Monday, March 16, 2009

Hujan Es dan Angin kencang di Pd. Betung




Siang kemarin saya tidur siang sendiri, sementara Della asik main game di komputernya.

ngantuk cape dan lemes membuat saya segera terlelap, dan gak sadar kalau hujan turun.

Tiba2 petir sambar menyambar dan Della teriak ketakutan sambil menutup kupingnya.

Segera saya bangun dan saya peluk untuk menenangkannya.. saya lihat dari jendela kamar angin sangat kencang pohon pisang , pohon nangka dan pohon kelapa meliuk-liuk mendebarkan, dan hujan sangat deras disertai hujan pletak pletok dan ternyata itulah hujan es.


Sayup sayup terdengar teriakan takbir dari rumah sebelah, dan teriakan2 di luar rumah, suasana sangat mencekam, saya cuma bisa berdoa dan berpelukan berdua Della, yang ada di kepala saya adalah Seno yang sedang di rumah neneknya.


Saya cuma bisa pasrah dan berdoa semoga angin kencang dan petir segera berhenti.

 

Setelah angin reda, dengan berjas hujan saya keluar rumah melihat keadaan di luar, saya yakin anak kali pesanggrahan yang terletak kurang lebih 200m dari rumah saya sudah meluap karena talang air di belakang rumah dekat dapur sudah luber, dan air sudah menggenangi tempat mencuci.


Saya langsung bergegas ke gubuk tukang kembang langganan saya yang terletak di dalam kebun di sebrang rumah saya, saya mau tahu keadaan penghuni gubuk itu, karena saya tahu pemilik gubuk beserta keluarganya tinggal di gubuk itu dan si ibu sedang dalam keadaan sakit.


Ya Tuhan.. gubuknya sudah hancur, televisi satu2nya barang berharga yang mereka miliki sudah basah dan tertimbun bambu runtuhan gubuknya...kemana penghuninya ? ternyata si Ibu sudah diselamatkan di warnet terdekat.


Saya salut, Pak RT saya berhujan2an langsung mengkordinasi warga untuk membantu yang kesusahan, si Ibupun segera di bawa ke rumah tetangga  yang lain.

Dari gubuk tukang kembang, saya ingat gubuk lain di pinggir kali, pangkalan ojek yang sesekali saya nongkrong buat ngadem di sana.

Gubuk itu tidak hanyut terbawa arus, tapi gerobak rokok yang ada di pinggr kali terjungkal ke dalam kali dan Pak RT dibantu warga lainnya gotong royong menarik gerobak tersebut.

 

Bersyukur, Tidak ada korban jiwa pada kejadian ini,. hanya ada beberapa pohon yang tumbang dan kabel listrik da telepon yang menjuntai, untungnya aliran listrik langsung padam dan beberapa rumah gentengnya mlorot atau asbesnya beterbangan.


Sekolah Seno beberapa gentengnya terlihat bolong.

 

Meskipun hujan disertai angin kencang hanya berlangsung kurang lebih 20 menit, tapi kejadian ini adalah pengalam baru buat saya, belum pernah saya melihat angin dan hujan yang begitu kencang dan lebat, kejadian ini belum seberapa di bandingkan yang terjadi pada daerah lain, membuat saya terus bersyukur bahwa saya tidak mengalami kejadian yang lebih dahsyat lagi.


 

Ssstt.. kemaren saya sempat di wawancara wartawan RCTI Lho.. buat jadi nara sumber seputar Indonesai katanya.. gara2 saya tulis status saya di FB mengenai suasana hujan dan angin di sini.. ah gaya pisan, sayangnya cuma wawancara by telepon aja, coba deh wawancara masuk tipi hihii.. bisa jadi ngartis deh !!.


 


Sampai sore hari para warga masih sibuk membersihkan sisa-sisa pohon tumbang dan bahu membahu membantu tetangga memperbaiki genteng, memotong dahan pohon yang mengganggu kabel listrik atau telpon, juga langsung membersihkan saluran air.


(*Jadi inget, tangga bambu gw belom dibalikin, kemaren yang minjem siapa ya * )

 

Dan... yang selalu bikin BT setiap kali hujan lebat disertai banjir adalah PLN ( pasang Lilin Ni yeeeee ), yang mematikan arus listriknya gak kira2 lamanya.

PLN hampir bikin gw mati gaya, bayangin gak ada listrik, batre Hp tinggal dikit ( karena connect internet terus ). Jam 8 malem terpaksa numpang ngecharge batre di tetangga wilayah jakarta ( yg gak mati lampu ), bukan supaya HPnya terus bisa nge-net, tapi memang untuk emergency.


 

Sampai jam 1.30 malam eh pagi  listrik baru nyala dan saya masih terjaga..

 

 

 

32 comments:

  1. sempet sempetnya alah si eteh moto .. :)

    ReplyDelete
  2. demi berita akurat, tajam dan terpercaya hehee..
    gak deh, iseng aja.. mo bantuin juga gak bisa.. da bapa2 semua yg bantuin

    ReplyDelete
  3. hiii....
    200 m dari rumahku, pohon besar pun tumbang dan antrian mobil puanjaaang...
    dari situ Cipondoh sampe Pinang :P
    tumben anginnya sekencang itu, berupa pusaran angin...
    dan menerpa teras rumah, airnya beserta debu tempias masuk ke ruang tamu... :P
    kerja baktilah saya dan istri :D

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah semuanya bisa terkendali...

    ReplyDelete
  5. Wah panjang bener antriannya kang..
    Sama nih aku juga kerja bakti bedua si Teteh.. hiks.. paregel nih kaki

    ReplyDelete
  6. Iya kang alhamdulillah pisan.. semua aman2 saja

    ReplyDelete
  7. serem cho, eh Pd betung itu deket mana Cho ?

    ReplyDelete
  8. Indonesia pisan... masih "untung". hehehe..

    ReplyDelete
  9. gw gak liat segede apanya Rin.. cuma bletak beltaknya aja kedengeran

    ReplyDelete
  10. Dkt Kodam Bintaro Mbah.. iya serem euy

    ReplyDelete
  11. Lha.. saya USA lho.. Urang Sunda Asli hihihi

    ReplyDelete
  12. Iya teh kasian.. pa lagi kalo Teh Ipad lihat profile mereka suami istri yg kurus2 gitu, tambah kasian aja..
    Mana si Istri sakit asma dan jantung .. ah lengkap deh kalo dramatisir keadaannya meskipun itu kenyataannya

    ReplyDelete
  13. innalilahi wainalilahirojiun... kasian ya cho. Terus skr gmn dong? dibantu ngbangun lagi ga?

    ReplyDelete
  14. masih banyak pepohonan ya... kangen suasana rindang

    ReplyDelete
  15. Iya Teh.. kasian pisan, untuk sementara si Ibu di rumah tetangga, dan sere kemarin bbrpa warga langsung bantu mendirikan gubuknya lagi di situ.

    ReplyDelete
  16. Saya tinggal bukan di kompleks Teh.. di perumahan kampung biasa, jadi masih rindang suasananya.. meskipun di rumah saya gersaaaang krn gak ada tanaman gede nya..

    - btw nu eta teu acan janten oge teh, wios nya -

    ReplyDelete
  17. ya Allah..pasti ngeri bgt mba..kmaren di rumah jg hujan deres, angin dan kilat sambar menyambar..aduhh..ngebayangin kondisi alam yg tak menentu jd slalu ketakutan klo dah mule hujan deras.

    ReplyDelete
  18. hik hik.. kesian si tukem...
    untung warganya sigap gak cuek ya Teh

    ReplyDelete
  19. loh aku kok ga tau seganas itu ya ujannya, pdhl masi di jkt...apa mungkin saat itu posisiku lg ngemall ya...

    ReplyDelete
  20. Ngerrriiii.. mana pas lagi gak lengkap keluargaku..
    Seno gak ada.. si Bapa gak ada..
    kalo suasana mencekam gitu kan kalo keluarga lengkap agak tenang ya Mbak..

    ReplyDelete
  21. Iya Da.. kasian , iya juga gw bersyukur warga sana ternyata guyub juga

    ReplyDelete
  22. nge mall di mana Den ? elo gak mampir ke rumah gw seeeh. kapan balik lagi ? mumpung masih di jakarta mampir doong.. gak jauh dr rumah Yu ti koq

    ReplyDelete
  23. aih mbak serem banget....
    tp satu hal yang harus diacungi jempol, warganya solid juga ya mbak ?

    ReplyDelete
  24. Iya serem Lis..
    dua jempol buat Pak RT.. tadinya gw sempet underestimate sama beliau.. sekarang gak lagi hehehe

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah badai udah b'lalu ya mbak,... :) Semoga Della ga jadi trauma dng kejadian ini,...

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah Mbak Tari.. semoga ya.. ih yg gede aja takut denger petirnya pa lagi anak kecil

    ReplyDelete
  27. gue pas di rumah mertua di bintaro lagi arisan, jadi gw liat hujan n angin puyuh itu, rumah mertua banjir jalannya. Untung gak mati lampu, dan tamu2 semua udah pada ngumpul waktu ujan itu. Waktu pulang liat pohon2 pada tumbang. Eh sampe bekasi katanya ujannya kecil gak pake angin. Ternyata Bekasi sama Bintaro udah lain negara bagian yak?

    ReplyDelete
  28. Wah.. lu gak mampir hehehe.. tapi kalo pas mampir elo pasti kehadang banyak pohon tumbang Lan.
    Iya tuh.. temen gw juga bilang Bekasi mah ujan kecil..
    hahaha.. iya Bendera di Bintaro kan bukan merah putih lagi..
    merah bisa.. kuning bisa.. hijau bisa.. biru bisa... demi Indonesia yang baik hahaha

    ReplyDelete
  29. hiks kemarin pas ada orderan ke arah sana.. sempat kena badai angin juga nih..

    kunjungi http://pempekdoskampoeng.blogspot.com

    ReplyDelete
  30. Wah.. bisa diantar sampe pd betung juga nih.. boleh nih , udah kangen sama mpek2

    ReplyDelete