Wednesday, September 29, 2010

Love & Berry & Della

Norak juga deh daku ini sebagai seorang ibu. Kenapa baru tahu kalau ada permainan ini Sementara anaknya sudah suka permainan ini sejak lama dan ibunya kurang peduli.

Jadi ceritanya,  Beberapa bulan belakangan ini, saya lihat Della selalu beli kartu2 Love & Berry di Bang Agus penjual mainan di dekat sekolahnya.

Kartu ini berwarna pink dengan gambar yang berbeda-beda . Saya pikir ini kartu kwartet ( so jaduuull) ..atau kartu remi ala barby. Harga kartunya ada yang Rp.1000 atau Rp.2000.. tapi Della lebih suka kartu yang harga Rp.2000 karena lebih tebal dan tulisannya lebih halus.

Saya pernah tanya ke Della, "kartu ini gunanya buat Apa De ? "
"Itu lho bu.. buat maen love & berry"  katanya.
Saya tidak terlalu antusias dengan jawaban Della, dan saya cuma mendengarkan sekilah saja dengan kata ohhh..sambil berlalu.

Sampai suatu hari setelah nonton film berdua saja dengan Della, saya gantian temani Della di timezone. Biasanya saya  paling gak betah berada di arena timezone karena berisik dan riweuh anak2 kecil , tapi kali ini saya temani Della di timezone.

Setelah mengisi kartu timezone, Della langsung berhenti di depan sebuah mesin permainan berwarna pink.
 
Agak lama Della nunggu anak yang sedang bermain,. Saya tawarkan, kita main yang lain aja namun Della keukeuh mau mein itu saja.
Di situ arena sebelahnya juga sama, ada anak sebaya Della juga beserta mamanya  yang sedang asik main.  malah kelihatan lebih seru mamanya yang main. 
Saya lihat di mesin tersebut tertulis, " 3x main dalam 1x permainan" . Saya simpulkan sendiri, mungkin yg main cuma boleh 3x gesek setelah itu gantian. Tapi saya lihat anak ini sudah lebih dari 3x gesek kartu masih  terus main.


Saya mulai gak sabar...

"De... kamu main sendiri di situ ya, ibu tunggu di situ..". (Della merengut....)
"Kelamaan De nunggunya, ibu cape, lagian mainan ganti-ganti baju doang aja koq, di komputer di rumah aja..".( Ibu mulai ngerayu)
"Gak mauuu..." .(Della hampir nangis..)

Untunglah tak lama kemudian, si anak dan si mama yang asik main menghentikan permainannya dan mulai lah Della main.
Oh ya Nama permainan ini Love & Berry.
Cara mainnya, Mula-mula Della gesek kartu timezonenya, lalu keluarlah 1 kartu Love & Barry dari mesin Sega pink tersebut.  Kemudian mulai lah Della mencet-mencet 2 tombol di kiri kanan. saya ikutan juga mencet tombol itu, sambil membaca instruksi yang tertera di layar dan sambil tanya2 Della

 "Kok kamu udah bisa main ini De, emang sering main di mana ?"
"ya di sini, main sama Bapa..." ( aiiih...ibunya kemana yaaa...)
"Trus ini mainnya gimana De....?"
"Ibu liatin aja..."
( ibunya nurut deh sama Della, karena pengen tahu gimana sih mainnya)
Ternyata, seperti yang tadi saya sambil nunggu Della main tadi, ini  permainan cuma makein baju, ganti rambut, ganti sepatu yang sesuai dengan tema yang di pilih ( ada Idol Stage, Ball, Street Court, Fashion Street ,Disco..sport, apalagi lupa).

Baju, Sepatu, rambut.. itu dipilih dari kartu-kartu koleksinya . 1 kartu hanya untuk 1 perlengkapan. Kartu yang sudah di pilih di gesekkan ke alat penggesek di mesin tersebut. Kalau kartu sudah digesek, maka gambar di layar akan berubah sama seperti kartu yang di gesek..dan kalau baju, sepatu dan rambut tidak sesuai dengan tema ( salah kostum) maka nilainya jelek atau tidak dapat nilai sama sekali. Kalau macthing..ya nilainya bagus..begitu seterusnya sampai permainan selesai.


Dari beberapa kartu yang dengan susah payah Della pilih diantara tumpukan2 kartunya, ada beberapa yang tidak bisa digunakan. Saya mulai berfikir, ini pasti kartu palsu karena harganya cuma Rp.1000 dan Rp.2000. sementara untuk main Love & Berry di mesin sega ini mesti bayar Rp.5000 untuk 1x permainan dan dapat 1 kartu.
( setelah saya tanya ke  Mbak2 penjaga timezone.. iya ternyata kartu2 Love & Berry memang sudah banyak di palsukan dan meskipun palsu tapi masih ada yg bisa digunakan di mesin sega seperti yg Della alami tadi.)

Untungnya Della nurut ketika 2x permainan dan saya minta Della menyudahi permainannya.
Sambil jalan pulang.. saya mampir dulu ke Gramedia, ternyata mampirnya saya salah, di sini Della minta di belikan album love & berry untuk menyimpan kartu-kartunya.
Kasihan melihat Della tadi bersusah2 mencari kartu di tumpukan2 kartunya, akhirnya saya belikan album tempat kartu itu. (Sambil gak mau rugi, saya beli buku juga 1 )
 
Sampai di rumah Della langsung pamer album tersebut ke Bapanya, dari Bapanya saya baru tahu, ternyata Della sudah lama juga pengen album ini. ( ibu kemana aja siiih..)
Dan sekarang... meskipun beberapa kali saya bilang ke Della, permainan ini gak keren dan gak ada tantangannya karena cuma pencet2 tombol, ganti2 kartu gitu aja. Della gak peduli tuh,sekarang malah Della sering  mbolak balik album Love & Berrynya dan tukar menukar kartu L&B dengan teman-temannya.

Ada-ada aja deh mainan anak-anak sekarang !!

 

 
 

 



 
 

25 comments:

  1. kreatif yah, mainan masa kini
    :)
    mungkin della pengin jadi desainer nantinya
    :)

    ReplyDelete
  2. waaah, aku juga baru tahu teh Icho, jaman Afra kecil gak ada mainan ini :-D

    ReplyDelete
  3. Yang kreatif yang bikin alat permainan ini Mas Suga. anak2 malah jd gak kreatif..motoriknya digunakan cuma dikit..cuma pencet2 tombol dan gesek2 kartu aja :-)

    hihi..iya kali nih, kalo gak designer ya penata rias deh

    ReplyDelete
  4. Tosss... hihi, kalo emak2 laen yg anaknya sepantaran Della mungkin udah pada tahu duluan kali yaaaa

    ReplyDelete
  5. Hahaha ini mainan Haura juga, tp bedanya, Haura gak pernah mainin di timezone, cuma ngoleksi kartu2nya aja, dan punya albumnya tentu saja :D *anak2 jaman skrg ya, lieuuur permainannya banyak benerrr*

    ReplyDelete
  6. kalo dulu album panini, tp ga masuk mainan di sega machine.
    Makin kreatif ya... Gpp lah drpd main yg aneh2, walau modalnya jd gede... Heheee

    ReplyDelete
  7. mungkin sama asyiknya kayak pas jaman kecilku dulu maen boneka yg dr kertas n bisa digonta ganti bajunya itu kali ya.Cm jaman skr kan eranya games digital :-D

    ReplyDelete
  8. Oooow gitu yah tokoh love and berry ituh. Gw jual topinya Teh dan sampe gw baca jurnal ini baru ngerti siapa itu Love and Berry wkwkwk

    ReplyDelete
  9. karna anak cewek saya belom gede maka saya pun belum tau permainan ini :-D

    ReplyDelete
  10. wah semoga anak2 di rumah gak nemu yg kek gini T_T *maknya ini males kalo mesti berdiri kelamaan :))*

    ReplyDelete
  11. Ohhh.. Neng Haura sudah punya koleksi kartu & albumnya ternyata ya.. Belom nyoba di timezone yaa..pasti ketagihan hehehe
    Iya ya..jaman aku dulu mah boneka aja gak punya..

    ReplyDelete
  12. Album panini yg gimana lagi hihihi gak tau juga nih aku..

    ReplyDelete
  13. lbum panini yg gimana lagi hihihi gak tau juga nih aku..

    ReplyDelete
  14. boneka2 dr kertas yg udah jadi tinggal di tempel baju2 gitu ? atau boneka2 kertas bikinan sendiri ( yg bentuk salib) trus bajunya juga bikin sendiri ?

    *takut beda masa hihi *

    ReplyDelete
  15. wkwkwkwkwkk.. gimane sih ni pedagang...
    eh link foto topinya mana ?? liat dooong da

    ReplyDelete
  16. Bentar lagi Nisrina pasti kenal maenan ini hehehe

    ReplyDelete
  17. tosss... sama aja, mak nya Della juga malesss.. cuma apa daya demi anak deeeh

    ReplyDelete
  18. mahaalll Mbak Icho...aku juga pernah nemenin anna main sekali dia mah uda puas dapet kartu 1 pcs sampe dibawa2 tidur *untung blom ngerti kayak Della repot juga kalo mau koleksi sebanyak itu hahahaha*

    ReplyDelete
  19. iya mahal yaa..1x permainan Rp.5000, di permainan laen bisa 2-3x maen tuh..
    Nanti Anna gedean dikit ada permaenan baru lagi..

    ReplyDelete
  20. wah.. ternyata namanya love n berry toch, kemarin dulu sempet liat ada anak main2 beginian pas temenin sachi di timezone, kirain kartunya itu dpt kalo ud main dan menang ternyata beli jg toch... ck..ck..ck... baru ngeh..

    ReplyDelete
  21. Kalau kita main ini, geseok 1x pake kartu timezone, dr mesin ini akan keluar 1 kartu Love & Berry..jadi kartunya dari sini (yg asli). Kalo kartu2 yg di jual di luaran yg murah2 itu sdh pasti palsu.

    ReplyDelete
  22. ah akhirnya nemu juga blog ini. begitu auliya ngeliatin setumpuk kartu love n berry, langsung tring inget della :D auliya dapet hasil nuker stem dari les gambarnya... kekekekk

    ReplyDelete
  23. Della malah ilang entah di mana tuh album L&B nya.. ngambek2 dia

    ReplyDelete