Sunday, July 15, 2012

Lulungu

Ibu saya dulu selaluuu ngomel kalo anaknya tidur siang setelah ashar lewat dan menjelang magrib masih belum bangun, lebih-lebih lagi menjelang magrib baru ketiduran langsung di larang deh, dulu waktu belum ngerti, alasannya ibu bilang pamali, banyak setan berkeliaran, tapi pas sudah besar tahulah alasannya karena magrib itu kan waktunya singkat, jadi kalau tertidur menjelang magrib takut kelewat dan kehabisan waktu sholat magrib.

Sepengalaman saya yang masih suka tak sengaja tidur menjelang magrib ( biasanya pulang kerja belum magrib, badan capeeee maksudnya cuma leyeh-leyeh eh tertidur), saya suka Lulungu atau kebingungan ketika terbangun atau belum terasa segar ketika baru bangun tidur, lihat jam sudah jam 8, waduh kesiangan kerja nih, saya langsung buka pintu kamar baru nyadar koq di luar gelap.. hadeuuh.

Sama seperti Ibu saya, ke anak-anak saya pun terapkan anak-anak harus bangun tidur siang sebelum magrib, paling telat jam 5 sore mereka harus bangun,  Biasanya yang rutin tidur siang itu Seno, Della mah jarang banget tidur siang kecuali seharian dia capek berkegiatan. Seperti siang ini  cape muter-muter  ikut nyekar ke sana sini, pulang pulang  sudah jam 5 lewat lalu saya lihat tiba-tiba Della tertidur dengan nyenyaknya, mau membangunkan Della koq saya gak tega lihat dia nyenyak begitu.  Tapi gak dibangunin nanti takut susah tidur lagi malamnya, padahal besok kan sudah hari pertama masuk sekolah. 

Akhirnya saya bangunkan juga Della, " De, sudah jam 7 nih, bangun ayo mandi"  saya berkata pelan-pelan sambil ngelus-ngelus pipinya.
tiba-tiba Della langsung bangun dan teriak " hah ?? udah jam 7 ?? matiii adeee aduuuh" lalu Della nangis.

Saya bingung, gak nyangka Della cepet banget di bangunkannya, biasanya beberapa menit tambahan buat bangunin Della, selalu alasan iya ntar..iya ntar.. tapi kali ini tidak.
Dan makin bingung dengan kata-katanya barusan .
"kenapa nangis sih De, ayo bangun  ??"
"Iya ini jam 7, Della udah telat upacaranyaaa."   ( sambil terus nangis)

Hahahaha... Saya dan si babeh yang ikut masuk kamar karena Della nangis jadi ketawa,dan dengan kalem bilang ke Della, "Ini jam 7 malem De, bukan jam 7 pagi "





48 comments:

  1. Oh namanya lulungu ya Teh? Baru tau.
    Dulu sering ngalamin.

    ReplyDelete
  2. Hahahaha.....Bagus ceritanya, semua mengalami hal yg sama, Kalau tidur sore dan bangunnya malam dikirain sdh pagi, hehe...dulu waktu aku masih smp sering mengalaminya. sekarang sdh tdk lagi seperti itu.Thanks ya mba.

    ReplyDelete
  3. Bahasa Indonesianya apa ya, bingung gitu kali ya, sya selalu pake istilah Lulungu sih wan :-)
    Dulu ngalamin gini krn tidur menjelang magrib juga wan ?

    ReplyDelete
  4. Masih SMP bandel ya Bang Rudi suka susah dibangunkan tidur sorenya hehehe..

    ReplyDelete
  5. Iya Teh, jaman bujang capek kerja jadi leyeh2 eh bablas tidur. Sekarang ga lagi, pulang kerja ada istri he3

    ReplyDelete
  6. Biasa mba kalau tinggal diasrama, Sore harinya kalau tdk ada kegiatan selalu tidurnya jam empat sore dan bangun jam tujuh malam langsung pake seragam mau kesekolah, hehe.....

    ReplyDelete
  7. Iya teh, dulu suka ngalamin itu jg. Dysca jg pernah beberapa kali abis tidur sore buru2 mandi trus pake seragam sekolah :))

    ReplyDelete
  8. lagian kalo tidur jam2 sgitu pas bangun sering ngerasa ga enak deh badan, bangun jd pusing, apa karena di peralihan waktu ya, dr siang ke malam?

    ReplyDelete
  9. Iya saya pernah udah buru-buru mandi nggak taunya malem, mana nggak ada yang ngasih tau lagi. BTW lulungu udah lama saya nggak denger ada yang nyebut lulungu :-D

    ReplyDelete
  10. Ohhh hahaha, sama dong ya, aku juga waktu jaman gadis tuh masih suka leyeh2 pas pulang kerja..makanya enak pas udah nikah :-)

    ReplyDelete
  11. Waah..hahaha bangun tidur langsung pake seragam hihi, pernah tinggal di asramna juga Bang Rudi, seru ya, Seno pengen juga tuh nanti SMA sekolah yg ada asramanya

    ReplyDelete
  12. Hahaha..kocak, kocak Dysca sama dengan Om Rudal tuh bangun tidur sore langsung pake seragam

    ReplyDelete
  13. Hyaaahhh.. baru bangun tidur jam seginiiih, nanti malem melek deh

    ReplyDelete
  14. Gak tau juga deh sebab pengalihan waktu atau karena tidurnya kelamaan ?
    tapi iya suka berasa pusing Nan

    ReplyDelete
  15. Untung baru mandi aja ya Bun da emang kedah mandi, coba kalau habis mandi langsung dandan hehehe.
    Saya taunya itu Bun, Lulungu..:-)

    ReplyDelete
  16. beda atuh, kalo kesambet mah kemasukan sesuatu yg bikin gak sadar dan butuh bantuan pihak ketiga ( orang pinter non akademik) buat menyadarkannya.

    ReplyDelete
  17. xixixi Dela....Dela....

    dulu pas kecil aku justru dipaksa tidur siang tapi ya tetep jam 3 harus bangun
    sekarang dapet jatah istirahat untuk tidur siang 3 jam malah ga pernah dipakai, kecuali pas darurat aja *super ngantuk*

    dan memang jam 3 sore sampai maghrib adalah waktu yang sangat enak buat tidur xixixi :D

    ReplyDelete
  18. Della tuh susaaah di paksa tidur siang setelah mulai sekolah deh, mulai seneng main, meskipundi rumah main sendirian gitu, si mbaknya tidur dia asik aja main sendirian, sampai skrng juga gitu, meskipun pulang sekolahnya kan jam 3 sore, ya tetep gak tidur siang..

    Benerr.. jam2 4 ke atas enak banget tidur siang, sudah gak terlalu panas itu Mbak Lala udaranya

    ReplyDelete
  19. tapi itu justru jam balik kerja bu
    xixixi masak buat makan malam

    ReplyDelete
  20. Aku juga sering tuhh, apalg kalo kudu banguun subuh...gedbrakan bangun jam 10, ternyata 10 malammm

    ReplyDelete
  21. hahaha seingetku aku dulu juga sering begitu tuh kayak della :))))

    ReplyDelete
  22. Ohhh gitu Mbak.. hihi jam kerjanya beda2 sih ya

    ReplyDelete
  23. Ohhh gitu Mbak.. hihi jam kerjanya beda2 sih ya

    ReplyDelete
  24. Jadi supaya gak lulungu, tidurlah di jam yg bener ya Mbak, jangan kecepetan tidurnya..

    ReplyDelete
  25. aku juga pernah di critain temen, lebih parah malah dia, lansung cuci muka, pake seragam dan sepatu, didiemin aja sama orang2 rumahnya hahaha

    ReplyDelete
  26. hihihkirain yang kaya ditindihin itu...

    ReplyDelete
  27. Kasian Della sampe kaget dikira udah Senin pagi ya :p

    ReplyDelete
  28. Oh bukan.. kalo tindihan itu aku bilangnya eureup eureup mas..

    ReplyDelete
  29. Iya Tante Mia.. dan skrng nih masih susah di suruh tidur, pdhal udah tak paksa minum susu, sdh di garuk2 hehehe..smoga gak beneran telat bangun deh besok

    ReplyDelete
  30. istilah lulungu dari bahasa apa ya?
    Iya nih, kalau bangun kayak orang bingung. Ngliat jam gedubrakan dikira pagi ehhhh ternyata malam.

    ReplyDelete
  31. itu bahasa banten ya lulungu? nyawa blom di badan, masih ngawang-ngawang saat bangun?

    dulu kecil ku suka gitu.. sekarang sih lihat saja di luar dan jamnya..
    jadi della ga solat magrib nih bangun jam 7..

    ReplyDelete
  32. Lulungu bhs Sunda Tangerang Mbak, eh tapi aku tanya ke orng Bandung juga sama tuh lulungu juga.

    ReplyDelete
  33. Bisa jadi bahasa Banten, kan Tangerang itu masuk Banten Mbak hehehe.
    engga Mbak.. lewat hehehe

    ReplyDelete
  34. sama ya, saya juga gak ngebolehin anak2 tidur melewati maghrib
    misalnya gak tidur siang, biasanya anak2 (waktu masih balita) pas maghrib gitu udah ngantuk, ya paling gak lewatin dulu maghribnya, baru boleh tidur
    bener kok, misalnya tidur jam 5 trus ngelewatin maghrib ntar bangunnya bingung :)

    ReplyDelete
  35. tapi baru tahu deh istilahnya lulungu :)

    ReplyDelete
  36. Iya , Shanti juga pasti ajaran dr ortu dulu begitu kan ..

    ReplyDelete
  37. ini istilah sunda aja Shan, gak tahu istilah nasionalnya apa :-)

    ReplyDelete
  38. Yaah.. emaknya mah gak salah kali deh, anaknya aja yg bingung hehehe

    ReplyDelete
  39. xixixixixixixixixixixi kasihan sekali si Della

    ReplyDelete
  40. antara kasihan dan lucuuu.. ketawa geli aku Mbak Lala :)

    ReplyDelete
  41. iya yah pasti ketawa apalagi klu lihat mimik mukanya buu

    ReplyDelete
  42. Bukan hanya Tangerang, lulungu dan eureup-eureupeun adalah bahasa Sunda pada umumnya.

    ReplyDelete
  43. Ya... Bahasa Sunda general kalo gitu ya Bun hehe

    ReplyDelete
  44. Ya... Bahasa Sunda general kalo gitu ya Bun hehe

    ReplyDelete