Sunday, January 31, 2010

Wayang Potehi

Jalan-jalan ke Mall Ciputra after piket kemarin, ternyata cukup membuat anak2 senang, karena di menyambut Imlek ini Mall Ciputra seperti tahun sebelumnya juga menampilkan pentas Wayang Potehi.

Wayang potehi itu  wayang boneka yang terbuat dari kain. Sang dalang akan memasukkan tangan mereka ke dalam kain tsb dan memainkannya seperti layaknya wayang jenis lain.
Panggungnya berbentuk rumah dengan dinding berwarna merah berhias dua naga.Di tengah dinding ada ruang semacam jendela berwarna merah dengan list berwarna hitam bertuliskan huruf Cina. Di dalam ruang itu ada dua buah pilar yang masing-masing dililit naga. Di kiri kanan jendela tersebut juga terdapat ukiran kayu bermotif dua naga.


ini panggung wayang potehi


Di bawahnya, ada gambar2 lakon wayang potehi yang akan di mainkan sesuai judulnya. seperti gambar ini





























































Sayangnya pas saya datang ke sana saat pentas Wayang Potehi sudah selesai atau malah belum mulai ?, tapi saya pernah lihat pentas wayang potehi ini tahun lalu, meski saya tidak tahu isi ceritanya. Bagi penggemar cerita silat atau film2 cina mungkin lakon yang di bawakan oleh dalang wayang potehi cukup akrab. Tapi buat saya sekedar melihat bentuk wayang, bentuk panggung dan warnanya sudah cukup menarik, mungkin kalau punya waktu yang cukup banyak, saya juga mau nonton wayang potehi lebih lama lagi.

Sejarah wayang potehi yang saya baca  wayang potehi merupakan kesenian yang berasal dari daerah Hokkian, Tiongkok sejak jaman dinasti Tsang Tian .. Wayang potehi diambil dari kata Poo (kain), Tay (kantong), dan Hie (wayang), oleh karenanya wayang ini juga dikenal dengan sebutan wayang kantong.

Asal muasal wayang ini konon berasal dari ciptaan 5 orang narapidana yang telah di vonis mati. Satu dari kelima narapidana itu menyemangati keempat temannya dan mengajak mereka bersenang-senang sambil menciptakan pertunjukan boneka dengan alat musik dari perabotan yang ada di sel seperti panci dan piring dan mulai menabuhnya sebagai pengiring permainan wayang mereka.

Tetabuhan yang mereka mainkan diminati penghuni sel lain hingga terdengar oleh kaisar. Mereka pun diajak bermain di istana. Dengan pertunjukan mereka, sang raja menjadi terhibur dan mereka dibebaskan dari hukuman mati.

Penasaran ?  yuuuk nonton wayang potehi, saya juga masih pengen nonton wayang potehi itu, tapi saya coba search di google judul2  yg akan di bawakan koq gak ada ya.
atau saya mesti baca koo ping hoo dulu ?



16 comments:

  1. wakakkakakak..di kho ping hoo juga ngga bakal ada judul2 tadi, Cho!!

    ReplyDelete
  2. wayang langka tuh.. ku pernah nonton di semarang masih ada juga pekalongan..

    ReplyDelete
  3. wayang potehi....???
    baru denger tuh...lbh seneng nonton barongsai....lbih dinamis kayaknya.

    ReplyDelete
  4. waah..ada ya, perlu di sempatkan ke sana. untuk mengenang masa kecil yang sering nonton di klenteng

    ReplyDelete
  5. wah..info terbaru lagu, ternyata ada juga wayang dikebudayaan china ya Da
    Eda emang toop markotop

    ReplyDelete
  6. Kaga adaa Ya Shir ? heheheh.. kan ada tuh website yg isinya crita koo ping hoo gw kira jenis critanya gini juga

    ReplyDelete
  7. Iya.. saya cuma liat pas imlekan aja tuh Mbak.. di Mall :-p

    ReplyDelete
  8. Saya juga suka nonton barongsay.. . iya lebih seru

    ReplyDelete
  9. Di Sukabumi gak ada hehehe.. barongsai doang ada nya

    ReplyDelete
  10. Ada Ci Ine.. jam pertunjukannya saya gak tahu ya..
    tahun lalu sih pas jam 7-an malem ke sana pas ada pertunjukan

    ReplyDelete
  11. Iya ada.. aslinya mungkin bukan bernama wayang, krn bentuk dan cara memainkannya seperti wayang Jawa, maka di sebut juga wayang..

    ReplyDelete
  12. Saya keturunan Chinese, tapi sama sekali ga tau lo Teh..tentang wayang ini..hehehe

    ReplyDelete
  13. Yaaa..gimana sih Mel hehee. aku bukan keturunan tp suka lho lihat ornamen2 Chinese.. barongsay dr dulu seneng banget,.
    Trus, skrng kalo liat klenteng.. bawaannya pengen foto-in.
    pernah waktu di Sukabumi, suamiku aja orng Sukabumi belom pernah masuk klenteng di Sukabumi, aku mah iseng2.. masuk, pengen tau dalemnya dan tanya2 sama penjaga yg di situ cerita ttng patung2 dewa yg ada di situ..

    ReplyDelete
  14. Wahh seru ya..... Baru tau ada wayang china hehehe...

    ReplyDelete