha sekuat tenaga dan sekuat apapun untuk tidak membiarkan perselingkuhan terjadi, namun kita tidak tahu apa yang akan terjadi kemudian haru, dan bila itu sampai terjadi  segera ambil keputusan, jujur pada diri sendiri, kuatkan hati, berserah pada Illahi , ikhlaskan diri untuk hidup sendiri... ... dan bawa anak tentunya, karena pengadilan tidak akan memberikan hak asuh anak kepada seorang peselingkuh.


 

 

 

62 comments:

  1. Setuju... memang lebih mudah bagi perempuan utk menerima lelaki yang "cheat on her" daripada lelaki menerima perempuan yang "cheat on him". Mungkin lebih kepada Pride-nya sebagai laki - laki, kepala rumah tangga dan sebagai pemimpin. Kita sebagai wanita wajib menghotmati. Jika kepercayaan sudah rusak sepertinya akan sulit untuk kembali seperti semula, dan effort yang diperlukan pasti sangatlah besar. Tidak hanya omongan tapi perilaku, itupun terkadang tidak cukup. Makanya berusahalah untuk menjaga kepercayaan orang dalam bentuk apapun apalagi terhadap orang yang kita cintai yaitu pasangan hidup kita.

    ReplyDelete
  2. Khilaf itu artinya ketahuan..hua..ha..ha..

    ReplyDelete
  3. eh? eh? sapa ya?? sapa ya?? tuh artis sapa??? --> maklum gak pernah nonton TV apalagi infotainment... huhuhu... nontonnya VCD the backyardigans melulu (dipaksa anak)

    ReplyDelete
  4. si an teh belum wareg bobogohan (dengan banyak orang :P) sudah berani memutuskan menikah di usia yang masih sangat muda... padahal mah, sing wareg we bobogohan sebelum nikah... jadi pas udah nikah gak lirik-lirik yang lain

    ReplyDelete
  5. "an" itu sapa ya? Bebogohan??duuuh... apalagi itu.. gak ngeh:D bahasanya roaming bgt. hehehe. mohon maaf... ada yg bs nerjemahin?

    ReplyDelete
  6. an itu istrinya dj riri... bobogohan itu pacaran... wareg itu kenyang :D

    ReplyDelete
  7. AN itu siapa, DJR itu siapa? hihihi.....jarang nonto infotaintment ya gini ini hehehehehe

    ReplyDelete
  8. dj riri nya gak pake inisial.. da bukan tersangka hiahiahiahia

    ReplyDelete
  9. walaaaaahhh?? jadi si AN itu istrinya DJ RIRI yg ce bule msh muda nan cantik yg sering disinetron itu ya?? --> ummm.. nama panjangnya sapa ya? lupaa:D hehehe... ckk ckk.. gak nyangka, masih muda dah bs khilaf separah itu.. apalagi kan DJ RIRI jg gak jelek2 amat... trs ngapain jg main gila sama pria beristri... duh ada2 aja... ckk ckk.. trs DJ RIRI gmn dong? kasian bgt...
    aku dulu sih udah mikir, nih DJ riri beneran mo nikah sama remaja bau kencur?? ternyata.. oh ternyata... (nikahnya jaman anak blm lahir... jd msh bs nonton infotainment hehehe)

    ReplyDelete
  10. hahahaha...,. nah entuuu baru cerdas...

    ReplyDelete
  11. weeeeeeehhhhhhhh............beneran toh?? gara2 BB g di lock..jadinya...o ow...kamu ketahuan....selingkuh tyt :D

    ReplyDelete
  12. Hehehe.. Iya tuh Mbak.. Moral Story nya : Jangan lupa BB di Lock supaya gak ketahuan

    ReplyDelete
  13. Bapak Dhukun satu itu emang cerdas banget hal-hal yang ginian hehehe

    ReplyDelete
  14. Iya Mbak Nuning.. yg ce bule cantik itu lho.. ihh.. cantik2 koq selingkuh yaaa.. hmm faktor umur apakah mempengaruhi juga perselingkuhan ??

    ReplyDelete
  15. Alice Norin dan DJ Riri. baca di detik dan di nova Wan, daku juga gak nonton infoteinmennya sih

    ReplyDelete
  16. Setuju juga Yes..
    intinya jaga perilaku dan jaga kepercayaan pasangan

    ReplyDelete
  17. hahahaha... kalo gak ketahuan apa dong om ?

    ReplyDelete
  18. huuu.. sama mbak, gak kebagian tipi nih, untung masih update detik.com tiap hari.. masih bisa baca detik hot hehehe

    ReplyDelete
  19. iu tuhhh.. yang cantik itu.. Alice Norin namanya

    ReplyDelete
  20. Tah.. bener, can waerg bobogohan geus kawin duluan, maka nya buat yang belom kawin mumpung belom kawin puas puasin dulu deh pacaran sana sini, kitu nya teh maksadna

    ReplyDelete
  21. dah lama ga nonton tipiii apalagi inpotaiment
    duh ketinggalan berita

    ReplyDelete
  22. makane beri2 dilock dong hahahahah

    ReplyDelete
  23. hihi.. beati gw yg masih rajin update info gossip, biarpun jarang nonton tipi, kapanlagi.com jalan terusss

    ReplyDelete
  24. cek beri2 elo Hen.. udah di lock belom ?

    ReplyDelete
  25. Hahaha..jadi ingat pertanyaan waktu ikut Kursus Persiapan Pernikahan di Gereja

    Pertanyaannya,"Apakah anda bersedia memaafkan pasangan Anda yang berselingkuh?'

    Jawabannya," T-I-D-A-K" (Harga Pas)

    ReplyDelete
  26. hehehe... berat ya Mel, dah harga mati deh !

    ReplyDelete
  27. hmmm kalo cewek yg selingkuh kenapa laki2 susah memaafkan sedangkan kalo laki2 yg selingkuh banyak perempuan hanya nrimo..tanya : kenapa ???

    ReplyDelete
  28. Tandanya Perempuan lebih punya hati yang lebih luas, lebih lapang dan lebih tegar Lit.. So.. laki2 itu mahluk yang rapuh

    ReplyDelete
  29. Kalo nggak ketahuan, namanya Kena Guna Guna jadi nggak sadar..hua..ha..ha...

    ReplyDelete
  30. nah kalo yg kena guna2 gini, kira2 masih pada mau maapin gak ya ??

    ReplyDelete
  31. Saling percaya bikin hati tenang tapi apakah kita tau apa yang terjadi diluar sana...hikhik...

    ReplyDelete
  32. Khilaf yang seperti itu mah...khilaf yang menyenangkan hehehe....

    ReplyDelete
  33. ya itu dia.. harus percaya bahwa di luar sana dia akan baik-baik saja hmm...

    ReplyDelete
  34. khilaf nu bikin ketagihan nya kang Deny :-)

    ReplyDelete
  35. Apakah ini perselingkuhan? Bila sangat sayang sama istri yang mengandung 9 bln dan mengasuhnya, kemudian kalau lelaki mau punya anak mau nitip saja sama orang lain? he he he he

    ReplyDelete
  36. waduh.. kalo kasusnya gini mah bingung kang..
    maksudnya bingung teu ngartos maksadna abi teh.:-)

    ReplyDelete
  37. daripada pusing dan nyari2 alasan, udh paling bener deh ngehindarin perselingkuhan, tonton tuh fim butterfly on a wheel, dijamin para peselingkuh lgsg kapok :D

    ReplyDelete
  38. perselingkuhan ada bukan hanya karna ada kesempatan, tapi juga NIAT!
    waspadalah! (kata bang napi)

    ReplyDelete
  39. critanya gimana Na ? sinopsisnya dong, gw paling males nonton euy ! ( eh gw bukan peselingkuh tapi penasaran aja ma filmnya hehehe )

    ReplyDelete
  40. nawaitu selingkuhi hahahaha... jadi selingkuh itu emang gak ujug-ujug ya Teh.. waspadalah !

    ReplyDelete
  41. ini artis siapa seh jeng?? hahahahaha gua ga tau blassss soalnya!!! btw, ngemeng aja ma tembok kalo blg slingkuh itu khilaf...khilaf dalam tatanan bahasa itu bermakna tidak disengaja, tiba-tiba, terjadi saat itu juga, dan bukan tindakan berulang, serta dalam keadaan diri pada pengaruh tertentu, takut, depresi, mabuk, dll. Slingkuh kan tindakan berulang..ketemuan ma slingkuhannya, telponan, dll mang itu bkn tindakan berulang. Aya-aya wae....

    ReplyDelete
  42. Artisnya Alice Norin hahahaha..gak kenal ya fel !
    Jangan2 dia emang khilaf.. alias selingkuh sambil mabuk berulang-ulang hahahaha.. aya2 wae emang deh, minta pembenaran atas perbuatannya aja itu mah

    ReplyDelete
  43. Alice Norin selingkuh ??? wajarrrr dwonggg......kan arteeesss..... artesss juga kan manusia.... hohhohohohooh......

    cuma apes'nya, kenapa ngaku ??? sekali lagi, nama nya juga artessss = SENSASI......

    ReplyDelete
  44. JGN NGOMONG2 ARTESSSS DONG....ga enak noh ma fans club guaaahh!!! hahahahahaha (doh maap jeng icho..ngespam disini)

    ReplyDelete
  45. Harap maklum Bu Icho...artesss yang diatas komen saya ini nih.11/12 ama Alice Norin..... malah lebih yahuddddd.... setiap kali "SELINGAN" pasti dehh ada pengakuan.....HAHAAHAHAHAHHA.....

    *siapin tameng biar gak kena bakiakkkk'nya ARTESS*

    ReplyDelete
  46. Perkenalkan saya suaminya A.N = ALice Norin........WUAHAHHAHAAHHAHAHAHA......gue ngaku ajah deh, Cuantikkk begituuu, gue mauuuuuuu..... huhuuhhuuh

    ReplyDelete
  47. renggaaaaargh...jangan kumat disini!!!! hayo masuk sanaah ruang isolasi!!!!!

    ReplyDelete
  48. Dia kenal elo kali Fel hahahaha.. jangan2 dia salah satu member Fans Club elo

    ReplyDelete
  49. jadi yang suka cari sensasi itu arteees yaa.. gw mo cari sensasi juag ah !

    ReplyDelete
  50. hahaha.. tuh mulai ada yang sensi.. tandanya apa tuh rengga ?

    ReplyDelete
  51. kalo artis satu ini bukan Selingan lagi.. udah poliandrian hahahaha..
    tapi gw herannya itu duhay duhaynya akur2 bener..
    menyannya kenceng kayanya

    ReplyDelete
  52. Elo anaknya siapa dulu Rengaaa ??? baru deh ngaku2 hahaha..
    iya cuantik booowwww..

    ReplyDelete
  53. langsung suntik aja Fel.. jangan lupa tanganya di iket huauaahahahaha..

    ReplyDelete
  54. Nahhhh lohhhhh....ada artis baru !!! bakal punya cerita kayak alice norin gak yachhhh......??? inget, sensasi !!!! hahahahahahaha

    ReplyDelete
  55. iya deh Bu Dokter....... *sambil diseret ke ruang isolasi*

    ReplyDelete