Tuesday, March 24, 2009

Menghapal Nama

Kata orang, salah satu bentuk penghargaan terhadap orang lain adalah dengan menyebut namanya. misalnya ucapan 'selamat pagi pak Budi' lebih bagus dan lebih berharga dari pada sekedar menyebut 'selamat pagi pak'

Itu sebabnya saya juga selalu berusaha menyapa orang dengan menyebut namaya, meskipun untuk menghapal nama teman baru luar biasa sulitnya, disamping karena faktor U juga karena sifat pelupa saya yang agak parah.

Saya teringat dengan kepala sekolah SMA saya dulu alm. Pak Rudjito Hadi. Beliau tidak pegang kelas atau tidak jadi wali kelas, tapi beliau nyaris hapal puluhan mungkin lebih siswa di sekolahnya. Setiap pagi beliau akan menunggu siswanya di gerbang sekolah dan menyapa siswanya 'selamat pagi cholisoh, kenapa telat, rumah kamu di mana ' dan sapaan lainnya yang pasti nama yang di sapa akan di sebutkan.

Mengingat mendiang Pak Rudjito, membuat saya sedikit malu, beliau yang sudah sepuh ( saat saya SMA umur beliau lebih dari umur saya saat ini ) Tapi beliau masih hapal begitu banyak orang. Sedangkan saya sudah satu tahun lebih di kantor ini, saya nyaris gak hapal nama teman saya yang beda departemen, padahal kita beberapa kali bertemu, dan beberapa kali juga sarapan atau makan siang bareng.

Saya memang agak kesulitan menghapal nama orang.. jelek banget yaa.. mungkin krn faktor U juga atau mungkin karena teman saya sangat banyak .. ( cieeeeh ), jadi saya lebih dikenal dari pada mengenal ( narsis abiiis ).

Yang gak seru, tadi siang saya makan siang di warung soto lamongan sebelah kantor saya. saya tahu dia orang kantor saya tapi beda departemen, dia menyapa saya 'Bu Icho sendirian aja."  ( Dia sudah mempraktekan menyapa orang dengan baik saya pikir, haduuuh.. saya lupa nama orang ini )
Saya ngeles jawab : wah.. iya boss.. koq sendirian juga boss.
akhirnya sambil makan kita ngobrlo ngalor ngidul .

Sampai akhirnya selesai makan, dan beliau akan membayari saya makan, saya bingung untuk mengucapkan terima kasih dengan sopan..
akhirnya.. terpaksa saya bilang ' gak usah pak.. BS BS aja.. ... dan ujungnya.. saya ucapkan, wah .. thanks ya Boss.. sering2 traktir ' hehehe'
 
Sampai selesai makan, saya belum juga hapal nama orang itu, akhirnya.. kita bareng ke kantor dan saya mampir ke pos security sebentar, saya tanya ke security siapa nama bapak itu.. di jawab Pak X.. ( oh ya.. biasanya security malah lebih hapal nama orang ' )

Teman-teman ada yang punya kiat-kiat untung menghapal nama orang ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

24 comments:

  1. Kata orang, kita boleh saja dipanggil apapun. Mau bang boleh, mau mas boleh, mau kang boleh juga. Tapi, hanya satu yang tidak boleh, yaitu dipanggil KPK he he he...

    ReplyDelete
  2. Masih mendingan gak salah nama, kalau kita ragu utk panggil dengan diikuti nama, sebaiknya sih kayak Ibu Icho, karena kalau salah nama bisa gak enak.. iya kalau orangnya lgs mengkoreksi kita, kalau gak... :( aku pernah salah nyebut nama, syukurnya si ibu lgs bilang sy Ibu Y, akhirnya sy bilang: aduh maaf, keingetnya ibu Z. Oh ya Ibu Y gimana bla bla... berusaha aja mencairkan suasana, tapi tetep aja gak enak... :-)

    ReplyDelete
  3. Sama ama gw Teh ;(
    Gw juga paling ga bisa: ngapalin nama orang dan ngapalin nomer.

    ReplyDelete
  4. Kalo Kang aja atau mang aja tanpa nyebut namanya juga kurang akrab Kang Ika.
    kalo yg manggil Ka Peka berarti namanya Peka ya kang :-)

    ReplyDelete
  5. itu krn pengalaman gw pernah di jutekin orang gara2 sok akrab manggil 'Mbak Lina' ke seseorang eh dia jawab 'nama gw bukan Lina Ya.. '
    dooh.. lupa gitu lho.. akhirnya minta maaf dan bilang kalo gw pelupa, sampe nama suami aja kadang lupa

    ReplyDelete
  6. kalo ngapalin nomor 20 tahun lau nih hehehe.. dah lama bnget ya, gw masih jago Mel,
    Jaman belom ada hape dan kita gak ketergantungan phonebook, gw jadi phonebook beberapa temen, krn gw hapal nomor2 telpon temen2 gw.
    Tapi jangan suruh gw hapal nama orang.. dari dulu susaaah

    ReplyDelete
  7. Frendhie, thanks linknya yaaa.. ternyata betul saya kurang meresapi saat2 perkenalan dengan orang baru, kadang cuma selewatan aja denger namanya.
    dan kalau dikasih kartu nama langsung masuk kantong hehehe.. ketahuan deh penyebab penyakitnya

    ReplyDelete
  8. bbrp tips terakhir sudah saya praktekan dan lumayan membantu kok bu icho...

    ReplyDelete
  9. siiip.. semoga next time saya sudah bisa lebih mengingat nama teman baru ya

    ReplyDelete
  10. Hahahah... gw juga punya kebiasaan buruk.. ngapalin orang dari ciri2nya aja.. pernah terjadi kerepotan waktu masih aktif ngasong nugget di kreta. Mbak yg pake seragam BCA pesan ini, ibu pakai kerudung yg duduk di deretan A5-12 pesan anu, mbak kriting pesan inu. Gw inget2 dan catetnya spt itu, karena waktu pesan, mereka gak sebutin nama, gw jg gak terlalu peduliin yg penting pesanan aja yg dicatet (dasar).
    Repotnya pas suatu ketika ada yang gak dateng/nemuin utk ambil pesanan. Nah bingunglah gw nanyain ke orang yg biasa duduk di dekatnya. "Itu lho ibu2 yang pake kerudung..duduknya biasa disini... " atau "mbak2 yg kerjanya di BI itu loch.." weleh2... lalu gw deskripsikan orang yg gw maksud, cmn kadang2 yg gw inget kan ciri negatifnya jg..misalnya "ibu2 yg suka bawel itu klo ngomong kenceng banget". Waduh kalo disampaikan ke orangnya ybs kan jd ndak enak hati jg lhoooo =))

    ReplyDelete
  11. nyimak aaaah.. punya problem yg sama soalnya :-)
    Gw gampang hapal wajah tp susah hapal nama...

    ReplyDelete
  12. Paraaaaaah.. nek pedagang koyo ngono asik pembeli ne hehehe..
    Lha kalo tiba2 minggu depan mbak2 seragam BCA sudah pindah kerja piye
    eh.. daku juga suka deskripsikan orang sih.. tapi kalo sdh berhubungan dengan dagangan or duit, yakin aku hrs tahu namanya hehehe

    ReplyDelete
  13. Engga dong Mel... asal jangan ganti headshoot dan ganti nama yaaaah
    ke ancol gak ngajak2 deh

    ReplyDelete
  14. Sama Q.. gw juga lebih hapal wajah. terutama yg ganteng2 :-)

    ReplyDelete
  15. Nah, skarang saya yang kebingungan, mau panggil Bu Icho apa Bu Senno ? :D [bercanda Bu]

    ReplyDelete
  16. Bebassss..yang penting gak mangil Pak Icho hahahaha..

    ReplyDelete
  17. bu icho seno, saya termasuk yg mudah mengingat nama orang lain. gak tau knp atau mungkin udah dari "sono"-nya barangkali.
    kebiasaan saya ketika dikenalkan kpd org baru adl menyebutkan nama saya dgn jelas & bukan berbisik.
    saya paling ngenes sama orang yang pada saat dikenalkan cuma bisa berbisik....kayak kita mau "caplok" nama dia ajah !!?? gggrhhhhhhh......

    ReplyDelete
  18. Setuju.. saya juga seneng kalo kenalan dengar yg nyebut nama dengan tegas dan yg menjabat tangan dengan erat..
    Saya juga kalo nyebut nama ketika kenalan pasti dengan jelas, cuma berhubung nama saya agak kurang familiar di kuping orang Indonesia, jadi kadang saya mesti 2x menyebut nama saya :-)

    ReplyDelete
  19. Hahahah soal nyebut nama dgn jelas.. kalo namaku, rata2 orang akan selalu bertanya-ulang saat kenalan, terutama ejaannya, karena namaku kurang lazim buat nama cewe :-P jadilah namaku yang diingat oleh banyak orang...tapi akunya lupa nama mereka (udah terlahir jadi seleb kali ya.... bwahahahah).

    ReplyDelete
  20. gpp Bu kalo cuma 2x pengulangan nama.... tapi kalo diminta lebih dari 2x berarti ada yang salah sama orang tsb alias repeat syndrome.... :D

    ReplyDelete
  21. hihi.. tosss.. nama kita emang ky nama cowok Ndra..
    kalo ngapalin nama Andra jaman sekarang gampang banget. ingat aja Andra the Fishbone hehehe

    ReplyDelete
  22. repeat syndrome = budek permanen ? hehehehe

    ReplyDelete
  23. nama gw ? langsung inget gt ? :p

    ReplyDelete