Saturday, May 26, 2012

Ternyata MLM Itu Masih Mengajarkan Tipu-tipu Dalam Mengundang

Depok itu jauh banget ya dari Bintaro ternyata, hadeeuuh..mana macet pula itu dari Lenteng Agungnya, terus belum lagi pulangnya tambah parah macetnya, mulai dari Margonda aja sudah macet, trus lengang deket UI, dari Lenteng sampai Lebak Bulus beneran padat merayap tersendat-sendat. Bayangin capenya, si babeh ngerem, ngegas,nyalap nyelip. Jangan bayangin saya yang bete karena ketipu dan kepikiran anak lanang yang pulang main nelpon pusing dan di rumah ditinggal sendirian, pasti jelas keselnya.

Kenapa bisa ketipu ?  Begini ceritanya.

Jadi si babeh itu punya temen salah seorang clientnya sih, di sebuah kantor, orangnya katanya baik dan ramah, dan entah kenapa sabtu sore kemarin nelpon si babeh tumben-tumbenan, katanya dia mau launching usaha dia, buka rumah makan di depan Guna Darma, undangan jam 10 pagi, soft openingnya. begitu bunyi undangannya via telpon.
Si babeh yang sebelumnya punya janji jam 10 dengan temannya yang lain dengan menyesal menawar undangannya, gak bisa kalau jam 10 pagi, gak apa2 deh saya datang gak pas acaranya ya, saya tetep datang jam 4 deh katanya.

Dan kali ini, si babeh ngajak saya ke sana, sebetulnya membayangkan Depoknya aja saya males, apalagi membayangkan jam 4 sorenya itu lho, jadi mesti berangkat sekitar jam 3 kan, panas2 gitu, ngantuk2 gitu, mending tidur siang di rumah. Tapi okelah demi ngehargai undangan teman suami saya mau ikut. Kata si babeh nanti kamu ngobrol aja sama ibu-ibu pengajian, karena kata temannya jam 4 sore itu nanti ada ibu-ibu yang lain juga koq.

Lalu jam 4 sore ( molor dr janji krn saya males bangun dr tidur siang),akhirnya berangkat juga kita ke sana. Si babeh di kasih ancer-ancernya di depan Guna Dharma ada belokan ke kiri lalu ada cuci motor , nah tempat usahanya di depan cuci motor itu. Si babe minta alamatnya di sms. Sampai kita berangkat sms belum sampai.
Menjelang di depan Gundar, saya cari-cari tak ada rumah makan yg terlihat baru, lalu ketika sms di buka alamatnya itu bukan di Jl. Margonda Raya, tapi di Jl. Lontar no sekian rt dan rw sekian.  Jadi dari jalan raya masuk lagi ke dalam, dan gak jelas gitu sampai saya bete berkali-kali mesti  tanya alamat,dan telpon ke teman si babeh, kasih pentunjuknya juga kurang jelas. Menjelang magrib baru rumah itu ditemukan. Rumah ??? ya rumah..  bukan rumah makan.
Saya masih mikir positif, Ohh.. mungkin ini rumahnya, nanti kita diajak ke rumah makannya, mungkin rumah makannya di depan Margonda Raya sana. 

Lalu mulailah ngobrol-ngobrol, tadi pagi gimana launching usahanya ? usaha apa sih ? di mana lokasinya ?
Si teman, bilang.. "oh itu usaha istri saya, home product distribusi gitu, tadi pagi launching produknya sama ibu-ibu "
Dari jawaban itu saya mulai curiga, jangan-jangan kami berdua tertipu, ini pasti MLM !!.. ini pasti MLM !!
Tapi ya sudahlah, ngobrol ngalor ngidul nanya saya kerja di mana dan sebagainya, sampai akhirnya ketika saya bilang saya pernah kerja di Astra selama 10 tahun, si teman itu tanya "kenal ibu Y dong, dia dulu HRD Mgrnya Astra".

"ya kenal lah.."  jawab saya
(dengan cuma nanya itu aja, saya tahu pasti, dia pasti orang MLM itu)  maka langsung saya tembak, "Bu Y yg MLM itu ya? "

"koq tahu Mbak ?


"Ya tahu lah, saya tahu siapa pak Y dan suaminya Pak H, Pak PA dan istrinay Bu L, Pak RA bossnya MLM yg cerai sama istrinya RA itu, Pak ini dan itu.. "

"Pernah ikut MLM itu ya ?

"Iya pernah, sampai sekarang kartu anggota saya masih aktif koq, tp saya cuma member aja, beli produk aja, itu juga titip temen."

Namun tentu saja si babe mah masih sabar namanya juga ke temennya ya, masih mau dengar cerita ttng si Diamond ini sudah jadi itu, si Bapak RA sudah punya istri lagi dsb. Sampai kemudian keluarlah alat andalan yang standar dimiliki para MLM, white board.. ya saya juga punya white board sejenis. Mulailh si teman menggambar2 , menerangkan soal PV dan sebagainya, dan saya asik aja twitteran, whatsappan, sampai si babeh colek-colek saya.

Untunglah kemudian Della jadi penyelamat saya, Della telpon, dia dan bude mau kondangan sementara Seno pulang main kepalanya pusing, si Mbak lagi ke rumah kakaknya, jadi langsung saya cut si babeh untuk segera pulang, kasihan anaknya sendirian di rumah. Selamatlah kita berdua dari kebosanan yang membelenggu.

Sebagaimana seorang anggota MLM yang teguh dan semangat, si teman meskipun kita  crossliner, tetap memaksa saya melihat CD yang dipinjamkan, katanya bagus sekali ini ! hehehe, persis apa yg saya lakukan dulu kalau meminjamkan kaset ke teman-teman ketika saya masih aktif di MLM ini.
Sekarang tuh 3 dus besar kaset ada di gudang saya, mau saya kasih ke orang udah gak ada yang mau kali ya.
 
Di jalan sambil menikmati macet saya ngobrol sama si babeh, heran ya kenapa ya MLM ini masih pakai cara tipu-tipu dalam mengundang atau mengajak orang itu melihat presentasi atau seminar, atau demo produknya ?
Saya ingat, dulu saya juga pernah diajarkan hal yg sama, jangan bilang terus terang kalau ini MLM itu ya, mereka yg di ajak pasti langsung nolak, cari kata-kata lain dalam mengundangm improvisasi boleh katanya. Saya pernah coba juga, tak menyebut kata MLM itu ya dlm mengundang, saya sebut kita ketemu temen saya yuk orang sukses bisnisnya, kita belajar bisnis dari dia, kemudian teman saya mau datang, kita janjian di sarinah, teman saya datang naik motor sampai hujan-hujanan. Kemudian ketika dipertemukan dengan upline saya dan dijelaskan ttng MLM itu , ngamuklah teman saya keesokan harinya ke saya, dengan kesal dia bilang, gue udah bela-belain hujan-hujanan pengen belajar bisnis gratis dari orang sukes, ternyata MLM itu .

Dari situ dan sejak itu, saya tak pernah ngeles kalau sudah ada yg nebak undangan saya adalah undangan MLM itu, saya akan terus terang, maka kemudian karena lama-lama saya kehilangan teman-teman yang ketakutan dan males angkat telpon saya, keluarlah dan maleslah saya meneruskan aktif di situ.

Hari ini, saya saya kena batunya, Tuhan membalas perbuatan saya dulu yang menipu teman saya. Saya bisa merasakan kesalnya teman saya dulu.






 

40 comments:

  1. spt mb Ifa yg kemaren posting, ada temen yg tidak begitu dekat, udah lama gak berhubungan, tiba2 menghubungi ngajak ketemuan, ternyata nawarin MLM :)
    skrg kan sudah banyak cara elegan ya, kenapa juga enggak terus terang dari awal biar gak salah paham dan malah bikin pertemanan renggang ?

    ReplyDelete
  2. sama yaaa dimana2 begini :)
    pernah ngalamin juga kek gini nih

    BTW, gw ga pernah tu ke depok yg ga macet kecuali waktu ke UI, krn naik kereta :D

    ReplyDelete
  3. kebayang sebelnya ya mana ubek2an, macet dll
    mendingan ke Depoknya mampir ke rumah saya :)
    saya arisan jam 4-6, pas maghrib udah di rumah lhooo
    pas masak rawon disini, enak anget2

    ReplyDelete
  4. Oh ya.. aku blm temenan sama Mbak Ifa, ada linknya juga gak Shan ?
    Nah ini salah satu ciri juga, udah lama g ak ketemuan gak kontak tiba2 ngajak ketemu, curiga ini beneran kangen atau ada maunya..hihi

    Nah itu.. kesannya gak pede ya pake tipu2 gitu. aku pilih teman ttp baik maka aku tinggalin MLM itu hehehe

    ReplyDelete
  5. naek kereta mah lancar jaya atuh Nan :-p

    ReplyDelete
  6. hahahaha.... Aku kayaknya tau MLM apa itu?
    Ibuku pernah kena tipu. Di bela-belain ke ujung bekasi krn katanya ikutan seminar manajemen bisnis sukses GRATIS (kebetulan ibu punya bisnis). Krn gak bs ontime, sampe nelp yg ngundang minta maaf ga ontime.

    Pas masuk pintu gerbang, gak pake lama.
    Gaya yg dateng perlente, tapi aku dah nyangka itu MLM.

    Pas sampai tempat seminar, kita disuruh (paksa-red.) masuk semua. BAYAR!! Wkt itu aku, ibu, adik2 dan mbak yg lg hamil ikut krn di iming2i ke mall.

    Akhirnya yg masuk cuma ibu. Aku dan sodara2ku nunggu diluar. Padahal besoknya adikku ujian.

    Kampretnya mending bentar. Ini ibu disuruh ikut ampe selesai (jam 6).
    Akhirnya dengan gaya marah2 bilang modus penipuan ke yg undang dan alasan kasian anak-anak... 30 menit saja kami disitu dan langsung ngacir ke mall.

    ReplyDelete
  7. Tadi kalau Della gak nelpon minta ibunya buru2 pulang aku mau Nelp Mia, Mbak Tintin Or Mbak Arie tuh tadinya hihihi..
    duuuh rawon segaarrr... jadi pengen bikin besok, eh sayang bumbu jadinya gak ada :-p

    ReplyDelete
  8. kalo aku skrg ikutan 1 direct selling (ini sebutan mereka, tapi bagiku hampir sama dengan MLM).

    Klo aku pribadi gak mau ngajak2 org jadi downlineku biar aku naik, tapi aku selalu jujur ke mereka kalau ada yg mau coba produk dan ada gambaran bakalan jadi pengguna dalam waktu lama lebih baik jadi member biar dapet diskon 25% all product.

    Dan aku hanya mau nawarin ke orang2 yg percaya ama product-nya atau orang2 yg dah gak perlu mikir panjang keluarin uang.

    ReplyDelete
  9. Tau ya Mbak hihi.. bener kan, jd begitulah dr dulu sampai skrng ternyata gak berubah.
    Coba itu yg ngundang, mikir gak kalau yg diundang punya problem begitu, pasti gak paham kan.. tinggal yg diundang seneb hehe

    ReplyDelete
  10. Yap.. setujua aja kalau cara direct selling bgini, jelas memang produknya bagus2 , sampai skrng saya juga masih pakai koq,bedanya saya sdh gak mau ajak2 teman2 lagi, kalau mereka mau coba ya monggo, saya arahkan ke temen saya tempat saya biasa nitip hihi males juga nerangin ke mereka keuntungan2nya dsb, emang dasar saya males hehehe

    ReplyDelete
  11. Macet ma lumrah di jakarta, Ceritanya sangat menarik sekali, sekarang memang banyak penipu di indonesia, jadi hati2 saja mba.

    ReplyDelete
  12. Ini jakarta Pinggiran lho Bang Rudi, sudah masuk Depok hehehe.
    Siip.. smoga selalu hati2 deh

    ReplyDelete
  13. keenapa yaaa gak telpon aku ajaaaa...
    aku tadi lagi free habis nganter bumil ke bidan cuma nyuci nyetrika di rumah sama ngetik2 ngedit buku ajaaaa...

    eh itu kog samaan mb mia yah, aku tadi bikin rawon juga hahahha

    ReplyDelete
  14. kenal MLM dari dulu sejak kuliah... cuma yaa... nggak pernah minat

    ReplyDelete
  15. @mbak arie, nah ituu gegara bete jg jd gak nelpon deh, next time kalo sibabe lg kerja di margo city aku ikutan deh

    ReplyDelete
  16. hehehe... Iya mbak...
    Yg direct selling ini aku pertahanin sampe sekarang.
    Aku gak perlu cuap2 krn org liat modelnya adl aku.. mereka bisa liat perbedaannya di badanku sendiri.
    Kalo ada yg tertarik dan nanya, baru deh aku cuap2.
    Males cari downline. Tapi gak males kalo jual produknya krn tau manfaatnya.

    kalo yg MLM itu... Aku gak suka caranya.
    Aku juga gak suka produknya krn pernah coba tapi efeknya gak lama.

    ReplyDelete
  17. aku gak minat sama sekali sama MLM
    kalo ML doang sih ayo aja...

    ReplyDelete
  18. kebayang betenya.. udah sampe depok macet eh malah mlm pula.. mending terusterang.. bikin "rusak" hubungan kan ya..
    ku juga dulu mlm-an.. tapi pasti ku yang datang.. bukan didatangin deh..
    dan lucunya, ada temen yang lama ga berhubungan denganku.. kalu katanya apakabar? eh jawabnya "gue cuma kangen sama elu, bukan mau nawarin dagangan ato mlm-an".. lucu juga, kalu temen lama hubungin kita, kesannya kog kaya mo mlm-an ya? padahal ga juga kan ya..

    ReplyDelete
  19. wakakakkak..kata MLM "jgn mau jadi org TERAKHIR"

    ReplyDelete
  20. MLM apa sih...bisikin dong Teh *kepo hahaha. Suka menyayangkan klo ada temen yg terjun di MLM trus jd renggang hubungannya dgn teman lama yg gak mau terjun bareng di MLM.

    ReplyDelete
  21. Yup.. jd liat contoh soal yg sdh keliatan ya, biar para buyer sdh bisa percaya langsung.
    Goodluck ya Mbak buat bisnisnya, eh salam kenal juga, thx atas sharenya :-P

    ReplyDelete
  22. dasaarr.... !!
    kalo itu aku juga mau hahaha

    ReplyDelete
  23. Nah itu Mbak...
    hehehe, iya jd kalo ngehub temen lama, mending kasih intro gitu ya, bukan mo nawarin MLM lho..cuma kangen, dr pd dituduh dan di duga gitu gak enak ya

    ReplyDelete
  24. elo orang ke berapa Doel ? hihihi

    ReplyDelete
  25. Masa gak tau MLM dy..boong ah hehehe
    Nah masalahnya temen yg MLM itu, nelpon koq cuma nawarin MLM terus dan terus, coba deh jangan gitu caranya

    ReplyDelete
  26. silaturahim kudu tulus ya bu
    saya juga pernah ikutan mlm yang kegiatannya gencar banget. motonya uud, ujung2nya duit :D
    silaturahim jadi g tulus kalau uud

    srkanga daftar mlm buat pakai produknya saja atau jualin barang yang g pakai target donlen2an :D

    ReplyDelete
  27. Betul Ummi Yusuf.. kalo gak tulus kan jadinya jutek macam saya kemaren hehehe
    Sampai skrng sy ikut jd member 3 MLM lho..dan ya itu cuma pake produknya aja..

    ReplyDelete
  28. saya banyak member mlm dari herbal sampe pupuk buat kebon :D :D barusan daftar buat alat2 dapur biar murce belinya, kali aja rejeki jualin juga barangnya. soalnya saya suka, kalau suka biasanya barang yg saya jual jadi laris. tapi klo rekrut2an saya g bakat :D :D apalagi ikut pertemuan n launching2an duuu malas gitu rasanya.
    #eh jadi curhat :D

    malah dulu ada yg iseng2 daftarin saya mlm g pake permisi tapi sy g tertarik, ya udin saya terima aja kartu n starterkitnya takutnya malah tar doin nesu. saya yg sebenernya agak dongkol pake2 data pribadi dari kantor buat ngedaftar2in saya. bukan masalah gratisnya takutnya kalau tar disalah gunakan _ _'

    ReplyDelete
  29. tapi MLM yang keliatan bener juga ada
    keliatan dari polanya yang lebih banyak jualan daripada cari downline

    ReplyDelete
  30. Jadi banyak yg anti MLM gara2 tifu menifu begini.

    ReplyDelete
  31. Aku penasaran produk yg mana tu da..
    Aku jg paling malas cari down2line
    Uda banyak amir aku ikut MLM, ga ada yg sukses sebulan
    Hanya 1 yg akan sll kupertahankkan seumur hidupku, MLM dgn suami
    Eh ML dink

    ReplyDelete
  32. banyak koq, kalau di jalankan dengan benar, banyak yg berhasil, mereka mau gue engga hahaha

    ReplyDelete
  33. Nah ituuu...salah satu yg bikin anti MLM

    ReplyDelete
  34. Itu lhooo.. MLM paling lama di Indonesia katanya, aku pas jd mhsi jg pernah ikut, trus pas kerja pertama kali juga pernah ikut, terakhri ikut thn 2004 itu.. cukup 3x aja
    jiaakkkkaaak..sama suami mah demen dong ML Maaahh

    ReplyDelete
  35. kalo aku punya temen yg MLM pas dia nelp ngajakin trs aku ga mau eh pas giliran dia nelp udah males duluan, kadang MLM bisa bikin jarak antar temen, kalo udah ga sealiran bisa lebih jauh lg persahabatan

    ReplyDelete
  36. Tuh kan,., jd pd males terima telpon dr temen yg MLM ya, ayooo para member MLM perbaiki cara ngundangnya

    ReplyDelete
  37. walah...MLM opo to itu
    pake acara tipu-tipu segala

    ReplyDelete
  38. MLM yg paling ngetop deh Mbak Arni :-p

    ReplyDelete