Sunday, February 24, 2008

Donat kentang & Donat Panci


Beberapa hari lalu Della minta dibuatkan donat kentang karena melihat temen sekelasnya bawa bekal donat kentang ke sekolah. Terpaksa eh tertantang akhirnya gue coba tanya Mbak Lita ( Mama2D) yang sering punya resep2 aduhai.

Jumat sore,  akhirnya Mbak Lita Jumat sore kasih resep dan cara buatnya ( thanks ya Mbak Lita).
Sebenernya gue pernah bikin donat ( lupa berapa tahun lalu ), tapi gue beli bahannya yang instant, tinggal ikutin petunjuk aja, dan sukses. makanya gue agak pede deh bakal bisa bikin donat kentang permintaan Della.
 
Sabtu siang,gue dan teteh2 coba bikin donat kentang, agak bingung waktu ngitung takaran yang di berikan karena gak ada timbangan kue, jadi cuma pake perasaan aja, untuk ukuran yang pake mili liter coba pake gelas ukuran Della.

Sempet panik ketika adonan koq gak bisa di bikin bulatan donat, terlalu lembek dan lengket, padahal sudah di diamkan sekitar 1/2 jam lebih, akhirnya coba di tambahin terigu deh siapa tahu bisa agak keras, eh..masih tetep juga lembek, di paksa di buletin juga akhirnya dengan cara di taburi gula halus + tepung supaya tidak lengket.

Dan.. inilah hasilnya ??? gagal sodara2.. tapi lumayanlah masih bisa di sebut donat, karena tengahnya bolong dan untungnya Della suka meskipun sedikit gagal dan gue masih tetep dapet pujian dari Della.

Tapi gue cuma bikin donatnya sekitar 8 buah aja, sisa adonannya sudah terlanjur bikin gue bete karena lembeknya. nekat, gue kukus aja deh apapun hasilnya. hihi... ternyata hasilnya mitrip kue apem bantet.

Dan Della menamakan kue itu "Donat Panci"

 

27 comments:

  1. mendingan loh mba, daripada aku yang blom bisa bikin kue buatan sendiri :D

    ReplyDelete
  2. masa sih May ?
    siiip aku ada temennya dong

    ReplyDelete
  3. Ayo kita pesan....donat buatan teh Icho....

    ReplyDelete
  4. Hihihi..aku ketawa geli baca cerita di atas mama Seno.
    "lumayanlah masih bisa di sebut donat, karena tengahnya bolong" terutama sama statementnya mama Seno yang diatas.

    Apapun hasilnya, kalau tengahnya bolong, disebut donut. Termasuk apem bantat yang bolong di tengah ya Ma.. Hahahaha....

    Namanya juga belajar ya Bu...Kegagalan adalah sukses yang tertunda.
    Ayo coba terus mama Seno, ntar kalau sudah berhasil..berhasil..(Dora Mode on), boleh tuh ajar-ajarin saya. hihihi

    ReplyDelete
  5. Tul Bu Seno.. berikutnya pasti lebih baik lagi..

    Yang penting sudah mencoba.. :)

    ReplyDelete
  6. semangat buu...selama bisa dimakan ga ada kata gagal utk makanan itu.

    ReplyDelete
  7. Guling2x =)) tetep smangat! Asal yg bkn maknya
    pasti enak d kata Della

    ReplyDelete
  8. jadi inget donat kesenangan di ITC Kuningan, sekarang jauh euy...tapi belum berani bikin donat sendiri

    ReplyDelete
  9. Bener banget Mbak, yang penting masih ada semangat untuk mencoba.. next time bikin lagi dengan takaran resep yang benar

    ReplyDelete
  10. iya mbak.. kalo gak nyoba gak bisa tahu berhasil or gagal yaaa

    ReplyDelete
  11. ayooo Ceuceu, berusahalah !!
    ...aya anu bantat deui teu, Ceu Icho? *siap menyambut kue bantat*

    ReplyDelete
  12. iya Niez.. Della lumayan suka tuh.. eh gak nyangka juga bapa seno mau makan lho.. gak pake nyela

    ReplyDelete
  13. Iya Rit.. yang penting masih bisa di makan yaaa.. biar pun bantet2 dan keras hehe

    ReplyDelete
  14. jadi malu nih sama pakar bikin kue hehe..

    ReplyDelete
  15. jadi modal utamanya keberanian dulu ya mbak

    ReplyDelete
  16. tob juga mbak Icho...berani bikin donat..yg penting kan habis mbak

    barusan bbp hari yg lalu aku juga nyoba bikin donat mbak..
    hsilnya bagus & empuk sih..tp bentuknya aja yg gak cantik..
    jdnya mo foto & posting resep gak PD deh...
    soalnya aku dibantuin asisten cilik waktu bikin bulet2annya..

    ternyata yg ribet pas ngulenin adonannya.. pokoknya kalo adonan diuleninya belum sampe kalis & masih lengket di tangan..berarti belum selesai...harus bener2 sampe gak lengket..baru didiamkan & tunggu sampe ngembang...
    ntar deh aku posting resep donatku....

    ReplyDelete
  17. Oh.. ternyata gitu tho, jadi di uleni terus sampe gak lengket yaaa
    keburu bete abis udah lama di uleni koq masih lengket juga, aku pikir emang gagal maning ..
    ok Mbak.. di tungu deh resepnya

    ReplyDelete
  18. ngerakeun pisan lah upami di foto..

    ReplyDelete
  19. wha...ha..ha.. jadi ikut ngiler cuma belum tertaantang buat bikin secara kalo bikin yg roti2an gityu udah bete duluan nguleninya :p mending bikin kue ato kuker biar mixer yg kerja.

    Bravo mbak Icho !

    ReplyDelete
  20. tq Mbak.. duh kuker juga belum bisa nih

    ReplyDelete
  21. Teh Icho cig atuh nyungkeun donatna,,,aya keuneh? hihihi

    ReplyDelete
  22. yang penting Della suka. perkara penampilan mah kan bisa bikin lagi besok2. engke mun bikin deui, alungkeun ka dieu nya teh.. pengen nyoba donat made in teh Icho

    ReplyDelete
  23. Kin upami tos tiasa ngadamel donut siga dunkin nembe pede teh..
    ayeuna mah ngerakeun keneh

    ReplyDelete
  24. iya teh.. ieu oge nembe diajar teh
    siip.. pami tos tiasa nyaingan Jco pasti di alungkeun lah hiji mah hihi

    ReplyDelete