Sunday, May 13, 2012

Cobek Kenangan

Ini cobek sudah nemani saya sejak saya masih SMP lho, Jadi umurnya tuaan cobek ini dibanding Seno, mestinya Seno manggilnya Tante Cobek hehe.

Percaya gak, mulai saya belajar nyambel sudah pakai cobek ini. Dulunya cobek ini belum setipis sekarang, berartnya minta ampun, itu sebabnya kakak saya Ceu Oma yang bertugas masak di rumah lebih sering nyambel pakai cobek yang lebih kecil. Cobek ini biasanya dipakai ibu saya untuk giling cabe or bumbu lain dalam porsi yang lebih banyak.
Saya lupa cobek ini dibeli oleh ibu saya di mana.


Tapi saya koq lebih suka pakai cobek ini, selalin lebih besar dari cobek satunya lagi, cobek ini juga tak mesti pakai ganjelan di bawahnya supaya gak gerak-gerak gitu ketika ngulek bumbu maka kedua tangan bisa difungsikan ngulek bareng ( ngulek ala orang Minang).  beda dengan cobek satunya lagi, ketika nyambel tangan kiri megangi cobeknya tangan kanan ngulek bumbu.

Ketika kemudian saya kuliah dan mulai kost, mulai belajar sendiri, cobek inipun saya bawa ke kost saya,sampai kemudian saya nikah, cobek ini tetap setia menemani saya,meskipun muntu pasangannya sudah berganti-ganti, dan makin hari cobek ini makin menipis, sampai akhirnya menjelang makan malam hari ini cobek inipun tamat riwayatnya, kesenggol tangan saya ketika memimindahkan benda lain yang ada di sebelahnya.

Sedikit sedih juga saya lihat cobek ini, koq ya cobek inipun harus berpisah dengan saya tak  lama setelah sipemberi dan siempunya cobek aslinya yaitu ibu saya berpisah juga dengan saya untuk selama-lamanya. ( dihubung-hubungin deeeh..)

Langsung cari2 teman Wong Klaten or Wong Gn Kidul yang sering bolak balik Jakarta yg suka bawa cobek, atau nanti tanya Heni ah, masih ada sisa cobek yang dibawa Bapaknya dulu gak ya, konon cobek made in sana itu bagus dan gak luntur.

Kalau di Jakarta, teman-teman tau gak beli cobek yang bagus, awet dan gak luntur di mana ?


60 comments:

  1. nah itu teh, sekarang ini bahan2 cobeknya ga sebagus dulu ya, yg dulu tuh beneran batu yg bagus ye. Cobek nyokap dl ga inget ada dmn , apa ketinggalan di rumah lama atau dikasi ke orang ya.

    BTW, bisa ngulek ala orang minang? mana batunya? :D

    ReplyDelete
  2. Iya, bahan cobek yg sekarang itu kayaknya campuran semen ya, suka banyak debunya gitu,dan cepat belah juga atau bolong bawahnya.

    Dulu di rumah ibuku punya batu ulekan Minang yg bulat gitu Nan, skrng di rumah sendiri gak punya, ini aja muntu tinggal sepotong tuh hahahaha

    ReplyDelete
  3. tukeran yah kite, sekarang di rumah kakak adanya ulekan panjang.

    ReplyDelete
  4. paling bagus menurutku cobek yang dari batu item trus berat bu, klo yang dijual sekarang sih cuma item doang tapi enteng yah gak tahan lama deh, apalagi yang dari kayu po tanah liat hedeh sekali tekan aja retak

    ReplyDelete
  5. Lha iya itu yg aku mau Pri.. made in Klaten or Gn Kidul gitu bagus katanya..
    aduuh tp kapan ke Jogjanya nih, Naniek katanya mau ke Jogja, aku titip cobek ya hahaha

    ReplyDelete
  6. belum tau juga teh jadi apa ga ke jogja , kalo jadipun males juga yaa nenteng2 cobek :S
    *ngebayangin bawa2 dr gn.kidul trus manggul ransel berisi cobek dua naik pesawat* :)))

    ReplyDelete
  7. Kenapa nggak minta tolong sama jeng Niez aja kalau pulang ke Gunung Kidul lagi? Sebentar lagi lebaran lho, dijamin jeng Niez pulang kampung.

    ReplyDelete
  8. :) direlakan buk... hehehhehe
    jadi pengen bawa cobek ...

    ReplyDelete
  9. haduh cobek juga punya nyawa.. ku pernah diceritain mama dan ngalamin sendiri, kalu pemberian orang guci ato barang pecah belah, dan patah ato pecah, yang beri sudah ikutan "patah" dan "pecah"..

    yang bagus di semarang ada.. ga tahu kalu di jkt.. dari batu gitu ya..

    ReplyDelete
  10. Bye cobek.....!
    *ikut menyayangkan

    ReplyDelete
  11. saya yg tinggal deket muntilan -yg katanya sentra cobek batu-, malah cobeknya hanya diameter 15cm, imuts ...hihi
    skrg ini katanya banyak cobek yg bukan dibuat dari batu. makanya kadang luntur atau batunya ikut tergerus ..hiy, makan batu dong

    ReplyDelete
  12. rajin ngulek yaaaa... saya mah jarang kepake cobeknya *ketauan jarang nyambel

    ReplyDelete
  13. nah, bener kata Shanti, dulu aku titip tante beli cobek batu di Muntilan, baguus banget teh
    sampe dibawa ke Jerman jadi rebutan, ga boleh kubawa balik shipping ke Depok
    temen2 sampe undian berminat sama cobek itu

    ReplyDelete
  14. udah berapa banyak batu yang kemakan oleh dikau Cho, secara doi menipis terus..ha.ha.ha.. sekarang ada cobek palsu terbuat dari semen cor..

    ReplyDelete
  15. hahaha..iya males bener ya, apalagi pas ketauan di X-Ray itu isi ransel cuma cobek doang

    ReplyDelete
  16. Bukan retak lagi, sudah belah ua Zen

    ReplyDelete
  17. Panggil Jeng Niez... mau bawain cobek gaaaaa

    ReplyDelete
  18. Mau gak mau direlakan Mbak Ag..
    Di sana blm punya cobek ?

    ReplyDelete
  19. Tiap benda ber "nyawa" konon ya Mbak hehehe..
    Kalau seputaran Jabar, cobek Cibatu Sukabumi juga katanya bagus..
    ya moga2 aja adek ipar yg di Sukabumi mau beliin dan kalau ke Jkt dibawain :-p

    ReplyDelete
  20. Si Mbak nyimpen cobeknya dlm posisi berdiri mepet ke dinding itu Mbak
    lalu kesenggol sama tanganku..

    ReplyDelete
  21. Ih kecil amaat.. itu nguleknya gak ribet cobek kecil gitu shan ?
    Nah itu..c obek luntur berasa makan semen

    ReplyDelete
  22. Aku gak rajin sih Mbak Eva.. tp si mbaknya yg rajin, aku paling ngulek bawang putih thok untuk bikin nasi goreng skrng mah..

    ReplyDelete
  23. Oh.. ok Mia, noted Muntilan ya, next aku kalau Bulik dtng dr Jogja titipnya skrng bukan cuma Pisau Klaten, tp cobek juga, koleksi cobek hehehe

    ReplyDelete
  24. Batunya udah berkali2 ganti Ed, gak ngitung hihihi..
    Oh.. ini berarti cobek yg suka luntur itu yg dr semen cor ya

    ReplyDelete
  25. ku sering nyobek pake gerabah loh.. dengan muntu kayu..

    ReplyDelete
  26. wah lebih parah ini, diapain mbakk? hahahahahaha....

    ReplyDelete
  27. ato ak juwalan cobek di MP kali yah, Bun..laris manis tanjung kimpul hihihihihihi

    ReplyDelete
  28. sepertinya kualitas cobek sekarang jarang yang bagus. *sok teu

    ReplyDelete
  29. Lha ide bagus tuh, kenapa nggak dimulai? Yang jual pakaian banyak, kenapa peralatan dapur tradisional gitu belum ada ya? :-)

    ReplyDelete
  30. wah tapi enak ya Bu, bawah cobeknya ga usah diganjel
    katanya sih cobek semakin tua semakin enak
    mungkin karena masih ada sisa bumbu yang nempel, hehehe

    kalo ngalusin bumbu pake blender ga enak, enakan ngulek walaupun lebih lama prosesnya

    ReplyDelete
  31. ada sih, bentuk sangat cekung, seperti piala, dari Indihe... ,usianya juga sudah kira kira 30-40 tahunan ... utk pajangan hehhehe
    Pengen yg ceper, utk nguleg sambel rujak

    ReplyDelete
  32. beli cobek itu emang rada2 sudah ya buat dapetin yg gak luntur.Pernah beli yg di muntilan, tp kok ya luntur gitu

    ReplyDelete
  33. Lha yg coklat itu gak takut pecah apa Mbak ? aku suka liat juga di tkng pecel lele ada tuh yg simpan lelenya langsung di cobek gerabahnya

    ReplyDelete
  34. South Mountain .. hehehe. temenan sama Heni tuh

    ReplyDelete
  35. Ayo Mbak Niez.. jualan, aku order ya, customer pertama

    ReplyDelete
  36. Kenyataannya gitu Mas, emang.. coba tanya Bu Edeh hehehe

    ReplyDelete
  37. Setuju Bun... ayo jualan, jangan jualan crocs melulu yg muncul di MP, jualan cobek muncul kan juga seru

    ReplyDelete
  38. wakaka.. itu tuh cobekku sisa ngegerus bumbu soto babat masih nempel kuning2nya

    ReplyDelete
  39. cobek dari Indihe ? awah punya juga Indihe cobek hehehe,. foto dong Mbak kayak gimana sih

    ReplyDelete
  40. Haa. Produk Muntilan luntur juga ? aduuh udah jauh2 bawa trus luntur mah ya malesin dong Dy..

    ReplyDelete
  41. saya org gunung kidul. pulkamnya pas lebaran aja hehe....

    ReplyDelete
  42. Yo wis.. lebaran sebentaaar lagi.. pulang lebaran balik ke Bekasi bawa cobek , aku nitip 1 :-p

    ReplyDelete
  43. Iya bunda, sekarang cari cobek yang bagus begitu, susah..
    Gak cuma cobek, cari wajan tanpa anti lengket yang bagus dan gak gampang bikin masakan angus pun sulit..

    eniwei, itu pasti cobek suka buat hasil ulekan enak banget ya, bunda?

    ReplyDelete
  44. Bener juga Mbak Ega, cari wajan yg tanpa anti lengket yg bagus emang susah,tp untungnya nih, saya dapat 3 wajan warisan dari mertua, made in cibatu sukabumi lagi, ini bener2 bagus deh

    hasilnya ulekannya kayaknya sih enak hehehe

    ReplyDelete
  45. wah, masih ada gak itu, Bu..
    wajan model begituan sekarang? Harus di sukabumi sepertinya, ya?

    ReplyDelete
  46. Masih Mbak. banyak koq di sana

    ReplyDelete
  47. wah, berarti nanti saya nyoba nitip temen yang dari sukabumi deh, Bu..hehe
    *semoga ada yang mau dititipin* hehe..

    terima kasih ya, Bu buat sharingnya.. :)

    ReplyDelete
  48. Iya Mbak.. mudah2an dpt, di sana sentra pandai besi, jadi beli wajan, golok,. cangkul dll kualitasnya bagus

    Sama2 Mbak Ega, thx sudah mampir ya

    ReplyDelete
  49. ngacungggg...deket rumahku ada toko perabotan lengkuaapppp...doi jual cobek asli batu murmer loh teh, muali 15rb ukuran kecil... asli batu dan awet *pengalaman pribadi

    ReplyDelete
  50. di depok ya Diz ?? alamat lengkapnya dong pleaseee... kali2 aja bisa ada yg dititipin hehehe

    ReplyDelete
  51. cobek yang setia....kalo punya mami-ku beli-nya di daerah borobudur Mbak Icho..tahan lama tapi nga tahan banting juga sih hahahahha *jadi kalo marah2 jangan banting2 cobek ya Mbak* :p

    ReplyDelete
  52. cobek dan pemiliknya sama2 setia.. #eaaaa
    borobudur di mana Tin ? di Jogja ? waaah.. jauh juga hehehe
    ini sebtulnya mau banting yg dimarahin.. tp gak tega kalau belah dua macam cobek gini hahaha

    ReplyDelete